Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK. Penilaian adalah proses pengumpulan
dan pengolahan informasi
untuk mengukur pencapaian hasil
belajar peserta didik. Penilaian HOTS adalah penilaian yang
instrumennya lebih menekankan aspek penalaran dan logika yang tidak sekadar
mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan
pengolahan (recite).
Ciri soal-soal HOTS adalah
soal yang dapat mengukur kemampuan:
1.
transfer satu konsep ke konsep lainnya,
2.
memproses dan menerapkan informasi,
3.
mencari kaitan dari berbagai informasi yang
berbeda-beda,
4.
menggunakan informasi untuk menyelesaikan
masalah,
5. menelaah
ide dan informasi secara kritis.
Dalam
Implementasi Teori Kognitif Bloom (teori Bloom) yang direvisi Anderson &
Krathwohl, penilaian HOTS mencakup
dimensi menganalisis (C4), Menilai (C5)
dan Mengkreasi (C6).
Lalu bagiamana Karakteristik Soal HOTS SD SMP SMA SMK ?.
Berikut ini beberapa Karakteristik Soal HOTS diantaranya:
1.
Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan
aspek mengingat dan memahami
2.
Berbasis permasalahan kontekstual;
3.
Stimulus menarik;
4.
Tidak Familiar
5. Kebaruan
Bagaimana Teknik Penulisan
atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK ? Berikut ini Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS
1.
Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
2.
Menyusun kisi-kisi soal.
3.
Memilih stimulus yang menarik dan
kontekstual;
4.
Menulis butir pertanyaan pada kartu soal
sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan
kaidah penulisan butir soal.
5. Membuat
pedoman penskoran atau kunci jawaban.
Untuk melengkapi Teknik
Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK, silahkan perhatikan Tips Menyusun Soal
HOTS berikut ini:
1. Gunakan Konteks Dunia Nyata
Penyajian
kasus nyata memungkinkan proses menelaah informasi
2. Berikan Pertanyaan yang terkait analisis
visual
Melalui
analisa visual bagan yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
Contoh
Bukan HOTS
Apakah peran burung elang dalam suatu
rantai makanan
Dapat
diubah menjadi Soal HOTS seperti contoh di bawah ini
Seorang petani berhasil menemukan cairan
dari bahan alami yang mampu membasmi ulat sehingga jumlah ulat menurun dengan drastis.
Apakah yang akan terjadi kepada elang
3. Tanyakan alasan dari jawaban yang diberikan
Contoh:
Abad
21 adalah abad teknologi informasi. Arus informasi yang begitu deras bisa berdampak
negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Misalnya kejadian perkelahian
antarsiswa yang berbeda suku bangsa di suatu sekolah yang belum dapat
dibuktikan kebenarannya, diunggah seorang pelajar di media sosial. Berita
tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga memicu konflik antar suku
bangsa. Oleh karena itu, pembatasan penggunaan media sosial harus diterapkan
kepada semua pelajar.
Setujukah
kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4.
Gunakan Bentuk Soal yang Beragam (misalnya pilihan ganda dan uraian)
Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan Soal HOTS SD SMP SMA SMA ? Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher
Order Thinking Skill) yang di dalam membahasa tentang Cara atau Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK . Materi buku ini bertujuan untuk
membekali guru agar mampu menulis dan menyusun soal HOTS serta melaksanakan
penilaian berbasis HOTS
sehingga siswa terbiasa
dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada
keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) agar
terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Penilaian berorientasi HOTS
bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian.
Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru
dalam melakukan penilaian.
Guru dalam penilaian
ini harus menekankan pada penilaian
sikap, pengetahuan dan
keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan
peserta didik dalam
proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang berisi Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan / Penusunan Soal HOTS ini
dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan acuan kepada guru dalam
mengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2. Memberikan
acuan kepada kepala
sekolah dalam pelaksanaan
supervisi akademik terhadap guru
dalam melaksanakan penilaian
berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi;
3. Memberikan
acuan pada pengawas
sekolah dalam pelaksanaan
supervisi akademik dan manajerial
terhadap pelaksanaan penilaian
berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini
adalah sebagai berikut:
1. Guru
Jenjang Sekolah Dasar
(SD), Sekolah Menengah
Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas
(SMA), dan Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
untuk mata pelajaran adaptif dan
normatif.
2. Guru
Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Produktif, Bimbingan
Konseling (BK), Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD)
dan Pendidikan Masyarakat
(Dikmas) serta Pendidikan Luar
Biasa (PLB).
3. Kepala Sekolah /Madrasah.
4. Pengawas Sekolah /Madrasah.
Selengkapnya silahkan
pelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS
(Higher Order Thinking Skill), melalui link download ---DISINI----
Demikian informasi tentang Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD SMP SMA SMK. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Tags:
Berita