LATIHAN SOAL OSN IPA SMP TAHUN 2024 DAN PEMBAHASAN

Latihan Soal OSN IPA SMP Tahun 2024 dan Pembahasan

Latihan Soal OSN IPA SMP Tahun 2024 dan Pembahasan. Sebagaimana diketahui pelaksanaan OSN IPA SMP Tahun 2024 yang semula dijadwalkan tanggal 28 Maret 2024 diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan. Untuk calon peserta OSN IPA SMP Tahun 2025 masih ada waktu untuk berlatih.

Sebelumnya apa itu OSN IPA SMP Tahun 2024? Olimpiade Sains Nasional yang biasa disingkat OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di ndonesia. Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi. Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Lahirnya gagasan KSN sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari upaya Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains. Melalui sains peserta didik mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan merefleksikan peristiwa apa yang terjadi dalam dunia keseharian. Dengan begitu sains dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi peserta didik yang kreatif, sistematis, kritis dan penuh inisiatif. Dunia sains pula akan mendorong anak-anak Indonesia untuk berlombalomba mengubah dunia menjadi jauh lebih baik, bahkan penguasaan dunia sains akan melahirkan generasi-generasi saintis yang kelak dapat membanggakan sekaligus mengharumkan nama bangsa. Kegiatan KSN dapat menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Kompetisi bidang Sains yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjadi populer sejak tahun 2002 di Provinsi D.I. Yogyakarta, melalui penyelenggaraan yang dahulu disebut dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau yang sekarang berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP. Kegiatan ini melibatkan stakeholder mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kab./Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Instansi terkait yang mengembangkan peningkatan mutu di bidang sains.

KSN adalah kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya.

Untuk Kamu yang ingin mendownload Latihan Soal OSN IPA SMP Tahun 2024 dan Pembahasan ----silahkan download Latihan Soal OSN IPA SMP disini

Untuk Kamu yang ingin melakukan Latihan secara Online Soal OSN IPA SMP Tahun 2024 ----silahkan Coba disini

Demikian info tentang Latihan Soal OSN IPA SMP Tahun 2024 dan Pembahasan. Semoga Latihan Soal KSN (OSN) IPA SMP tersebut dapat menambah wawasan kamu dalam menghadapi pelaksanaan Lomba KSN (OSN) SMP bidang IPA tahun 2024. Terima kasih.




= Baca Juga =



1 comment:

  1. dulu waktu saya masih smp suka banget berkunjung ke blog ini buat latihan soal dan emang ngebantu banget. seandainya sma juga ada yang seperti ini

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter