JUKLAK JUKNIS KSN SD TAHUN 2020 (OSN SD TAHUN 2020)

Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020)

Petunjuk Pelaksanaan Juklak Junis KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pedidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar berusaha mewujudkan program nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bidang sains. Sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) telah dirintis sejak tahun 2003 yang tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat.

Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020) ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Kompetisi Sains Nasional untuk peserta didik SD atau yang sederajat (KSN SD Tahun 2020 atau OSN SD Tahun 2020) Tahun 2020 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik. Dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Berdasarkan Juklak Juknis KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020), Tujuan umum KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Peserta KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020) Tingkat Nasional berdasarkan Juknis Juklak KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020) adalah sebagai berikut.
Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).
·          Peserta adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat serta  telah lolos seleksi KSN-SD  tingkat provinsi dan dibuktikan dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar .
·          Peserta belum pernah meraih medali  emas, perak, perunggu  pada KSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda.
·          Peserta belum pernah meraih medali  emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad  (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

Peserta KSN-SD tingkat nasional berjumlah 136 peserta didik untuk bidang Matematika dan 136 peserta didik untuk bidang IPA berdasarkan ketentuan sebagai berikut:
·          Sejumlah 68 peserta didik berdasarkan peringkat nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik.
·          Sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing  provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi.

Oleh karena itu, setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 peserta didik dan maksimal 5 peserta didik untuk masing-masing bidang studi berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi. 

Adapun Rambu-rambu atau Silabus  KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020) Tingkat Nasional untuk setiap bidang adalah sebagai berikut:


 <b>Juklak Juknis dan Silabus KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020)</b>

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Pelaksanaan atau Juknis Juklak KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020). melalui link yang tersedia di bawah ini




Link download Juknis Juklak KSN SD Tahun 2020 (disini)


Baca Juga

Juklak Juknis FLS2N SD Tahun 2020 (disini)

Juklak Juknis KOSN (O2SN) SD Tahun 2020 (disini)

Demikian informasi tentang  Petunjuk Pelaksanaan atau Juknis Juklak KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020). Semoga ada manfaat, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter