KUMPULAN CP ATP DAN MODUL AJAR FASE D KELAS 9 SMP

Link download  Kumpulan CP ATP dan Modul Ajar Fase D Kelas 9 SMP


Berikut ini admin bagikan Link download  Kumpulan CP ATP dan Modul Ajar Fase D Kelas 9 SMP. Sebagaimana diketahui yang dimaksud Capaian Pembelajaran (CP) adalah sekumpulan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase atau jenjang pendidikan. CP menggambarkan perkembangan kompetensi secara bertahap dalam aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan setelah menyelesaikan suatu fase pembelajaran. 

 

Dalam Kurikulum Merdeka, CP digunakan sebagai acuan utama dalam merancang pembelajaran, asesmen, dan evaluasi perkembangan peserta didik. CP dirancang agar lebih fleksibel dan berorientasi pada kompetensi nyata yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Komponen dalam Capaian Pembelajaran: a) Dimensi Pengetahuan yakni Konsep, teori, dan informasi yang harus dipahami oleh peserta didik; b) Dimensi Keterampilan yakni Kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan praktis yang harus dikuasai; c) Dimensi Sikap yakni Nilai, karakter, dan etika yang harus dikembangkan

 

CP dikembangkan berdasarkan fase perkembangan peserta didik, bukan hanya berdasarkan kelas atau tingkat, sehingga lebih menyesuaikan dengan kebutuhan dan kecepatan belajar individu.

 

Adapun yang dimaksud Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah urutan tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan berjenjang untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dalam suatu fase. ATP berfungsi sebagai panduan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang runtut dan progresif, sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam CP.

 

Komponen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): a) Tujuan Pembelajaran yakni Kompetensi yang harus dicapai peserta didik dalam suatu sesi atau unit pembelajaran; b) Urutan Pembelajaran yakni susunan pembelajaran yang logis dan berkesinambungan, mulai dari konsep dasar hingga tingkat pemahaman yang lebih kompleks; c) Strategi Pembelajaran yakni Pendekatan atau metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran; d) Asesmen yakni Cara mengukur pencapaian peserta didik terhadap tujuan pembelajaran.

 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun berdasarkan fase perkembangan peserta didik, bukan hanya per kelas. Bersifat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi belajar peserta didik. Berorientasi pada kompetensi, bukan hanya penyampaian materi. Dalam Kurikulum Merdeka, ATP membantu guru untuk mengembangkan modul ajar yang lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan belajar mereka.

 

Kalau yang dimaksud modul ajar adalah perangkat pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai Tujuan Pembelajaran (TP) dan Capaian Pembelajaran (CP). Modul ajar berisi komponen-komponen yang memandu guru dalam mengajar dengan lebih sistematis dan fleksibel sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

 

Komponen Modul Ajar terdiri dari a) Identitas Modul yakni Berisi informasi seperti mata pelajaran, fase/kelas, dan topik pembelajaran; b) Kompetensi Awal yakni Pengetahuan atau keterampilan yang sudah dimiliki peserta didik sebelum memulai pembelajaran; c) Profil Pelajar Pancasila yakni Nilai-nilai yang dikembangkan dalam pembelajaran, seperti gotong royong, kreatif, atau berpikir kritis; d) Tujuan Pembelajaran yakni Kompetensi yang diharapkan dicapai dalam satu sesi atau unit pembelajaran; e) Pemahaman Bermakna yakni Konsep utama yang harus dipahami peserta didik dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari; f) Pertanyaan Pemantik yakni Pertanyaan yang mendorong peserta didik berpikir kritis dan mendalami materi; g) Kegiatan Pembelajaran yakni Rangkaian aktivitas yang dilakukan selama pembelajaran, termasuk metode dan strategi yang digunakan; h) Asesmen yakni Cara untuk mengevaluasi pemahaman peserta didik, baik secara formatif (di tengah pembelajaran) maupun sumatif (di akhir pembelajaran); dan i) Sumber Belajar & Media yakni Referensi, bahan ajar, dan alat yang digunakan dalam pembelajaran.

 

Adapun Fungsi Modul Ajar adalah untuk memudahkan guru dalam merancang dan menjalankan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka; memberikan panduan yang lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan peserta didik; membantu pencapaian CP dengan pendekatan yang lebih terstruktur dan bermakna.

 

Modul ajar ini bisa dikembangkan sendiri oleh guru, diadaptasi dari sumber yang ada, atau menggunakan modul yang telah disediakan oleh pemerintah.

 

Berikut ini Link download  Kumpulan CP ATP dan Modul Ajar Fase D Kelas 9 SMP

 

Demikian informasi tentang Link download  Kumpulan CP ATP dan Modul Ajar Fase D Kelas 9 SMP. Semoga ada manfaatnya. 



= Baca Juga =


No comments

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Statistik Pengunjung Blog



































Free site counter


































Free site counter