Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah Akhlak MTS Tahun 2025 Tahun Pelajaran 2024/2025 dan Kunci Jawaban. Asesmen memiliki ruang lingkup yang terbatas, maksudnya Asesmen ini mencakup salah satu aspek yang harus dinilai, seperti hasil belajar siswa dalam aspek tertentu. Menurut ahli Asesmen adalah semua bentuk pengumpulan informasi oleh guru, dimana guru mengumpulkan data tentang siswanya, menganalisis dan menyintesisnya, menginterpretasikannya, dan menggunakannya di dalam kelas untuk mengambil keputusan”. Ada juga yang mengatakan Asesmen adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu”. Serta asesmen merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk memperoleh informasi secara objektif, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar yang dicapai siswa, yang hasilnya digunakan sebagai dasar untuk menentukan perlakuan selanjutnya.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Asesmen adalah guru membuat suatu keputusan dengan menilai
kemampuan belajar yang dimiliki siswa, melalui proses dan hasil belajar siswa
tersebut. Sehingga dengan adanya Asesmen, siswa mengetahui kemampuan belajar
yang dimilikinya selama proses pembelajaran.
Sebelum Anda membaca Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah
Akhlak MTS Tahun 2025 Tahun Pelajaran 2024/2025. Perlu diketahui bahwa kegiatan
asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu
asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan
keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil
belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan
pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir
jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan
madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif
yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur
pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang
telah ditetapkan.
Sebagaimana diketahui dalam
rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), Direktorat
Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyusun dan
menetapkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 901 Tahun 2025
tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran
2024/2025
Asesmen Madrasah (AM)
meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan,
baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM)
diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah
(MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah
Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut
menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk
menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian
standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.
Asesmen Madrasah bertujuan
untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan
sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Fungsi Asesmen
Madrasah adalah a) Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik; b) Umpan
balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah; c) Salah satu syarat
penentuan kelulusan
Pada prinsipnya bentuk
Asesmen pada jenjang MI, MTs, MA, dan MAK dapat berupa: a) tes tertulis, b) praktik,
c) portofolio, d) penugasan, dan/atau e) bentuk lain yang ditetapkan oleh
madrasah. Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk
asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur. Madrasah menyusun
instrumen asesmen mata pelajaran umum mengacu pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018
tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Kurikulum 13 Pada Pendidikan Dasar dan
Menengah. Madrasah menyusun instrumen asesmen mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah Akhlak MTS
Tahun 2025 Tahun Pelajaran 2024/2025disusun oleh guru kelas dan/atau guru
mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala madrasah Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah Akhlak MTS
Tahun 2025 Tahun Pelajaran 2024/2025 disusun berdasarkan kriteria pencapaian
kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku
Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah (AM) untuk
MTs (Madrasah Tsanawiyah) Tahun 2025 Tahun Pelajaran 2024/2025 mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama Pusat.
Untuk Anda yang akan
mengikuti Asesmen Madarsah di tahun 2025 ini ada baiknya untuk membaca Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah
Akhlak MTS Tahun 2025 Tahun Pelajaran 2024/2025 dan Kunci Jawaban. Latihan
soal ini tentunya hanya untuk menambah wawasan Anda serta memtangkan persiapan
menuju pelaksanaan AM tahun pelajaran 2024/2025. Berikut link download
Latihan
Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah Akhlak MTS Tahun 2025
(DISINI)
Selain tujuan yang telah
disampaikan di atas, Asesmen juga bertujuan untuk mengetahui informasi secara
keseluruhan baik hasil maupun proses pembelajaran untuk memantau perkembangan
belajar yang dicapai oleh peserta didik. Tujuan Asesmen untuk : a) Mendeskripsikan
kecakapan belajar para siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan
kekurangannya dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran yang ditempuhnya;
b) Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, yakni
seberapa jauh keefektifannya dalam mengubah tingkah laku para siswa kearah
tujuan pendidikan yang diharapkan; c) Menentukan tindak lanjut hasil Asesmen,
yakni melakukan perbaikan dan penyempuranaan dalam hal program pendidikan dan pengajaran
serta strategi pelaksanaannya; d0 Memberikan pertanggung jawaban (
accountability ) dari pihak sekolah kepada pihak -pihak yang berkepentingan.
Pihak yang dimaksud meliputi pemerintah, masyarakat, dan para orang tua siswa.
Selain itu, Asesmen juga
digunakan untuk mengetahui kemajuan bela jar siswa, untuk perbaikan dan peningkatan
kegiatan belajar siswa serta sekaligus memberi umpan balik bagi perbaikan
pelaksanaan kegiatan belajar”. Secara rinci, tujuan Asesmen untuk memberikan: 1)
Informasi tentang kemajuan belajar siswa secara individual dalam mencapai
tujuan belajar sesuai dengan kegiatan belajar yang telah dilakukan; 2) Informasi
yang dapat digunakan untuk membina kegiatan belajar lebih lanjut baik terhadap
masing-masing siswa maupun terhadap seluruh siswa di kelas; 3) Informasi yang
dapat digunakan guru dan siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa,
tingkat kesulitan, kemudahan untuk melaksanakan kegiatan remidi, pendalaman
atau pengayaan; 4) Motivasi belajar siswa dengan cara memberikan informasi
tentang kemajuannya dan merangsangnya untuk melakukan usaha pemantapan dan
perbaikan; 5) Bimbingan yang tepat untuk memilih sekolah atau jabatan yang sesuai
dengan keterampilan, minat, dan kemampuannya
Untuk sekedar informasi
perlu diketahui bahwa Jadwal Asesmen
Madrasah AM MA (Madrasah Aliyah) tahun 2025 atau tahun pelajaran 2024/2025
akan dilaksanakan antara tanggal 13 Maret sampai dengan 8 April 2025. Jadwal Asesmen Madrasah AM MTS (Madrasah
Tsanawiyah) tahun 2025 atau tahun pelajaran 2024/2025 akan dilaksanakan
antara tanggal 10 April s.d 20 Mei 2025. Sedangkan Jadwal Asesmen Madrasah AM MI (Madrasah Ibtidaiyah) tahun 2025 atau
tahun pelajaran 2024/2025 akan dilaksanakan antara tanggal 10 April s.d 20
Mei 2025.
Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah
Akhlak MTS Tahun 2025 Tahun Pelajaran 2024/2025 dan Kunci Jawaban atau
Pembahasan. Semoga ada manfaatnya.