Untuk sekedar latihan pada posting ini Admin memberikan Contoh Soal Uraian US IPA SD dan Pembahasannya. Berikut ini contoh Pembahasan atau Jawaban Soal Uraian Latihan US IPA SD/MI.

51. Perhatikan gambar di bawah ini



Tuliskan karakteristik tempat hidup ciri-ciri khususnya ketiga jenis hewan tersebut ! isilah tabel berikut ini!
No
Hewan
Karekateritik












Jawaban:

No
Hewan
Karekateritik
1
Cicak
Cicak mempunyai perekat pada telapak kakinya, sehingga dapat merayap di dinding atau langit-langit rumah. Cicak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket, sehingga dapat menangkap serangga.

Cicak mempunyai ukuran rata-rata 7 hingga 10 cm. Cicak dapat melepaskan ekornya untuk melindungi diri. Terdapat beberapa jenis cicak, yaitu cicak rumah, cicak pohon hijau, dan tokek. Cicak pohon hijau dan tokek mempunyai ukuran yang lebih besar dari cicak rumah.
2
Kelelawar
Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi. Selain itu, kelelawar juga memiliki pendengaran yang baik dan peka menerima bunyi pantulan. Kelelawar mampu mendeteksi benda-benda di sekitarnya.

Kelelawar adalah hewan nokturnal karena melakukan kegiatan di malam hari. Ada dua jenis kelelawar, yaitu kelelawar pemakan buah dan kelelawar pemakan serangga.
3
Bunglon
Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna benda-benda yang ada di sekitarnya, misalnya ketika berada di atas daun yang berwarna hijau, maka warnanya bisa berubah menjadi hijau. Ketika berada di batang pohon yang berwarna coklat, maka warnanya bisa berubah menjadi coklat.

Bunglon mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri. Bunglon mempunyai lidah yang panjang melebihi ukuran tubuhnya


52. Perhatikan Gambar berikut ini




Sebutkan dan jelaskan 3 jenis Penyakit yang terjadi apabila adanya Gangguan Pada Organ di atas !

Jawab:  
Tiga (3) jenis Penyakit yang terjadi apabila adanya Gangguan Pada Organ Jantung adalah

1) JANTUNG KORONER
Penyakit ini disebabkan adanya penyumbatan pada arteri kecil di dinding jantung yang terjadi karena penebalan dinding jantung sebelah dalam. Akibatnya, aliran darah menjadi kurang lancar. Apabila tidak segera diatasi, penyumbatan ini dapat mengakibatkan sel-sel otot jantung mengalami kematian sehingga terjadi gangguan dalam kontraksi otot jantung.
2) GAGAL JANTUNG
Gagal jantung atau hearth failure merupakan penyakit jantung yang paling menakutkan. Biasanya biasanya jantung penderita berdetak tidak normal atau tidak berdetak sebagaimana mestinya.
3) PERIKARDITIS
Perikarditis adalah penyakit radang pada selaput pembungkus jantung (perikardium) yang disebabkan oleh infeksi. Namun gangguan ini jarang terjadi.

53. Perhatikan Gambar berikut ini




Apakah bentuk Perubahan Wujud Zat yang terjadi apabila Lilin di bakar?

Jawab
Lilin yang dibakar dapat mengakibatkan perubahan wujud dari zat padat menjadi cair atau yang disebut mencair,


54.Perhatikan Gambar berikut ini !




Mengapa sambungan rel kereta api dibuat sedikit renggang ?

Jawaban
Sambungan rel kereta api dibuat sedikit renggang supaya ketika terjadi pemuaian di siang hari rel kereta api tidak melengkung.


55. Tuliskan 4 (empat) dampak kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air
Jawab:
1) penebangan pohon di hutan secara berlebihan,
2) membiarkan lahan kosong tidak ditanami dengan tumbuhan,
3) menggunakan air secara berlebihan untuk kegiatan sehari-hari, dan
4) mengubah daerah resapan air menjadi daerah pemukiman, perkantoran.