LATIHAN SOAL ANBK LITERASI SMA TAHUN 2023-2024

Kumpulan Soal ANBK Literasi SMA Tahun 2023/2024 beserta Kunci Jawabannya


Kumpulan Soal ANBK Literasi SMA Tahun 2023/2024 beserta Kunci Jawabannya. Sebagiamana diketahui Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar. Pelaksanaan asesmen tersebut akan dilakukan oleh peserta didik yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Dengan dilakukan pada tengah jenjang, hasil asesmen bisa dimanfaatkan sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik. Asesmen yang dilakukan sejak jenjang SD, hasilnya dapat menjadi deteksi dini bagi permasalahan mutu pendidikan nasional.

 

Literasi secara umum bukan hanya sekedar mampu  membaca saja, tetapi kemampuan menganalisis bacaan yang mencangkup tulisan, simbol, angka, serta grafik dan memahami konsep dibalik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi tidaklah sekedar memahami kompetensi matematika. Pengetahuan matematika saja tidak cukup membuat seseorang memiliki kemampuan numerasi. Numerasi mencangkup kemampuan menerapkan konsep numerik dan matematika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat dikatakan bahwa literasi numerasi merupakan kecakapan : Menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

 

Dengan memiliki kemampuan literasi numerasi siswa akan lebih bisa mempersiapkan diri untuk menjalani kehidupan di masyarakat dan dunia kerja. Dengan kemampuan literasi numerasi yang baik siswa akan lebih siap menghadapi perkembangan zaman di abad 21 yang relative cepat dan dinamis. Selain itu, siswa akan dapat berpikir secara rasional, sistematis dan kritis dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Siswa juga dapat dengan cermat mengambil keputusan dalam berbagai konteks. Pada siswa jenjang SMK, tentunya kemampuan literasi numerasi dapat menjadi bekal untuk mereka Ketika lulus dalam menghadapi kehidupan masyarakan dan dunia kerja. Dengan harapan bahwa siswa SMK yang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik, cepat terserap di dunia kerja dan dunia industri sehingga angka pengangguran di Indonesia semakin berkurang.

 

Berikut ini Kumpulan Soal ANBK Literasi SMA Tahun 2023/2024 beserta Kunci Jawabannya.

 


Baca Juga Kumpulan Soal ANBK Numerasi SMA Tahun 2023/2024 beserta Kunci Jawabannya (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Kumpulan Soal ANBK Literasi SMA Tahun 2023/2024 beserta Kunci Jawabannya. Semoga ada manfaatnya

 


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter