Latest

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2021


New - Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021. Guru merupakan faktor yang dominan di dalam kegiatan pembelajaran. Guru sebagai subyek dalam pendidikan dan sebagai perencana serta pelaksana pembelajaran. Oleh karena itu, guru merupakan penentu keberhasilan dan suksesnya proses pembelajaran. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bab VI pasal 28 menyebutkan bahwa: 1) pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional; 2) kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan denga ijazah dan atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 3) kompetensi sebagai agen pembelajaran atau jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini meliputi: a) kompetensi pedagogik, b) kompetensi kepribadian, c) kompetensi professional, d) kompetensi sosial. 4) seseorang yang tidak memiliki ijazah dan atau sertifikat keahlian sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tetapi memiliki keahlian khusus yang diakui dan diperlukan dapat diangkat menjadi pendidik setelah melewati uji kelayakan dan kesetaraan.

 

Profil guru menggambarkan kualitas yang harus dimiliki oleh seorang guru. Profil tersebut yaitu: 1) kepribadian meliputi: a) beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, b) berakhlak yang tinggi, c) memiliki rasa kebangsaan yang tinggi, d) jujur dalam berkata dan bertindak, e) sabar dan arif dalam menjalankan profesi, f) disiplin dan kerja keras, g) cinta terhadap profesi, h) memiliki pandangan positif terhadap peserta didik, i) inovatif, kreatif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, j) gemar membaca dan selalu ingin maju, k) demokratis, l) bekerja secara profesional dengan peserta didik, sejawat dan masyarakat, m) terbuka terhadap saran dan kritik, n) cinta damai, o) memiliki wawasan internasional. 2) pengetahuan dan pemahaman profesi kependidikan tentang: a) peserta didik, b) teori belajar dan pembelajaran, c) kurikulum dan perencanaan pengajaran, d) budaya dan masyarakat sekitar sekolah, e) filsafat dan teori pendidikan, f) evaluasi, g) teknik dasar dalam mengembangkan proses belajar, h) teknologi dan pemanfaatannya dalam pendidikan, i) penelitian, j) moral, etika dan kaidah profesi. 3) pengetahuan dan pemahaman tentang bidang spesialisasi meliputi: a) cara berfikir disiplin ilmu yang menjadi spesialisasinya, b) teori, konsep dan prosedur utama dalam disiplin ilmu yang menjadi spesialisasinya, c) cara mengembangkan disiplin ilmu yang menjadi spesialisasinya, d) cara mengembangkan materi dan bahan ajar, e) penelitian dalam disiplin ilmu. 4) kemampuan dan keterampilan profesi dalam: a) mengembangkan dan merencanakan pembelajaran, b) menggunakan berbagai metode dan teknik mengajar, c) menerapkan berbagai teori dan prinsip pendidikan dalam proses pembelajaran, d) menggunakan bahasa yang dipahami peserta didik, e) mengelola kelas dan mensciptakan suasana belajar yang kondusif, f) memotivasi dan mengaktifkan peserta didik untuk belajar, g) mengembangkan dan menggunakan media, alat bantu dan sumber belajar, h) menilai kemajuan belajar peserta didik, i) membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik baik secara kelompok maupun individual, j) memanfaatkan lingkungan sosial-budaya peserta didik untuk meningkatkan proses pembelajaran, k) mengembangkan materi dan bahan ajar, l) berkomunikasi dengan sejawat dan masyarakat secara professional, m) menggunakan teknologi untuk mencari informasi dan mengembangkan proses pembelajaran, n) melaksanakan administrasi sekolah, o) menerapkan etika dan kaidah-kaidah profesi.

 

Persyaratan Guru Menurut Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005. Berdasarkan Pasal 8, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Pada pasal 9 undang undang tersebut, persyaratan untuk menjadi guru minimal berijazah sarjana (S1) atau diploma empat (D4), dengan tidak membedakan apakah itu guru SD, guru SMP atau guru pada jenjang pendidikan menengah.

 

Untuk sekedar bahan Latihan menghadapi Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021 berikut ini admin bagikan Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021. Tapi harus diingat, ini hanya soal latihan yang sangat mungkin akan berbeda dengan soal tes PPPK Guru tahun 2021 yang akan datang.




 

Baca Juga

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMP SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris  SMP SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika SMP SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas PJOK SD SMP SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPA SMP Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPS SMP Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kimia SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi  SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi  SMA SMK Tahun 2021 (disini)

 

Demikian informasi tentang New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021.  Semoga ada manfaatnya. Aamiiin

 



1 comment:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem