Informasi Penerimaan Guru atau Pamong Pengajar Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara Tahun 2025 disampiakan melalui Pengumuman Nomor: B/001/PANPEL/LPTTN/III/2025 Tentang Penerimaan Pamong Pengajar Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara Tahun 2025
Isi Pengumuman tentang Penerimaan
Guru atau Pamong Pengajar Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara Tahun 2025
A. DASAR
1.
Peraturan Presiden (perpres) Nomor 12 Tahun 2025 tentang Rencana Pembangunan Jangka
Menengah Nasional Tahun 2025-2029 Poin ke- 3 Pembangunan dan Penyelenggaran Sekolah
Unggulan.
2.
Perintah lisan Menteri Pertahanan, pada Tahun Pelajaran 2024/2025 LPTTN akan menyelenggarakan
Pendidikan tinggkat menengah atas selain di Magelang.
3.
Analisa Kebutuhan Pamong SMA Tarunan Nusantara Kampus Cimahi, Malang, IKN, Sumsel,
dan Sulut oleh Pokja Pengembangan SMA Taruna Nusantara 2024.
4.
Surat Perintah Kepala LPTTN Nomor : SPRINT/019/II/2025 tanggal 07 Februari 2025
tentang Panitia Penerimaan Pamong, Pengajar, Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara,
Tahun 2025.
5.
Surat Tugas Kepala LPTTN Nomor : SGAS/012/II/2025 tanggal 07 Februari 2025 tentang
Penerimaan Pamong, Pengajar, Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara, Tahun 2025.
Bahwa untuk memenuhi kebutuhan
Pamong Pengajar Pengasuh (P3) SMATaruna Nusantara Kampus Cimahi, Malang, Ibu Kota
Nusantara, Sumatera Selatan dan Sulawesi Utara, diperlukan P3 untuk berbagai mata
pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum terbaru yang tertuang dalam Peraturan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12
Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan
Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah, dengan ketentuan sebagaimana tercantum dalam
Pengumuman ini.
B. UNIT KERJA PENEMPATAN
1. SMA Taruna Nusantara Kampus
Cimahi
2. SMA Taruna Nusantara Kampus
Malang
3. SMA Taruna Nusantara Kampus
Ibu Kota Nusantara
4. SMA Taruna Nusantara Kampus
Sumatera Selatan
5. SMA Taruna Nusantara Kampus
Sulawesi Utara
C. JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN,
DAN JUMLAH FORMASI
No |
Mata Pelajaran |
Pendi-dikan |
Jumlah Formasi |
1. |
PPKN |
S1 / S2 |
10 |
2. |
Bahasa Indonesia |
S1 / S2 |
10 |
3. |
Bahasa Inggris |
S1 / S2 |
10 |
4. |
Fisika |
S1 / S2 |
10 |
5. |
Kimia |
S1 / S2 |
10 |
6. |
Biologi |
S1 / S2 |
10 |
7. |
Geografi |
S1 / S2 |
10 |
8. |
Sosiologi |
S1 / S2 |
10 |
9. |
Sejarah |
S1 / S2 |
10 |
10. |
Ekonomi |
S1 / S2 |
10 |
11. |
Matematika |
S1 / S2 |
10 |
12. |
Informatika |
S1 / S2 |
10 |
13. |
Seni Musik |
S1 / S2 |
10 |
14. |
PJOK |
S1 / S2 |
10 |
15. |
BK/BP |
S1 / S2 |
10 |
Total Formasi |
150 |
D. PERSYARATAN PELAMAR
1. Persyaratan umum
a.
Warga Negara Indonesia (WNI);
b.
Batas umur pelamar minimal 30 (tiga puluh) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun
pada saat melamar;
c.
Beragama dan taat beribadah sesuai dengan agamanya;
d.
Berkepribadian baik dan belum pernah terlibat masalah kriminal dan penyalahgunaan
obat-obat terlarang dengan dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Catatan
Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
e.
Menguasai bahasa Inggris pasif maupun aktif yang dibuktikan dengan sertifikat IELTS
atau TOEFL terbaru yang berlaku paling lama dua tahun dari tanggal mendaftar, dengan
ketentuan sebagaimana berikut*:
1)
Bagi pelamar P3 Bahasa Inggris skor TOEFL minimal 550 atau IELTS minimal 6,5; dan
2)
Bagi pelamar P3 selain Bahasa Inggris skor TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal
5,5.
*catatan:
Hasil Prediction Test (EPT) dapat diterima selagi dikeluarkan oleh lembaga yang
terdaftar sah secara hukum.
f.
Bersedia mengembalikan segala biaya yang telah dikeluarkan oleh LPTTN apabila yang
bersangkutan mengundurkan diri bukan karena dinas sebelum waktu kontrak ikatan kerja
pertama selesai;
g.
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak
dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian
Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai
swasta;
h.
Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau
sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA dari Unit Kesehatan Pemerintah
yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman
kelulusan akhir);
i.
Melengkapi persyaratan administrasi antara lain:
1)
Surat lamaran yang ditulis di atas kertas bermeterai fisik Rp 10.000,- yang ditujukan
kepada Kepala LPTTN c.q. Ketua Panitia Seleksi P3 SMA TN (format surat lamaran sebagaimana
dalam Lampiran I Pengumuman ini);
2)
Daftar Riwayat Hidup (DRH) maksimal 2 halaman A4 tidak termasuk lampiran;
3)
Lampiran DRH yang terdiri dari Surat Keterangan Pengalaman Kerja, sertifikat penghargaan,
dan/atau sertifikasi pelatihan (halaman tidak terbatas);
4)
Hasil Scan Ijazah Asli;
5)
Hasil Scan Transkrip Nilai Asli;
6)
Hasil Scan KTP Asli;
7)
Pas Foto ukuran 4 x 6 berlatar belakang merah.
2. Persyaratan Khusus
a.
Berijazah minimal S-1 dengan latar belakang ILMU MURNI dan/atau SARJANA PENDIDIKAN
sesuai mata pelajaran yang dibutuhkan, diutamakan berijazah S-2 dengan bidang ilmu
yang linier.
b.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk pelamar lulusan dari Perguruan
Tinggi Negeri (PTN) yang terakreditasi BAN-PT minimal B.
c.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 untuk pelamar lulusan dari Perguruan
Tinggi Swasta (PTS) yang terakreditasi BAN-PT A.
d.
Menguasai komputer minimal Microsoft Office;
e.
Tinggi badan : Pria : minimal 160 cm. Wanita : minimal 155 cm.
f.
Mempunyai pengalaman mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang dilamar minimal
3 tahun pada pendidikan formal yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Pengalaman
Kerja dan/atau Surat sejenisnya;
g.
Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan
tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi
Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal
kelulusan yang tertulis pada ijazah;
h.
Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan
oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan,
kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi;
i.
Setelah diterima menjadi P3 bersedia tinggal di asrama, menempati rumah dinas di
dalam kampus SMA Taruna Nusantara.
E. TATA CARA PENDAFTARAN
1.
Pengumuman mengenai Penerimaan P3 SMA Taruna Nusantara hanya akan dipublikasikan
melalui surat dan kanal-kanal resmi LPTTN dan/atau SMA TN seperti website, instagram,
twitter, dan lain-lain.
2.
Seluruh proses pendaftaran dan perlengkapan syarat administrasi hanya akan dilakukan
secara daring, tidak ada pemberkasan dengan hardcopy.
3.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui tautan bit.ly/PenerimaanP3SMATN, mohon
menggunakan email yang valid untuk digunakan sampai akhir seleksi dan untuk mengirimkan
informasi lebih lanjut.
4.
Pelamar mengisi identitas diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK/NIK Kepala
Keluarga;
5.
Pilih Jabatan P3 Mata Pelajaran yang akan dilamar;
6.
Unggah berkas yang terdiri dari: (setiap berkas maksimal berukuran 1 MB):
7.
Surat lamaran diketik komputer, bermeterai fisik Rp. 10.000,- dan ditanda tangan
oleh pelamar dengan pena bertinta hitam ditujukan kepada Kepala LPTTN c.q. Ketua
Panitia Penerimaan Pamong Pengajar Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara di Jakarta
(format surat lamaran sebagaimana dalam Lampiran I Pengumuman ini);
8.
Hasil scan Surat Pernyataan yang diketik menggunakan komputer bermeterai fisik Rp.10.000,-
dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan
sebagaimana dalam Lampiran II Pengumuman ini);
a.
Hasil scan dokumen asli Kartu Tanda Penduduk (KTP asli);
b.
Hasil Scan/Soft file Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6 berlatar belakang warna merah
(jelas dan tidak buram);
c.
Hasil scan dokumen asli Ijazah dalam format PDF, bagi pelamar S-2 mohon scan Ijazah
S-2 dan S-1 digabung dalam 1 file;
d.
Hasil scan dokumen asli Transkrip Nilai, bagi pelamar S-2 mohon scan Transkrip Nilai
S-2 dan S-1 digabung dalam 1 file;
e.
Scan akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi oleh BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/
LAM-PTKes pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan dalam format
PDF, bagi pelamar S-2 mohon scan Akreditasi S-2 dan S-1 digabung dalam 1 file;
f.
Hasil scan dokumen asli penyetaraan ijazah dari Kementerian yang menyelenggarakan
urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi
disertai dengan konversi IPK ke dalam skala 4 bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar
Negeri;
g.
Bagi lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang pada ijazah/transkrip tidak tercantum
akreditasinya, wajib menyertakan hasil scan cetakan tangkapan layar (screen capture)
direktori hasil akreditasi program studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan
Tinggi (BAN-PT) yang memuat status akreditasi dan prodi pelamar yang berasal dari
website https://banpt.or.id atau surat akreditasi (asli) yang dikeluarkan oleh Kementerian
yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu
pengetahuan, dan teknologi:
h.
Hasil scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dalam format PDF:
i.
Hasil scan Daftar Riwayat Hidup (DRH) dalam format PDF;
j.
Hasil scan Lampiran DRH dalam format PDF;
k.
Hasil scan sertifikat TOEFL/IELTS dalam format PDF
9.
Pendaftaran Penerimaan P3 mulai tanggal 26 Maret 2025 dan ditutup tanggal 25 April
2025 (pukul 23.59 WIB);
10.
Dokumen persyaratan yang diunggah adalah scan berkas asli berwarna (tidak hitam
putih) dan pelamar harap memastikan kembali berkas yang diunggah dapat dibuka/tidak
rusak dan terbaca dengan jelas;
11.
Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapat email kartu peserta
ujian yang akan digunakan pada tahapan selanjutnya.
F. TAHAPAN SELEKSI
1.
Seleksi Administrasi melalui verifikasi berkas secara online yang diunggah oleh
pelamar di website bit.ly/PenerimaanP3SMATN.
2.
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem gugur menggunakan Computer Assisted
Test (CAT) secara daring ditempat pelamar masing-masing yang materinya terdiri dari:
a.
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK);
b.
Tes Intelegensia Umum (TIU):
c.
Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
d.
Tes Bahasa Inggris yang terdiri dari Listening, Reading, dan Structure.
3.
Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) di cabang klinik Prodia yang ditentukan oleh Panitia
(secara luring dan lokasi akan diinformasikan kemudian).
4.
Pemeriksaan Psikologi (Rikpsi) secara luring dan lokasi akan diinformasikan kemudian.
5.
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) secara luring dan lokasi akan diinformasikan kemudian
yang terbagi menjadi sebagai berikut:
a.
Seleksi Akademik menggunakan Computer Assisted Test;
b.
Micro-Teaching:
c.
Wawancara:
G. SISTEM KELULUSAN
1. Kelulusan seleksi Administrasi:
a.
Pelamar yang akan dipanggil untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah
pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berdasarkan kesesuaian antara
data yang diisi dengan dokumen persyaratan yang diunggah dalam bit.ly/PenerimaanP3SMATN.
b.
Pengumuman hasil seleksi administrasi akan diinformasikan melalui email.
c.
Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta
ujian dari yang dikirimkan melalui email.
2.
Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang
ditentukan oleh Panitia dan TIM seleksi P3 SMA Taruna Nusantara.
3.
Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi
Dasar (SKD).
4.
Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil akumulasi dari seleksi administrasi,
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKD), hasil Rikkes, dan
Rikpsi yang ditentukan oleh Panitia.
5.
Pelamar yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan mendapatkan persetujuan Nomor
Induk Pegawai Tetap Yayasan kemudian mengundurkan diri, maka yang bersangkutan diberikan
sanksi mengembalikan 2 kali lipat biaya kegiatan seleksi yang dikeluarkan LPTTN.
6.
Pelamar yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi wajib menjalankan masa percobaan
kerja selama 3 bulan sebelum ditetapkan menjadi pegawai tetap.
H. KEUNGGULAN BERKARIR SEBAGAI
P3 SMA TARUNA NUSANTARA
Ada beberapa poin penting yang
menjadi nilai tambah bagi pelamar untuk berkarir sebagai P3 di SMA Taruna Nusantara,
antara lain:
1.
Berhak mendapatkan kenaikan pangkat sesuai dengan grade dan masa kerja;
2.
Berpeluang mendapat insentif tambahan dalam kegiatan di dalam kampus (pembina tim
lomba, pembina ekskul, dan lain-lain);
3.
Mendapatkan Fasilitas tempat tinggal di dalam kampus (asrama);
4.
Ada jaminan purna tugas dan hak cuti;
5.
Mendapatkan Hak dalam pengembangan kompetensi;
6.
Berpeluang di tempatkan di semua Kampus SMA Taruna Nusantara;
I. LOKASI DAN JADWAL SELEKSI
Seluruh tahapan Penerimaan Pamong
Pengajar Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara akan dilaksanakan secara daring dan
luring. Apabila ada perubahan tempat atau lokasi tes akan diinformasikan melalui
portal lpttn.or.id atau email pelamar. Jadwal seleksi P3 SMA Taruna Nusantara TP.
2025/2026, sebagai berikut:
NO. |
URAIAN KEGIATAN |
JADWAL |
1. |
Pengumuman Penerimaan
P3 SMA TN |
Senin, 24 Maret 2025 |
2. |
Pendaftaran Seleksi |
Rabu, 26 Maret 2025 |
s.d. Jumat, 25 April
2025 |
||
3. |
Seleksi Administrasi |
Sabtu, 26-28 April
2025 |
4. |
Pengumuman Hasil
Seleksi Administrasi |
Rabu, 30 April 2025 |
5. |
Pengumuman Jadwal dan
Sesi pelaksanaan SKD |
Kamis, 1 Mei 2025 |
6. |
Simulasi SKD (online) |
Sabtu, 3 Mei 2025 |
7. |
Pelaksanaan SKD secara
daring |
Minggu, 4 Mei 2025 |
8. |
Pengumuman Hasil SKD |
Jumat, 9 Mei 2025 |
9. |
Pemilihan lokasi
pelaksanaan SKB |
Sabtu, 10 Mei 2025 |
10. |
Pengumuman Jadwal,
Waktu & Tempat SKB, |
|
Rikkes, dan Rikpsi |
Sabtu, 17 Mei 2025 |
|
11. |
Pelaksanaan
Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) |
Selasa, 20 Mei 2025 |
12. |
Pelaksanaan
Pemeriksaan Psikologi (Rikpsi) |
Rabu, 21 Mei 2025 |
13. |
Pelaksanaan Seleksi
Kompetensi Bidang (SKB) : |
|
|
a. Seleksi Akademik
CAT |
Kamis, 22 Mei 2025 |
|
b. Pelaksanaan Micro
Teaching |
Kamis, 22 Mei 2025 |
14. |
c. Pelaksanaan
Wawancara |
Jumat 23 Mei 2025 |
15. |
Pengumuman Hasil
Seleksi P3 SMA TN |
Sabtu, 31 Mei 2025 |
16. |
Pembekalan Awal P3
yang lolos seleksi |
Juni 2025 |
Catatan : Apabila
terdapat perubahan jadwal akan diinformasikan melalui portal |
||
lpttn.or.id atau email
pelamar. |
J. KETENTUAN LAIN-LAIN
1.
Pengumuman terkait Penerimaan P3 dapat dilihat melalui portal lpttn.or.id;
2.
Waktu dan tempat pelaksanaan Seleksi SKD dan SKB akan diinformasikan melalui email
peserta;
3.
Biaya akomodasi peserta tidak ditanggung oleh panitia pelaksana;
4.
Terhadap peserta yang tidak hadir dan /atau tidak mampu mengikuti tanpa seleksi
dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, dinyatakan gugur;
5.
Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan
diri/digugurkan, maka Panitia Seleksi Instansi dapat menggantikan dengan peserta
yang memiliki peringkat terbaik di bawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat Panitia
Seleksi;
6.
Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri, jika ada pihak-pihak yang menjanjikan
kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan
kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk
apapun. Apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan
digugurkan kelulusannya;
7.
Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau di kemudian hari setelah adanya pengumuman
kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan peserta yang tidak sesuai/ tidak
benar, Panitia dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan;
8.
Pendaftaran dan seluruh proses penerimaan tidak dipungut biaya;
9.
Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat; dan
10.
Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan Penerimaan P3 SMA Taruna
Nusantara Tahun 2025 dapat menghubungi Call Center pada hari Senin s.d. Jumat pukul
08.00 s.d. 15.00 WIB; a. WA (Chat Only): 085343932847 b E-mail :
penerimaanp3smatn@gmail.com
Link download Pengumuman Penerimaan Guru atau Pamong Pengajar Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara Tahun 2025
Demikian Informasi Penerimaan Guru atau Pamong Pengajar Pengasuh (P3) SMA Taruna Nusantara Tahun 2025. Semoga ada manfaatnya
Tidak ada komentar
Posting Komentar
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem