PAPARAN MODEL KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH PPT

PPT (Powerpoint) Paparan Model Kompetensi Kepala Sekolah


Pada PPT (Powerpoint) Paparan Model Kompetensi Kepala Sekolah, yang dimaksud Model Kompetensi Kepala Sekolah adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dari Kompetensi Teknis yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Sekolah. Kepala Sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin pembelajaran dan mengelola satuan pendidikan yang meliputi taman kanak-kanak, taman kanak-kanak luar biasa, sekolah dasar, sekolah dasar luar biasa, sekolah menengah pertama, sekolah menengah pertama luar biasa, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, sekolah menengah atas luar biasa, atau sekolah Indonesia di luar negeri. Sedangkan Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

 

Model Kompetensi Kepala Sekolah digunakan sebagai acuan untuk: a) pengembangan instrumen pemetaan kompetensi Kepala Sekolah; b) pengembangan instrumen untuk penilaian kinerja Kepala Sekolah; c) pengembangan materi dan instrumen untuk pengembangan kompetensi berkelanjutan bagi Kepala Sekolah; dan/atau d) kegiatan lain yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi Kepala Sekolah.

 

Dalam Buku Paparan Model Kompetensi Kepala Sekolah PPT - Powerpoint dinyatakan bahwa Model Kompetensi Kepala Sekolah disusun memuat: a) kompetensi; b) definisi kompetensi; c) level kompetensi; d) deskripsi level; dan e) indikator kompetensi. Kompetensi Kepala Sekolah terdiri atas: a) Kompetensi kepribadian; b) Kompetensi sosial; dan c) Kompetensi profesional. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan Kepala Sekolah dalam menunjukkan kualitas diri melalui kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik. Kompetensi sosial adalah kemampuan Kepala Sekolah untuk memberdayakan warga satuan pendidikan, berkolaborasi dengan warga satuan pendidikan dan masyarakat, serta terlibat dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas untuk peningkatan kualitas satuan pendidikan. Kompetensi profesional adalah kemampuan Kepala Sekolah untuk mengembangkan visi dan budaya belajar satuan pendidikan, menerapkan kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta mengelola sumber daya secara efektif, transparan, dan akuntabel.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Paparan Model Kompetensi Kepala Sekolah

 



Link download PPT Paparan Model Kompetensi KepalaSekolah


Demikian informasdi tentang Buku Paparan Model Kompetensi Kepala Sekolah PPT - Powerpoint berdasarkan Perdirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023 Tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah. Semoga ada manfaatnya

 



= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter