Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Kurikulum
sebagai kerangka kerja (framework) yang berisi rencana dan implementasi sebuah
program untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak dalam menyiapkan anak
mencapai keberhasilan di sekolah dan tahap selanjutnya. Kurikulum memberikan
pengalaman belajar yang bermakna, menarik, dan berkualitas tinggi.
Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dikembangkan
atas dasar pengkajian landasan filosofis, sosiologis, teoritis,
psikologis-pedagogis, dan yuridis yang jelas dan telah teruji secara empiris. Kurikulum
2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk mendorong per kem-bangan
peserta didik secara optimal melalui pengalaman belajar yang bermakna dan
menyenangkan sehingga anak mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan
yang mendukung keberhasilan di sekolah dan pendidikan pada tahap selanjutnya.
Memahami Kerangka Dasar dan Struktur K13 PAUD (Pendidikan
Anak Usia Dini) bagi pendidik merupakan hal utama karena Struktur K-13 PAUD
merupakan titik awal dalam mengembangkan bagian-bagian kurikulum lainnya,
seperti KTSP, Program Tahunan, Program Semester dan lainnya.
Struktur Kurikulum 2013 PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan pengorganisasian muatan kurikulum,
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan lama belajar. Adapun Muatan kurikulum
2013 PAUD berisi program-program pengembangan, yang terdiri atas: (1) program
pengembangan nilai agama dan moral, (2) program pengembangan fisik motorik, (3)
program pengembangan kognitif, (4) program pengembangan bahasa, (5) program
pengembangan sosial-emosional, dan (6) program pengembangan seni. Sedangkan Kompetensi
Inti PAUD merupakan gam baran pencapaian
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD di usia 6
(enam) tahun. Kompetensi Inti yang disingkat menjadi KI. Secara terstruktur kompetensi
inti dimaksud mencakup:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi
inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi
inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi
inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi
inti keterampilan
Adapun Kompetensi Inti pada
jenjang PAUD adalah sebagai berikut:
- KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya
- KI-2 Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
- KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, guru dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
- KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
Selengkapnya terkait Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini), silahkan download melalui link di bawah ini
Link download Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini) -----disini------
Tags:
Berita