PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

25 April 2022

TEMA DAN LOGO HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2022 DAN SUSUNAN UPACARA BENDERA HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2022

| 25 April 2022
Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022


Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dan Susunan Acara Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022. Perlu diketahui bahwa Berdasarkan Surat Edaran Mendikbudristek tentang Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022, dinyatakan bahwa sehubungan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H dan cuti bersama tahun 2022, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 13 Mei 2022 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

 

Sebagaimana diketahui Hari Pendidikan Nasional ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

 

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

 

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

 

Namun, di tengah krisis pandemi Covid-19 yang melanda tanah air pada tahun ini, upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

 

Tujuan diadakan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah a) Memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa; b) Mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa; c) Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

 

Apa Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022? Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Adapun Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah sebagai berikut.


Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dan Susunan Acara Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022


Ketentuan umum Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022. Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 diselenggarakan secara :

a. Daring/virtual yang dapat diikuti dari rumah/tempat tinggal masing-masing dengan menyaksikan siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI pada pukul 08.00 WIB.

b. Luring/tatap muka di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pusat dan satuan kerja di daerah, kantor Kementerian Agama pusat dan satuan kerja di daerah, kantor pemerintah provinsi/kabupaten/kota, kantor dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi/kabupaten/kota, kampus Perguruan Tinggi negeri/swasta serta satuan pendidikan di seluruh Indonesia yang berada di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan 2, serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri yang wilayahnya ditetapkan pemerintah setempat sebagai zona aman.

c. Pelaksanaan upacara secara luring/tatap muka dilaksanakan secara terbatas, minimalis, serta menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

 

Bagaimana Susunan Acara Upacara Peringatan Bendera Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022. Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022, Susunan upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah sebagai berikut

·          Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;

·          Pembina upacara tiba di tempat upacara;

·          Penghormatan kepada pembina upacara;

·          Laporan pemimpin upacara;

·          Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;

·          Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;

·          Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;

·          Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;

·          Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada);

·          Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi);

·          Pembacaan do’a *);

·          Laporan pemimpin upacara;

·          Penghormatan kepada pembina upacara;

·          Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;

·          Upacara selesai, barisan dibubarkan.

 

Keterangan : Sebelum pembacaan doa, diharapkan agar petugas pembaca doa menjelaskan bahwa doa upacara dibacakan secara agama Islam, dan mempersilakan kepada peserta upacara yang tidak beragama Islam untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

 

Link download Surat Edaran Mendikbud tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 (DISINI)

Link download Panduan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 (DISINI)

Link download Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 (DISINI)

 

Demikian informnasi tentang Tema dan Logo Hari Peringatan Pendidikan Nasional Tahun 2022 dan Susunan Acara Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih



= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog