Latihan Soal ASAS Bahasa Inggris Kelas 8 SMP MTS Kurikulum Merdeka

Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) Bahasa Inggris Kelas 8 SMP MTS Kurikulum Merdeka (Kumer) Tahun Pelajaran 2023-2024



Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) Bahasa Inggris Kelas 8 SMP MTS Kurikulum Merdeka (Kumer) Tahun Pelajaran 2023/2024. Apa itu ASAS ? Asesmen Sumatif Akhir Semester dapat dikatakan sama seperti Penilaian Akhir Semester atau PAS. Asesmen Sumatif Akhir Semester juga bisa disebut asesmen sumatif semester satu. ASAS dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur keberhasilan materi yang telah disampaikan Guru pada saat proses kegiatan pembelajaran (KBM) selama satu semester sebelumnya. Selain itu pelaksanaan ulangan ini juga untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi yang telah diajarkan selama ini.

 

Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) merupakan proses pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik. Tujuan pelaksanaan ASAS Ganjil 2023/2024 adalah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara standar sekolah pada mata pelajaran tertentu. Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama satu semester. Hasil ASAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa.

 

Sebagaimana diketahui ada 2 semester dalam satu tahun ajaran, yakni Semester Ganjil : Juli-Desember dan Semester Genap : Januari-Juni. Ada beberapa asesmen di tiap semester, yaitu sebagai berikut: asesmen formatif, asesmen sumatif tengah semester dan asesmen sumatif akhir semester.

 

Sebelumnya, dikenal dengan istilah Asesmen Sumatif Tengah Semester dikenal dengan istilah Penilaian Tengah Semester atau PTS. Dalam kurikulum merdeka terbaru, istilah penilaian diganti jadi asesmen, namun inti kegiatannya tetap sama. Asesmen Sumatif Tengah Semester menguji seluruh materi pelajaran yang telah diberikan selama tiga bulan akademis pertama, baik di semester ganjil maupun semester genap.

 

Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) dilaksanakan tiap akhir semester ganjil. PAS bertujuan menguji capaian pembelajaran selama 6 bulan (semester satu). Selain ASAS ada juga ASAT (Asesmen Sumatif Akhir Tahun). Karena sama-sama dilaksanakan pada akhir semester, ASAT dan ASAS sering dianggap sama. Padahal, keduanya beda karena pelaksanaan ASAT di akhir tahun ajaran (semester genap), sedangkan ASAS di akhir semester ganjil. Dulunya, ASAT lebih dikenal dengan nama Penilaian Akhir Tahun. ASAT hanya diikuti Kelas 8 dan 8 SMP serta 10 dan 11 SMA, sebagai syarat kenaikan kelas. Di sisi lain, siswa kelas 9 SMP dan 12 SMA akan mengikuti Asesmen Akhir Sekolah (AAS) sebagai syarat kelulusan.

 

Sebelum Kamu mendownload Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) Semester Ganjil Kurikulum Merdeka – Kumer Bahasa Inggris Kelas 8 SMP MTS Tahun Pelajaran 2023/2024, untuk kamu yang akan menghadapi ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) SMP MTs, Ayo ikuti berbagai tipsnya berikut ini.

 

1. Buatlah Porsi Waktu Belajar yang Efisien

Kamu bisa mulai tentukan hal-hal yang menjadi prioritas utama sobat. Penting diperhatikan jangan sampai mendesak setiap harinya. Selain itu, sobat bisa banget mulai dengan menentukan porsi waktu belajar yang efisien dengan cara bikin to do list.

 

2. Asah Fundamental Skills atau Kemampuan Dasar

Sobat udah taukan soal fundamental skill atau kemampuan dasar. Akan semakin baik, kalau sobat punya cara berpikir kritis dan rasional saat mengerjakan soal-soal ASAS. Sobat boleh mengasahnya dengan meng-klik link berikut mtryout.id.

 

3. Pelajari Materi dari Konsepnya

Coba deh terapkan dan pelajari materi dari konsepnya. Dengan sobat mulai dari konsep lebih dulu, sobat gak akan pernah kepikiran buat cari cara cepat dan cuma menghafal aja.

 

4. Review Materi Sampai Ngerti!

Dan, terakhir ialah Review kembali materi yang pernah guru sobat sampaikan, sobat kan sudah punya fundamental skills yang kuat dan ngerti konsepnya, pertajam terus dengan me-review ulang materi agar makin jago ASAS. Dengan rajin me-review materi, sobat bisa evaluasi lagi pemahaman sobat sudah sampai mana.

 

5. Pelajari Materi dari Konsepnya

Coba deh terapkan dan pelajari materi dari konsepnya. Dengan sobat mulai dari konsep lebih dulu, sobat gak akan pernah kepikiran buat cari cara cepat dan cuma menghafal aja.

 

4. Review Materi Sampai Ngerti!

Dan, terakhir ialah Review kembali materi yang pernah guru sobat sampaikan, sobat kan sudah punya fundamental skills yang kuat dan ngerti konsepnya, pertajam terus dengan me-review ulang materi agar makin jago ASAS. Dengan rajin me-review materi, sobat bisa evaluasi lagi pemahaman sobat sudah sampai mana.

 

Sekedar diketahui ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) tidak mesti berbetuk ujian tulis ya, tetapi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti portofolio, penugasan atau seluruh pengerjaan tugas yang diberikan selama proses pembelajaran, tes luring dan daring, bentuk penilaian berdasarkan ketentuan sekolah, serta penilaian sikap.

 

Berikut ini Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) Bahasa Inggris Kelas 8 SMP MTS Semester Ganjil Kurikulum Merdeka (Kumer) tahun 2023/2024 yang dapat digunakan sebagai bahan latihan bagi yang di sekolahnya diadakan kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester.

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) Bahasa Inggris Kelas 8 SMP MTS Semester Ganjil Kurikulum Merdeka (Kumer) tahun 2023/2024. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter