PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

27 April 2022

LATIHAN SOAL AKM KELAS 8 SMP MTS TAHUN 2022 (LITERASI DAN NUMERASI)

| 27 April 2022

Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya


Latihan Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya. Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.


Contoh Latihan Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya. Sebagaimana diketahui, diterapkannya kebijakan ini merupakan penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatan sistem evaluasi pendidikan. Tujuan utamanya mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM kita bisa memetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harus dipersiapkan. Kompetensi Minimun adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar, apapun materinya dan apapun mata pelajarannya. Sehingga materi AKM ada dua yaitu terkait literasi atau baca tulis, serta literasi numerasi.


Literasi yang dimaksudkan di sini bukan sekedar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Serta menekankan literasi dan numerasi bukan tentang mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid agar dapat menggunakan konsep literasi ini untuk menganalisa sebuah materi.


AKM dan Survei Karakter terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa, kemampuan bernalar menggunakan numerasi, dan penguatan pendidikan karakter. Dan AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.


Kedua aspek kompetensi minimun ini menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat. Terlepas dari bidang kerja dan karir yang ingin mereka tekuni di kemudian hari.,Namun, fokus pada kemampuan literasi dan numerasi tidak kemudian mengecilkan arti dari pentingnya mata pelajaran. Karena justru dengan literasi dan numerasi ini membantu murid-murid untuk mempelajari bidang ilmu lain, terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bentuk angka atau kuantitatif.


Bagian lain dari Asesmen Nasional adalah Survei Karakter yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosio emosional berupa pilar karakter untuk mencetak profil Pelajar Pancasila. Ada enam indikator profil Pelajar Pancasila yaitu berakhlak mulia, kreativitas, gotong royong, kebhinekaan global, bernalar kritis dan kemandirian.


Alasan AKM memilih literasi dan numerasi karena literasi membaca dan numerasi adalah dua kompetensi minimum bagi siswa untuk belajar sepanjang hayat dan dapat berkontribusi kepada masyarakat. Menurut studi nasional & internasional, tingkat literasi siswa Indonesia masih rendah. Dan mengapa juga ada survei karakter dalam asesmen ini, karena pendidikan bertujuan mengembangkan potensi siswa secara utuh. Asesmen nasional mendorong mengembangkan sikap, values, dan perilaku yang mencerminkan Pancasila.


Dampak dari AKM diharapkan dapat memperbaiki budaya belajar, tidak ada dikotomi antara mata pelajaran UN dan mapel non UN, tidak ada mata pelajaran utama dan pelengkap, tidak ada percepatan materi atau bimbingan intensif serta meningkatkan proses pembelajaran.


Berikut ini Contoh Latihan Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2022 maupaun Contoh Latihan Soal AKM Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2022.

 

Contoh Latihan Soal dan Pembahasan AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2022 (disini)

Kumpulna Latihan Soal dan Pembahasan AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2022 (disini)

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2022 Bagian 1 https://bit.ly/39Bb8gA

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2022 Bagian 2 https://bit.ly/38RoOFg

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 Bagian 3 https://bit.ly/3qqT27Y

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 Bagian 4 https://bit.ly/3bKMzRd

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 5 https://bit.ly/2KjbFeq

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 6 https://bit.ly/3sE5CTl

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 7 https://bit.ly/2LvHSA5

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 8 https://bit.ly/3nNTXxy

 

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 1 https://bit.ly/38N5s40

Contoh Latihan AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 2 https://bit.ly/3qE8TQL

 

Demikian informasi tentang Contoh Latihan AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2022 maupaun Contoh Latihan Soal AKM  Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya. 

==================


Berikut ini Sekedar Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP. Soal ini diambil dari dokumen soal PISA dan Soal Latihan HOTS (Higher Order Thinking Skills) Litbang Kemendikbud, dan Sumber lainnya.


Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Literasi Matematika

POPULASI PENDUDUK TIONGKOK


Soal Asesmen Kompetensi Minimum / Minimal (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Literasi Matematika

Hasil sensus penduduk Tiongkok tahun 2010 menunjukkan jumlah penduduk negeri Tirai Bambu itu tercatat 1,34 miliar jiwa dan jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas meningkat pesat. Jumlah penduduk berusia tua itu kini mencapai 13,3% atau naik 3% sejak tahun 2000. Selain itu, sensus menunjukkan hampir separuh penduduk Tiongkok kini tinggal di perkotaan. Meski hasil sensus menunjukkan angka penduduk yang luar biasa besar, namun pertumbuhan penduduk Tiongkok kini lebih lambat dibanding di masa lalu.

Pertanyaan 1: Populasi penduduk Tiongkok
Berdasarkan piramida di atas, pada kelompok umur manakah Tiongkok memiliki jumlah penduduk terbesar pada tahun 2010?
a.    20-24 tahun
b.    35-39 tahun
c.     40-44 tahun
d.    45-49 tahun


Pertanyaan 2: Populasi penduduk Tiongkok
Dari pertumbuhan jumlah penduduk laki-laki tahun 2010-2050, pada kisaran usia berapakah jumlah penduduk mengalami kenaikan?
............................................................................................

Pertanyaan 3: Populasi penduduk Tiongkok

Berapakah kisaran persentase penduduk laki-laki Tiongkok yang berusia 50-54 tahun pada tahun 2010 yang bertahan hidup sampai tahun 2050? Tuliskan langkah jawabanmu!
...........................................................................................


Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum / Minimal (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Lietrasi Sains


KEBAKARAN

Soal Asesmen Kompetensi Minimum / Minimal (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Lietrasi Sains
Dalam pembakaran sempurna, unsur karbon akan bereaksi dengan unsur oksigen menghasilkan karbon dioksida

Pertanyaan 1 : KEBAKARAN
Manakah di antara gas berikut ini yang diperlukan dalam proses pembakaran?
A.      NaHCO3
B.      CO2
C.      CO
D.      O2


Pertanyaan 2 : KEBAKARAN

Pada musim kemarau kita sering mendengar dan melihat berita kebakaran di TV. Petugas pemadam kebakaran selalu menyemprotkan air untuk memadamkan api tersebut, mengapa air dapat memadamkan api?
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................

Instalasi listrik di rumah sebaiknya diperiksa secara berkala. Apabila ada kabel rapuh, sambungan atau stop kontak aus atau tidak rapat, segera gantilah dengan yang baru. Pemakaian kabel yang tidak sesuai dengan peruntukannya menyebabkan terbakarnya lapisan pembungkus kabel, pemasangan instalasi listrik yang kurang tepat dapat menimbulkan korsluiting listrik yang akan memicu terjadinya kebakaran, juga penumpukan steker pada salah satu stop kontak sering menimbulkan percikan api. Jika hal ini diabaikan, besar kemungkinan dapat terjadi kebakaran.




Pertanyaan 3 : Memadamkan Api

Jika terjadi kebakaran seperti pada gambar di atas, untuk memadamkan api tersebut menggunakan tabung gas pemadam kebakaran lebih efektif daripada menggunakan air, mengapa?
A.      Air dapat berperan sebagai isolator listrik.
B.      Air dapat berperan sebagai konduktor listrik.
C.      Gas CO2 dalam tabung pemadam jika disemprotkan berbentuk busa.
D.      Gas CO2 dalam tabung pemadam dapat mengisolasi O2 di udara dengan api.



Kebakaran pada penggorengan sering terjadi di Indonesia, khususnya ibu rumah tangga yang ceroboh meninggalkan penggorengan di atas kompor yang masih menyala. Untuk memadamkan api secara darurat pada peristiwa ini dapat menggunakan tutup panci yang ditutupkan ke wajan tersebut. Api dapat segera dipadamkan.


PERINGATAN: Minyak goreng panas kalau terbakar jangan disiram dengan air karena air dan minyak tidak akan bisa bersatu dan ini menyebabkan api bisa menjalar ke tempat lain dengan mudah

Pertanyaan 4: Kebakaran

Untuk memadamkan api pada penggorengan yang terbakar, selain dengan tutup panci, kita dapat juga menyemprotkan gas dari tabung pemadam kebakaran, mengapa demikian?
...........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
...........................................................................................................
.........................................................................................

PENGOLAHAN AIR

     Penyediaan air bersih bagi seluruh lapisan masyarakat masih merupakan satu masalah besar di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan upaya untuk mendapatkan air bersih dari air keruh maupun air tawar dari air payau atau air laut. Kepulauan Indonesia berada di sekitar garis katulistiwa memiliki iklim tropis. Melimpahnya sinar matahari yang menyinari kepulauan Indonesia hampir sepanjang tahun dapat digunakan sebagai sumber energi. Energi matahari yang tersedia merupakan sumber energi yang murah dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya matahari adalah upaya memanfatkan energi matahari untuk memproduksi air tawar dengan memanfaatkan energi panas dari matahari untuk penyulingan air laut. Rancangan alat penyulingan yang dimaksud dapat diperlihatkan seperti gambar berikut.





Pertanyaan 1.  Pengolahan air
Pada rancangan alat penyulingan air laut salah satu komponen yang sangat penting adalah kaca pengembunan. Kaca pengembunan dipasang dengan kemiringan tertentu. Salah satu alasan kaca pengembunan dipasang miring pada rancangan alat penyulingan air laut menjadi air bersih adalah ….
A. kaca yang dipasang miring akan menimbulkan efek rumah kaca sehingga suhunya maksimal dan dapat mempengaruhi air laut menguap
B. memungkinkan memperoleh air bersih yang lebih banyak karena kalau datar pengembunan air laut  pada kaca jumlahnya lebih sedikit
C. dengan kemiringan tertentu uap air yang mengembun lebih banyak mengalir menuju ke tempat penampungan yang telah disediakan
D. kemungkinan kaca pecah lebih kecil apabila dipasang miring dibandingkan kaca dipasang mendatar

Pertanyaan 2:  Pengolahan air
Perhatikan skema rancangan penyulingan air laut!, Tentukan pada penampungan yang mana kadar garam tertinggi! Jelaskan jawabanmu!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Pertanyaan 3 :Pengolahan air
Proses penyulingan air laut menjadi air bersih layak minum tampak sederhana dan murah. Mengapa instalasi pengolahan air bersih seperti yang ditunjukkan pada diagram memerlukan biaya murah?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Pertanyaan 4 :  Pengolahan Air
Apakah volume air yang dihasilkan dapat diprediksi stabil? Berikan penjelasan!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Literasi Membaca

CERITA RAKYAT
Di suatu kerajaan, ada seorang raja yang sudah tua. Dia mempunyai tiga orang anak laki-laki. Raja itu bingung memilih calon pengganti yang akan ditunjuk sebagai putra mahkota. Sebenarnya, bisa saja ia menunjuk salah seorang putra yang ia sukai. Akan tetapi, ia khawatir bahwa putra pilihannya itu tidak mencintai rakyatnya. Raja yang tidak cinta kepada rakyat, tentu saja tidak akan memikirkan nasib rakyatnya.

Akhirnya, sang raja mendapat ilham untuk menguji ketiga putranya. Ketiga putranya dipanggil untuk menghadap. Raja berkata, “Anak-anakku tercinta, saat ini aku akan menguji kalian dengan satu pertanyaan. Siapa yang paling bagus jawabannya maka ia berhak menjadi putra mahkota. Bagaimana, apakah kalian bertiga siap menjawab?”
“Siap, Ayah!” jawab ketiga putra itu.
“Pertanyaannya begini, kalau kamu menjadi raja, seperti apa besar cintamu kepada rakyat?”

Putra tertua mengacungkan tangan. Raja mempersilakan anak itu menjawab.
“Cintaku kepada rakyatku setinggi gunung,” jawab putra tertua. Kemudian, putra kedua menjawab, “Cintaku kepada rakyatku setinggi bintang.”
“Kini, giliranmu untuk menjawab!” Kata raja kepada si bungsu.
“Cintaku kepada rakyatku seperti garam,” jawab si bungsu.

“Sekarang aku ingin tahu,mengapa cintamu kepada rakyatmu seperti gunung?”
Tanya raja kepada putra tertua.
“Gunung itu tinggi dan besar. Di dunia ini tidak ada benda setinggi gunung. Karena itu, tidak ada yang bisa menandingi cintaku kepada rakyatku, “Jawab putra tertua” Di Pulau Madura ini tidak ada gunung, yang ada hanya bukit-bukit. Dimanakah engkau pernah melihat gunung?” tanya raja.
Aku belum pernah melihat gunung. Kata orang, di Jawa banyak gunung yang tinggi sampai ke awan.”
“Engkau telah membuat perumpamaan dengan benda yang belum pernah engkau lihat,” Kata raja dengan raut muka masam.

Kemudian, dia menunjuk putra kedua untuk mengemukakan alasan.
“Bintang itu benda paling tinggi. Jika cintaku kepada rakyatku setinggi bintang, berarti cintakulah yang paling tinggi,” kata putra kedua. Kali ini raja hanya terdiam membisu mendengar jawaban putra kedua.

“Mengapa cintamu kepada rakyatmu seperti garam?” tanya raja kepada si bungsu.
“Karena hidupku sehari-hari membuat garam bersama orang-orang kecil. Selain itu, setiap manusia memerlukan garam pada saat makan. Jika cintaku seperti garam, berarti semua orang akan merasakan secara nyata wujud cintaku. Tak seorangpun rakyatku yang tidak mendapat cintaku. Itu maksud cintaku seperti garam,” jawab si bungsu.

Mendengar penjelasan si bungsu, raja mengangguk-angguk sambil tersenyum. Setelah diam sejenak, raja pun berkata,”Aku memutuskan, anak bungsuku yang berhak menjadi putra mahkota.”

Cerita Rakyat dari Madura, “Mencari Calon Raja”

Pertanyaan 1: Cerita Rakyat
Inti cerita di di atas berisi tentang...
a.    Raja memilih salah satu anaknya yang berwatak sopan dan rendah hati,sehingga anak bungsulah yang terpilih.
b.    Mencari calon raja harus berdasarkan ilham supaya adil dan dianggap bijak dalam menentukan pilihan.
c.     Raja memilih salah satu anaknya yang berwatak pemberani untuk menjadi calon raja.
d.    Upaya bijaksana seorang raja dalam mencari pengganti yang memiliki karakter cinta kepada rakyatnya.

Pertanyaan 2: Cerita Rakyat
Tunjukkan dua kalimat pada wacana di atas yang menunjukkan kekecewaan raja kepada putranya!
.......................................................................................................
Pertanyaan 3: Cerita Rakyat
Tunjukkan satu kalimat pada wacana di atas yang menunjukkan kepuasan raja kepada putranya!
.......................................................................................................

Link Contoh Soal AKM SMP- MTs Tahun 2022

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 Bagian 1 https://bit.ly/39Bb8gA

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 Bagian 2 https://bit.ly/38RoOFg

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 Bagian 3 https://bit.ly/3qqT27Y

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2022 Bagian 4 https://bit.ly/3bKMzRd

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 5 https://bit.ly/2KjbFeq

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 6 https://bit.ly/3sE5CTl

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 7 https://bit.ly/2LvHSA5

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 8 https://bit.ly/3nNTXxy

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 1 https://bit.ly/38N5s40

Contoh Latihan AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 Bagian 2 https://bit.ly/3qE8TQL

 

Demikian informasi tentang Contoh Latihan AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2022 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2022 maupaun Contoh Latihan Soal AKM  Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2022. Semoga informasi tentang Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) SMP MTS Tahun 2022 ini ada manfaatnya.



= Baca Juga =



Related Posts

14 comments:

  1. tidak boleh dicopy ya... semoga ilmunya bermanfaat.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mampir di : https://oketiksmp.blogspot.com/2020/04/terbaru-download-soal-akm-smamasmk-2020.html

      Delete
    2. makasih kak sangat bermanfaat , kunci jawabannya gak ada emang? heeh makasih

      Delete
  2. wah baru tahu saya ada akm. makasih kak! >:]

    ReplyDelete
  3. Ini yang ak cari persiapan AKM makasih bang, bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  4. tidak ada yang untuk SD ya?

    ReplyDelete
  5. adakah soal AKM untuk SMP Pak..?

    ReplyDelete
  6. Thanks Pak ...ijin share ke group teman teman guru

    ReplyDelete
  7. pak langkah2 pembuatan asesmen kompetensi pelajaran matematika tingkat smp apa aja pak???

    ReplyDelete
  8. tahapan dalam pembuatan AKM apa aja pak???

    ReplyDelete
  9. terima kasih ilmunya pak, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  10. Terima kasih ilmunya, saya mohon ijin untuk mencopas beberapa soal yang saya perlukan, terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  11. SOAL AKM BHS. INGGRIS ADA NGGAK, MIN?

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog