LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF AKHIR TAHUN IPS KELAS 7

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Tahun IPS Kelas 7 Tahun 2023


Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Tahun IPS Kelas 7 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik perlu adanya penilaian. Dalam kegiatan pembelajaran, ada 2 (dua) bentuk penilaian yang cukup dikenal oleh para tenaga pendidik, yaitu penilaian formatif dan juga penilaian sumatif.

 

Penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan dengan tujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Sesuai dengan tujuannya, penilaian formatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran.

 

Sedangkan penilaian sumatif yakni sebuah penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Tahun IPS Kelas 7 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023, berikut ini perbedaan mendasar antara penilaian formatif dan juga sumatif yang perlu diketahui. Pertama, dari segi waktu pelaksanaan, pada penilaian formatif umumnya dilakukan saat proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi berlangsung. Dapat dilakukan di awal maupun sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk penilaian sumatif, dapat dilakukan pada akhir pembelajaran.

 

Kedua dari segi tujuan penilaian. Tujuan dari penilaian formatif adalah mengetahui perkembangan penguasaan siswa terhadap suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari. Berbeda dengan penilaian formatif,  penilaian sumatif bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran siswa pada pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang telah berakhir.

 

Ketiga dari segi output penilaian. Pada umum output akhir dari penilaian formatif adalah sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari agar peserta didik mencapai penguasaan yang optimal. Sedangkan output akhir penilaian sumatif adalah sebagai bukti mengenai apa yang dikuasai oleh siswa.

 

Sedangkan Keempat dari segi hasil penilaian. Hasil penilaian formatif tidak digunakan untuk menentukan nilai rapor keputusan kenaikan kelas, kelulusan, atau keputusan-keputusan penting lainnya. Untuk penilaian sumatif, justru untuk menentukan hal-hal tersebut. Itu dia perbedaan mendasar antara penilaian formatif dan penilaian sumatif. Saat ini, sebenarnya guru diharapkan untuk lebih banyak mengutamakan penilaian formatif, untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan murid. Namun, penilaian sumatif juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Berikut ini Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Tahun IPS Kelas 7 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Tahun IPS Kelas 7 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga ada manfaatnya

 



= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.