JUKNIS FIKSI SMA SMK TAHUN 2024

Pedoman atau Juknis FIKSI SMA SMK Tahun 2024


Pedoman atau Juknis FIKSI SMA SMK Tahun 2024, Program FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) jenjang SMA/MA dan SMK tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, berupaya mengembangkan dan meningkatkan minat wirausaha sejak dini. Tujuan Program FIKSI adalah untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan peserta didik menengah, agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal sebagai kontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal dan nasional.

 

Melalui FIKSI SMA SMK Tahun 2024 sebagai wadah kreativitas dan inovasi, peserta akan lebih memiliki kesempatan untuk mengembangkan gagasan secara jitu dan berdampak nyata. Selama berproses dalam rangkaian program FIKSI, peserta mengasah kemampuan soft skill dasar yang harus dikuasai oleh lulusan SMA/MA dan SMK, yaitu: kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi; memiliki karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, serta kemampuan bekerja sama secara efektif dengan pihak lain, da n berjiwa wirausaha.

 

Selain itu, melalui FIKSI para peserta pun diarahkan pada pemahaman terhadap pilar-pilar Keberlanjutan (Sustainability), yaitu People, Planet, Prosperity, Peace & Partnership, yang juga diturunkan ke dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) 2030. Dengan demikian, generasi yang sedang mendominasi demografi Indonesia ini pun diharapkan memiliki kesadaran dalam mengangkat potensi sumber daya lokal dalam menciptakan aktivitas dan inovasi wirausaha, yang mencakup pertimbangan terhadap aspek-aspek sosial, budaya, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan lainnya.

 

Merujuk pada rekomendasi kebijakan, peta jalan dan berbagai dokumen yang dihasilkan oleh forum-forum global belakangan ini, seperti KTT G20 2022, World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022, dan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2022, terdapat arahan yang sejalan dengan misi Program FIKSI. Butir ke -47 dari Deklarasi Pemimpin G20 2022 menyebutkan pentingnya peran ekonomi kreatif yang melibatkan ekonomi berbasis pengetahuan, kreativitas, dan hak kekayaan intelektual, yang berkontribusi pa da peningkatan ketangguhan komunitas (pariwisata) dan UMKM melalui pembangunan SDM, transformasi digital, inovasi, serta preservasi berkelanjutan terhadap pusaka alam dan budaya. Pernyataan Presiden Indonesia Widodo dalam pertemuan APEC 2022 memperkuat peran krusial “industri kreatif” sebagai salah satu kekuatan yang harus terus ditingkatkan untuk dapat menjadi pemenang di masa depan. Hasil WCCE 2022, Bali Creative Economy Roadmap, juga membuka peluang besar bagi generasi muda untuk berperan dalam berwirausaha dan menciptakan pekerjaan masa depan (the future of work), terutama yang dilandasi kreativitas, kekayaan intelektual, dan teknologi.

 

Pedoman atau Juknis FIKSI (Festival Inovasi Dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) SMA SMK Sederajat Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FIKSI kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya.

 

Selengkapnya silahkan baca salinan Pedoman Juknis FIKSI SMA SMK Tahun 2024 berikut ini.

 



Link download Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Pedoman Juknis FIKSI SMA SMK Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar dan berlatih hinggai mencapai prestasi yang membanggakan.

 

 


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.