CONTOH SOAL ASESMEN KOMPETENSI PENGAWAS MADRASAH (AKP-M) TAHUN 2020
Contoh Soal AKP Madrasah (AKP-M). Asesmen Kompetensi Pengawas atau AKP Madrasah adalah penilaian terhadap kompetensi pengawas madrasah sebagai bagian penilaian kinerja pengawas madrasah dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan dan jabatannya. AKP merupakan cara untuk memetakan kompetensi pengawas madrasah sebagai acuan dalam pembinaan dan pengembangan profesi pengawas madrasah.
Kementerian Agama akan menggelar AKP Madrasah (Asesmen Kompetensi Pengawas
AKP Madrasah) yang direncakan mulai bulan Nopember tahun 2020 ini. Rencana
tersebut disampaikan melalui Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor :
B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020 Perihal : Penyampaian Petunjuk Teknis
Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah.
Hasil Asesmen Kompetensi Pengawas atau AKP Madrasah yang digunakan
sebagai acuan dalam pembinaan dan peningkatan keprofesian berkelanjutan akan
berdampak positif pada perbaikan kinerja pengawas madrasah dan peningkatan mutu
pendidikan.Akurasi hasil Asesmen
Kompetensi Pengawas atau AKP yang telah dipetakan digunakan sebagai dasar program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan menjadi bagian dari proses
Penilaian Kinerja dan Kompetensi (PKK).
Kisi-kisi Soal AKP Madrasah (Asesmen Kompetensi Pengawas AKP Madrasah) atau materi
yang diujikan terkait dengan Kompetensi Supervisi Manajerial, Kompetensi
Supervisi Akademik, Kompetensi Evaluasi Pendidikan dan Kompetensi Penelitian
dan Pengembangan
Berikut ini Indikator Soal Asesmen Kompetensi Pengawas atau AKP-M sebagaimana
terlampir dalam Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor : B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020
Perihal : Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK
Madrasah.
1. Kompetensi Supervisi Manajerial
a. Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di madrasah
b. Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi, misi,
tujuan dan program pendidikan di madrasah
c. Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan
untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan di madrasah.
d. Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan dan
menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di madrasah.
e. Membina kepala madrasah dalam pengelolaan dan
administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu
pendidikan di madrasah.
f. Membina kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan
bimbingan konseling di madrasah.
g. Mendorong guru dan kepala madrasah dalam merefleksikan
hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan
tugas pokoknya di madrasah.
h. Memantau pelaksanaan delapan standar nasional
pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala madrasah dalam
mempersiapkan akreditasi madrasah.
2. Kompetensi Supervisi Akademik
a. Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik,
atau mata pelajaran di Madrasah.
b. Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi,
karakteristik proses pembelajaran/bimbingan di Madrasah.
c. Membimbing guru dalam menyusun silabus mata pelajaran di
Madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan
prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
d. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan
strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai
potensi siswa melalui pelajaran di Madrasah.
e. Membimbing guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) untuk tiap mata pelajaran di Madrasah.
f. Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan
(di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi
siswa pada tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.
g. Membimbing guru dalam mengelola, merawat,
mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas
pembelajaran/bimbingan tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.
h. Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi
untuk pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
3. Kompetensi Evaluasi Pendidikan
a. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan
dalam pembelajaran/bimbingan di Madrasah.
b. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang
penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
c. Menilai kinerja kepala madrasah, guru, dan staf Madrasah
dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan
dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
d. Memantau pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dan hasil
belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan
tiap mata pelajaran di Madrasah.
e. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk
perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan mata pelajaran di
Madrasah.
f. Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja
kepala madrasah, kinerja guru, dan staf madrasah.
4. Kompetensi Penelitian dan
Pengembangan
a. Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian
dalam pendidikan.
b. Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti
baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya
sebagai pengawas.
c. Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal
penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif.
d. Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan
masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi
tugas pokok tanggung jawabnya.
e. Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan
baik data kualitatif maupun data kuantitatif.
f. Menulis karya tulis ilmiah (PTS) dalam bidang
pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan
mutu pendidikan.
g. Menyusun pedoman/panduan dan/atau buku/modul yang
diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di madrasah.
h. Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian
tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di madrasah.
Berikut ini contoh 4 Soal Asesmen Kompetensi Pengawas atau AKP-M yang
dapat digunakan dalam persiapan menghadapi Asesmen
Kompetensi Pengawas Madarasah tahun 2020.
Link download Paket 4 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash
(disini)
Baca Juga !!!
Paket 1 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash (disini)
Paket 2 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash (disini)
Paket 3 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash (disini)
Demikian informasi tentang Contoh Paket 4 Soal AKP Madrasah (AKP-M). Semoga
ada manfaatnya, terima kasih.