PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

27 April 2022

LATIHAN SOAL AKM KELAS 11 SMA MA SMK TAHUN 2022

| 27 April 2022
Latihan Soal AKM Untuk Siswa Kelas 11 SMA / MA / SMK Sederajat Tahun 2022


Latihan Soal AKM Untuk Siswa Kelas 11 SMA / MA / SMK Sederajat Tahun 2022. Sebagaimana diketahui pemerintah telah memutuskan mengganti Ujian Nasional dengan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter. Pelaksanaan AKM pada siswa SD, SMP, SMA, SMK sederajat. Apa itu AKM

Dengan mempertimbangkan dampak yang timbul karena Ujian Nasional dan memperhatikan efektifitas pencapaian sasaran Ujian Nasional serta bervariasinya kondisi lembaga pendidikan di Indonesia akibatnya luasnya wilayah Indonesia, diputuskan untuk menyederhanakan Ujian Nasional menjadi Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswa. Dengan kompetensi yang benar-benar minimum di mana bisa dipetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimum. Materi  bagian kognitifnya ada dua yaitu literasi dan numerasi,

Literasi bukan sekadar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep sebuah tulisan, serta kemampuan Literasi Sains.

Sedangkan numerasi (numerik) adalah pengetahuan dan kecakapan untuk (a) menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan (b) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Kemampuan numerasi ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan.

Dua bidang kognitif inilah yang menyederhanakan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM)  dan Survey Karakter dengan tidak berdasar pada mata pelajaran atau penguasaan materi, jadi lebih menekankan pada kemampuan siswa untuk terus belajar.  Dengan dua bidang kognitif ini maka siswa dinilai akan memiliki kecakapan untuk memenuhi tuntutan kehidupan.

Pelaksanaan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter dapat dilakukan pada pertengahan tengah jenjang pendidikan bukan seperti Ujian Nasional yang dilakukan diakhir jenjang pendidikan. Tujuan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM)  dan Survey Karakter dilakukan di tengah jenjang pelajaran adalah agar pihak sekolah/madrasah dan guru dapat melakukan perbaikan untuk mencapai kompetensi minimum yang di targetkan. Perbaikan dilakukan sebelum masa kelulusan, karena itu Assesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter  bukan menjadi alat seleksi siswa untuk lulus melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Hal ini selaras dengan arahan UU Sisdiknas No.20 tahun 2003 Pasal 58 ayat 1 yang berbunyi “Evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan”.

Berikut ini Kumpulan Latihan Soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum) Untuk Siswa kelas 11 SMA, MA, SMK Sederejat  Tahun 2022 yang diambil dari kumpulan soal-soal PISA. Sebagaimana diketahui agar kualitas Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter berkualitas dan berstandard internasional, maka Assesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter akan mengacu pada praktek assessment internasional seperti  Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS)  bekerjasama dengan lembaga internasonal seperti OECD (Organization for Economis Cooperation and Development) .

Hasil Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter  tidak melaporkan hasil individu siswa namun laporan agregat yang berfokus kepada peningkatan internal dari waktu ke waktu bukan komparasi antar kelompok. Assesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter  sebagai pengganti Ujian Nasional adalah sebuah ikhtiar agar Tujuan Pendidikan Nasional sesuai UU No. 20 Tahun 2003 yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dapat terealisasi.

Untuk siswa SMA MA SMK yang ingin mengetahui contoh soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum), berikut ini kumpulan Latihan Soal AKM SMA MA SMK Tahun 2022 khusus untuk materi kemampaun numerasi (numerik). Silahkan di download melalui link yang tersedia di bawah ini.




Link download Latihan Soal AKM SMA MA SMK Tahun 2022 (DISINI)

Demikian informasi tentang kumpulan Latihan Soal AKM SMA MA SMK Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

=====================

LATIHAN SOAL AKM SMA MA MAK TAHUN 2022 (LITERASI DAN NUMERASI)

                                                                                     

Latihan Soal AKM Kelas 11 SMA MA MAK Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya. Ujian nasional (UN) telah diganti menjadi asesmen nasional (AN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). AN nantinya dimulai pada 2021 atau menjadi AN 2022. Bagi siswa, tentu harus paham apa itu asesmen nasional. AN adalah asesmen yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah, madrasah, serta program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Baca juga: Seperti Ini Jenis soal dalam Asesmen Nasional (AN) tahun 2021. Di dalam asesmen nasional itu ada tiga instrument atau soal, yakni: 1. Asesmen kompetensi minimum 2. Survei karakter 3. Survei lingkungan belajar.

 

AKM atau asesmen kompetensi minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: 1) literasi membaca dan 2) literasi matematika (numerasi).

 

Latihan Soal AKM Kelas 11 SMA MA MAK Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya. Sebelumnya harus diketahui bahwa baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup: keterampilan berpikir logis-sistematis keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari keterampilan memilah serta mengolah informasi AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekadar penguasaan konten.


Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Tentu untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, juga untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. Tentu untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Jadi Asesmen kemampuan numerasi ditujukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam hal numerasi. Siswa akan diuji untuk melihat kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

 

Apa saja soal yang diujikan dalam AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum? Menurut berbagai sumber, komponen yang diujikan dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Komponen tersebut menckaup Konten, Proses kognitif dan Konteks. Adapun yang dimaksud Konten mengandung pengertian bahwa Asesmen literasi membaca berdasaran konten akan menguji beragam teks berupa teks informasi dan teks fiksi. Untuk asesmen numerasi akan menguji bilangan, geometri dan pengukuran, data dan ketidakpastian, serta aljabar.

 

Proses kognitif mengandung makna bahwa dalam proses kognitif asesmen literasi membaca, siswa akan diukur kemampuan menemukan informasi, interpretasi dan integrasi teks, serta mengevaluasi dan refleksi isi dengan konteks di luar teks. Asesmen numerasi bakal menguji pemahaman konsep, penerapan konsep, serta penalaran masalah non rutin. Sedangkan yang dimaksud Konteks, mengandung makna bahwa asesmen literasi membaca dan numerasi akan menguji personal, sosial budaya, dan saintifik, pada komponen konteks.

 

Berbeda dengan UN, dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa akan mengerjakan 5 jenis soal. Soal-soal tersebut adalah:

          Pilihan ganda: Siswa hanya bisa memilih satu jawaban benar

          Pilihan ganda kompleks: Siswa bisa memilih lebih dari satu jawaban benar

          Menjodohkan: Menarik garis dari dari satu titik ke titik lain yang merupakan pasangan soal dan jawaban.

          Isian singkat: Siswa memberikan jawaban singkat yang merupakan jawaban pasti.

          Uraian: Siswa menjawab dengan uraian tentang jawaban soal.

 

Soal dibuat berbasis komputer dan bersifat adaptif. Dengan begitu, siswa akan mendapatkan soal sesuai dengan kemampuannya. Jika dapat menjawab dengan benar, siswa akan mendapat soal yang lebih kompleks. Jika salah, siswa akan mendapat soal yang lebih sederhana.

 

Berikut ini Contoh Latihan Soal AKM Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022 maupaun Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN)  Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022.

 

Contoh Latihan Soal AKM Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022 Bagian 1 https://bit.ly/3ssSWOS

Contoh Latihan Soal AKM Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022 Bagian 2 https://bit.ly/2XLglNh

 

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022 Bagian 1 https://bit.ly/3bLrgPl

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022 Bagian 2 https://bit.ly/3ihPhPc

 

Demikian informasi tentang Contoh Latihan Soal AKM Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2022/2023 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022 maupaun Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN)  Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2022/2023. Semoga ada manfaatnya. 




= Baca Juga =



Related Posts

8 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog