LATIHAN SOAL OSN IPA DAN MATEMATIKA SD TAHUN 2024

Latihan Soal dan jawaban OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024


Pada posting ini Admin menyajikan Latihan Soal dan Jawaban OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024 yang dapat digunakan untuk mengikuti OSN SD di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Nasional. Sebagai informasi awal perlu diketahui bahwa semua kegiatan OSN SD tahun 2024 akan dikasanakan dengan moda Luring dan Daring.

 

OSN SD Tahun 2024 memiliki dua tujuan, yakni tujuan umum dan tujuan khsusus. Tujuan umum KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Sedangkan Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah 1) Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 2) Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; 3) Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari; 4) Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD dan atau yang sederajat; 5) Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Latihan Soal dan jawaban OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024. Sejak KSN SD dilaksanakan, banyak sekolah dasar yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, dan IPA. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN SD sudah tampak dan sudah menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan pendidikan sains mulai skala sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

 

Agar dampak positif tersebut dapat meluas dan tersebar di 34 provinsi, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, dan IPA terutama dalam rangka Pelaksanaan Kompetisi / Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD mulai dari tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

 

Lingkup materi silabus OSN SD pada dasarnya didasarkan kepada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan silabus olimpiade internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi soal yang sesuai kebutuhan KSN SD, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus OSN SD. Kompetensi yang diharapkan dari peserta OSN adalah keterampilanketerampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS).

 

Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal KSN SD dan naskah soal OSN SD yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi.

 

Bagi siswa-siswi SD yang membutuhkan Latihan Soal OSN IPA SD dan Matematika SD Tahun 2024 dan Pembahasan atau Jawabannya berikut link download Latihan Soal dan jawaban OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024. Tetapi sekali lagi harus diingat ini bukan Bocoran Soal dan jawaban OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024, tetapi ini hanyalah soal latihan untuk memperkaya wawasan pengetahuan siswa-siswi SD dan sebagai sarana latihan.

 

Link download Latihan Soal dan jawaban OSN IPA SD Tahun 2024 (disini)

 

Link download Latihan Soal dan jawaban OSN Matematika SD Tahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Link download Latihan Soal dan jawaban OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024, semoga ada manfaatnya. Selamat belajar, semoga sukses.



= Baca Juga =



9 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter