SOAL LATIHAN ASESMEN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH (AKK-M)

Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah

Berikut ini contoh Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah yang dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M Online. Semoga Contoh soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M Online dapat menambah wawasan Bapak/Ibu Kepala Madrasah.


Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban!

 

1. Syarat perumusan visi, kecuali ………..

A. Visi bukanlah fakta, tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan.

B. Visi dapat memberikan arahan, mendorong anggota organisasi untuk menunjukkan kinerja yang baik.

C. Visi dapat menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan

D. Rumusan Visi Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan;

 

2. Rumusan Visi yang baik mempunyai kriteria (ciri-ciri)

A. Rumusannya singkat, padat dan mudah diingat; 

B. Rumusan Visi Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan; 

C. Rumusan Visi Satuan Organisasi merupakan kesepakatan 

D. Rumusan visi mendapat dukungan dan komitmen seluruh anggota organisasi

 

3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Madrasah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ….

A. Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi

B Merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut supervisi

C Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan,melaksanakan supervisi

D Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut

 

4. Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ….

A. Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru

B. Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru

C. Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru

D. Silabus, rencana pembelajaran, penilaian guru

 

5. Kepala madrasah yang melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik karena ….

A. perilaku supervisi yang dilakukan kurang manusiawi

B. perilaku supervisi yang dilakukan tidak kooperatif

C. perilaku supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta

D. perilaku supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan

 

6. Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktek mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ….

A. supervisi akademik

B. supervisi klinis

C. supervisi pengajaran

D. supervisi praktek mengajar

 

7. Tugas tim pengembang kurikulum di madrasah ialah sebagai berikut, kecuali ….

A. menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta program inti kurikulum

B. memberikan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman

C. mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum

D. mengartikulasikan kurikulum dan melakukan koordinasi segala pengalaman belajar

 

8. Dimensi kepemimpinan mencakup antara lain ….

A. memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan

B. mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan

C. membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan

D. memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti

 

9. Hakikat pembangunan tim didasarkan atas ….

A. kerjasama fungsional dan kerja sama peran

B. pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif

C. kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar

D. pengambilan keputusan yang aman

 

10. Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ….

A. Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak

B. Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan

C. Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan 

D. Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan

 

11. Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni ….

A. kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan

B. sistematis, percaya diri, tegas

C. agresif, kompetitif, egoistis

D. dinamis, inovatif, cerdas

 

12. Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan madrasah adalah dengan cara ….

A. memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi

B. peningkatan kualitas kehidupan beragama

C. memiliki target mutu yang tinggi

D. melakukan rapat evaluasi

 

13. Agar orang tua dan guru saling mengenal merupakan ….

A. salah satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan madrasah

B. tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orang tua murid/ masyarakat dengan pihak madrasah

C. cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan madrasah

D. teknik dalam melakukan hubungan kerjasama madrasah dengan masyarakat

 

14. Partisipasi madrasah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ….

A. pembentukan karakter anak didik

B. mencari nilai tambah bagi masyarakat

C. menumbuhkan kepekaan sosial madrasah terhadap masyarakat

D. mencari bantuan madrasah dari masyarakat

 

15. Berikut adalah tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di madrasah adalah, kecuali ….

A. mengoptimalkan usia pakai peralatan

B. pemeliharaan yang baik memberikan hasil pekerjaan yang baik

C. menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan teratur

D. menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal

 

16. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ….

A. fungsi pendidikan

B. fungsi konstruktif

C. fungsi administrasi

D. fungsi penunjang

 

17. Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya

B. sarana praktek produksi secara langsung bagi siswa

C. wahana pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa

D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa

 

18. Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi dan jasa madrasah, kecuali ….

A. memilih lokasi usaha

B. membaca peluang bisnis

C. mempersiapkan rencana organisasi

D. meneliti pelaku pasar di masa terkini

 

19. Administrasi keuangan madrasah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi madrasah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan administrasi madrasah terutama kompetensi ….

A. sosial

B. teknis

C. manajerial

D. kepribadian

 

20. Di bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah dalam rangka pembinaan tenaga administrasi madrasah, kecuali ....

A. melakukan PHK terhadap tenaga administrasi madrasah

B. memberikan reward bagi tenaga administrasi madrasah yang berprestasi

C. memberi kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

D. mengirim tenaga administrasi untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya

 

 

 

Soal Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE

21. Penerapan prinsip manajemen keuangan di madrasah bertujuan sebagai berikut kecuali ….

A. meningkatkan akuntabilitas keuangan madrasah

B. meningkatkan transparansi keuangan madrasah

C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran madrasah

D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan madrasah

 

22. Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa madrasah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala madrasah di antaranya ….

A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah

B. membuka usaha madrasah yang dapat menghasilkan sumber keuangan madrasah

C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu

D. melakukan koordinasi dengan komite madrasah agar komite madrasah mendapatkan dana dari orang tua siswa

 

23. Dalam pengalokasian keuangan madrasah terdapat istilah biaya personalia dan non personalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan madrasah yang tergolong biaya personalia adalah ....

A. pajak

B. tunjangan

C. jasa telekomunikasi

D. pemeliharaan sarana dan prasarana

 

24. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkutpaut dengan masalah ….

A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan

B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan

C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan

D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan

 

25. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ….

A. iklim kerja yang kondusif dan profesional

B. terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas

C. profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat

D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan

 

26. Sebuah  MTS negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang ditemukan adalah ….

A. jumlah siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar

B. pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100%

C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran

D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses

 

27. Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) menjadi rujukan bagi tim pengembang madrasah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan madrasah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan madrasah memiliki makna sebagai berikut:

A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan

B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan

C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan

D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan

 

28. Dalam penyusunan EDM, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Madrasah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ....

A. satu,

B. dua

C. tiga

D. empat

 

29. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara madrasah dan stake-holder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ….

A. Komitmen madrasah saat sekarang untuk mewujudkannya.

B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis madrasah

C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.

D. Pentingnya pengembangan madrasah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks

 

30. Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu ....

A. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan

B. mengenali, memahami, mempraktekkan, menghasilkan

C. menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.

D. mengenali alat, memprogramkan, mempraktekkan alat, mengontrol pelaksanaan

 

31. Pemanfaatan TIK oleh madrasah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen madrasah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ….

A. Emerging

B. Applying

C. Infusing

D. Transforming

 

32. Definisi TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ….

A. komputer

B. televisi

C. telepon

D. mikroskop

33. Visi dari suatu madrasah mungkin tidak sama dengan visi madrasah lain sebab......

A. Visi dirumuskan sejalan dengan profil madrasah

B. Visi harus memiliki keunikan

C. Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan madrasah

D. Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi

 

34. Visi madrasah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......

A. visi tidak ditafsirkan secara berbeda

B. tujuan dapat dicapai dengan mudah

C. misi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya

D. semua warga madrasah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi

 

35. Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa madrasah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar madrasah......

A. mampu mencapai standar internasional

B. mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional

C. mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana

D. menjadi madrasah yang terkenal di lingkungannya

 

36. Salah satu fungsi misi madrasah ialah sebagai......

A. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga

B. pijakan untuk menentukan program madrasah

C. memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya

D. meningkatkan kesejahteraan staff dan guru

 

37. Setiap warga madrasah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi madrasah dengan tujuan agar.......

A. cita-cita madrasah dapat tercapai tepat waktu

B. pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan

C. siswa sukses dalam bidang akademik

D. status madrasah mencapai taraf internasional

 

38. Madrasah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas madrasah melakukan:...

A. Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar,

B. Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut

C. Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di madrasah tersebut,

D. Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,

 

39. Visi adalah sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...

A. Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

B. Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

C. Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

D. Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

 

40. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran madrasah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut adalah ...

A. Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,

B. Menugasi wakil kepala madrasah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,

C. Madrasah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,

D. Meningkatkan kegiatan MGMP madrasah untuk semua mata pelajaran.

 

Soal Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE

41. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada madrasah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah melakukan......

A. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,

B. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,

C. Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,

D. Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.

 

42. Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Madrasah melakukan.....

A. Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,

B. Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,

C. Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian,

D. Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP

 

43. Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah .....

A. Satu nilai untuk satu mata pelajaran

B. Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar

C. Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran

D. Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,

 

44. Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Asesmenan Nasional tetapi tidak lulus Asesmenan madrasah karena satu mata pelajaran Asesmenan madrasah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...

A. Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus madrasah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,

B. Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise madrasah,

C. Meluluskan 3 siswa tersebut sebab Asesmenan nasional memiliki bobot lebih dari pada Asesmenan madrasah,

D. Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus madrasah.

 

45. Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...

A. Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,

B. Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa

C. Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,

D. Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.

 

46. Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah .....

A. Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,

B. Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,

C. Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,

D. Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa.

 

47. Untuk meningkatkan mutu akademik, madrasah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di madrasah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala madrasah melakukan... ...

A. Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa

B. Segera mebentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa

C. Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di madrasah tersebut.

D. Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel

 

48. Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, madrasah mendayagunakan setiap unsure pada madrasah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....

A. Menetapkan wakil kepala Madrasah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,

B. Menetapkan wakil kepala Madrasah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,

C. Menetapkan wakil kepala Madrasah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala madrasah dalam mengelola sesuai bidangnya,

D. Menetapkan wakil kepala Madrasah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala madrasah dalam mengelola sesuai bidangnya

 

49. Dari hasil evaluasi madrasah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU melakukan.......

A. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBM yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya

B. Membentuk TIM untuk menyusun RAPBM yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite madrasah, ditetapkan oleh kepala madrasah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga madrasah,

C. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite madrasah, ditetapkan oleh kepala madrasah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga madrasah

D. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite madrasah dan ditetapkan oleh kepala madrasah, serta disosialisasikan kepada semua warga madrasah

 

50. Agar penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya madrasah tersebut ...

A. Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,

B. Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan

C. Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan

D. Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.

 

51.  MTSN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan madrasah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas madrasah melakukan........

A. Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,

B. Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan madrasah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,

C. Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan madrasah,

D. Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal.

 

52. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, madrasah menyusun pedoman operasional madrasah. Pedoman pengelolaan madrasah meliputi ...

A. RKAM, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBM, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,

B. KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Madrasah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Madrasah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Madrasah,

C. RAPBM, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik,Daftar Hadir,

D. KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Madrasah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Madrasah,

 

53. Kepala MA JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan madrasah. Yang dilakukan oleh Kepala Madrasah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah

A. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan madrasah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan madrasah kepada Kepala DinasPendidikan Kabupaten/ Kota,

B. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan madrasah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan madrasah kepada PemerintahKabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,

C. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan madrasah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite madrasah dalam bentuk laporan,

D. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan madrasah pada komite madrasah, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.

 

54. Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala madrasah/madrasah dan pengawas madrasah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...

A. Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di madrasah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,

B. Menyusun program supervisi akademik di madrasah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan atau guru senior,

C. Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas madrasah,

D. Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.

 

55. Pada kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Madrasah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah selaku supervisor ...

A. Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,

B. Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervise harus melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,

C. Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,

D. Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.

 

56. Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah ...

A. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,

B. Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,

C. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,

D. Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal

 

57. Kepala MA 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...

A. Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,

B. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa

C. Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,

D. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa

 

58. Kepala madrasah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali?

A. tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.

B. mampu beradaptasi dengan perkantoran.

C. berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.

D. inovatif, kreatif mengembangkan madrasah.

 

59. Di awal tahun pelajaran kepala madrasah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak ¬kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala madrasah:

A. rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.

B. tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan madrasah dan melakukan perubahan APBS.

C. pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.

D. pinjam uang koperasi madrasah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.

 

60. Penempatan Kepala Madrasah di madrasah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala madrasah!

A. mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.

B. semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.

C. saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.

D. menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

Soal Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE

61. Kepala Madrasah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala madrasah tidak merasa betah di madrasah, hasil audit kepala madrasah tidak bersalah?

A. Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.

B. Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.

C. Menantang siapa pun orangnya yang menekan.

D. Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

62. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial madrasah, Kepala Madrasah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala madrasah dan tidak pernah menegur Kepala Madrasah jika saling jumpa, sikap kepala madrasah?

A. biar saja, asal tidak mengganggu.

B. guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala madrasah penguasa tunggal di madrasah.

C. Kepala Madrasah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.

D. mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan madrasah.

 

63. Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan...

A. merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.

B. selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahiprosedur.

C. melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara madrasah,dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.

D. memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.

 

64. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar madrasah tergolong dimensi kompetensi Kepala Madrasah.......

A. Pribadi

B. Sosial

C. Manajerial

D. Akademis

 

65. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Madrasah.........

A. Kepribadian

B. Manajerial

C. Sosial

D. Sektoral

 

66. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di madrasah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......

A. Kepribadian

B. Manajerial

C. Sosial

D. Moral

 

67. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan madrasah, memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......

A. Kepribadian

B. Manajerial

C. Sosial

D. kewirausahaan

 

68. Membuka perbengkelan madrasah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi.......

A. Kepribadian

B. Produktivitas

C. Manajerial

D. Kewirausahaan

 

69. Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............

A. lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi

B. jumlah siswa pada tiap rombongan belajar

C. sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas

D. prosedur kegiatan pembelajaran

 

70. Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....

A. Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.

B. berkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun

C. menguasai bidang yang diajarkan

D. memahami beberapa teori belajar

 

71. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ...: 

A. fungsi pendidikan

B. fungsi konstruktif 

C. fungsi administrasi

D. fungsi penunjang

 

72. Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ....

A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya

B. sarana praktik produksi secara langsung bagi siswa

C. wahana pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa

D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa

 

73. Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi dan jasa madrasah, kecuali ....

A. memilih lokasi usaha 

B. membaca peluang bisnis

C. mempersiapkan rencana organisasi 

D. meneliti pelaku pasar di masa terkini 

 

74. Administrasi keuangan madrasah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi madrasah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan administrasi madrasah terutama kompetensi .... 

A. sosial 

B. teknis 

C. manajerial 

D. kepribadian 

 

75. Di bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah dalam rangka pembinaan tenaga administrasi madrasah, kecuali 

A. melakukan PHK terhadap tenaga administrasi madrasah

B. memberikan reward bagi tenaga administrasi madrasah yang berprestasi

C. memberi kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

D. mengirim tenaga administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya

 

76. Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di madrasah bertujuan sebagai berikut kecuali .... 

A. meningkatkan akuntabilitas keuangan madrasah

B. meningkatkan transparansi keuangan madrasah

C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran madrasah

D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan madrasah

 

 

77. Salah satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan madrasah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada madrasah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada madrasah untuk mengelola sumberdaya madrasah, dan mendorong partisipasi warga madrasah dan masyarakat. Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….

A. semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap madrasah

B. meningkatnya inovasi kepala madrasah untuk mengembangkan lembaga

C. berkurangya ketergantungan madrasah pada pemerintah

D. meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar

 

78. Dalam rangka optimalisasi partisipasi warga madrasah dan masyarakat dalam mengembangkan madrasah, maka madrasah boleh ........

A. Memungut uang madrasah sebesar-besarnya

B. Mendorong masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap madrasah melalui jalur yang benar.

C. Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar

D. Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan madrasah

 

79. SWOT ialah merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah........

A. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman

B. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi

C. Kekuatan, kelemahan, peluang dan kondisi

D. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman

 

80. Analisis SWOT bertujuan untuk.........

A. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu

B. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu

C. Menghindari kelemahan dan ancaman agar sasaran dapat dicapai

D. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran

 

Soal Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M ONLINE

81. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......

A. untuk menemukan teori yang baru

B. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C. untuk melakukan eksperimen

D. untuk membuktikan kebenaran teori yang ada

 

82. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......

A. perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi 

B. perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi

C. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi

D. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan

 

83. Judul yang benar dari PTK ialah.......

A. Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang. 

B.Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.

C. Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1 Malang.

D. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata 

 

84. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?” Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......

A. hepotesis tindakan

B. tujuan penelitian

C. rumusan masalah

D. judul penelitian

 

85. Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu:

A. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan

B. Mengenali, memahami, mampraktikkan, menghasilkan

C. Menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.

D. Mengenali alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.

 

86. Pemanfaatan TIK oleh madrasah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen madrasah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....

A. Emerging

B. Applying

C. Infusing

D. Transforming

 

87. Definisi TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ....

A. Computer

B. Televisi

C. Telepon

D. Mikroskop

 

88. Sebuah  MTS negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang ditemukan adalah ....

A. jumlah siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar

B. pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %

C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran

D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses

 

89. Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang madrasah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan madrasah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan madrasah memiliki makna sebagai berikut:

A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan

B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan

C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan

D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan

 

90. Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Madrasah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...

A. Satu,

B. Dua

C. Tiga

D. Empat

 

91. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara madrasah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....

A. Komitmen madrasah saat sekarang untuk mewujudkannya.

B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis madrasah

C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.

D. Pentingnya pengembangan madrasah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks

 

92. Kita dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......

A. antivir

B. acrobat reader

C. yahoo/google

D. photoshop

 

93. Program Guru Madrasah melek ICT bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Melalui.....

A. program wajib belajar 9 tahun 

B. pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air

C. akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan 

D. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas

 

94. Kita dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....

A. folder

B. mail list

C. yahoo massanger

D. attachment

 

95. Microsoft Power Point dapat membantu kita dalam melakukan.......

A. penyimpanan data

B. pembukuan

C. presentasi

D. entri data

 

96. Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di madrasah bertujuan sebagai berikut kecuali ....

A. meningkatkan akuntabilitas keuangan madrasah

B. meningkatkan transparansi keuangan madrasah

C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran madrasah

D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan madrasah

 

97. Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa madrasah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala madrasah di antaranya ....

A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS / pemerintah

B. membuka usaha madrasah yang dapat menghasilkan sumber keuangan madrasah

C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu 

D. melakukan koordinasi dengan komite madrasah agar komite madrasah mendapatkan dana dari orang tua siswa

 

98. Dalam pengalokasian keuangan madrasah terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan madrasah yang tergolong biaya personalia:

A. pajak

B. tunjangan

C. jasa telekomunikasi

D. . pemeliharaan sarana dan prasarana

 

99. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut dengan masalah ....

A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan

B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan

C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan

D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan

 

100. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ....

A. iklim kerja yang kondusif dan professional

B. terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas

C..profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat

D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan

 

Link download Soal dan Pembahasan Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M (disini)


Demikian info contoh Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKK-M Online semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Kepala Madrasah yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah. 



= Baca Juga =



Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Popular Posts



































Free site counter


































Free site counter