LATIHAN SOAL OSN IPA SMP TAHUN 2024

Soal dan Jawaban atau Pembahasan OSN IPA SMP Tahun 2020


Latihan Soal dan Jawaban OSN IPA SMP Tahun 2024. Pelaksanaan Kompetisi Sains Tingkat (OSN) diselenggarakan secara rutin dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. Disamping itu, penyelenggaran OSN juga untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Sains Tingkat Internasional.

 

Melalui mekanisme seleksi OSN yang dilaksanakan secara berjenjang, OSN juga diharapkan dapat menumbuhkan potensi sumber daya manusia di daerah melalui pembinaan dan seleksi pada tingkat daerah. Secara terintegrasi pelaksanaan OSN dimulai dari Kompetisi Sains Tingkat sekolah (OSN-S), Kompetisi Sains Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K), Kompetisi Sains Tingkat Provinsi (OSN-P), Kompetisi Sains Tingkat Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains Tingkat Internasional

 

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, dan mengingat Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar dimana warga Indonesia dilarang untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain, maka OSN baik Tingkat kabupaten/Kota, Provinsi maupun nasional tahun ini dilaksanakan menggunakan sistem dalam jaringan (daring).

 

Lahirnya gagasan OSN sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari upaya Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains. Melalui sains peserta didik mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan merefleksikan peristiwa apa yang terjadi dalam dunia keseharian. Dengan begitu sains dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi peserta didik yang kreatif, sistematis, kritis dan penuh inisiatif.

 

Dunia sains pula akan mendorong anak-anak Indonesia untuk berlomba-lomba mengubah dunia menjadi jauh lebih baik, bahkan penguasaan dunia sains akan melahirkan generasi-generasi saintis yang kelak dapat membanggakan sekaligus mengharumkan nama bangsa. Kegiatan OSN dapat menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

 

Kompetisi bidang Sains yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjadi populer sejak tahun 2002 di Provinsi D.I. Yogyakarta, melalui penyelenggaraan yang dahulu disebut dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau yang sekarang berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (OSN) SMP. Kegiatan ini melibatkan stakeholder mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kab./Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Instansi terkait yang mengembangkan peningkatan mutu di bidang sains.

 

OSN adalah kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya.

 

Sebelum admin membagikan Latihan Soal dan Jawaban OSN Daring (Online) bidang IPA SMP Tahun 2024 tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi. Perlu diketahui bahwa Tujuan OSN-SMP Tahun 2020 adalah 1) Meningkatkan wawasan dan kemampuan keilmuan peserta didik sesuai dengan bidang masing-masing. 2) Menanamkan sikap mental Positif, Integritas dan akhlaqul karimah kepada peserta didik. 3) Menjaring dan mencari peserta didik yang memiliki kompetensi/kemampuan dibidang keilmuan yang dilombakan untuk diikutsertakan dalam OSN. Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pelaksanaan OSN Daring, berikut ini beberapa contoh Soal dan Pembahasan OSN yang tentunya dapat didownload untuk dipelajari sebagai sarana menguji kemampuan diri dalam menghadapi OSN Daring (Online) jenjang SMP-MTs.

 

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari Latihan Soal dan Pembahasan Soal OSN Daring (Online) bidang IPA SMP Tahun 2024 dipersilahkan untuk mendownload melalui link yang tersedia di bawah ini. Namun perlu diingat bahwa ini hanya soal latihan dan bukan soal bocoran OSN Daring SMP Tahun 2020. Banyak-banyaklah belajar dan jangan percaya terhadap bocoran soal.


 

Link download Latihan Soal dan Pembahasan Soal OSN Daring (Online) bidang IPA SMPTahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal dan Pembahasan Soal OSN Daring (Online) bidang IPA SMP Tahun 2024 yang dapat digunkan untuk Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi. Ingat ya, walau pun kegiatan ini dilaksanakan secara dari tapi Kamu harus mematuhi protokol kesehatan. Setiap peserta harus berusaha untuk tidak tertular dan tidak menularkan virus Covid-19 dengan mencegah masuk/keluarnya droplet melalui mulut, hidung, dan mata. Cara-cara yang harus dilakukan adalah:a) Membersihkan tangan secara teratur dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol /hand sanitizer . Selalu menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak bersih (terkontaminasi droplet virus); b) Menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplet dari orang yang bicara, batuk, atau bersin serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. Jika tidak memungkinkan melakukan jaga jarak maka dapat dilakukan dengan berbagai rekayasa administrasi dan teknis lainnya. c) Menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut, hingga dagu, jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya (yang mungkin dapat menularkan COVID-19). Apabila menggunakan masker kain, sebaiknya gunakan masker kain 3 lapis.



= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter