Pengertian Teaching at the Right Level (TaRL)

Apa yang dimaksud Teaching at the Right Level (TaRL?) Pengertian Teaching at the Right Level (TaRL)



Apa yang dimaksud Teaching at the Right Level (TaRL) ? Mari kita bahas defini atau pengertian TaRL atau Teaching at the Right Level. Secara sedehana  penegerian TaRL atau Teaching at the Right Level adalah sebuah pendekatan belajar yang mengac upada tingkatan capaian atau kemampuan peserta didik. Pendekatan pembelajaran ini tidak mengacu pada tingkatan kelas, pembelajaran dibuat disesuaikan dengan capaian, tingkat kemampuan, kebutuhan peserta didik, untuk mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.

 

Pendekatan pembelajaran Teaching at the Right Level atau TaRL merupakan bentuk implementasi yang sesuai dengan filosofi Pendidikan Ki  Hadjar Dewantara. Dengan memperhatikan capaian,tingkat kemampuan, kebutuhan peserta didik sebagai acuan untuk merancang pembelajaran, maka kita melakukan segala upaya kita untuk berpusat pada peserta didik.

 

Pendekatan pembelajaran Teaching at the Right Level atau TaRL sudah digunakan di bebera panegara, antara lain: India, Kenya, Australia, dsb.  Pada penelitian hasil studi India, dari 200 sekolah yang mengikuti program melatih kemampuan membaca, terdapat peningkatan 19% jumlah peserta didik yang mampu membaca paragraph singkat atau cerita. Pesertadidik pada awalnya di kelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuannya terlebih dahulu, lalu diberikan pengajaran selama 1 jam setiap hari, sesuai dengan tingkatan kemampuan mereka. Hal serupa juga terjadi pada studi serupa lainnya di India, 484 sekolah, dan hanya dalam 50 hari, terjadi peningkatan jumlah siswayang mampu membaca paragraph singkat atau cerita sebanyak33%.  Hal ini menunjukkan dengan mengetahui capaian atau tingkatan kemampuan didik sebagai acuan untuk penyusunan pembelajaran, mampu mengembangkan peserta didik lebih baik. Pembelajaran disusun sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, karena itu tentunya akan lebih tepat guna untuk peserta didik itu sendiri.

 

Beberapa Prinsip Teaching at the Right Level (TaRL). Pertama, tujuan pengajaran dengan menggunakan pendekatan ini adalah penguatan kemampuan numerasi dan literasi pada peserta didik, serta pengetahuan pada mata pelajaran yang menjadi capaian pembelajaran. Kedua, peserta didik tidak terikat pada tingkatan kelas. Namun dikelompokkan berdasarkan fase perkembangan ataupun sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik yang sama. Ketiga, setiap fase, ataupun tingkatan tersebut mempunyai capaian pembelajaran yang harus dicapai. Proses pembelajaran peserta didik akan disusun mengacu pada capaian pembelajaran tersebut, namun disesuaikan dengan karakteristik, potensi, kebutuhan peserta didiknya. Keempat, kemajuan hasil belajar akan ditentukan berdasarkan evaluasi pembelajaran. Peserta didik yang belum mencapai capaian pembelajaran di fasenya, akan mendapatkan pendampingan oleh pendidik untuk bisa mencapai capaian pembelajarannya.

 

Pada umum Tahapan penerapan strategi/penekatan pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL). Diawali denga asesmen, perencanaan, dan pembelajaran. a) Tahap Asesmen. Untuk bisa membuat pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, maka asesmen menjadi tahap pertama yang harus kita lakukan Asesmen ini biasa disebut juga  asesmen diagnostis. Yang perlu dikenali antara lain: potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan peserta didik, tahap capaian pembelajaran anak, dll. b) Perencanaan. Setelah berhasil mengidentifikasi potensi,  karakteristik, tingkat capaian, kemampuan, maka bagian berikutnya adalah menyusun proses pembelajaran yang sesuai dengan data asesmen kita. Perencanaan ini juga termasuk pengelompokkan peserta didik dalam tingkat yang sama. Dengan penyusunan pembelajaran yang sesuai dengan capaian ataupun tingkat kemampuan peserta didik ini, maka kita menempatkan peserta didik sebagai pusat utama pembelajarannya, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara; c) Pembelajaran. Selama proses pembelajaran ini, perlu dibuat adanya asesmen-asesmen berkala untuk melihat proses pemahaman murid, kebutuhan, kemajuan selama pembelajarana tau biasa disebut asesmen formatif.  Adapun asesmen sumatif, sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran di akhir suatu pembelajaran juga diperlukan untuk membantu pendidik merancang projek berikutnya.

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter