Post Popular

APLIKASI ERAPOR SD SMP SMA SMK PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C


Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C. Sebelum ada mengisi Rapor Sekolah Penggerak terlebih dahulu Anda haru melakukan pembaruan atau update aplikasi Dapodik ke versi Versi 2022.c. Bagi  Satuan  pendidikan  yang  sudah  meng-install  Aplikasi  Dapodik  versi  2022,  sekolah  tidak  perlu melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.c dapat dilakukan menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Unduh file patch Aplikasi Dapodik 2022.c pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/

2. Install patch Aplikasi Dapodik 2022.c.

3. Refresh browser (ctrl+F5).

4. Login di Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.c

 

Sebelum  melakukan  pengisian  nilai  rapor  sekolah penggerak,  satuan  pendidikan  harus  melakukan tarik data menggunakan akun operator atau kepala satuan  pendidikan.  Hal  ini  dilakukan  untuk menurunkan  data  referensi  kurikulum  sekolah penggerak  dari  server  pusat  ke  Aplikasi  Dapodik lokal.

 

Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C yang harus diperhatikan antara lain Menu Rapor, Tambah Mata Evaluasi Rapor, Mata Evaluasi Rapor, Nilai Akhir dan Capaian Kompetensi, Menu Export, Menu Import, Menu Cetak Rapor (Laporan Hasil Belajar) dan menu Sinkronisasi

 

Dijelaskan dalam Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C bahwa sara Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak, adalah sebagai berikut:

 

Menu Rapor

          Pada dashboard sebelah kiri Aplikasi Dapodik, pilih menu Nilai, lalu pilih Sub-menu Rapor.

 

Tambah Mata Evaluasi Rapor

          Pada tabel mata evaluasi rapor, pilih semester 2021/2022 Ganjil, lalu pilih Rombel yang akan diisi, selanjutnya Klik Tambah.

          Pada form tambah mata evaluasi, lengkapi isian sebagai berikut:

 

1.    Pembelajaran: Daftar mata pelajaran pada pilihan ini diambil dari isian pembelajaran pada tabel rombel.

2.    Nama Mata Evaluasi: Diketik manual (wajib diisi).

3.    Nomor Urut: Diisi untuk mengurutkan matpel pada rapor (wajib diisi).

 

Mata Evaluasi Rapor

          Untuk melakukan pengisian nilai per mata pelajaran pada Aplikasi Dapodik, perlu login menggunakan akun PTK. Selanjutnya, klik Mata Pelajaran pada kolom Nama Mata Evaluasi lalu klik dua kali, maka akan muncul daftar nama peserta didik pada rombongan belajar tersebut di tabel kanan. Isi nilai menggunakan skala 100 dan capaian kompetensi (maksimal 300 karakter).

 

Nilai Akhir dan Capaian Kompetensi

1.    Pada kolom nilai, isi dengan nilai akhir yang diperoleh dari nilai akhir formatif, sumatif lingkup materi, dan sumatif akhir semester (rerata F+S+AS) dengan pembulatan normal. Pembobotan dalam penghitungan nilai rapor ditetapkan oleh satuan pendidikan.

2.    Capaian kompetensi adalah beberapa kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran dan dituangkan dalam bentuk deskripsi berdasarkan data formatif, dikonfirmasi dengan data sumatif.

 

Export

          Pilih menu Export dan Import untuk mengunduh format Excel yang digunakan dan diisi oleh guru mata pelajaran.

          Pada file ini, guru dapat mengisi nilai dan capaian kompetensi. Nilai yang diinput berskala 100 dan capaian kompetensi diisi maksimal 300 karakter.

 

Menu Import

          Menu import digunakan untuk memasukkan data nilai rapor yang telah diinput pada format file Excel.

          Untuk memulai, pilih menu Import dari Excel, kemudian pilih file dan klik Simpan. Proses unggah akan tampil jika file yang dipilih sudah sesuai format.

          Status informasi akan tampil dengan jumlah baris data yang berhasil dimasukkan.

          Data nilai rapor akan masuk ke dalam format seperti pada gambar di bawah ini:

 

Cetak Rapor (Laporan Hasil Belajar)

          Menu ini digunakan untuk mencetak laporan hasil belajar dari data nilai rapor yang sudah diinputkan pada Aplikasi Dapodik.

          Klik menu Cetak Rapor yang terdapat pada kiri bawah jendela.

          Tampilan laporan hasil belajar dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

 

Sinkronisasi

          Setelah melakukan pengisian nilai rapor, satuan pendidikan wajib melakukan sinkronisasi dengan menggunakan akun kepala satuan pendidikan.

          Sinkronisasi bertujuan untuk mengirimkan data nilai rapor ke server pusat.

 

Baca Selengkapnya Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini.

 



Link download Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C (disini)

 

Baca Juga DOWNLOAD PACTH APLIKASI DAPODIK 2022.C UNTUK SEKOLAH PENGGERAK (disini)

 

Demikian informasi tentang Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C. Semoga ada manfaatnya.



================================================

aplikasi erapor sd smp sma smk program sekolah penggerak



Aplikasi Rapor (e-Rapor) SD SMP SMA SMK Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Pelaporan hasil adalah bagaimana sekolah mengkomunikasikan apa yang peserta didik ketahui, pahami, dan bisa lakukan. Pelaporan menggambarkan perkembangan dari proses pembelajaran peserta didik, mengidentifikasi area yang perlu dikembangkan, dan berkontribusi pada efektivitas pembelajaran. Asesmen tanpa umpan balik hanyalah nilai akhir semata, oleh karena itu umpan balik mempunyai peran penting dalam menerjemahkan penilaian dan memperbaiki kinerja. Laporan kemajuan belajar berupa rapor merupakan salah satu bentuk pelaporan asesmen yang paling umum dilakukan sekolah, dan harus diperhatikan untuk memberikan informasi yang jelas agar berguna bagi orang tua peserta didik dan peserta didik.

 

Apa beda pelaporan belajar dan pelaporan hasil belajar? Dalam bentuk pelaporan belajar, peserta didik lebih banyak berperan dalam aktivitasnya. Pelaporan hasil belajar (rapor), dibuat oleh pendidik sebagai analisis hasil belajar dalam bentuk tertulis dan langsung dilaporkan ke orang tua peserta didik.

 

Laporan hasil belajar (Rapor) SD SMP SMA SMK merupakan laporan keseluruhan dari proses dan akhir pembelajaran. Laporan hasil belajar merupakan hasil dari analisis pendidik terhadap perkembangan belajar peserta didik. Laporan hasil belajar biasanya diberikan di akhir semester dan akhir tahun ajaran. Sekolah menentukan format laporan hasil belajar sesuai dengan kebutuhan, fungsi, nilai dan budaya masing-masing sekolah.

 

Yang perlu diperhatikan dalam melaporkan hasil belajar: 1) Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan dan mengolah nilai lebih singkat; 2) Pengumpulan dan pengolahan hasil akhir lebih mudah. Yang sebaiknya dihindari: 1) Merekayasa hasil tanpa adanya bukti perkembangan pembelajaran; 2) Bahasa yang kompleks dan terlalu ilmiah; 3) Penggunaan kata atau kalimat negatif. 4) Menilai dengan skor atau angka tanpa deskripsi kriteria.

 

Seperti apa Contoh Format Aplikasi Rapor (e-Rapor) SD SMP SMA SMK Kurikulum Program Sekolah Penggerak, berdasarkan buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA), Berikut ini Contoh Format Aplikasi Rapor (e-Rapor) SD SMP SMA SMK Kurikulum Program Sekolah Penggerak.

Format Aplikasi Rapor (e-Rapor) SD SMP SMA SMK Kurikulum Program Sekolah Penggerak
 

Lalu bagaimana mengolah nilai rapor pada Aplikasi Rapor (e-Rapor) SD SMP SMA SMK Kurikulum Program Sekolah Penggerak ? satuan pendidikan diberikan keleluasaan dengan mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran, capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran. Disediakan beberapa alternatif pengolahan hasil asesmen yang dapat dijadikan nilai rapopr, antara lain: Pertama, mengolah Seluruh Data Formatif dan Sumatif, untuk Dijadikan Nilai Rapor. Keunggulan: a) Asesmen didasarkan pada data yang lengkap dari formatif dan sumatif sehingga pendidik memiliki informasi yang lebih banyak untuk menentukan nilai akhir; b) Data berupa angka lebih mudah untuk diolah. Kelemahan: a) Upaya yang dilakukan pendidik lebih banyak; b) Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan dan mengolah data lebih lama; c) Penilaian berupa angka, belum mencerminkan kompetensi secara utuh. Hal yang harus ditinggalkan: a). Asesmen formatif hanya dengan mengambil nilai berupa angka. b) Hanya menggunakan teknik tes tertulis atau lisan dan mengabaikan teknik penilaian lain, misalnya observasi, produk, praktik, projek, dan portofolio; c)Berfokus pada nilai tanpa memberikan umpan balik dan tindak lanjut untuk perbaikan proses pembelajaran; d) Pendidik menghabiskan waktu untuk menangani administrasi dan pengolahan penilaian sehingga kehilangan fokus untuk melaksanakan pembelajaran bermakna.


Kedua, Mengolah Beberapa Hasil Formatif Berupa Angka dan Seluruh Sumatif, untuk Dijadikan Nilai Rapor. Keunggulan: Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan dan mengolah nilai lebih singkat; Informasi kemajuan belajar peserta didik lebih bervariasi karena menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Kelemahan: a) Berpotensi terjadi kesalahan dalam menentukan tujuan pembelajaran yang akan dinilai secara kuantitatif; b) Upaya pendidik bertambah karena harus mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif; c) Kesulitan menentukan deskripsi, jika data asesmen formatif kurang lengkap dan tidak terdokumentasikan dengan baik. Hal yang harus ditinggalkan: a) Tidak melakukan analisis yang mendalam atas keterkaitan tujuan pembelajaran dan CP ketika menentukan tujuan pembelajaran yang akan dinilai berupa angka; b) Dengan menilai tujuan pembelajaran berupa angka, pendidik tidak melakukan asesmen kualitatif karena tidak menjadi komponen penyusun nilai rapor.


Berikut ini lin download Installer Aplikasi ERAPOR Program Sekolah Penggerak

Download Installer Aplikasi ERAPOR PSP (disini)


Update Aplikasi ERAPOR Program Sekolah Penggerak

Download Update Aplikasi ERAPOR PSP (disini)


Panduan Aplikasi ERAPOR Program Sekolah Penggerak

Download Panduan Aplikasi ERAPOR PSP (disini)

 

Demikian informasi tentang Contoh Format Aplikasi Rapor (e-Rapor) SD SMP SMA SMK Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =



Tidak ada komentar

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Diberdayakan oleh Blogger.