Latihan Soal ASAS PAI BP Kelas 9 SMP MTS Kurikulum Merdeka

Latihan Soal ASAS PAI BP Kelas 9 SMP MTS Kurikulum Merdeka


Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) PAI BP Kelas 9 SMP MTS Kurikulum Merdeka (Kumer) Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengertian ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) merupakan salah satu metode pengukuran kemampuan siswa dan sebagai sarana perbaikan pembelajaran untuk kedepannya bagi sekolah. Asesmen ini juga dijadikan sebagai sarana pemetaan setiap mata pelajaran dan sejauh mana penguasaan siswa dalam penerimaan input yang diberikan selama pembelajaran. Selain sebagai barometer untuk mengetahui tercapai atau tidaknya target kurikulum, asesmen ini juga menjadi salah satu motivasi siswa untuk kembali membaca dan mempelajari materi-materi yang dipelajarinya.

 

Di setiap penghujung semester, seluruh siswa baik itu siswa baru maupun siswa lama wajib mengikuti mahasiswa mahasiswa. Umumnya, ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) merupakan bagian dari evaluasi yang bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi siswa sehingga siswa dapat melanjutkan pembelajaran ketingkat lebih tinggi atau perlu ada pengasesmen. Lebih singkatnya lagi, ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) ini merupakan suatu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui pencapaian kompetensi diakhir semester. Momen-momen ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) selalu dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi sejumlah siswa. Untuk itu penting untuk memperhatikan hal-hal seputar ASAS dan Tips Menghadapinya seperti yang akan diulas di bawah ini.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) Semester Ganjil PAI BP Kelas 9 SMP MTS Kurikulum Merdeka (Kumer) Tahun Pelajaran 2023/2024, admin akan memberikan tips menghadapi ASAS, karena terkadang banyak siswa di tanah air yang cenderung memiliki masalah terhadap ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester). Tak sedikit dari siswa ini yang merasa gugup dan ribet dalam mengerjakan soal-soal asesmen yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi rasa gugup ketika ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) tiba, kali ini admin akan mengulas seputar tips-tips menghadapi ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester). Simak ulasan lebih lengkapnya lagi tentang ASAS dan Tips Menghadapinya di bawah ini ya.

 

1. Persiapkan materi asesmen dengan matang

Jika yang akan kamu hadapi ketika ASAS nanti adalah asesmen tulis, maka yang harus kamu lakukan adalah membuka kembali materi yang telah diberikan guru dan memahaminya. Terkadang ada guru yang rajin memberikan kisi-kisi sebelum ASAS, namun tidak ada salahnya juga jika kamu membuka kembali materi yang lain. Karena tak sedikit guru yang memberikan soal di luar kisi-kisi yang telah diberikan untuk menguji pemahaman para siswanya. Lain halnya jika yang akan kamu hadapi adalah penugasan yang diberikan guru jauh-jauh hari untuk dikerjakan di rumah. Persiapkanlah bahan-bahan untuk mengerjakan tugas tersebut dan konsultasikan juga dengan guru yang bersangkutan.

 

2. Perhitungkan waktu

Kebanyakan siswa sering kali tidak memperhatikan dan menganggap remeh persoalan waktu. Dalam menghadapi asesmen akhir semester, tak sedikit siswa yang sering berpikir untuk menunda-nunda belajar. Padahal, hal ini justru akan membuatnya kebablasan terhadap waktu. Setidaknya dalam menghadapi asesmen akhir semester ini kamu perlu untuk belajar dua atau tiga hari sebelum mata kuliah tersebut akan di asesmenkan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi bila ada gangguan pada saat satu hari sebelum asesmen kamu sudah belajar dan menguasai mata kuliah yang akan di asesmenkan.

 

3. Mencari tahu kisi-kisi soal yang akan diasesmenkan

Biasanya setiap guru akan mengajarkan beberapa materi tugas dan memberi inti-inti dari beberapa review belajar. Usahakan kamu selalu menulis catatan sebagai keyword untuk mencari inti dari pengembangan materi tersebut. Dan jangan malas juga untuk mencari referensi dari soal-soal asesmen akhir semester dari semester sebelumnya. Biasanya materi dan soal yang di asesmenkan tidak jauh dari materi soal asesmen akhir semester sebelumnya.

 

4. Jangan menggunakan sistem kebut semalam

Banyak siswa yang berpendapat bahwa Sistem Kebut Semalam atau SKS adalah sistem yang sangat efektif untuk belajar satu malam. Ya, memang sistem ini efektif untuk satu dua hari, namun setelahnya, kamu akan melupakan mata kuliah yang sudah kamu pelajari. Selain itu, kamu akan dipaksa untuk begadang satu malam penuh demi belajar untuk asesmen esok harinya. Meskipun efektif, namun badanmu tidak akan kuat kalau harus dipaksa seminggu penuh melakukan SKS. Bukannya malah lulus asesmen, tapi malah sakit. Tidak enak kan?

 

5. Bertanya kepada guru jika masih belum paham

Bertanya kepada guru bukan suatu hal yang salah kok! Daripada nanti di kost Jakarta murah kamu kebingungan belajarnya bagaimana, lebih baik kamu bertanya kepada guru terlebih dahulu mengenai materi yang tidak kamu pahami. Tentunya, hal ini harus kamu lakukan bila gurumu sedang memiliki waktu untukmu, jangan sampai kamu mendadak masuk ke ruang guruu hanya untuk bertanya mata kuliah yang kamu tidak pahami. Bisa-bisa kamu dilirik sama satu ruang guru karena hal itu tidak sopan.

 

6. Membuat kelompok belajar

Kadang kala atau bahkan sering terjadi rasa malas datang menghantui di saat kamu akan mulai belajar, dan biasanya hal ini akan berujung membuat kamu tidak belajar sama sekali. Untuk mengatasi hal ini, mungkin kamu harus membuat kelompok belajar. Dengan belajar secara berkelompok bersama teman-teman dekat secara tidak langsung akan memotivasi kamu supaya tetap semangat belajar. Dan untungnya lagi, belajar secara berkelompok dapat membuat kamu lebih mudah memahami materi yang sebelumnya belum kamu mengerti. Jadi, tak ada salahnya bukan membuat kelompok belajar?

 

7. Jaga kesehatan

Faktor penting penunjang saat menghadapi ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) adalah badan yang sehat. Meskipun kamu sudah memahami materi yang akan diasesmenkan dengan baik, jika tubuh kamu tidak sehat maka semuanya akan terasa sia-sia. Seluruh materi yang kamu pelajari sebelumnya secara tidak langsung tidak dapat kamu serap secara maksimal. Oleh karena itu jangan lupa sarapan atau makan siang dan konsumsi buah-buahan sebelum kamu akan menghadapi asesmen. Jika memungkinkan, konsumsi vitamin C yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

8. Persiapkan kartu asesmen dan alat tulis

Ketika ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) berlangsung, kartu peserta adalah salah satu hal yang wajib dibawa. Kesalahan paling fatal adalah kartu asesmen yang tertinggal bahkan sampai hilang. Karena jika kamu tidak membawa kartu asesmen ketika akan menghadapi asesmen maka kamu pun terancam tidak boleh masuk ruang asesmen. Oleh karena itu, selipkan lembaran kecil ini di tempat yang aman dan selalu dibawa seperti di dompet misalnya. Jangan lupa juga untuk kembali memeriksa kelengkapan alat tulis sebelum memulai asesmen. Jika kamu tidak memiliki alat tulis, maka kamu pun masih bisa membeli terlebih dahulu atau meminjam kepada orang lain sebelum menghadapi asesmen

 

Berikut ini Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) PAI BP Kelas 9 SMP MTS Kurikulum Merdeka (Kumer) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) PAI BP Kelas 9 SMP MTS Kurikulum Merdeka (Kumer) Tahun Pelajaran 2023/2024 Semester 1 (Gasal). Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter