PETUNJUK TEKNIS JUKNIS FLS2N SD TAHUN 2024

Pedoman atau Petunjuk Teknis Juknis FLS2N SD Tahun 2024


Pedoman atau Petunjuk Teknis Juknis FLS2N SD Tahun 2024. Prestasi akademik dan non akademik diraih melalui Pendidikan yang bermutu memerlukan pengembangan kecerdasan secara komprehensif dan bermakna. Aspek – aspeknya meliputi (1) Olah hati (cerdas spiritual) untuk memperteguh keimanan dan ketakwaan, meningkatkan akhlak mulia, budi pekerti atau moral, membentuk kepribadian yang unggul, membangun kepemimpinan dan kewirausahaan, (2) Olah pikir (cerdas intelektual) untuk membangun kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi, (3) Olah rasa (cerdas emosional dan social) untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya, dan (4) Olahraga (cerdas kinestetis) untuk meningkatkan Kesehatan, kebugaran, daya tahan, kesigapan fisik dan keterampilan kinestetis.

 

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan Talenta Indonesia menyatakan bahwa “Balai Pengembangan Talenta Indonesia mempunyai tugas melaksanakan pengembangan talenta peserta didik.” Tugas tersebut diimplementasikan dalam salah satu fungsi Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melalui pelaksanaan ajang talenta. Dalam upaya mengembangkan talenta di bidang seni dan budaya, BPTI menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional bagi Peserta Didik Sekolah Dasar yang selanjutnya disebut FLS2N SD.

 

Penyelenggaraan FLS2N SD sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik berkebutuhan khusus karena melalui FLS2N SD akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. FLS2N SD menggali potensi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik SD. Selain itu diharapkan agar peserta didik dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh peserta didik sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

 

Pada tahun 2024, FLS2N SD diselenggarakan secara tatap muka pada delapan cabang kesenian yang dilombakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Diharapkan setiap provinsi melakukan seleksi dengan meningkatkan kompleksitas materi lomba untuk memperoleh peserta FLS2N SD yang akan berlaga di tingkat nasional dengan kualitas karya yang semakin luar biasa dan membanggakan.

 

Pedoman atau Petunjuk Teknis (Juknis) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FLS2N SD kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Diharapkan dengan pedoman ini penyelenggaraan FLS2N SD/MI/Sederajat dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selamat mempersiapkan diri, belajar dan berlatih hinggai mencapai prestasi yang membanggakan.

 

Berdasarkan Pedoman atau Petunjuk Teknis Juknis FLS2N SD Tahun 2024 bidang dan cabang Lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD Tahun 2024 adalah 1) Menyanyi solo; 2) Gambar Bercerita; 3) Seni Tari; 4) Pantomim; 5) Kriya. Adapun Sasaran Peserta FLS2N SD tahun 2024 adalah peserta didik Sekolah Dasar/Sederajat dan peserta didik perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

 

Bagi para meneang akan diberikan penghargaan. Penghargaan diberikan kepada peserta didik yang berhasil mencapai prestasi terbaik pada tingkatan masing-masing, mulai dari satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional. Penghargaan pada tingkat nasional diberikan oleh BPTI dalam bentuk sertifikat, medali, dan uang pembinaan. Penghargaan pada tingkat satuan pendidikan dan daerah menjadi ranah kebijakan satuan pendidikan dan daerah. Selain itu, terdapat bentuk-bentuk penghargaan lainnya untuk menunjang tujuan fasilitasi karir belajar, yaitu beasiswa, pelatihan lanjut seperti pembinaan internasional, kesempatan magang, dan sebagainya.

 

Kapan Jadwal Pelaksanaan FLS2N SD MI tahun 2024? Dalam Pedoman atau Petunjuk Teknis Juknis FLS2N SD Tahun 2024, dinyatakan bahwa Jadwal FLS2N SD MI tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Sosialisasi FLS2N tanggal 14 s.d 16 Februari 2024

2. Pendaftaran Peserta FLS2N tanggak 16 Februari s.d. 31 Maret 2024

3. Proses Seleksi tingkat Kabupaten/Kota Maret s.d. April 2024

4. Seleksi di tingkat Provinsi tanggal 8 s.d. 12 Juli 2024

5. Penyampaian hasil karya terbaik seleksi tingkat Provinsi ke BPTI Paling lambat tanggal 20 Juli 2024

6. Tahap Semifinal Tingkat Nasional (Daring) tanggal 29 Juli s.d. 2 Agustus 2024

7. Tahap Final FLS2N SD Tingkat Nasional (Luring) tanggal 8 s.d. 14 September 2024

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Pedoman atau Petunjuk Teknis (Juknis) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD Tahun 2024 melalui salinan dokumen di bawah ini.

 



Link download Petunjuk Teknis Juknis FLS2N SD Tahun 2024

 

Demikian pemebritahuan tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis Juknis FLS2N SD Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya

 


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.