Latest

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi SMA SMK Tahun 2021

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021


Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2021 yang akan datang. Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2021 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk.kemendikbud.


Sebelum admin membagikan contoh atau Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021, berikut ini sedikit pengetahuan tentang pelajaran geografi. Ada beberapa gagasan dasar sebagai latar keberadaan mata pelajaran geografi jenjang SMA/SMK serta terdapat konten geografi di IPS SMP. Pertama, bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Kedua, Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang tempat dan wilayah. Ketiga, pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis.

 

Seidaknya terdapat lima nilai yang terkadung dari latar keberadaan mata pelajaran Geografi. Kelima nilai tersebut adalah kreatif, kritis, cerdas, arif, dan tanggung jawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi dan ekologis. Cerdas berarti peserta didik dapat memecahkan masalah-masalah di lingkungannya. Arif berarti peserta didik dapat menggunakan nilai-nilai universal maupun lokal untuk menyelesaikan permasalahan. Tanggung jawab berarti ada keberanian untuk mengambil keputusan dan siap menanggung resiko yang yang terjadi atas keputusannya. Dengan demikian pembelajaran geografi yang ideal dapat mengembangkan pemahaman peserta didik tentang kegeografian dan memupuk sikap aktif, kretif, kritis, cerdas, arif dan tanggung jawab terhadap masalah-masalah kegeografian.

 

Apakah pembelajaran geografi sudah dapat berfungsi demikian? Jika melihat hasil studi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam tugas akhir dapat dibaca secara faktual pembelajaran geografi di sekolah. Pertama, pembelajaran masih kurang menggunakan paradigma baru dan bermakna bagi siswa. Kedua, pembelajaran masih menitikberatkan pada aspek pengetahuan untuk menyiapkan ujian, bukan membejarkan siswa membangun kompetensi.

 

Mengapa kinerja pembelajaran geografi belum dapat memenuhi harapan yang ideal tersebut? Ada sejumlah faktor penyebab, yaitu (1) kompetensi guru geografi yang masih perlu peningkatan. (2) Infrastruktur sekolah yang perlu penambahan. (3) budaya inovasi dalam pembelajaran perlu peningkatan. (4) komitmen yang sungguh-sunguh untuk melakukan pembelajaran yang efektif.

 

Merujuk pada standar isi mata pelajaran geografi yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006), tujuan mata pelajaran geografi adalah:

(1). Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan

 

(2). Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi

(3). Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.

 

Tujuan tersebut tidak hanya mencakup aspek kognitif berupa pengetahuan peserta didik tentang pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan, tetapi juga mencakup aspek psikomotorik yang berupa keterampilan untuk memperoleh, mengkomunikasikan, dan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya, serta cakupan aspek afektif yang berupa kepedulian pada lingkungan dan toleransi terhadap keragaman budaya tempat siswa berada.

 

Melaluipembelajaran geografi diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik agar menjadi sosok dengan berkualifikasi (1) berpengatahuan luas dan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan. (2) memiliki kepedulian yang tinggi pada masalah-masalah lingkungan hidup, sosial, dan budaya. (3) memiliki sikap dan perilaku pro aktif terhadap perubahan informasi geografis. (5) memiliki sikap yang toleran terhadap keragaman budaya. (6) mampu mengkomunikasikan informasi geografis dengan baik. (7) memiliki kesadaran untuk perbaikan secara terus menerus atas kekuran yang dimilikinya.

 

Ruang lingkup mata pelajaran Geografi meliputi Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar Geografi; Konsep dan karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran spasialnya; Jenis, karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya

Jumlah, pertumbuhan, komposisi, penyebaran, dan permasalahan penduduk dan dampaknya; Karakteristik, unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan pelestariannya; Kajian wilayah negara-negara maju dan sedang berkembang; Konsep wilayah dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi; dan Pengetahuan dan keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.

 

Berikut ini Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021. Semoga dapat digunakan sebagai bahan pengayaan mengahadapi seleksi PPPK yang akan dating.



Link download Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK (Guru Geografi) SMA SMK Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya (DISINI)


Baca Juga

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Soal Pedagogik (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPA SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kimia SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPS SMP  (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Seni Budaya  SMP SMA  (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah  SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi  SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas - PJOK SD SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Pedagogik SD (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi Bahasa Indonesia (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi Matematika (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi IPA (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi PPKn (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi IPS (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021. semoga ada manfaatnya, terima kasih.



1 comment:

  1. bpk/ibu... saya mau download file di atas kok tidak bisa... saya mohon aga bisa di download file nya.. terima kasih

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem