PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

27 May 2022

BUKU SAKU INFORMASI PELAKSANAAN MPLS SMP TAHUN 2022

| 27 May 2022
Buku Saku Informasi Pelaksanaan MPLS SMP Tahun 2022


Buku Saku Informasi Pelaksanaan MPLS SMP Tahun 2022. Sekolah adalah tempat belajar dan ber-main yang menyenangkan. Suasana menyenangkan dapat dihadirkan ketika semua ekosistem sekolah terlibat dalam pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Interaksi yang lahir dari sekolah juga harus mendukung tumbuh kembang peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman.


Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah adalah laboratorium awal untuk mengenal-kan hakikat sekolah kepada peserta didik. Hanya saja, di masa pengenalan lingkungan sekolah praktik-praktik kekerasan, perpe-loncoan, bullying turut hadir dengan ala-san yang tidak dibenarkan dan jauh dari hakikat pendidikan.

 

Situasi ini membuat Pemerintah mengeluarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Masa Orientasi Sekolah (MOS) pun berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada masa MPLS ini seluruh aktivitas yang ada haruslah bersi-fat edukatif dan menyenangkan, sehing-ga peserta didik baru mampu mengenali ekosistem sekolah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, tempat mereka bermain, belajar, meningkatkan prestasi, dan menumbuhkembangkan karakternya.

 

Situasi Pandemi Covid-19 membuat model dan strategi pelaksanaan MPLS berubah menyesuaikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Meskipun begitu, hakikat dan nilai-nilai pelaksanaan MPLS tidak berubah. Kegiatan MPLS harus tetap menjadi laboratorium awal siswa baru mengenali lingkungan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan.


Pada Buku Saku Informasi Pelaksanaan MPLS SMP Tahun 2022, antara lain dijelaskan tujuan MPLS, Materi MPLS dan Silabus MPLS Tahun 2022. Apa tujuan atau manfaat kegiatan MPLS ? Secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan. Bagi sekolah-sekolah Boarding School, pengenalan budaya kehidupan di asrama menjadi materi penting. Jadi Tujuan MPLS adalah 1) Mengenali potensi diri siswa baru; 2) Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; 3) Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; 4) Mengembangkan interaksi positif antar- siswa dan warga sekolah lainnya; 5) Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujud-kan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

 

Apa saja materi yang disampaikan saat kegiatan MPLS? Biasanya setiap sekolah memiliki materi yang sedikit berbeda disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Beberapa materi yang perlu disampaikan saat pelaksanaan kegiatan MPLS, antara lain:

1. Wawasan Wiyata Mandala;

2. Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intrakurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstrakurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain;

3. Pendidikan Karakter;

4. Cara Belajar Efektif;

5. Pengenalan Budaya Lokal.

 

Silabus Kegiatan MPLS SMP Tahun 2022. Kegiatan MPLS memiliki dua jenis kegiatan yakni kegiatan wajib dan kegiatan pilihan yang disesuaikan dengan silabus MPLS. Untuk materi kegiatan pilihan disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah. 

 

Silabus kegiatan MPLS SMP Tahun 2022 baik wajib dan pilihan dibuat untuk mengintegrasikan kegiatan dan tujuan yang hendak dicapai. Setidaknya ada lima tujuan dari silabus kegiatan MPLS.

Tujuan 1 : Mengenali potensi diri siswa baru.

Kegiatan Wajib :

1. Pengisian formulir siswa baru oleh orangtua/wali;

2. Kegiatan pengenalan siswa.

Kegiatan Pilihan :

1. Diskusi konseling;

2. Mengenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah;

3. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap diskusi

 

Tujuan 2 : Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

Kegiatan Wajib :

1. Kegiatan pengenalan warga sekolah;

2. Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar, dan tata tertib sekolah;

3. Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa;

4. Pengenalan stakeholders sekolah lain-nya.

Kegiatan Pilihan :

1. Pengenalan tata cara dan etika makan, tata cara penggunaan fasilitas toilet, dan tata cara berpakaian/sepatu;

2. Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya;

3. Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah;

4. Menginformasikan kewajiban pemeli-haraan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum;

5. Kegiatan simulasi penanggulangan bencana;

6. Menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah;

7. Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait.

 

Tujuan 3 : Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Kegiatan Wajib :

1. Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa;

2. Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kegiatan Pilihan :

1. Pengenalan metode pembelajaran dalam bentuk quantum learning (speed reading, easy writing, mind mapping, super memory system) ;

2. Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk berbagi pengalaman;

3. Kegiatan pengenalan kewirausahaan;

 

Tujuan 4 : Mengembangkan interaksi positif antar-siswa dan warga sekolah lainnya.

Kegiatan Wajib :

1. Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun;

2. Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.

Kegiatan Pilihan :

1. Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga;

2. Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok.

 

Tujuan 5 : Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling meng-hargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.

Kegiatan Wajib :

1. Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter;

2. Pengenalan budaya dan tata tertib sekolah;

3. Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai positif.

Kegiatan Pilihan :

1. Beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air;

2. Kegiatan kebanggaan terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, peng -gunaan pakaian adat di sekolah;

3. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah.

 



Selengkapnya silahkan download Buku Saku Informasi Pelaksanaan MPLS SMP Tahun 2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Buku Saku Informasi Pelaksanaan MPLS SMP Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog