Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher
Order Thinking Skill). Materi buku ini bertujuan untuk
membekali guru agar mampu melaksanakan
penilaian berbasis HOTS
sehingga siswa terbiasa
dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada
keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) agar
terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian
hasil belajar peserta
didik. Penilaian belajar peserta
didik dilakukan oleh pendidik
yang meliputi aspek: sikap, pengetahuan,
dan keterampilan. Penilaian
sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh
informasi deskriptif mengenai perilaku
peserta didik. Penilaian
pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik,
sedangkan penilaian keterampilan dilakukan
untuk mengukur kemampuan
peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas
tertentu. Penilaian hasil belajar
oleh pendidik ini bertujuan
untuk memantau dan mengevaluasi
proses, kemajuan belajar,
dan perbaikan hasil belajar
peserta didik secara berkesinambungan.
Penyempurnaan kurikulum
2013 antara lain
pada standar isi
diperkaya dengan kebutuhan peserta
didik untuk berpikir
kritis dan analitis
sesuai dengan standar internasional, sedangkan
pada standar penilaian
memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang
mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil belajar
diharapkan dapat membantu
peserta didik untuk
meningkatkan kemampuan
berpikir tingkat tinggi
(Higher Order Thinking
Skills /HOTS), karena berpikir tingkat tinggi dapat
mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi
pelajaran.
Penilaian berorientasi HOTS
bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian.
Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru
dalam melakukan penilaian.
Guru dalam penilaian
ini harus menekankan pada penilaian
sikap, pengetahuan dan
keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan
peserta didik dalam
proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini
dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan acuan kepada guru dalam
mengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2. Memberikan
acuan kepada kepala
sekolah dalam pelaksanaan
supervisi akademik terhadap guru
dalam melaksanakan penilaian
berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi;
3. Memberikan
acuan pada pengawas
sekolah dalam pelaksanaan
supervisi akademik dan manajerial
terhadap pelaksanaan penilaian
berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini
adalah sebagai berikut:
1. Guru
Jenjang Sekolah Dasar
(SD), Sekolah Menengah
Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas
(SMA), dan Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
untuk mata pelajaran adaptif dan
normatif.
2. Guru
Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Produktif, Bimbingan
Konseling (BK), Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD)
dan Pendidikan Masyarakat
(Dikmas) serta Pendidikan Luar
Biasa (PLB).
3. Kepala Sekolah /Madrasah.
4. Pengawas Sekolah /Madrasah.
Selengkapnya silahkan
pelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS
(Higher Order Thinking Skill), melalui link download yang tersdia di bawah ini.
Link Unduh Buku Penilaian Berorientasi HOTS
Demikian informasi tentang Buku Penilaian Berorientasi HOTS Edisi
Tahun 2018. Semoga bermanfaat, terima kasih.