JUKNIS OSN SMA TAHUN 2024

Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2024


Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2024. Kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukenali anak- anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta di atas rata -rata. Dalam mengikuti ajang talenta, mereka akan mendapatkan tantangan terutama dalam menghasilkan suatu karya dan menjadi yang terbaik. Kegiatan ajang talenta merupakan bagian dari proses pembinaan prestasi talenta secara berkelanjutan, dan turut andil dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju profil pelajar Pancasila. 

 

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan ajang talenta setiap tahun di berbagai bidang. Dalam kerangka program Manajemen Talenta Nasional (MTN), BPTI/Puspresnas melakukan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit -bibit talenta un ggul di bidang -bidang Riset dan Inovasi; Seni dan Budaya; serta Olahraga. 

 

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada minat dan bakat. Pemerintah mulai memberikan perhatian yang lebih  serius terhadap anak-anak yang berprestasi di berbagai bidang ketalentaan. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

 

OSN SMA/MA/sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SMA/MA/Sederajat. Ajang OSN SMA/MA/sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari   seluruh provinsi.

 

Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit -bibit talenta potensial. 

 

Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang OSN SMA/MA/sederajat kepada para peserta, pemandu talenta, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan beke rja sebaik -baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.


Berdasarkan Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2024, pelaksanaan Olimpiade Sains (OSN SMA MA Sederajat) tahun 2023 dilakukan melalui seleksi secara bertingkat dengan penjadwalan sebagai berikut:

1. Seleksi tingkat sekolah (OSN -S) pelaksabaan Januari Pekan ke 4

2. Seleksi tingkat kab/ kota (OSN-K) tanggal 25 s.d 27 Maret 2024

3. Seleksi tingkat provinsi (OSN -P) tanggal 6 s.d 8 Mei 2024

4. Seleksi Tingkat Nasional (OSN) tanggal 26 Agustus s.d 1 September

 

Selengkapnya silahkan baca salinan Petunjuk Teknis Juknis Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA MA Sederajat Tahun 2024 yang ada di bawah ini.

 



Link download Pedoman OSN SMA MA Sederajat Tahun 2024

 

Demikian informasi tentang Pedoman Juknis OSN SMA Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya. Selamat bejuang bagi para siswa SMA MA yang akan mengikuti OSN 2024.


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter