LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF AKHIR TAHUN SENI BUDAYA KELAS 8

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Tahun Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2023


Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Tahun Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan Permendikbudristek tentang Standar Penilaian ada 2 (dua) jenis penilaian yang berlaku di sekolah, yakni penilaian formatif dan penilaian sumatif.

 

Apa yang dimaksud penilaian formatif? Penilaian formatif adalah aktivitas guru dan murid yang dimaksudkan untuk memantau kemajuan belajar murid selama proses belajar berlangsung. Penilaian ini akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan program pembelajaran, mengetahui dan mengurangi kesalahan yang memerlukan perbaikan. Adapun tujuan utama dari bukan hanya untuk menentukan tingkat kemampuan murid, namun juga untuk memperbaiki proses pembelajaran. Dengan kata lain, penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi murid.

 

Hasil penilaian formatif ini bermanfaat bagi guru dan murid. Manfaat bagi guru yaitu guru akan mengetahui sejauh mana bahan pelajaran telah  dikuasai murid. Jika guru mengetahui tingkat keberhasilan murid dalam menguasai materi pelajaran, maka guru dapat membuat keputusan, apakah suatu materi pembelajaran perlu diulang atau tidak. Jika harus diulang, guru juga harus memikirkan strategi pembelajaran yang akan ditempuh.

 

Penilaian formatif merupakan penilaian hasil belajar dari kesatuan-kesatuan kecil materi pelajaran. Manfaat penilaian formatif bagi murid yaitu mengetahui materi pelajaran yang telah dipelajari, mengetahui butir-butir soal yang sudah dikuasai, dan butir-butir soal yang belum dikuasai. Hal ini merupakan umpan balik yang sangat berguna bagi murid, sehingga dapat diketahui bagian-bagian yang harus dipelajari kembali secara individual.

 

Penilaian formatif melibatkan proses mencari dan menginterpretasikan bukti-bukti yang digunakan murid dan guru untuk memutuskan posisi murid dalam pembelajarannya, kemana murid perlu melangkah dan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Lebih lanjut ditekankan bahwa agar penilaian formatif lebih efektif, guru harus terampil dalam menggunakan strategi penilaian yang bervariasi. Strategi penilaian tersebut dalam penilaian formatif bisa berupa observasi, diskusi murid, umpan balik, self assessment dan peer assessment. Self assessment merupakan hal penting yang dilakukan murid dalam upaya menyadari adanya gap. Guru berperan untuk mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan mendorong murid untuk melakukan self assessment dalam upaya mencapai tujuan. Umpan balik perlu dilakukan di dalam kelas oleh guru dan murid secara timbal balik. Pemberian umpan balik dapat memotivasi murid untuk belajar, mendorong murid untuk tertarik pada pembelajaran, meningkatkan hasil belajar, menimbulkan optimisme, self regulating learning, dan mengembangkan potensi metakognisi.

 

Keberhasilan penggunaan penilaian formatif sangat tergantung kemampuan guru mengorganisasi murid dalam pembelajaran. Terdapat lima faktor kunci yang dapat meningkatkan pembelajaran melalui penilaian formatif. Kelima faktor kunci tersebut adalah: a) menyediakan umpan balik yang efektif untuk murid, b) secara aktif melibatkan murid dalam pembelajaran, c) mengatur pembelajaran yang memungkinkan murid memperoleh nilai baik ketika dilakukan penilaian, d) memperkenalkan pengaruh besar penilaian terhadap motivasi, dan e) mempertimbangkan kebutuhan murid untuk menilaidirinya sendiri dan untuk memahami bagaimana cara meningkatkan hasil belajarnya.

 

Umpan balik adalah informasi tentang kesenjangan antara tingkat aktual dan tingkat referensi murid14 atau kesenjangan kondisi murid sekarang dengan tujuan-tujuan dan standar pembelajaran. Murid menghasilkan umpan balik internal dalam kegiatan pembelajaran dan penilaian. Umpan balik formatif terkait erat dengan penilaian formatiftetapi juga dapat berpotensi untuk digunakan sebagai penghubung antara penilaian sumatif dan pengembangan formatif.

 

Umpan balik merupakan elemen yang penting dalam penilaian formatif. Kriteria umpan balikyang baik sebagai berikut: a) Membantu menjelaskan kinerja yang baik; b) Memfasilitasi pengembangan self-assessment (refleksi) dalam belajar; c) Memberikan informasi yang berkualitas tinggi kepada murid tentang hasil belajar mereka; d) Mendorong guru untuk berdialog dengan murid selama pembelajaran; e) Memotivasi murid dalam kegiatan pembelajaran; f) Menyediakan kesempatan untuk menutup kesenjangan antara kinerja saat ini dan yang diinginkan; g) Memberikan informasi kepada guru yang dapat digunakan untuk membantu membentuk pengajaran.

 

Guru menggunakan umpan balik untuk membuat keputusan program sehubungan dengan kesiapan, diagnosis dan remedial. Murid menggunakannya untuk memantau hasil belajar. Pentingnya umpan balik murid yaitu untuk belajar, menutup kesenjangan pemahaman konsep mereka, mempersiapkan diri dalam penilaian sumatif, memotivasi untuk belajar, menghargai standar akademik, dan untuk refleksi.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023, mari kita ketahui apa itu Penilaian Sumatif ? Penilaian sumatif adalah suatu aktivitas penilaian yang menghasilkan nilai atau angka yang kemudian digunakan sebagai keputusan pada kinerja murid9. Kegiatan penilaian ini dikakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh materi pelajaran telah selesai. Penilaian sumatif digunakan untuk menentukan klasifikasi penghargaan pada akhir kursus atau program. Penilaian sumatif dirancang untuk merekam pencapaian keseluruhan murid secara sistematis.

 

Penilaian sumatif berkaitan dengan menyimpulkan prestasi murid, dan diarahkan pada pelaporan di akhir suatu program studi14. Penilaian sumatif tidak memberikan dampak secara langsung pada pembelajaran, meskipun sering kali mempengaruhi keputusan yang mungkin memiliki konsekuensi bagi murid dalam belajar. Fungsi penilaian sumatif9 yaitu pengukurankemampuan dan pemahaman murid, sebagai sarana memberikan umpan balik kepada murid, untuk memberikan umpan balik kepada staf akademik sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran, akuntabilitas dan standar pemantauanstaf akademik, dan sebagai sarana untuk memotivasi murid.

 

Berikut ini Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Tahun Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Tahun Seni Budaya Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter