Prasarana berkaitan dengan alat yang tidak langsung untuk
mencapai tujuan dalam pendidikan .
misalnya : lokasi/tempat, bangunan
sekolah,lapangan olahraga, uang
dan sebagainya. Sedangkan sarana berarti
alat langsung untuk mencapai tujuan
pendidikan misalnya; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dan
sebagainya.
Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu :
Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu :
a. Bangunan dan perabot sekolah,
b.
Alat pelajaran yang terdiri dari pembukuan , alat-alat peraga dan laboratorium.
c. Media pendidikan yang dapat di kelompokkan menjadi audiovisual
yang menggunakan alat penampil dan media yang tidak
menggunaakan alat penampil.
Adapun
macam-macam sarana dan
prasarana yang di perlukan di
sekolah demi kelancaran dan keberhasilan kegiatan proses pendidikan sekolah adalah:
a. Ruang kelas : tempat siswa dan guru melaksanakan
proses kegiatan belajar mengajar.
b.
Ruang perpustakaan: tempat koleksi berbagai
jenis bacaan bagi siswa dandari sinilah siswa dapat menambah
pengetahuan.
c. Ruang laboratorium (tempat praktek): tempat siswa
mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan serta
tempat meneliti dengan menggunakan media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep
pengetahuan .
d.
Ruang keterampilan adalah
tempat siswa melaksanakan latihan mengenai keterampilan tertentu.
e. Ruang kesenian: adalah tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan
seni
f. Fasilitas
olah raga: tempat
berlangsungnya latihan-latihan olah-raga.
3. Komponen-komponen sarana dan prasarana pendidikan
a. Lahan
Lahan yang di perlukan untuk
mendirikan sekolah harus di sertai
dengantanda bukti kepemilikan yang sah
dan lengkap (sertifikat),
adapun jenis lahantersebut
harus memenuhi beberapa kriteria antara lain :a Lahan
terbangun adalah lahan yang diatasnya berisi bangunan ,b Lahan terbuka adalah lahan
yang belum ada bangunan diatasnya.
1)
Lahan kegiatan praktek adalah lahan yang di gunakan untuk pelaksanaan kegiatan
praktek
2)
Lahan pengembangan adalah lahan yang di butuhkan untuk
pengembangan bangunan dan kegiatan praktek.Lokasi sekolah harus berada di wilayah pemukiman yang sesuai
dengancakupan wilayah sehingga mudah di jangkau dan aman dari gangguan bencana alam
dan lingkungan yang kurang baik.
b.
Ruang
Secara umum jenis ruang di tinjau
dari fungsinya dapat di kelompokkan dalam:
1)
Ruang pendidikan
Ruang
pendidikan berfungsi untuk menampung proses kegiatan belajar mengajar teori dan praktek antara lain :
a)
Ruang teori sejumlah rombel
b)
Ruang perpustakaaan
c)
Ruang Laaboratorium
d)
Ruang kesenian
e)
Ruang Olah raga
f)
Ruang keterampilan
2)
Ruang administrasi
Ruang
Administrasi berfungsi untuk melaksanakan berbagai kegiatan
kantor, yang terdiri dari:
a)
Ruang kepala sekolah
b)
Ruang tata usaha
c)
Ruang guru
d) Gudang
3)
Ruang penunjang
Ruang
penunjang berfungsi untuk menunjang
kegiatan yang mendukung
proses kegiatan belajar
mengajar antara lain :
a) Ruang Ibadah
b) Ruang serbaguna
c)
Ruang koperasi sekolah
d)
Ruang UKS
e)
Ruang OSIS
f)
Ruang WC/ kamar mandi
g)
Ruang BP
c. Perabot
Secara umum perabot sekolah mendukung 3 (tiga) fungsi yaitu : fungsi pendidikan,
fungsi administrasi, fungsi
penunjang. Jenis perabot
sekolah dikelompokkan menjadi 3
(tiga) macam, yaitu:
1)
Perabot pendidikan
Perabot pendidikan adalah semua jenis
mebel yang di gunakan untuk proses
kegiatan belajar mengajar.
Adapun Jenis, bentuk dan ukurannya mengacu pada kegiatan itu sendiri.
2) Perabot
administrasi
Perabot administrasi adalah perabot yang di gunakan untuk mendukung
kegiatan kantor. Jenis perabot ini
banyak sekali ragam dan jenisnya.
3)
Perabot penunjang
Perabot penunjang
adalah perabot yang digunakan atau
di butuhkan dalam ruang
penunjang, seperti perabot
perpustakaan, perabot UKS, perabot OSIS dan sebagainya.
d.
Alat dan
media pendidikan
Setiap mata
pelajaran sekurang-kurangnya memiliki
satu jenis alat peraga praktek yang sesuai dengan keperluan pendidikan dan
pembelajaran,sehingga dengan demikian proses
pembelajaran tersebut akan
berjalan dengan optimal.
1)
Buku atau bahan pembelajaran
Bahan pembelajaran adalah sekumpulan
bahan pelajaran yang di gunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar.
2)
Buku pegangan
Buku
pegangan di gunakan oleh guru dan
peserta didik sebagai acuan dalam pembelajaran yang bersifat Normatif, adaptif dan produktif.
3)
Buku pelengkap
Buku ini di gunakan oleh guru untuk memperluas dan memperdalam penguasaan
materi.
4)
Buku sumber
Buku ini dapat di gunakan oleh guru
dan peserta didik untuk memperoleh kejelasan
informasi mengenai suatu bidang ilmu / keterampilan.
5)
Buku bacaan
Buku ini dapat di gunakan oleh guru
dan peserta didik sebagai bahan bacaan
tambahan (non fiksi) untuk memperluas pengetahuan dan wawasan serta
sebagai bahan bacaan (fiksi ) yang bersifat relatif.
======================================
salam kenal dari kami
trima kasih buat infonya, sanggat bermanfaat sekali
TOA Jogja
Dealer TOA
TOA
Ampli TOA
Wireless Portable
Bel Sekolah Otomatis
Speaker TOA
Sirine
Horn
Horn Federal
Strobo
Strobo Dashboard
Batu Permata Murah
Batu Permata Jogja
sirine patwal
bermanfaat informasinya http://rijal09.com
assalamu'alaikum wr wb .ijin copas ya mas mba
... terimakasih
Terima kasih