KEPMENDIKBUD NOMOR 958 TAHUN 2020 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PAUD SD SMP SMA

Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020  Tentang  CP atau Capaian  Pembelajaran  Pada  PAUD  SD  SMP  SMA


Dalam  Keputusan  Mendikbud  -  Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020  Tentang  CP atau Capaian  Pembelajaran  Pada  PAUD  SD  SMP  SMA  atau  Capaian  Pembelajaran  Pada  Pendidikan  Anak  Usia  Dini,  Pendidikan  Dasar,  Dan  Pendidikan  Menengah  dinyatakan  bahwa  Capaian  Pembelajaran  merupakan  bentuk  pengintegrasian  kompetensi  inti  dan  kompetensi  dasar  yang  disusun  secara  komprehensif  dalam  bentuk  narasi  yang  meliputi:  sekumpulan  kompetensi  dan  lingkup  materi.  Sehingga  CP  memungkinkan  setiap  anak.

 

Capaian  pembelajaran  (CP)  bukanlah  istilah  asing  di  dunia  pendidikan.  Di  Indonesia  sendiri,  istilah  CP  lebih  sering  digunakan  di  dunia  pendidikan  tinggi.  Meski  demikian  istilah  CP  sendiri  sebenarnya  tidak  merujuk  pada  satuan  pendidikan  tertentu.  CP  dikenal  juga  dengan  istilah  learning  achievement,  achievement  standard  atau  learning  outcomes. 

 

Capaian  pembelajaran  adalah  suatu  ungkapan  tujuan  pendidikan,  yang  merupakan  suatu  pernyataan  tentang  apa  yang  diharapkan  diketahui,  dipahami,  dan  dapat  dikerjakan  oleh  peserta  didik  setelah  menyelesaikan  suatu  periode  belajar  (Dikti,  2015:  1).  Kondisi  ini  juga  dijalankan  oleh  sebagian  besar  negara  di  Eropa  saat  ini  yang  saat  ini  menggunakan  CP  untuk  mengungkapkan  apa  yang  mereka  harapkan  agar  diketahui  dan  dapat  dilakukan  oleh  peserta  didik  dan  memahami  di  akhir  program  atau  urutan  pembelajaran. 

 

Capaian  pembelajaran  biasanya  digunakan  untuk  menentukan  tingkat  kerangka  kualifikasi,  menetapkan  standar  kualifikasi,  menjelaskan  program  dan  kursus,  mengarahkan  kurikulum,  dan  menentukan  spesifikasi  penilaian.  Selain  itu  capaian  pembelajaran  secara  tak  langsung  akan  mempengaruhi  metode  pengajaran,  pembelajaran  lingkungan  dan  praktik  penilaian  (ECFOP,  2017:14). 

 

CP  berfokus  apa  yang  diharapkan  pada  siswa  di  akhir  pembelajaran,  hal  ini  sejalan  dengan  pendekatan  student  centered  dalam  dunia  pendidikan.  Kondisi  ini  juga  ditegaskan  oleh  Kennedy  et.al  (2014:3)  yang  menyatakan  bahwa  trend  internasional  dalam  pendidikan  menunjukkan  pergeseran  dari  tradisional  pendekatan  "berpusat  pada  guru"  ke  pendekatan  "berpusat  pada  siswa".  Model  alternatif  ini  berfokus  pada  apa  yang  diharapkan  dari  siswa  yang  harus  dilakukan  di  akhir  modul  atau  program.  Oleh  karena  itu,  pendekatan  ini  biasa  disebut  sebagai  pendekatan  berbasis  hasil. 

 

Sejalan  dengan  hal  tersebut  menurut  Gosling  dan  Moon  (2001)  dalam  Mahajan  dan  Singh  (2017:  65)  disebutkan  bahwa  pendekatan  berbasis  hasil  untuk  mengajar  menjadi  semakin  populer  di  tingkat  internasional,  bahkan  sejumlah  negara  pun  telah  mengadopsinya  secara  progresif  dalam  kerangka  kualifikasi  nasional  seperti  QAA  (Quality  Assurance  Agency  for  Higher  Education)  di  Inggris,  Australia,  Selandia  Baru  dan  Afrika  Selatan.

 

 

Secara  sederhana  Capaian  Pembelajaran  bisa  didefinisikan  sebagai  kompetensi  pembelajaran  yang  harus  dicapai  peserta  didik  pada  setiap  tahap  perkembangan  peserta  didik  untuk  setiap  mata  pelajaran  pada  satuan  pendidikan  dasar  dan  pendidikan  menengah.  Capaian  pembelajaran  memuat  sekumpulan  kompetensi  dan  lingkup  materi  yang  disusun  secara  komprehensif  dalam  bentuk  narasi.

 

Menurut  Mahajan  dan  Singh  (2017:  65)  CP  diibaratkan  sebagai  alat  navigasi  atau  GPS.  Setelah  tujuan  diumpankan  ke  perangkat  GPS,  selanjutnya  pengemudi  akan  dipandu  sepanjang  perjalanan  dan  membawa  pengemudi  ke  tujuan  yang  disebutkan  dengan  benar  tanpa  rasa  takut  kehilangan  arah  atau  salah  tujuan. 

 

Ketika  pengemudi  mengambil  rute  yang  salah,  GPS  akan  memandu  pengemudi  dan  membantu  untuk  Kembali  pada  rute  semula  yang  mengarah  ke  tujuan  yang  hendak  dituju.  Sehingga  CP  adalah  acuan  yang  membimbing  siswa  untuk  hasil  yang  diinginkan  dari  kegiatan  pembelajaran  yang  direncanakan.  CP  juga  menunjukkan  dan  mengarahkan  para  guru  jalan  yang  harus  diikuti  dan  menyadarkan  siswa  tentang  apa  yang  akan  mereka  capai  di  akhir  pembelajaran. 

 

Ditegaskan  dalam  Keputusan  Mendikbud  -  Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020  Tentang  Capaian  Pembelajaran  Pada  PAUD  SD  SMP  SMA  atau  Capaian  Pembelajaran  Pada  Pendidikan  Anak  Usia  Dini,  Pendidikan  Dasar,  Dan  Pendidikan  Menengah  dinyatakan  bahwa  capaian  pembelajaran  juga  menjadi  kompetensi  pembelajaran  minimal  yang  harus  dicapai  peserta  didik  untuk  setiap  mata  pelajaran  pada  satuan  pendidikan  anak  usia  dini,  pendidikan  dasar,  dan  pendidikan  menengah.  Capaian  Pembelajaran  memuat  sekumpulan  kompetensi  dan  lingkup  yang  disusun  secara  komprehensif  dalam  bentuk  narasi.  Pada  satuan  PAUD  disebut  dengan  Capaian  Perkembangan  PAUD  (CP  PAUD). 

 

Format  Rumusan  Capaian  Pembelajaran 

1.  Bentuk  Penulisan 

Format  CP  ditulis  dalam  bentuk  paragraf,  sehingga  keterkaitan  antara  pengetahuan,  keterampilan,  dan  kompetensi  umum  terlihat  jelas  dan  utuh  sebagai  satu  kesatuan  yang  tak  terpisahkan  dalam  pembelajaran  dan  menggambarkan  apa  yang  akan  dicapai  peserta  didik  di  akhir  pembelajaran. 

 

Hal  ini  berfungsi  untuk  memberikan  kesempatan  mengeksplorasi  materi  pelajaran  lebih  mendalam,  tidak  terburu-buru,  dan  cukup  waktu  untuk  menguatkan  kompetensi,  mengingat  tahap  perkembangan  dan  kecepatan  anak  untuk  memahami  sesuatu  belum  tentu  sama  untuk  setiap  anak.  Kondisi  ini  juga  memungkinkan  seorang  anak  dengan  kondisi  berkebutuhan  khusus  dapat  menggunakan  CP  yang  sama  dengan  anak  pada  umumnya  (anak  di  sekolah  reguler). 

 

Hal  ini  secara  tidak  langsung  juga  akan  memudahkan  guru  mengajar  pada  level  yang  seharusnya  (teaching  at  the  right  level).  Hal  ini  tentunya  impian  setiap  guru  untuk  dapat  mengajar  anak  sesuai  dengan  tahapan  perkembangan  anak.  Impian  anak  pula  memperoleh  layanan  pendidikan  sesuai  haknya. 

 

Capaian  Pembelajaran  yang  disesuaikan  dengan  tujuan  untuk  mengembangakan  dan  menguatkan  kompetensi  dan  karakter  yang  sesuai  dengan  Profil  Pelajar  Pancasila  adalah  salah  satu  komponen  penting  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  dengan  paradigma  baru. 

 

Capaian  pembelajaran  yang  digunakan  di  Sekolah  Penggerak  merupakan  hal  utama  dalam  suatu  kurikulum  dan  kriteria  suatu  capaian  pembelajaran  yang  baik  yang  dikembangkan  oleh  satuan  pendidikan  yang  telah  ditetapkan  oleh  Pemerintah  Pusat. 

 

2.  Integrasi  Pengetahuan,  Keterampilan,  dan  Sikap 

CP  merupakan  hasil  peleburan  kompetensi  inti  dan  kompetensi  dasar.  Hasil  peleburan  ini  menjadi  satu  kesatuan  penjabaran  kemampuan  yang  diharapkan  dapat  dikuasai  anak  di  akhir  pembelajaran.  Tidak  lagi  terpisah  antara  komponen  sikap,  pengetahuan  dan  keterampilan.  CP  akan  menjadi  acuan  deskripsi  keberhasilan  anak  dalam  mempelajari  sesuatu  hal. 

 

Pengintegrasian  tersebut  juga  disesuaikan  dengan  tujuan  untuk  mengembangakan  dan  menguatkan  kompetensi  dan  karakter  yang  sesuai  dengan  Profil  Pelajar  Pancasila,yang  merupakan  salah  satu  komponen  penting  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  dengan  paradigma  baru. 

 

3.  Fase  dalam  Perumusan  CP  (Capaian  Pembelajaran)  PAUD  SD  SMP  SMA

CP  (Capaian  Pembelajaran)  dirumuskan  dalam  bentuk  fase-fase  yang  menyatakan  target  capaian  untuk  rentang  waktu  yang  lebih  panjang  (bukannya  per  tahun  seperti  kurikulum  terdahulu).  Durasi  setiap  fase  dapat  berbeda  untuk  setiap  jenjang  pendidikan.  Penggunaan  istilah  “fase”  dilakukan  untuk  membedakannya  dengan  kelas  karena  peserta  didik  di  satu  kelas  yang  sama  bisa  jadi  belajar  dalam  fase  pembelajaran  yang  berbeda.  Ini  merupakan  penerapan  dari  prinsip  pembelajaran  sesuai  tahap  capaian  belajar  atau  yang  dikenal  juga  dengan  istilah  teaching  at  the  right  level  (mengajar  pada  tahapan/tingkat  yang  sesuai).  Apabila  peserta  didik  kelas  5  masih  harus  belajar  materi  Fase  B  (fase  untuk  kelas  3-4),  misalnya,  maka  guru  dapat  menggunakan  materi  pelajaran  fase  tersebut. 

 

Di  PAUD  terdapat  fase  awal  yang  disebut  fase  pondasi  (TK  B).  Fase  fondasi  ini  mencakup  capaian  perkembangan  yang  diharapkan  dikuasai  oleh  anak  jenjang  PAUD  hingga  SD  kelas  awal  sehingga  terlihat  adanya  transisi  kemampuan  dari  PAUD  ke  SD  termasuk  di  dalamnya  kesiapan  bersekolah. 

 

Pembelajaran  di  SD  berbeda  dengan  pembelajaran  di  PAUD  termasuk  kompetensi  yang  diharapkan  di  dalamnya.  Pembelajaran  di  PAUD  tidak  menggunakan  mata  pelajaran  tetapi  muatan  pembelajaran  yang  didalamnya  mengintegrasikan  keenam  aspek  perkembangan  sedangkan  di  SD  pembelajaran  mengacu  pada  mata  pelajaran  meski  disajikan  secara  tematik. 

 

CP  (Capaian  Pembelajaran)  pada  jenjang  SD  terdapat  3  fase  yaitu  fase  A  (kelas  1  -  2),  fase  B  (  kelas  3-4)  dan  fase  C  (  kelas  5  -  6.  Pada  jenjang  SMP,  CP  (Capaian  Pembelajaran)  terdapat  1  fase  yaitu  fase  D,  dengan  durasi  3  tahun,  untuk  kelas  7-  9  SMP.  Sedangkan  CP  (Capaian  Pembelajaran)  di  SMA  terdapat  2  fase,  yaitu  fase  E  (  kelas  10)  dan  fase  F  (  kelas  11-12).  Perbedaan  durasi  fase  ini  lebih  didasari  oleh  alasan  praktikal  dan  bukan  teoritis.  Durasi  2  tahun  di  SD  disebabkan  banyaknya  sekolah  yang  menggunakan  kelas  multi  usia  (  multi  aging  class)  dengan  mengakomodir  2  kelas.  Sedangkan  durasi  fase  di  SMP  didasari  oleh  alasan  tahap  perkembangan  dan  di  SMA  didasari  oleh  kebutuhan  siswa  SMA  untuk  memperkuat  materi  dan  keterampilan  di  SMP  dan  peminatan. 

 

Dengan  fase  diharapkan  siswa  akan  dapat  memiliki  banyak  waktu  untuk  menjalani  proses  belajar  sehingga  dapat  mengupas  konsep-konsep  dan  mempelajari  keterampilan  kunci,  sehingga  materi  dapat  dihantarkan  dengan  eksploratif  dan  pendalaman,  bukan  sekadar  transfer  pengetahuan. 

 

4.  Capaian  Perkembangan  (CP)  Untuk  PAUD 

Khusus  untuk  PAUD,  istilah  CP  dimaknai  sebagai  capaian  perkembangan  bukan  capaian  pembelajaran.  Mengingat  pembelajaran  di  PAUD  berbasis  pada  enam  aspek  perkembangan  kognitif,  sosial  emosi,  bahasa,  fisik  dan  motorik  serta  seni.  Aspek  ini  menjadi  satu  kesatuan  dalam  pembelajaran.  Pembelajaran  di  SD  berbeda  dengan  pembelajaran  di  PAUD  termasuk  kompetensi  yang  diharapkan  di  dalamnya.  Pembelajaran  di  PAUD  tidak  menggunakan  mata  pelajaran  tetapi  muatan  pembelajaran  yang  didalamnya  mengintegrasikan  keenam  aspek  perkembangan  sedangkan  di  SD  pembelajaran  mengacu  pada  mata  pelajaran  meski  disajikan  secara  tematik.  Selanjutnya  diturunkan  menjadi  capaian  pembelajaran  menurut  elemen  yang  dipetakan  menurut  perkembangan  peserta  didik. 

 

Lingkup  Capaian  pembelajaran  di  PAUD  mencakup  tiga  elemen  stimulasi  yang  saling  terintegrasi.  Tiga  elemen  stimulasi  tersebut  merupakan  penggabungan  lima  aspek  perkembangan  anak  (nilai  agama  dan  moral,  fisik-motorik,  kognitif,  sosial-emosi,  dan  bahasa)  dan  bidang-bidang  lain  untuk  optimalisasi  tumbuh  kembang  anak  sesuai  dengan  kebutuhan  pendidikan  abad  21  dalam  konteks  Indonesia. 

 

Tiap  elemen  stimulasi  mengeksplorasi  aspek-aspek  perkembangan  secara  utuh  dan  tidka  terpisah.  Ketiga  elemen  stimulasi  tersebut  adalah;  1)  Nilai  agama  dan  budi  pekerti,  yang  mencakup  kemampuan  dasar-dasar  agama  dan  akhlak  mulia;  2)  Jati  diri  mencakup  pengenalan  jati  diri  anak  Indonesiayang  sehat  secara  emosi  dan  sosial  dan  berdasarkan  Pancasila,  serta  memiliki  kemandirian  fisik,  3)  Literasi  dan  sains,  tekhnologi  rekayasa,  seni  dan  matematika  yang  mencakup  kemampuan  memahami  sebagai  informasi  dan  berkomunikasi  serta  berpartisipasi  dalam  kegiatan  pramembaca.  Juga  kemampuan  dasar  berpikir  STEAM  untuk  membangun  anakyang  kreatif  dan  mampu  memecahkan  masalah.  


Jadi CP atau Capaian Pembelajaran Pada PAUD SD SMP SMA bukan diatur dalam Permendikbud tetapi  Kepmendikbud Nomor  958 tahun 2020 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar (SD SMP), dan Pendidikan Menengah (SMA)


Demikian informasi tentang Isi Keputusan  Mendikbud  -  Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020  Tentang  CP atau Capaian  Pembelajaran  Pada  PAUD  SD  SMP  SMA  atau  Capaian  Pembelajaran  Pada  Pendidikan  Anak  Usia  Dini,  Pendidikan  Dasar,  Dan  Pendidikan  Menengah. Semoga ada manfaatnya




= Baca Juga =



6 Comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter