Latihan Soal ANBK Numerasi SMP MTS 2025/2026 Bagian 4 dan Pembahasan. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN). Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi).
Asesmen ini disebut sebagai
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau
minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di
masyarakat. Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret hasil
belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret kompetensi mendasar
yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran.
Asesmen Kompetensi Minimum
(AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid
untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.
Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan
literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi,
kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis,
keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari,
serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah
dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid
menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM
dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan
konten.
Literasi membaca didefinisikan
sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai
jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga
Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif
kepada masyarakat. Sedangkan Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan
konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia
dan warga dunia.
Sebelum Admin membagikan Latihan Soal ANBK AKM Numerasi SMP MTS 2025-2026 Bagian 4,
berikut penjelasn tentang Tujuan AKM. Dalam pembelajaran terdapat tiga
komponen penting, yaitu kurikulum (apa yang diharapkan akan dicapai),
pembelajaran (bagaimana mencapai) dan asesmen (apa yang sudah dicapai). Asesmen
dilakukan untuk mendapatkan informasi mengetahui capaian murid terhadap kompetensi
yang diharapkan. Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk menghasilkan
informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya
dapat meningkatkan hasil belajar murid.
Pelaporan hasil AKM
dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi murid. Tingkat
kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk
menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan
tingkat capaian murid. Dengan demikian “Teaching at the right level” dapat diterapkan.
Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat capaian murid akan
memudahkan murid menguasai konten atau kompetensi yang diharapkan pada suatu
mata pelajaran.
Untuk memastikan AKM
mengukur kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan, juga sesuai dengan
pengertian Literasi Membaca dan Numerasi yang telah disampaikan terdahulu, soal
AKM diharapkan tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten,
berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. Konten pada
Literasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan
dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Pada Numerasi konten
dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data
dan Ketidakpastian, serta Aljabar.
Tingkat kognitif menunjukkan
proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah
atau soal. Proses kognitif pada Literasi Membaca dan Numerasi dibedakan menjadi
tiga level. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi,
interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Pada Numerasi, ketiga
level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran. Konteks menunjukkan
aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM
dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik.
Berikut ini salah satu contoh Latihan Soal ANBK AKM Numerasi SMP MTS 2025-2026 Bgian 4. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Latihan Soal ANBK Numerasi SMP MTS 2025-2026 dan Pembahasannya. silahkan pelajari seperti tampak pada file PDF di bawah ini
Link download Latihan Soal ANBK Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2025-2026 (DISINI)
Link download Latihan Soal ANBK Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2025-2026 (DISINI)
Demikian informasi tentang Latihan Soal ANBK Numerasi SMP MTS 2025-2026 dan Kunci Jawabannya Bagian 4. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
Mana Link Downloadnya