BIG KUMPULAN LATIHAN SOAL TES CPNS TAHUN 2024

Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 dan Pembahasan pdf


Sebelum admin membagikan Big Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 dan Pembahasan, kita akan terlebih dahulu mempelajari mengenai tes CPNS. Mari kita mulai dengan membicarakan mengenai singkatan CPNS, itu merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil.

 

Jadi, pada dasarnya tes CPNS artinya adalah tes yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin bekerja di instansi pemerintah, khususnya menjadi PNS. Dengan mengikuti tes ini, seseorang bisa bekerja di berbagai instansi pemerintah sesuai dengan tempat mereka mendaftar.

 

Instansi pemerintah yang dimaksud ini beragam, mulai dari kementerian, lembaga hukum, sampai dengan pemerintah daerah, baik itu pemerintahan daerah, pemerintahan kota, atau pemerintahan provinsi.

 

Setiap tahunnya, tes CPNS menarik minat ribuan masyarakat yang ingin bekerja di instansi pemerintah. Adanya anggapan menjadi PNS itu prestis, gaji yang stabil, adanya berbagai tunjangan, dan alasan lainnya sehingga banyak orang yang termotivasi menjadi PNS . Nah bagi kalian yang ingin menjadi PNS bisa disimak tujuh tips lolos CPNS seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini. 1) Selalu update informasi mengenai CPNS Informasi mengenai CPNS bisa dicek dari berbagai ketentuan dan syarat yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN), KemenPAN RB, atau instansi resmi pemerintah lainnya. Catat juga jadwal penting pendaftarannya agar tidak terlewat melakukan registrasi. Informasi juga perlu dipantau jika pemerintah melakukan perubahan ketentuan yang akan sayang jika dilewatkan. 2) Siapkan dan lengkapi dokumen yang diperlukan Mengingat tes CPNS ada seleksi administrasi maka kelengkapan dokumen merupakan syarat mutlak. Pastikan kalian sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap. Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka. 3) Buat jadwal belajar dan rajin latihan soal Tips lolos yang ketiga adalah buatlah jadwal belajar untuk bisa mengasah soal-soal ujian. Biasanya tes CPNS akan menguji Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan 3 materi yang diujikan seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Juga ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Maka luangkanlah waktu untuk belajar intensif untuk berlatih Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 dan Pembahasan dan membaca berbagai materi sebagi referensi

 

Pada umum Tes CPNS dilaksanakan setiap tahun, yang biasanya diumumkan oleh instansi pemerintah. Terdapat 3 kategori tes yang nantinya akan diuji dalam tes CPNS, mulai dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP). Umumnya Peserta tes CPNS terbilang banyak sekali, mislanya pada tahun 2021 tercatat 2,2 juta orang yang mendaftar tes CPNS ini. Hal ini mungkin tidak begitu mengherankan, mengingat banyaknya keuntungan ketika seseorang berhasil menjadi PNS. Beberapa keuntungan menjadi PNS akan kita bahas nanti.

 

Terakhir sebelum admin membagikan Kumpulan Ratusan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 dan Pembahasan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024, berikut ini persyaratan pendaftaran CPNS yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar CPNS, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti memastikan kamu memenuhi persyaratan. Adapun secara umum, beberapa syarat daftar CPNS adalah sebagai berikut.

·          Warga Negara Indonesia (WNI)

·          Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)

·          Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan (yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih)

·          Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta

·          Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian

·          Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik

·          Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan

·          Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan

·          Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia

 

Persyaratan Berkas CPNS. Secara umum, dokumen persyaratan untuk peserta CPNS 2023 yang perlu dipersiapkan, di antaranya:

·          Fotokopi ijazah terakhir dan transkip nilai dari pihak instansi pendidikan

·          Fotokopi atau scan KTP elektronik

·          Salinan akta kelahiran

·          Salinan surat keterangan

·          Pas foto formal

·          CV atau daftar riwayat hidup

·          Surat pernyataan penempatan di mana pun

·          Persyaratan lain, setiap formasi dan instansi mungkin akan menambahkan persyaratan khusus sesuai bidang serta keahlian yang dibutuhkan.

 

Bagaimana Cara Daftar CPNS tahun 2023 ? Cara daftar CPNS dilakukan melalui situs https://sscasn.bkn.go.id. Untuk bisa daftar CPNS, peserta wajib memiliki akun SSCASN. Setelah itu, calon peserta akan bisa mengikuti alur pendaftaran CPNS melalui beberapa tahap. Saat pembukaan seleksi penerimaan CPNS dibuka, berikut adalah langkah dan cara daftar CPNS 2023.

1. Daftar Akun

Buka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id

Daftar untuk buat akun SSCASN

Lengkapi informasi yang diperlukan untuk membuat akun, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nomor HP, dan email aktif

Pilih "Lanjutkan" dan pastikan data sudah lengkap dan benar

Klik "Proses Pendaftaran Akun"

Tunggu hingga informasi konfirmasi muncul

2. Login Akun

Login ke akun SSCASN yang telah terdaftar

Lengkapi data diri yang diminta dan unggah swafoto

Jika sudah, klik "Selanjutnya"

3. Pilih Jenis Seleksi dan Formasi CPNS

Pilih jenis seleksi "CPNS"

Pilih formasi lulusan atau tingkat pendidikan yang dibuka

4. Unggah Dokumen

Unggah sejumlah dokumen yang dibutuhkan sesuai ukuran dan format yang ditentukan.

5. Cetak Kartu

Jika sudah, cek atau periksa resume lalu akhiri pendaftaran. Lalu Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun

 

Berikut ini Kumpulan Ratusan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 dan Pembahasan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 PDF, semoga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar untuk persiapan mengikuti seleksi CPNS tahun 2024 ini

 

Demikian informasi tentang Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 dan Pembahasan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2024 PDF. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


8 comments:

  1. Assalamualaikum, bu apakah boleh share Password untuk beberapa soal yang tidak dapat di akses?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seoertinya yang saya sudah download, password sudah tersedia pada salah satu file silahkan didownload semua file atau dicari satu persatu.

      Delete
  2. Terima kasih Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS ini sangat lengkap dan membantu sekali.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih juga pada Anda yang telah menyempatkan berkunjung ke blog kami.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat. Salam kenal, terus berkarya dengan informasi yang terupdate. Semoga sukses.

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter