SOAL LATIHAN ASESMEN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH (AKK-M)
Berikut ini contoh Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah yang dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M Online. Semoga Contoh soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M Online dapat menambah wawasan Bapak/Ibu Kepala Madrasah.
Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang
(X) huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban!
1. Syarat perumusan
visi, kecuali ………..
A. Visi bukanlah fakta, tetapi
gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan.
B. Visi dapat memberikan
arahan, mendorong anggota organisasi untuk menunjukkan kinerja yang baik.
C. Visi dapat menimbulkan
inspirasi dan siap menghadapi tantangan
D. Rumusan Visi Satuan Organisasi
dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan;
2. Rumusan Visi yang baik mempunyai
kriteria (ciri-ciri)
A. Rumusannya singkat, padat
dan mudah diingat;
B. Rumusan Visi Satuan Organisasi
dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh
penyempurnaan;
C. Rumusan Visi Satuan Organisasi
merupakan kesepakatan
D. Rumusan visi mendapat
dukungan dan komitmen seluruh anggota organisasi
3. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Madrasah/Madrasah
menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ….
A. Mengidentifikasi
permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut hasil
supervisi
B Merencanakan, melaksanakan
dan melakukan tindak lanjut supervisi
C Merencanakan,
mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan,melaksanakan
supervisi
D Mengidentifikasi
permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan
melakukan tindak lanjut
4. Dalam supervisi akademik,
kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ….
A. Pengetahuan, keterampilan
mengajar, dan komitmen guru
B. Pengetahuan, keterampilan
mengajar, sikap guru
C. Penguasaan materi, metode
mengajar, pengelolaan kelas guru
D. Silabus, rencana
pembelajaran, penilaian guru
5. Kepala madrasah yang
melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap
guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik karena ….
A. perilaku supervisi yang
dilakukan kurang manusiawi
B. perilaku supervisi yang dilakukan
tidak kooperatif
C. perilaku supervisi yang
dilakukan tidak sesuai dengan fakta
D. perilaku supervisi yang
dilakukan menyalahi ketentuan
6. Supervisi yang dirancang
sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap calon guru
yang sedang berpraktek mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi
pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ….
A. supervisi akademik
B. supervisi klinis
C. supervisi pengajaran
D. supervisi praktek
mengajar
7. Tugas tim pengembang
kurikulum di madrasah ialah sebagai berikut, kecuali ….
A. menyusun dasar-dasar
hukum, kerangka dasar serta program inti kurikulum
B. memberikan alternatif
konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan
perkembangan zaman
C. mengimplementasikan,
menilai dan menyempurnakan kurikulum
D. mengartikulasikan
kurikulum dan melakukan koordinasi segala pengalaman belajar
8. Dimensi kepemimpinan
mencakup antara lain ….
A. memprovokasi,
mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
B. mempengaruhi,
menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
C. membagi peran,
mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
D. memutuskan, melaksanakan,
mengevaluasi, dan menindaklanjuti
9. Hakikat pembangunan tim
didasarkan atas ….
A. kerjasama fungsional dan
kerja sama peran
B. pengambilan keputusan
yang diambil secara partisipatif
C. kepemimpinan yang hanya
percaya pada data yang benar
D. pengambilan keputusan
yang aman
10. Tahapan dalam
pembangunan tim antara lain ….
A. Benturan, Pembentukan,
Kesepakatan, Puncak
B. Pembentukan, Kesepakatan,
Benturan, Kemapanan
C. Pembentukan, Benturan,
Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
D. Benturan, Kesepakatan,
Puncak, Kemapanan
11. Kewirausahaan mencakup
tiga perilaku utama, yakni ….
A. kreatif, komitmen, berani
mengambil resiko dari kegagalan
B. sistematis, percaya diri,
tegas
C. agresif, kompetitif,
egoistis
D. dinamis, inovatif, cerdas
12. Cara menumbuhkan budaya
mutu di lingkungan madrasah adalah dengan cara ….
A. memberikan reward kepada
guru dan siswa yang berprestasi
B. peningkatan kualitas
kehidupan beragama
C. memiliki target mutu yang
tinggi
D. melakukan rapat evaluasi
13. Agar orang tua dan guru
saling mengenal merupakan ….
A. salah satu bentuk
hubungan antara masyarakat dengan madrasah
B. tujuan dilaksanakannya
kegiatan pertemuan antara orang tua murid/ masyarakat dengan pihak madrasah
C. cara mendekatkan
kebutuhan masyarakat dengan madrasah
D. teknik dalam melakukan
hubungan kerjasama madrasah dengan masyarakat
14. Partisipasi madrasah
dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ….
A. pembentukan karakter anak
didik
B. mencari nilai tambah bagi
masyarakat
C. menumbuhkan kepekaan
sosial madrasah terhadap masyarakat
D. mencari bantuan madrasah
dari masyarakat
15. Berikut adalah tujuan
pemeliharaan sarana dan prasarana di madrasah adalah, kecuali ….
A. mengoptimalkan usia pakai
peralatan
B. pemeliharaan yang baik
memberikan hasil pekerjaan yang baik
C. menjamin ketersediaan
peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
D. menjamin kesiapan
operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh
hasil yang optimal
16. Perabot merupakan salah
satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai
berikut, kecuali ….
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi administrasi
D. fungsi penunjang
17. Tujuan dilaksanakannya
kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. sebagai sumber pendanaan
utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional
pendidikan lainnya
B. sarana praktek produksi
secara langsung bagi siswa
C. wahana pelatihan berbasis
produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan
dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
18. Berikut ini adalah
faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi
dan jasa madrasah, kecuali ….
A. memilih lokasi usaha
B. membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan rencana
organisasi
D. meneliti pelaku pasar di
masa terkini
19. Administrasi keuangan madrasah,
administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas
merupakan kegiatan tenaga administrasi madrasah yang berkaitan dengan
kompetensi ketenagaan administrasi madrasah terutama kompetensi ….
A. sosial
B. teknis
C. manajerial
D. kepribadian
20. Di bawah ini adalah
usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah dalam rangka pembinaan
tenaga administrasi madrasah, kecuali ....
A. melakukan PHK terhadap
tenaga administrasi madrasah
B. memberikan reward bagi
tenaga administrasi madrasah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga
administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga
administrasi untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan bidang
pekerjaannya
Soal
Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE
21. Penerapan prinsip
manajemen keuangan di madrasah bertujuan sebagai berikut kecuali ….
A. meningkatkan
akuntabilitas keuangan madrasah
B. meningkatkan transparansi
keuangan madrasah
C. meminimalkan
penyalahgunaan anggaran madrasah
D. meminimalkan efisiensi
penggunaan keuangan madrasah
22. Dalam Peraturan Daerah
disebutkan bahwa madrasah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda
selaku kepala madrasah di antaranya ….
A. menghapus
kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah
B. membuka usaha madrasah
yang dapat menghasilkan sumber keuangan madrasah
C. mengajukan sumbangan
kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melakukan koordinasi
dengan komite madrasah agar komite madrasah mendapatkan dana dari orang tua
siswa
23. Dalam pengalokasian
keuangan madrasah terdapat istilah biaya personalia dan non personalia. Di
bawah ini adalah alokasi keuangan madrasah yang tergolong biaya personalia
adalah ....
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. pemeliharaan sarana dan
prasarana
24. Pengelolaan tenaga
kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkutpaut dengan
masalah ….
A. perekrutan, penempatan,
pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan,
pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan,
penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan,
penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga
kependidikan
25. Di bawah ini salah satu
bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ….
A. iklim kerja yang kondusif
dan profesional
B. terciptanya perilaku
disiplin dalam melaksanakan tugas
C. profesi tenaga kependidikan
belum mendapat pengakuan dari masyarakat
D. produktivitas kerja
tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
26. Sebuah MTS negeri memiliki 12 rombongan belajar.
Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12
orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3
IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang,
S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang
ditemukan adalah ….
A. jumlah siswa per
rombongan belajar tidak memenuhi standar
B. pendidik yang memiliki
kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100%
C. terdapat beberapa orang
pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum
memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
27. Hasil Evaluasi Diri Madrasah
(EDM) menjadi rujukan bagi tim
pengembang madrasah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan madrasah.
Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan madrasah memiliki makna sebagai
berikut:
A. Telah memenuhi Standar
Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar
Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar
Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa
kekuatan
D. Belum memenuhi Standar
Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak
perbaikan
28. Dalam penyusunan EDM, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan
pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan
beberapa komponen yaitu Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK,
Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Madrasah. Tahap pengembangan EDS di
atas termasuk tahap ke ....
A. satu,
B. dua
C. tiga
D. empat
29. Penentuan prioritas
dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah
bersama antara madrasah dan stake-holder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk
kriteria keterlaksanaan, yaitu ….
A. Komitmen madrasah saat
sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi,
visi, dan tujuan strategis madrasah
C. Dukungan sumber daya
manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan madrasah
dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
30. Empat tahap yang
berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan
percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu ....
A. merencanakan,
melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. mengenali, memahami,
mempraktekkan, menghasilkan
C. menemukan, mempelajari,
memahami, menjadi ahli.
D. mengenali alat,
memprogramkan, mempraktekkan alat, mengontrol pelaksanaan
31. Pemanfaatan TIK oleh madrasah
yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen madrasah dan dalam
pembelajaran, termasuk pendekatan ….
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
32. Definisi TIK menurut
UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan,
mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK
tersebut antara lain ….
A. komputer
B. televisi
C. telepon
D. mikroskop
33. Visi dari suatu madrasah
mungkin tidak sama dengan visi madrasah lain sebab......
A. Visi dirumuskan sejalan
dengan profil madrasah
B. Visi harus memiliki
keunikan
C. Visi yang berbeda akan
lebih memacu pengembangan madrasah
D. Perbedaan merupakan pendorong
tercapainya visi
34. Visi madrasah sebaiknya
dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
A. visi tidak ditafsirkan
secara berbeda
B. tujuan dapat dicapai
dengan mudah
C. misi dapat dilaksanakan
sebaik-baiknya
D. semua warga madrasah berpartisipasi
aktif dalam pencapaian visi
35. Peraturan menteri nomor
19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar
pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa madrasah harus
memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar madrasah......
A. mampu mencapai standar
internasional
B. mampu mengembangkan
kurikulum bertaraf internasional
C. mampu meraih cita-cita
bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi madrasah yang
terkenal di lingkungannya
36. Salah satu fungsi misi madrasah
ialah sebagai......
A. sarana memperoleh dana
yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan untuk menentukan
program madrasah
C. memberi motivasi siswa
dalam melakukan tugasnya
D. meningkatkan
kesejahteraan staff dan guru
37. Setiap warga madrasah
wajib mengetahui dan memahami visi dan misi madrasah dengan tujuan agar.......
A. cita-cita madrasah dapat
tercapai tepat waktu
B. pencapaian nilai murni
dapat dimaksimalkan
C. siswa sukses dalam bidang
akademik
D. status madrasah mencapai
taraf internasional
38. Madrasah akan
mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi
hal tersebut di atas madrasah melakukan:...
A. Setiap proses
pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar,
B. Menambah jumlah buku di
perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
C. Diadakan jam wajib baca
dan menulis bagi setiap siswa di madrasah tersebut,
D. Setiap proses
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya
membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
39. Visi adalah sebagai
berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi
IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.Salah
satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
A. Sebagian guru
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.41 Tahun 2007 tentang
Standar Proses
B. Guru merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang
Standar Proses
C. Semua guru merencanakan
dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses
D. Sebagian guru
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41
Tahun 2007 tentang Standar Proses
40. Untuk meningkatkan
kualitas proses dan hasil pembelajaran madrasah akan menerapkan pembelajaran
kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan
tersebut adalah ...
A. Membuat surat edaran yang
ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
B. Menugasi wakil kepala madrasah
bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan
diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
C. Madrasah mengadakan IHT
tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat
pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
D. Meningkatkan kegiatan
MGMP madrasah untuk semua mata pelajaran.
Soal
Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE
41. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan
bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan
pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya
pada madrasah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal
tersebut Kepala Madrasah melakukan......
A. Menghimbau kepada semua
guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan
Permendiknas tersebut,
B. Melaksanakan workshop
pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan
secara intensif,
C. Selalu mengingatkan semua
guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut,
D. Menugasi wakil kepala
bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut.
42. Pada ulangan harian
pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas.
Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas
tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi
masalah di atas Kepala Madrasah melakukan.....
A. Mengingatkan kepada semua
guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara
benar dan akuntabel,
B. Membiarkan guru tersebut
karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
C. Menegur guru tersebut
pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan
penilaian,
D. Membiarkan guru tersebut
karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan
konsep penilaian pada KTSP
43. Bentuk LHBS untuk setiap
mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah .....
A. Satu nilai untuk satu
mata pelajaran
B. Satu nilai untuk satu
mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
C. Satu nilai setiap aspek
untuk setiap mata pelajaran
D. Satu nilai pencapaian
kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
44. Pada saat rapat dewan
pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Asesmenan Nasional
tetapi tidak lulus Asesmenan madrasah karena satu mata pelajaran Asesmenan madrasah
di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...
A. Menetapkan 3 siswa
tersebut tidak lulus madrasah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
B. Menghimbau pada rapat
dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise madrasah,
C. Meluluskan 3 siswa
tersebut sebab Asesmenan nasional memiliki bobot lebih dari pada Asesmenan madrasah,
D. Memerintahkan guru mata
pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut
lulus madrasah.
45. Kegiatan pelayanan
konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK
meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran.
Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...
A. Mengabulkan permintaan
tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
B. Tidak mengabulkan
permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
C. Mengabulkan permintaan
tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan
merupakan beban belajar siswa,
D. Tidak mengabulkan
permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
46. Dewan guru menghendaki
pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi
dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah
.....
A. Tidak menyetujui dengan
alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
B. Menyetujui atas dasar
hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik
dan akuntabel,
C. Menyetujui tetapi dengan
syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
D. Tidak menyetujui karena
akan merugikan siswa.
47. Untuk meningkatkan mutu
akademik, madrasah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil
rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di madrasah tersebut.
Menyikapi hal tersebut kepala madrasah melakukan... ...
A. Segera memerintahkan
kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan
kepada seluruh siswa
B. Segera mebentuk TIM
akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada
seluruh siswa
C. Segera membentuk TIM
akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan
Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di madrasah
tersebut.
D. Segera membuat SK
pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel
48. Guna pemenuhan Standar
Pengelolaan, madrasah mendayagunakan setiap unsure pada madrasah tersebut.
Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
A. Menetapkan wakil kepala Madrasah
yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
B. Menetapkan wakil kepala Madrasah
yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola
pada bidangnya,
C. Menetapkan wakil kepala Madrasah
yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala madrasah dalam
mengelola sesuai bidangnya,
D. Menetapkan wakil kepala Madrasah
yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu
kepala madrasah dalam mengelola sesuai bidangnya
49. Dari hasil evaluasi madrasah
diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang
keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU
melakukan.......
A. Membentuk TIM untuk
menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBM yang
akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
B. Membentuk TIM untuk
menyusun RAPBM yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh
komite madrasah, ditetapkan oleh kepala madrasah dan mendapat ijin dari
institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga madrasah,
C. Membentuk TIM untuk menyusun
pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite madrasah,
ditetapkan oleh kepala madrasah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya,
serta disosialisasikan kepada semua warga madrasah
D. Membentuk TIM untuk
menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh
komite madrasah dan ditetapkan oleh kepala madrasah, serta disosialisasikan
kepada semua warga madrasah
50. Agar penerimaan siswa
baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya madrasah
tersebut ...
A. Menyusun dan menetapkan
petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS
secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
B. Menyusun dan menyebarkan
edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
C. Mensosialisasikan
kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika,
sebelum PSB di laksanakan
D. Menyusun dan menetapkan
petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS
secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
51. MTSN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas
pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian
informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan madrasah
dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas madrasah
melakukan........
A. Memerintahkan wakil
kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah
diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
B. Menugaskan seorang guru
atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian
informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan madrasah,
serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas
Pendidikan Kota,
C. Membentuk TIM untuk
menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses
melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan madrasah,
D. Memerintahkan seorang
guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang
efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara
optimal.
52. Untuk meningkatkan
kualitas pengelolaan, madrasah menyusun pedoman operasional madrasah. Pedoman
pengelolaan madrasah meliputi ...
A. RKAM, KTSP, Silabus, RPP,
Kaldik, RAPBM, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
B. KTSP, Kaldik, Struktur
Organlsasi Madrasah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Madrasah,
Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Madrasah,
C. RAPBM, KTSP, Silabus,
RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik,Daftar Hadir,
D. KTSP, Silabus, RPP,
Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Madrasah,
Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Madrasah,
53. Kepala MA JUJUR akan mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan madrasah. Yang dilakukan oleh Kepala Madrasah tersebut
diakhir Tahun Pelajaran adalah
A. Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan madrasah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan
madrasah kepada Kepala DinasPendidikan Kabupaten/ Kota,
B. Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan madrasah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan
madrasah kepada PemerintahKabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota,
C. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan
kegiatan madrasah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik
pada rapat komite madrasah dalam bentuk laporan,
D. Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan madrasah pada komite madrasah, Dinas Pendidikan Kabupaten/
Kota dalam bentuk laporan tertulis.
54. Permendiknas No. 19
tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar
Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara
teratur dan berkelanjutan oleh kepala madrasah/madrasah dan pengawas madrasah/madrasah.
Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...
A. Menyusunan program
supervisi pengelolaan akademik di madrasah dan disosialisasikan ke seluruh
pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
B. Menyusun program
supervisi akademik di madrasah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala madrasah
bidang kurikulum dan atau guru senior,
C. Melaksanakan kegiatan
supervisi akademis bersama pengawas madrasah,
D. Menyusun jadwal kegiatan
supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil
bidang kurikulum dan atau guru senior.
55. Pada kegiatan supervisi
klinis oleh Kepala Madrasah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati
khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah
selaku supervisor ...
A. Memberikan pengarahan
bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
B. Menyarankan bahwa hal itu
tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervise harus melihat semua aspek pada
kegiatan pembelajaran,
C. Menyetujui permintaan
tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai
aspek yang ada pada instrumen,
D. Tidak menyetujui karena
supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
56. Untuk memenuhi Standar
Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan
akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...
A. Mengadakan rapat dewan
pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata
pelajaran,
B. Memberikan surat edaran
kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
C. Mengadakan rapat dewan
pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata
pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
D. Mengedarkan surat
pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga
guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
57. Kepala MA 1 Kota Besar
senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan belajar saat ini
adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai
Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
A. Mempertahankan jumlah
rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo
masyarakat tinggi,
B. Mengurangi jumlah rombel
secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa
perrombel tetap 32 siswa
C. Mepertahankan jumlah
rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
D. Mengurangi jumlah rombel
secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa
perrombel 40 siswa
58. Kepala madrasah sebagai
pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian,
kecuali?
A. tanggung jawab dan
komitmen terhadap tugas.
B. mampu beradaptasi dengan
perkantoran.
C. berkeinginan antuk terus
mengasah keterampilan diri.
D. inovatif, kreatif
mengembangkan madrasah.
59. Di awal tahun pelajaran
kepala madrasah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua
pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di
tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak ¬kenaikan barang,
menyikapi hal tersebut kepala madrasah:
A. rnenghentikan kenaikan
uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
B. tetap uang transport
diberikan, sekalipun devisit keuangan madrasah dan melakukan perubahan APBS.
C. pembayaran uang transport
pembayarannya ditunda.
D. pinjam uang koperasi madrasah
untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
60. Penempatan Kepala Madrasah
di madrasah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana
prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala madrasah!
A. mengingat semua guru dan
TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar
cepat selesai.
B. semua dikerjakan dengan
lambat yang penting selesai dan selamat.
C. saya memahami keadaan,
semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
D. menyusun struktur
organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk
menyelesaikan pekerjaan.
Soal
Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE
61. Kepala Madrasah ditekan
oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala madrasah
tidak merasa betah di madrasah, hasil audit kepala madrasah tidak bersalah?
A. Mempertahankan tetap
mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
B. Mengajukan mutasi agar
terdapat suasana kerja baru.
C. Menantang siapa pun
orangnya yang menekan.
D. Memohon pembinaan untuk
memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
62. Sebagai pimpinan dalam
stratifikasi sosial madrasah, Kepala Madrasah adalah tingkatan tertinggi, ada
sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala madrasah dan tidak pernah
menegur Kepala Madrasah jika saling jumpa, sikap kepala madrasah?
A. biar saja, asal tidak
mengganggu.
B. guru tersebut diberi
surat panggilan, karena kepala madrasah penguasa tunggal di madrasah.
C. Kepala Madrasah setiap
pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
D. mengabsen guru-guru untuk
memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan madrasah.
63. Perubahan-perubahan
selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah baik perubahan
kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun
pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
A. merasa tidak enak
melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
B. selalu menunggu petunjuk
dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahiprosedur.
C. melakukan keseimbangan
dalam mengembangkan pendidikan antara madrasah,dinas pendidikan dan pemerintah
daerah/pusat.
D. memerintahkan untuk
melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
64. Terlibatnya siswa,
pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak
pihak luar madrasah tergolong dimensi kompetensi Kepala Madrasah.......
A. Pribadi
B. Sosial
C. Manajerial
D. Akademis
65. Partisipasi aktif dalam
kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Madrasah.........
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Sektoral
66. Berakhlak mulia,
mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia
bagi komunitas di madrasah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Moral
67. Menciptakan inovasi yang
berguna bagi pengembangan madrasah, memiliki motivasi dan kuat untuk sukses
dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah/madrasah
tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. kewirausahaan
68. Membuka perbengkelan madrasah
untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber
belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Produktivitas
C. Manajerial
D. Kewirausahaan
69. Sesuai peraturan
pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional
Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi
yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
A. lingkup materi ajar dan
tingkat kompetensi
B. jumlah siswa pada tiap
rombongan belajar
C. sarana prasarana yang
harus tersedia di dalam kelas
D. prosedur kegiatan
pembelajaran
70. Sesuai dengan peraturan
menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal
4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan
profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
A. Menghargai setiap peserta
didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
B. berkomunikasi dengan
orang tua peserta didik secara santun
C. menguasai bidang yang
diajarkan
D. memahami beberapa teori
belajar
71. Perabot merupakan salah
satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai
berikut, kecuali ...:
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi administrasi
D. fungsi penunjang
72. Tujuan dilaksanakannya
kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. sebagai sumber pendanaan
utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional
pendidikan lainnya
B. sarana praktik produksi
secara langsung bagi siswa
C. wahana pelatihan berbasis
produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan
dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
73. Berikut ini adalah
faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi
dan jasa madrasah, kecuali ....
A. memilih lokasi
usaha
B. membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan rencana
organisasi
D. meneliti pelaku pasar di
masa terkini
74. Administrasi keuangan madrasah,
administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas
merupakan kegiatan tenaga administrasi madrasah yang berkaitan dengan
kompetensi ketenagaan administrasi madrasah terutama kompetensi ....
A. sosial
B. teknis
C. manajerial
D. kepribadian
75. Di bawah ini adalah
usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah dalam rangka pembinaan
tenaga administrasi madrasah, kecuali
A. melakukan PHK terhadap
tenaga administrasi madrasah
B. memberikan reward bagi
tenaga administrasi madrasah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga
administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga
administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang
pekerjaannya
76. Penerapan
prinsip-prinsip manajemen keuangan di madrasah bertujuan sebagai berikut
kecuali ....
A. meningkatkan
akuntabilitas keuangan madrasah
B. meningkatkan transparansi
keuangan madrasah
C. meminimalkan
penyalahgunaan anggaran madrasah
D. meminimalkan efisiensi
penggunaan keuangan madrasah
77. Salah satu tujuan MPMBS
ialah untuk memandirikan atau memberdayakan madrasah melalui pemberian
kewenangan (otonomi) kepada madrasah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar
kepada madrasah untuk mengelola sumberdaya madrasah, dan mendorong partisipasi
warga madrasah dan masyarakat. Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator
tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
A. semakin meningkatnya
perhatian masyarakat terhadap madrasah
B. meningkatnya inovasi
kepala madrasah untuk mengembangkan lembaga
C. berkurangya
ketergantungan madrasah pada pemerintah
D. meningkatnya jumlah siswa
pada masing-masing rombongan belajar
78. Dalam rangka
optimalisasi partisipasi warga madrasah dan masyarakat dalam mengembangkan madrasah,
maka madrasah boleh ........
A. Memungut uang madrasah
sebesar-besarnya
B. Mendorong masyarakat
untuk memberikan saran/kritik terhadap madrasah melalui jalur yang benar.
C. Memprioritaskan warga
sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
D. Mewajibkan warga sekitar
untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan madrasah
79. SWOT ialah merupakan
singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah........
A. Kekuatan, kelemahan,
permasalahan dan ancaman
B. Kekuatan, kelemahan,
permasalahan dan solusi
C. Kekuatan, kelemahan,
peluang dan kondisi
D. Kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman
80. Analisis SWOT bertujuan
untuk.........
A. Menentukan kesiapan
fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
B. Menentukan besarnya biaya
yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
C. Menghindari kelemahan dan
ancaman agar sasaran dapat dicapai
D. Menunjukkan kekuatan dan
menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
Soal
Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE
81. Berikut ini yang
termasuk tujuan dari PTK ialah.......
A. untuk menemukan teori
yang baru
B. untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
C. untuk melakukan
eksperimen
D. untuk membuktikan
kebenaran teori yang ada
82. Dalam PTK terdapat 4
tahapan, yaitu .......
A. perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi
B. perencanaan, observasi,
tindakan dan refleksi
C. perencanaan, refleksi,
tindakan dan observasi
D. perencanaan, refleksi,
observasi dan tindakan
83. Judul yang benar dari
PTK ialah.......
A. Peningkatan Penguasaan
Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu
Malang.
B.Pengaruh Pajangan Bahasa
secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
C. Korelasi antara
Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1
Malang.
D. Penggunaan Strategi
Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
84. “Dapatkah pajangan
bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK
Terpadu Malang?” Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
A. hepotesis tindakan
B. tujuan penelitian
C. rumusan masalah
D. judul penelitian
85. Empat tahap yang
berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan
percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu:
A. Merencanakan,
melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. Mengenali, memahami,
mampraktikkan, menghasilkan
C. Menemukan, mempelajari,
memahami, menjadi ahli.
D. Mengenali alat,
memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
86. Pemanfaatan TIK oleh madrasah
yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen madrasah dan dalam
pembelajaran, termasuk pendekatan ....
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
87. Definisi TIK menurut
UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan,
mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK
tersebut antara lain ....
A. Computer
B. Televisi
C. Telepon
D. Mikroskop
88. Sebuah MTS negeri memiliki 12 rombongan belajar.
Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12
orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3
IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang,
S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang
ditemukan adalah ....
A. jumlah siswa per
rombongan belajar tidak memenuhi standar
B. pendidik yang memiliki
kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
C. terdapat beberapa orang
pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum
memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
89. Hasil Evaluasi Diri Madrasah
(EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang madrasah untuk menentukan posisi
tahapan pengembangan madrasah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan madrasah
memiliki makna sebagai berikut:
A. Telah memenuhi Standar
Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar
Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar
Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa
kekuatan
D. Belum memenuhi Standar
Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak
perbaikan
90. Dalam penyusunan EDS,
pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang
disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Madrasah,
Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Madrasah.
Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...
A. Satu,
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
91. Penentuan prioritas
dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah
bersama antara madrasah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk
kriteria keterlaksanaan, yaitu ....
A. Komitmen madrasah saat
sekarang untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi,
visi, dan tujuan strategis madrasah
C. Dukungan sumber daya
manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan madrasah
dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
92. Kita dapat menemukan
situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......
A. antivir
B. acrobat reader
C. yahoo/google
D. photoshop
93. Program Guru Madrasah melek ICT bertujuan untuk
meningkatkan mutu pendidikan Melalui.....
A. program wajib belajar 9
tahun
B. pemanfaatan media cetak
untuk seluruh institusi di tanah air
C. akses informasi dan
komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan
D. maksimalisasi penggunaan
sarana komputer di dalam kelas
94. Kita dapat mengirim file
melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
A. folder
B. mail list
C. yahoo massanger
D. attachment
95. Microsoft Power Point
dapat membantu kita dalam melakukan.......
A. penyimpanan data
B. pembukuan
C. presentasi
D. entri data
96. Penerapan
prinsip-prinsip manajemen keuangan di madrasah bertujuan sebagai berikut
kecuali ....
A. meningkatkan
akuntabilitas keuangan madrasah
B. meningkatkan transparansi
keuangan madrasah
C. meminimalkan
penyalahgunaan anggaran madrasah
D. meminimalkan efisiensi
penggunaan keuangan madrasah
97. Dalam Peraturan Daerah
disebutkan bahwa madrasah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda
selaku kepala madrasah di antaranya ....
A. menghapus
kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS / pemerintah
B. membuka usaha madrasah
yang dapat menghasilkan sumber keuangan madrasah
C. mengajukan sumbangan
kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melakukan koordinasi
dengan komite madrasah agar komite madrasah mendapatkan dana dari orang tua
siswa
98. Dalam pengalokasian
keuangan madrasah terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah
ini adalah alokasi keuangan madrasah yang tergolong biaya personalia:
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. . pemeliharaan sarana dan
prasarana
99. Pengelolaan tenaga
kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut
dengan masalah ....
A. perekrutan, penempatan,
pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan,
pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan,
penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan,
penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga
kependidikan
100. Di bawah ini salah satu
bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah
....
A. iklim kerja yang kondusif
dan professional
B. terciptanya perilaku
disiplin dalam melaksanakan tugas
C..profesi tenaga
kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
D. produktivitas kerja
tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
Demikian info contoh Latihan
Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M Online semoga
bermanfaat bagi Bapak/Ibu Kepala Madrasah yang akan mengikuti Asesmen
Kompetensi Kepala Madrasah.