>

Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun IPS Ekonomi Kelas 11 SMA Tahun 2024

Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun IPS Ekonomi Kelas 11 SMA Tahun 2024


Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun IPS Ekonomi Kelas 11 SMA SMK Tahun 2024. Sebenarnya, tanpa disadari, kita sudah sering menggunakan proses asesmen/penilaian dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, ketika ingin membeli suatu barang. Kita tentu akan melakukan asesmen/penilaian terhadap barang tersebut bukan? Apakah kualitasnya baik, apakah bahan yang digunakan nyaman, apakah harga yang ditawarkan sesuai dan lain sebagainya.

 

Begitupun dalam proses pembelajaran, proses asesmen/penilaian juga penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa berhasil dalam mengikuti proses belajar. Proses asesmen/penilaian meliputi serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh, menganalisis, serta menafsirkan informasi hasil belajar siswa.

 

Asesmen/penilaian dapat memberikan feedback bagi guru untuk bisa menghargai siswa yang memiliki tingkat kemampuan dan pemahaman yang berbeda antara satu dan lainnya. Dalam melakukan asesmen/penilaian, kita juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip asesmen/penilaian seperti asesmen/penilaian yang harus bersifat valid, bisa dipercaya, konsisten, informasi asesmen/penilaian bisa diakses, bersifat transparan, mendukung proses belajar yang efektif dan efisien, serta hasilnya mampu digunakan sebagai bahan perbaikan di depannya.

 

Selain digunakan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai, proses asesmen/penilaian juga digunakan untuk membuat keputusan dalam perencanaan pembelajaran selanjutnya. Ada beberapa fungsi asesmen/penilaian antara lain:

 

·          Fungsi selektif, artinya proses asesmen/penilaian dilakukan agar guru dapat mengadakan seleksi terhadap siswanya.

·          Fungsi diagnostik, artinya guru melakukan diagnosis atas kelebihan dan kekurangan siswa, lalu berusaha menemukan solusinya.

·          Fungsi penempatan, artinya asesmen/penilaian digunakan sebagai acuan untuk menentukan dimana seorang siswa harus ditempatkan.

·          Fungsi pengukur keberhasilan, di mana nantinya dari proses asesmen/penilaian, guru dan siswa bisa mengetahui sejauh mana tujuan dan keberhasilan pembelajaran telah tercapai.

 

Adapun langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses asesmen/penilaian, di antaranya:

1. Membuat dan Menetapkan Rencana serta Tujuan Pembelajaran

Saat membuat RPP, guru pasti sudah membuat dan menetapkan tujuan asesmen/penilaian. Setiap kompetensi dasar memiliki indikator atau hasil belajar yang nantinya bisa siswa dapatkan dari proses pembelajaran, meliputi apa yang harus dilakukan siswa (kemampuan), apa yang harus siswa ketahui (pengetahuan), dan dan bagaimana siswa menyikapinya (sikap atau perilaku).

 

2. Menentukan Teknik Asesmen/penilaian yang tepat

Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan asesmen/penilaian. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui dan menetapkan teknik asesmen/penilaian mana yang akan digunakan. Proses asesmen/penilaian melibatkan bagaimana suatu data dikumpulkan untuk menarik kesimpulan di akhir proses pembelajaran. Guru bisa menggunakan indikator-indikator yang terdapat pada kompetensi dasar untuk menentukan teknik asesmen/penilaian yang akan digunakan.

 

3. Pelaksanaan Proses Asesmen/penilaian

Setelah menentukan tujuan asesmen/penilaian dan teknik yang digunakan, saatnya mengumpulkan data atau nilai. Dalam kaitannya dengan mengumpulkan nilai, guru perlu menyusun terlebih dulu kisi-kisi dan membuat soal, terutama jika teknik asesmen/penilaian yang dipilih adalah ujian tertulis. Setelah siswa selesai mengerjakan ujian, guru bisa melakukan proses asesmen/penilaian berdasarkan pedoman penskoran yang sebelumnya juga sudah dirancang.

 

4. Menganalisis Asesmen/penilaian

Pada tahap ini, guru melakukan proses penafsiran atau interpretasi dari asesmen/penilaian yang telah dilakukan dan dikumpulkan. Guru dapat melihat sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi dan seberapa besar keberhasilan pembelajaran yang dicapai. Dari proses asesmen/penilaian, kemudian dapat ditarik kesimpulan yang mengacu pada tujuan pembelajaran di awal.

 

5. Menyesuaikan Pembelajaran

Tujuan dari dilaksanakannya proses asesmen/penilaian salah satunya adalah mendapatkan hasil asesmen/penilaian yang bisa digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran ke depannya. Proses asesmen/penilaian dikatakan belum berhasil ketika hasilnya tidak mengarah atau belum bisa mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian atau perbaikan strategi, metode, materi, cara penyampaian, bahan ajar pendukung atau hal lain yang berkaitan dalam pembelajaran.

 

Saat hasil asesmen/penilaian dirasa sudah cukup baik, maka proses asesmen/penilaian yang didapatkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mempertahankan atau mengembangkan kegiatan pembelajaran sehingga menjadi lebih baik dan maksimal. Nah, itulah tadi informasi terkait apa itu proses asesmen/penilaian dan bagaimana cara yang tepat dalam melaksanakan proses asesmen/penilaian. Semoga apa yang telah ditulis di atas bisa menjadi sumber pengetahuan baru bagi kita semua. Dan semoga bapak/ibu guru sekalian bisa terus menjadi lebih baik dalam proses asesmen/penilaian khususnya, juga proses pembelajaran pada umumnya

 

Berikut ini adalah Contoh atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun IPS Ekonomi Kelas 11 SMA SMK Tahun 2024


1. Indeks harga adalah....
A. Alat untuk mengukur tingkat perubahan harga kelompok barang dan jasa yang sering dipakai dalam sebuah rumah tangga dalam jangka waktu tertentu
B. Kenaikan harga secara terus menerus
C. Suatu proses penurunan tingkat harga barang-barang secara umum
D. Jumlah uang yang beredar bertambah
E. Menurunnya daya beli masyarakat

Jawaban : A

2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Indeks harga untuk meningkatkan tingkat bunga
2) Indeks harga untuk menghitung inflasi
3) Digunakan untuk menaikkan tarif pajak
4) Sebagai acuan dalam menetapkan tarif upah pekerja
5) Digunakan untuk melihat pergerakan harga-harga
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk tujuan perhitungan indeks harga ditunjukkan oleh nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban : D

3. Perhatikan tabel harga eceran barang di sebuah pasar berikut!




Apabila tahun 2012 adalah tahun dasar, besar indeks harga tahun 2013 dengan metode Paasche adalah....
A. 103,46%
B. 104,42%
C. 104,46%
D. 105,34%
E. 105,43%

Jawaban : B

4. Perhatikan komponen kenaikan harga sebagai berikut!
1) Hanya terjadi pada negara berkembang
2) Hanya untuk barang ekspor
3) Kenaikan harga bersifat umum
4) Kenaikan harga berlangsung terus-menerus
5) Terjadi pada barang kebutuhan pokok
Komponen kenaikan yang dapat dikategorikan sebagai inflasi ditunjukkan oleh nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban : E

5. Pada awal tahun 2014 bencana banjir yang menimpa kawasan pantai utara (pantura) Jawa Barat., berdampak pada tersendatnya pesokan makanan. Kondisi ini menimbulkan tekanan inflasi yang cukup tinggi. Kenaikan harga pada sektor makanan mulai terasa walaupun tidak terlalu signifikan karena harga bergerak naik secara bertahap.
Penyebab inflasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. Terhentinya proses produksi
B. Pengendalian jumlah uang beredar
C. Kebijakan moneter oleh pemerintah
D. Terhambatnya distribusi bahan makanan
E. Kenaikan harga karena kebijakan Bank Indonesia

Jawaban : D

6. Perhatikan data tiga macam barang berikut!




Apabila tahun 2012 menjadi tahun dasar, inflasi yang terjadi pada tahun 2013 dengan indeks harga agregatif sederhana tergolong inflasi....
A. Inflasi sangat ringan
B. Inflasi ringan
C. Inflasi sedang
D. Infalsi berat
E. Hiperinflasi 

Jawaban : C

7. Menjelang akhir tahun sering terjadi kenaikan harga barang-barang, terutama harga bahan baku. Sementara itu, produsen makanan memakai bahan baku seperti terigu, minyak goreng, gula pasir, dan telur. Keadaan tersebut akan merugikan produsen.
Dampak negatif inflasi bagi produsen adalah...
A. Merugikan debitur karena jumlah barang yang dipinjam akan meningkat
B. Daya beli masyarakat meningkat seiring dengan meningkatnya harga barang
C. Harga jual barang naik sehingga keuntungan meningkat
D. Produksi barang bertambah karena harga barang tinggi
E. Hasil produksi menurun karena harga bahan baku meningkat

Jawaban : B

8. Suatu negara mengalami inflasi yang sangat tinggi sehingga harga barang menjadi sangat tinggi. Akibatnya, masyarakat tidak mampu membeli. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan kebijakan...
A. Menaikkan tingkat suku bunga untuk mengurangi jumlah uang beredar
B. Mengurangi pengeluaran negara
C. Membeli surat berharga dari masyarakat
D. Mencetak banyak uang agar daya beli masyarakat meningkat
E. Menurunkan tingkat suku bunga untuk meningkatkan investasi

Jawaban : A

9. Suatu daerah memiliki tingkat perekonomian yang menunjukkan inflasi sebesar 12% sehingga kebutuhan terhadap uang di daerah itu mengalami kenaikan. Faktor yang mempengaruhi jumlah uang beredar akibat inflasi adalah...
A. Kebijakan moneter yang buruk
B. Tingkat suku bunga yang tinggi
C. Kenaikan tingkat harga
D. Meningkatnya pendapatan nasional
E. Penurunan jumlah uang yang beredar

Jawaban : C

10. Diketahui jumlah uang yang beredar Rp 100.000.000,00, tingkat harga Rp 800.000,00, dan jumlah barang yang diperdagangkan 5.000 unit. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Irving Fisher, kecepatan peredaran/perputaran uang sebesar...
A. 20
B. 22
C. 25
D. 35
E. 40

Jawaban : E

11. Pak Reza seorang tenaga marketing bagian pinjaman atau kredit di salah satu lembaga keuangan melakukan seleksi dan wawancara lebih ketat dan berhati-hati dari biasanya untuk mengetahui calon peminjam yang mengajukan pinjaman sebesar Rp 50.000.000,00. Tindakan Pak Reza menerapkan kebijakan moneter adalah upaya pemerintah apabila ekonomi sedang mengalami...
A. Jumlah uang yang beredar terlalu sedikit
B. Jumlah uamg yang beredar telalu banyak
C. Ketidakstabilan kondisi ekonomi
D. Surplus anggaran
E. Defisit anggaran

Jawaban : B

12. Pemerintah melakukan kebijakan moneter berikut!
1) Menurunkan suku bunga bank
2) Menurunkan cadangan kas
3) Membeli SBI
Tujuan Bank Indonesia melakukan kebijakan tersebut adalah....
A. Mengatasi krisis ekonomi
B. Mengendalikan keadaan ekonomi
C. Mengurangi jumlah uang beredar
D. Menambah jumlah uang beredar
E. Menaikkan likuiditas bank umum

Jawaban : D

13. Perhatikan matriks berikut!



Instrumen yang digunakan untuk menerapkan kebijakan moneter ekspansif atau easy money policy ditunjukkan oleh matriks....
A. A3), B3), dan C1)
B. A3), B2), dan C3)
C. A1), B1), dan C2)
D. A2), B1), dan C2)
E. A2), B1), dan C3)

Jawaban : E

14. Kebijakan moneter diharapkan dapat menjaga perekonomian tetap stabil. Dampak positif kestabilan ekonomi, yaitu...
A. Suku bunga naik sehingga memicu masyarakat untuk menabung
B. Sistem perbankan di suatu negara menjadi stabil
C. Iklim usaha meningkat sehingga memperluas kesempatan kerja
D. Tercipta keseimbangan keuangan
E. Peredaran uang yang terkendali

Jawaban : C

15. Pada saat perekonomian tidak menentu, industri mengalami kelesuan dan nilai rupiah terdepresiasi terhadap mata uang asing. Kebijakan moneter yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah...
A. Menghapuskan subsidi BBM dan listrik secara bertahap
B. Memberikan pinjaman modal kepada perusahaan
C. Menaikkan penjualan untuk barang-barang mewah
D. Menurunkan suku bunga perbankan
E. Menjual surat-surat berharga kepada masyarakat

Jawaban : B

16. Inflasi menyebabkan ketidakstabilan kondisi perekonomian Indonesia. Untuk menurunkan harga barang, pemerintah mengambil kebijakan menaikkan pajak penghasilan. Dengan menaikkan pajak penghasilan, diharapkan tingkat konsumsi masyarakat berkurang sehingga permintaan berkurang. Berdasarkan pernyataan tersebut, kebijakan pemerintah yang diambil disebut kebijakan...
A. Fiskal
B. Moneter
C. Politik diskonto
D. Operasi pasar terbuka
E. Kebijakan cadangan kas

Jawaban : A

17. Perubahan harga barang di pasar sering terjadi. Tiba-tiba harga kebutuhan pokok seperti harga bawang menjadi tinggi. Salah satu penyebab naiknya harga yaitu jumlah produksi nasional belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Peran kebijakan fiskal yang tepat adalah...
A. Menciptakan pemerataan distribusi pendapatan
B. Mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan
C. Meningkatkan produksi nasional bruto dan pertumbuhan ekonomi
D. Menstabilkan harga barang
E. Memperluas kesempatan kerja

Jawaban : D

18. Pemerintah memberikan subsidi listrik kepada masyarakat. Kebijakan fiskal ini ditempuh pemerintah dalam upaya...
A. Memeratakan pendapatan
B. Menambah jumlah uang beredar
C. Mengurangi jumlah uang beredar
D. Memperbaiki neraca pembayaran
E. Menjaga daya beli masyarakat sekaligus menekan laju inflasi

Jawaban : E

19. Perhatikan pernyataan mengenai kebijakan fiskal dan moneter berikut!
1) Pemerintah menurunkan pajak penghasilan untuk meringankan beban perusahaan sehingga memacu peningkatan produksi
2) Pemerintah menentukan syarat-syarat kredit yang ketat kepada debitur
3) Pemerintah memberikan subsidi pupuk untuk menekan harga produksi pupuk
4) Pemerintah menetapkan kebijakan kenaikan harga BBM untuk penghematan anggaran
5) Bank Indonesia menaikkan suku bunga bank dari 8% menjadi 10,5%
Kebijakan fiskal terdapat pada pernyataan nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban : B

20. Pemerintah sering mengalami kekurangan dana dalam penyusunan APBN karena pos pengeluaran melebihi pos penerimaan negara. Tindakan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan...
A. Menaikkan pajak
B. Menstabilkan harga barang
C. Melakukan pinjaman publik
D. Meciptakan pemerataan distribusi pendapatan
E. Memberi subsidi bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah

Jawaban : C

21. Ciri-ciri salah satu pelaku ekonomi berupa BUMS terdapat pada pernyataan...
A. Bergerak dalam sektor usaha vital, membantu menciptakan lapangan pekerjaan, dan bertujuan menghasilkan laba serta mengembangkan modal
B. Seluruh atau sebagian besar modal dimiliki negara, mengasilkan barang dan jasa bagi hajat hidup orang banyak, dan menjadi agen pembangunan
C. Bertujuan memakmurkan kelompok tertentu, melayani kebutuhan barang dan jasa masyarakat, dan melakukan usaha untuk mencari laba dan mengembangkan modal
D. Bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seluruh atau sebagian modal dimiliki negara, dan berperan sebagai agen pembangunan
E. Membantu menciptakan lapangan pekerjaan, bertujuan mencari laba, dan seluruh atau sebagian besar modal dimiliki oleh pemerintah

Jawaban : C

22. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Desakan dari pihak swasta untuk memudahkan perijinan pendirian
2) Menumbuhkan daya kreasi dan partisipasi masyarakat untuk mencapai kemakmuran
3) Keterbatasan modal yang dimiliki pemerintah
4) Semakin banyak BUMS yang berkembang, semakin banyak insentif yang diterima pemerintah
5) Mencukupi kebutuhan tenaga ahli untuk mengolah sumber daya alam
Alasan pemerintah memberikan dukungan bagi perkembangan BUMS ditunjukkan oleh nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban : D

23. Salah satu tujuan pendirian BUMN atau BUMD adalah memanfaatkan peluang-peluang usaha yang kurang diminati pihak swasta. Tujuan tersebut dapat dicontohkan melalui kegiatan...
A. Mendirikan badan usaha yang menyediakan keperluan air layak konsumsi bagi seluruh masyarakat
B. Memberikan pelatihan padat karya industri kecil yang sedang berkembang
C. Melakukan kerja sama dengan badan usaha lain untuk menghasilkan produk tertentu
D. Memberikan kesempatan bagi pihak swasta untuk menciptakan produk berteknologi tinggi
E. Mengkhususkan kegiatan usaha pada sektor-sektor tertentu untuk memperoleh keuntungan maksimal

Jawaban : A

24. Pada awalnya perusahaan daerah B hanya dapat menghasilkan air layak konsumsi bagi 10.000 kepala keluarga. Perusahaan daerah tersebut kemudian menggunakan teknologi terbaru untuk membantu mempercepat pemurnian air agar layak konsumsi. Sekarang, perusahaan daerah B dapat menghasilkan air layak konsumsi bagi 15.000 kepala keluarga di wilayah tersebut.

Ilustrasi tersebut menggambarkan peran BUMD dalam...
A. Menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
B. Meningkatkan kapasitas produksi daerah
C. Meningkatkan perkembangan daerah
D. Meningkatkan perekonomian daerah
E. Memperluas lapangan kerja

Jawaban : B

25. Setiap anggota koperasi memiliki kesempatan yang sama untuk mengemukakan pendapat. Hal tersebut terkait dengan perwujudan peran koperasi dalam rangka...
A. Menciptakan kesempatan kerja
B. Meningkatkan kreatifitas anggota
C. Mengembangkan sikap demokratis
D. Menciptakan iklim usaha yang stabil
E. Menyejahterakan anggota

Jawaban : C

26. BUMN berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara...
A. Membantu pertumbuhan daerah
B. Meningkatkan pendapatan daerah
C. Menghasilkan laba sebesar-besarnya
D. Mengutamakan kepentingan beberapa pihak
E. Menciptakan kesempatan kerja 

Jawaban : E

27. Ciri-ciri badan usaha sebagai berikut!
1) Modal berasal dari penjualan saham
2) Pemimpin perusahaan merupakan orang yang digaji
3) Anggota memiliki tanggung jawab terbatas dan tidak terbatas
4) Resiko yang dimiliki sebatas modalyang disetor
5) Terdapat anggota aktif dan anggota pasif
Ciri-ciri badan usaha berbentuk perseroan terbatas adalah nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E. 2), 4), dan 5)

Jawaban : B

28. Perhatikan matriks berikut!



Ciri-ciri BUMN berbentuk perum ditunjukkan oleh matriks...
A. A3), B3), dan C3)
B. A2), B3), dan C3)
C. A2), B3), dan C2)
D. A1), B2), dan C3)
E. A1), B1), dan C2)

Jawaban : D

29. Ketidakstabilan perekonomian sering berimbas pada kondisi badan usaha di Indonesia. Meskipun demikian, sangat jarang ditemui BUMN yang terpaksa dihentikan kegiatan operasionalnya karena terpengaruh oleh resesi, krisis ekonomi, dan gejolak perekonomian lain. Padahal, resesi ataupun krisis ekonomi sering membuat banyak badan usaha milik swasta terpaksa harus ditutup karena terus merugi.

Pernyataan tersebut menunjukkan salah satu kebaikan BUMN berupa...
A. Memberikan pelayanan publik
B. Kepemilikan modal yang besar
C. Ketergantungan pada kondisi negara
D. Menghasilkan laba bagi negara
E. Kestabilan kondisi dibandingkan badan usaha lain

Jawaban : E

30. Salah satu penyebab sering terjadinya kebakaran di daerah Riau adalah kebakaran hutan oleh oknum perusahaan perkebunan kelapa sawit. Tujuannya untuk mempercepat proses pembukaan lahan baru guna menanam kelapa sawit. Tindakan tersebut merupakan perbuatan melanggar hukum dan sangat merugikan masyarakat serta perekonomian. Pembakaran hutan tidak hanya berdampak negatif bagi perekonomian, tetapi juga menimbulkan kerugian bagi kesehatan msyarakat karena udara tercemar oleh kabutasap. Runtutan kasus tersebut merupakan bukti nyata bahwa BUMS memiliki kelemahan berupa...
A. Mengutamakan laba saat menjual produk
B. Kecenderungan menyalahgunakan wewenang pengelolaan sumber daya alam
C. Bekerjasama dengan pemerintah untuk memperoleh keuntungan
D. Menggunakan modal kecil untuk memperoleh keuntungan tertentu
E. Menimbulkan persaingan tidak sehat antar perusahaan sejenis

Jawaban : B

31. Berikut pernyataan tentang pasar modal!
1) Sarana pemerataan pendapatan
2) Untuk menciptakan kesempatan kerja
3) Menghimpun dana dalam jumlah besar
4) Sarana untuk meningkatkan produktivitas
5) Sarana peningkatan pendapatan negara
Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan fungsi pasar modal adalah...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban : E

32. Kegiatan di pasar modal dapat memberi manfaat bagi banyak pihak sebagai berikut:
1) Dapat menanam modal di beberapa perusahaan secara bersama-sama
2) Diperoleh dana yang lebih besar
3) Jika ada kenaikan harga saham pemegangnya akan mendapatkan capital gain
4) Menjadi salah satu pendorong kemajuan pembangunan
5) Dalam keadaan untung maupun rugi pemegang obligasi tetap memperoleh bunga/kupon
Manfaat pasar modal bagi investor ditunjukkan oleh pernyataan nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban : C

33. Hendra mempunyai dana lebih dan berniat melakukan investasi di pasar modal. Jika ingin membeli salah satu instrumen di pasar modal, Hendra harus menghubungi pihak...
A. Wali amanat
B. Bank kustodian
C. Manager investasi
D. Perusahaan broker
E. Lembaga Kliring dan Penjamin

Jawaban : D

34. Pasar modal dapat dijadikan alternatif masyarakat untuk memiliki perusahaan tanpa memulai usaha dari awal. Bukti kepemilikan suatu perusahaan atas modal yang disetor seseorang disebut...
A. Waran
B. Bukti right
C. Obligasi
D. Saham
E. Reksadana

Jawaban : D

35. Pak Candra seorang karyawan di perusahaan otomotif berniat berinvestasi di pasar modal. Pak Candra memiliki kesibukan yang padat sehingga ia tidak mampu menganalisis perkembangan efek setiap saat. Instrumen investasi yang cocok bagi Pak Candra adalah...
A. Derivatif
B. Reksadana
C. Waran
D. Saham
E. Obligasi

Jawaban : B

36. Keuntungan seorang investor obligasi dapat berupa kupon dan capital gain. Besar capital gain yang diterima investor atas kepemilikan obligasi pada perusahaan tergantung pada...
A. Tingkat suku bunga
B. Tingkat pajak yang dibayarkan pemegang saham
C. Permintaan dan penawaran saham di bursa efek
D. Tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara
E. Laba perusahaan penunjang efek

Jawaban : A

37. Ringgo membeli saham PT. Andhika, Tbk. sebanyak 12 lot dengan harga Rp 1.500,00 per lembar saham. Setelah berselang satu bulan, nilai per lembar saham PT. Andhika, Tbk. turun menjadi Rp 1.200,00 karena kinerja perusahaan memburuk akibat krisis ekonomi. untuk menghindari kerugian yang lebih banyak, Ringgo memutuskan menjual semua sahamnya saat harga per lembar saham PT. Andhika, Tbk. sebesar Rp 1.200,00. Kerugian yang dialami Ringgo sebesar...
A. Rp 3.600.000,00
B. Rp 1.800.000,00
C. Rp 1.200.000,00
D. Rp 1.100.000,00
E. Rp 1.000.000,00

Jawaban : B

38. Mekanisme penawaran umum saham sebagai berikut!
1) Menyusun dokumen-dokumen penting yang digunakan untuk melengkapi persyaratan pendaftaran
2) Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk meminta persetujuan penerbitan saham
3) Mencatatkan saham di bursa efek
4) Menawarkan saham kepada investor
5) Menunjuk lembaga-lembaga dan profesi penunjang pasar modal
Urutan tahapan penawaran umum saham dimulai dar nomor...
A. 1) - 2) - 3) – 4) – 5)
B. 1) - 2) - 4) – 3) – 5)
C. 2) - 5) - 1) – 4) – 3)
D. 2) - 5) - 1) – 3) – 4)
E. 3) - 1) - 5) – 2) – 4)

Jawaban : C

39. Perhatikan resiko investasi pada instrumen pasar modal berikut.
1) Penghapusan pencatatan dari bursa efek (delisting)
2) Pemberhentian perdagangan (suspending) oleh otoritas bursa efek
3) Tidak ada pembagian dividen
4) Pembelian kembali oleh perusahaan sebelum jatuh tempo (callability)
5) Gagal bayar (default)
Risiko investasi pada instrumen saham ditunjukkan oleh pernyataan nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban : A

40. Untuk menghindari risiko kerugian atas investasi yang dilakukan di pasar modal, setiap calon investor harus memahami dan memiliki strategi investasi tertentu. Sebelum berinvestasi di pasar modal, calon investor perlu mempertimbangkan faktor berikut, kecuali...
A. Dana yang diinvestasikan di pasar modal merupakan dana yang dialokasikan khusus untuk investasi
B. Mencari informasi mengenai instrumen efek ke pemilik perusahaan secara langsung
C. Mengetahui tingkat toleransi atas risiko investasi pada instrumen yang diminati
D. Mengetahui jangka waktu investasi atas instrumen efek yang akan dibeli
E. Menentukan tujuan dalam berinvestasi di pasar modal

Jawaban : B


Demikian sekilas info tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun IPS Ekonomi Kelas 11 SMA SMK Tahun 2024. Sermoga ada manfaatnya.

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem



































Free site counter


































Free site counter