Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Tahun PJOK - Penjaskes Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan Permendikbudristek tentang Standar Penilaian ada 2 (dua) jenis penilaian yang berlaku di sekolah, yakni penilaian formatif dan penilaian sumatif.
Apa yang dimaksud penilaian formatif?
Penilaian formatif adalah aktivitas guru dan murid yang dimaksudkan untuk memantau
kemajuan belajar murid selama proses belajar berlangsung. Penilaian ini akan
memberikan umpan balik bagi penyempurnaan program pembelajaran, mengetahui dan
mengurangi kesalahan yang memerlukan perbaikan. Adapun tujuan utama dari bukan
hanya untuk menentukan tingkat kemampuan murid, namun juga untuk memperbaiki
proses pembelajaran. Dengan kata lain, penilaian formatif bertujuan untuk
memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah
dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau
memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi murid.
Hasil penilaian formatif ini
bermanfaat bagi guru dan murid. Manfaat bagi guru yaitu guru akan mengetahui
sejauh mana bahan pelajaran telah dikuasai murid. Jika guru mengetahui tingkat
keberhasilan murid dalam menguasai materi pelajaran, maka guru dapat membuat
keputusan, apakah suatu materi pembelajaran perlu diulang atau tidak. Jika
harus diulang, guru juga harus memikirkan strategi pembelajaran yang akan
ditempuh.
Penilaian formatif merupakan
penilaian hasil belajar dari kesatuan-kesatuan kecil materi pelajaran. Manfaat
penilaian formatif bagi murid yaitu mengetahui materi pelajaran yang telah
dipelajari, mengetahui butir-butir soal yang sudah dikuasai, dan butir-butir
soal yang belum dikuasai. Hal ini merupakan umpan balik yang sangat berguna
bagi murid, sehingga dapat diketahui bagian-bagian yang harus dipelajari
kembali secara individual.
Penilaian formatif
melibatkan proses mencari dan menginterpretasikan bukti-bukti yang digunakan murid
dan guru untuk memutuskan posisi murid dalam pembelajarannya, kemana murid
perlu melangkah dan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Lebih lanjut
ditekankan bahwa agar penilaian formatif lebih efektif, guru harus terampil
dalam menggunakan strategi penilaian yang bervariasi. Strategi penilaian
tersebut dalam penilaian formatif bisa berupa observasi, diskusi murid, umpan
balik, self assessment dan peer assessment. Self assessment merupakan hal
penting yang dilakukan murid dalam upaya menyadari adanya gap. Guru berperan
untuk mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan mendorong murid untuk melakukan
self assessment dalam upaya mencapai tujuan. Umpan balik perlu dilakukan di
dalam kelas oleh guru dan murid secara timbal balik. Pemberian umpan balik
dapat memotivasi murid untuk belajar, mendorong murid untuk tertarik pada
pembelajaran, meningkatkan hasil belajar, menimbulkan optimisme, self
regulating learning, dan mengembangkan potensi metakognisi.
Keberhasilan penggunaan
penilaian formatif sangat tergantung kemampuan guru mengorganisasi murid dalam
pembelajaran. Terdapat lima faktor kunci yang dapat meningkatkan pembelajaran
melalui penilaian formatif. Kelima faktor kunci tersebut adalah: a) menyediakan
umpan balik yang efektif untuk murid, b) secara aktif melibatkan murid dalam
pembelajaran, c) mengatur pembelajaran yang memungkinkan murid memperoleh nilai
baik ketika dilakukan penilaian, d) memperkenalkan pengaruh besar penilaian terhadap
motivasi, dan e) mempertimbangkan kebutuhan murid untuk menilaidirinya sendiri
dan untuk memahami bagaimana cara meningkatkan hasil belajarnya.
Umpan balik adalah informasi
tentang kesenjangan antara tingkat aktual dan tingkat referensi murid14 atau
kesenjangan kondisi murid sekarang dengan tujuan-tujuan dan standar pembelajaran.
Murid menghasilkan umpan balik internal dalam kegiatan pembelajaran dan
penilaian. Umpan balik formatif terkait erat dengan penilaian formatiftetapi
juga dapat berpotensi untuk digunakan sebagai penghubung antara penilaian sumatif
dan pengembangan formatif.
Umpan balik merupakan elemen
yang penting dalam penilaian formatif. Kriteria umpan balikyang baik sebagai
berikut: a) Membantu menjelaskan kinerja yang baik; b) Memfasilitasi
pengembangan self-assessment (refleksi) dalam belajar; c) Memberikan informasi
yang berkualitas tinggi kepada murid tentang hasil belajar mereka; d) Mendorong
guru untuk berdialog dengan murid selama pembelajaran; e) Memotivasi murid
dalam kegiatan pembelajaran; f) Menyediakan kesempatan untuk menutup
kesenjangan antara kinerja saat ini dan yang diinginkan; g) Memberikan
informasi kepada guru yang dapat digunakan untuk membantu membentuk pengajaran.
Guru menggunakan umpan balik
untuk membuat keputusan program sehubungan dengan kesiapan, diagnosis dan
remedial. Murid menggunakannya untuk memantau hasil belajar. Pentingnya umpan
balik murid yaitu untuk belajar, menutup kesenjangan pemahaman konsep mereka,
mempersiapkan diri dalam penilaian sumatif, memotivasi untuk belajar,
menghargai standar akademik, dan untuk refleksi.
Sebelum Admin membagikan Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir PJOK -
Penjaskes Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023, mari kita ketahui
apa itu Penilaian Sumatif ? Penilaian sumatif adalah suatu aktivitas penilaian
yang menghasilkan nilai atau angka yang kemudian digunakan sebagai keputusan
pada kinerja murid9. Kegiatan penilaian ini dikakukan jika satuan pengalaman
belajar atau seluruh materi pelajaran telah selesai. Penilaian sumatif
digunakan untuk menentukan klasifikasi penghargaan pada akhir kursus atau
program. Penilaian sumatif dirancang untuk merekam pencapaian keseluruhan murid
secara sistematis.
Penilaian sumatif berkaitan
dengan menyimpulkan prestasi murid, dan diarahkan pada pelaporan di akhir suatu
program studi14. Penilaian sumatif tidak memberikan dampak secara langsung pada
pembelajaran, meskipun sering kali mempengaruhi keputusan yang mungkin memiliki
konsekuensi bagi murid dalam belajar. Fungsi penilaian sumatif9 yaitu
pengukurankemampuan dan pemahaman murid, sebagai sarana memberikan umpan balik
kepada murid, untuk memberikan umpan balik kepada staf akademik sebagai ukuran
keberhasilan pembelajaran, akuntabilitas dan standar pemantauanstaf akademik,
dan sebagai sarana untuk memotivasi murid.
Berikut ini Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Tahun PJOK
- Penjaskes Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023
Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Tahun PJOK
- Penjaskes Kelas 8 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga ada
manfaatnya
No comments
Post a Comment
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem
Silahkan Berikan Saran