Contoh Pengisian DKA Untuk Akreditasi BAN PDM

Contoh Pengisian DKA Deskripsi Kinerja Asesi Untuk Akreditasi Jenjang SD SMP SMA SMK BAN PDM


Contoh Pengisian DKA Deskripsi Kinerja Asesi Untuk Akreditasi Jenjang SD SMP SMA SMK BAN PDM. Salah satu tugas sekolah sebelum pelaksanaan akreditasi adalah mengisi deskripsi kinerja asesi melalui aplikasi Sispena.

 

Deskripsi Kinerja Asesi pada intinya berisi uraian tentang bagaimana sekolah dalam hal ini kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan atau sekolah yang dicita-cita. Ini mencakup berbagai aspek dari kinerja yang relevan dengan konteks tertentu.

 

Secara umum, deskripsi kinerja asesi dapat mencakup aspek Kuantitas, terkait dengan apa saja kegiatan atau program yang telah dilakuakn, aspek Kualitas terkait seberapa baik tugas atau pekerjaan, program atau kegiatan dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan, Asepk Efisiensi terkait seberapa efektif dan efisien sumber daya digunakan dalam pelaksanaan tugas. Aspek Hasil dan Dampak terkait Hasil akhir dari pekerjaan yang dilakukan dan dampaknya terhadap tujuan yang ingin dicapai.

 

Selain hal tersebut deskripsi kinerja asesi dapat juga mencakup kepatuhan terhadap Standar dalam artiap apakah kinerja mematuhi pedoman, regulasi, atau standar yang berlaku, Keterampilan dan Kompetensi delam artian apa saja keterampilan yang ditunjukkan dan kompetensi yang diterapkan dalam pelaksanaan tugas, serta Inisiatif dan Inovasi terkait ada tidaknya kemampuan untuk menunjukkan inisiatif dan melakukan inovasi dalam melaksanakan tugas.

 

Bagaimana Cara pengisian DKA (Deskripsi Kinerja Asesi) BAN PDMDalam Kaitan Kegiatan Akreditasi sekolah wajib mengsi DKA (Deskripsi Kinerja Asesi), yakni menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan sekolah yang berkaitan dengan butir pada instrument akreditasi SD SMP SMA SMK. Ada 14 butir inti yang harus dijelaskan oleh sekolah dengan mengisi Deskripsi Kinerja Asesi, yakni:

1.    Pendidik menyediakan dukungan sosial emosional bagi peserta didik dalam proses pembelajaran

2.    Pendidik mengelola kelas untuk menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran

3.    Pendidik mengelola proses pembelajaran secara efektif dan bermakna.

4.    Pendidik memfasilitasi pembelajaran yang efektif dalam membangun keimanan, ketakwaan, komitmen kebangsaan, kemampuan bernalar dan memecahkan masalah, serta karakter dan kompetensi lainnya yang relevan bagi peserta didik.

5.    Kepala satuan pendidikan menerapkan budaya refleksi untuk perbaikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta evaluasi kinerja untuk rencana pengembangan profesional bagi pendidik dan tenaga kependidikan

6.    Kepala satuan pendidikan menghadirkan layanan belajar yang partisipatif dan kolaboratif untuk tercapainya visi dan misi

7.    Kepala satuan pendidikan memastikan pengelolaan anggaran dilakukan sesuai perencanaan berdasarkan refleksi yang berbasis data secara transparan dan akuntabel

8.    Kepala satuan pendidikan memimpin pengelolaan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik

9.    Kepala satuan pendidikan mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang selaras dengan kurikulum nasional

10. Satuan pendidikan memastikan terbangunnya iklim kebinekaan bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

11. Satuan pendidikan menyediakan lingkungan belajar yang inklusif untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam

12. Satuan pendidikan mewujudkan iklim lingkungan belajar yang aman secara psikis bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

13. Satuan pendidikan memastikan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

14. Satuan pendidikan menjamin lingkungan yang sehat dan memiliki/melaksanakan program yang membangun kesehatan fisik dan mental pada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

 

Idealnya Pengisian Deskripsi Kinerja Asesi berisi penjelasan kegiatan atau program sekolah dari perencanaan, unsur yang terlibat hingga dampaknya yang berkaitan dengan indikator pada setiap butir instrument akreditasi SD SMP SMA maup SMK.

 

Berikut Contoh Sederhana Pengisian DKA (Deskripsi Kinerja Asesi), yang dapat menjadi inspirasi bagi sekolah yang masih mengalami kesulitaan. Tetapi ini bukan sebagai Pedoman atau Panduan. Hal ini karena Pengisian Deskripsi Kinerja Asesi harus disesuai dengan Kondisi Real yang ada di sekolah masing-masing.

 



Lik download contoh DKA


Demikian informasi tentang Contoh Pengisian DKA Deskripsi Kinerja Asesi Untuk Akreditasi Jenjang SD SMP SMA SMK BAN PDM. Semoga ada manfaat untuk inspirasi Anda.



= Baca Juga =


44 Comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter