Soal STS PTS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

 

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan generasi bangsa. Salah satu komponen kunci dalam proses pembelajaran adalah penilaian atau asesmen, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu bentuk asesmen yang sering digunakan adalah asesmen sumatif akhir tahun.

 

Dalam kegiatan di sekolah kita mengenal istilah Asesmen Sumatif Tengah Semester II/Genap (STS PTS ASTS PSTS) dan Asesmen Sumatif Akhir Tahun, Asesmen Sumatif Tengah Semester II/Genap: Dilaksanakan di pertengahan semester genap, umumnya setelah setengah dari materi semester genap selesai disampaikan.

 

Pada umum Asesmen Sumatif Tengah Semester II/Genap dilaksanakan pada pertengahan semester genap, umumnya setelah setengah dari materi semester genap selesai disampaikan.

 

Biasanya Asesmen Sumatif Tengah Semester II/Genap (STS PTS ASTS PSTS) hanya mencakup sebagian materi pembelajaran yang diajarkan di semester genap hingga waktu asesmen dilakukan. Asesmen Sumatif Tengah Semester II/Genap: Memiliki bobot lebih kecil karena hanya menilai sebagian materi pada semester genap.

 

Pada umum Asesmen Sumatif Tengah Semester II/Genap: Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran di semester genap hingga pertengahan semester, dan memberikan gambaran tentang kemajuan belajar siswa sebelum memasuki penilaian akhir semester

 

Hasil Asesmen Sumatif Tengah Semester II/Genap (STS PTS ASTS PSTS) selaian sebagai tambahan nilai rapor juag sering digunakan sebagai bahan evaluasi sementara untuk mengetahui area yang perlu ditingkatkan sebelum asesmen akhir tahun.

 

Sedangakn Asesmen sumatif akhir tahun adalah proses penilaian yang dilakukan di akhir periode pembelajaran untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa secara keseluruhan. Penilaian ini biasanya digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai materi pembelajaran selama satu tahun akademik.

 

Asesmen sumatif akhir tahun adalah proses penilaian yang dilakukan pada akhir tahun ajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa secara keseluruhan terhadap materi yang diajarkan sepanjang tahun akademik. Penilaian ini mencakup semua aspek pembelajaran dari semester ganjil hingga genap, yang hasilnya digunakan untuk menentukan keberhasilan siswa, seperti kenaikan kelas atau kelulusan.

 

Sebagai bagian dari evaluasi pembelajaran, asesmen sumatif akhir tahun memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan asesmensumatif tengah semester. Fokus utamanya adalah untuk memastikan bahwa siswa telah memahami materi yang diajarkan dan mampu mengaplikasikannya sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.

 

Beberpa ciri Asesmen Sumatif Akhir Tahun: a) Dilaksanakan pada akhir tahun ajaran, biasanya setelah seluruh materi pembelajaran selesai diajarkan; b) Mencakup seluruh materi yang diajarkan selama satu tahun ajaran, baik dari semester ganjil maupun genap; c) Digunakan untuk mengukur pencapaian akhir siswa dalam satu tahun ajaran secara menyeluruh dan biasanya menjadi salah satu faktor penentu kenaikan kelas atau kelulusan.

.

Asesmen Sumatif Akhir Tahun: Memiliki bobot yang lebih besar karena merupakan rangkuman dari seluruh pembelajaran selama satu tahun. Hasil asesmen ini biasanya dijadikan bahan laporan akademik siswa, yang menunjukkan capaian pembelajaran tahunan.

 

Adapun Fungsi Asesmen Sumatif baik yang tengah semester maupun akhir tahun adalah: a) Menilai Kompetensi Siswa. Asesmen ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran; b) Dasar Pengambilan Keputusan. Hasil asesmen dapat menjadi dasar keputusan, seperti kenaikan kelas atau kelulusan siswa; c) Memberikan Umpan Balik

 

Jenis Asesmen Sumatif terdiri dari a) Tes Tertulis. Berupa soal-soal esai, pilihan ganda, atau kombinasi keduanya; b)     Proyek atau Tugas Akhir. Penilaian berbasis proyek untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan konsep; c) Portofolio. Dokumen yang mencatat perkembangan dan hasil kerja siswa selama satu tahun.

 

Bagi Anda yang membutuhkan contoh soal sumatif tengah sesmester berikut ini admin bagikan Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

 

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS PAI BP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 2 KurikulumMerdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS IPAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS PJOK Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Bahasa Sunda Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal STS PTS ASTS PSTS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya.

 




= Baca Juga =



No comments

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Statistik Blog

Latest Post



































    Free site counter


































    Free site counter