CP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Semua Mata Pelajaran

CP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Semua Mata Pelajaran Sesuai Buku Paket

CP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Semua Mata Pelajaran Sesuai Buku Paket. Sebagaimana diketahui CP TP ATP dan Modul Ajar merupakan perangkat pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. CP atau Capaian Pembelajaran telah disediakan oleh Pemerintah. Namun Bapak/Ibu guru harus mampu menganalis CP, agar TP (Tujuan Pembelajaran), ATP dan Modul Ajar yang dibuat sesuai dengan tuntutan Capaian Pembelajaran yang sudah ditetntukan.

 

Lalu bagaimana cara CP (Capaian Pembelajaran) untuk diterjemahkan menjadi TP atau ATP ? Berikut ini langkah-langkahnya: 1) Analisis elemen ada di dokumen CP (Capaian Pembelajaran); 2) Buat kalimat kompetensi yang sesuai; 3) Tuliskan konten atau pengetahuan inti yang harus dikuasi oleh peserta didik; 4) Tuliskan keterampilan berpikir yang harus dikuasai peserta didi

 

Misalnya Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu mengeksplorasi bahan, alat, teknik, prosedur, dan sistem budi daya produk bernilai ekonomis dari berbagai sumber. Berarti 1) Elemennya adalah Observasi dan Eksplorasi; 2) Kompetensinya adalah observasi atau mengamati dan mengeksplorasi; 3) Konten adalah Bahan, Alat, Teknik, Sistem budi daya produk bernilai ekonomis; 4) Keterampilan Berpikirnya: misalnya mengeksplorasi (Murid dapat mengeksplorasi bahan, alat, Teknik produk bernilai ekonomis) atau menjelaskan (Murid dapat menjelaskan bahan, alat, Teknik produk bernilai ekonomis)

 

Sebagaimana diketahui Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) murid yang perlu dibangun melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).

 

Secara operasional, komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat tiga aspek berikut ini: 1) Kompetensi, yaitu kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh murid atau ditunjukkan dalam bentuk produk yang menunjukkan murid telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran; 2) Konten, yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran; 3) Variasi, yang menjelaskan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi yang perlu dikuasai murid untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Misal: mengevaluasi, menganalisis, memprediksi, menciptakan, dan sebagainya.

 

Setelah guru dapat membuat Tujuan Pembelajaran(TP) selanjutnya tujuan pembelajaran tersebut disusun dalam alur tujuan pembelajaran. Jadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan Tujuan Pembelajaran yang dilakukan sepanjang fase untuk mencapai Capaian Pembelajaran yang harus dicapai di akhir fase.

 

Berikut ini CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Semua Mata Pelajaran Edisi Lengkap Sesuai Buku Paket Khusus Buku terbitan Erlangga, yang berisi

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Pendidikan Pancasila SMP MTs

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP MTs

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) IPA SMP MTs

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) IPS SMP MTs

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Bahasa Indonesia SMP MTs

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Bahasa Innggris SMP MTs

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Informatika SMP MTs

CP TP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) PJOK SMP MTs

 

 

NB. Ingat Minimal ATM (Amati Tiru Modifikasi) bukan Adposi.


Untuk CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 sesuai buku paket siswa Mata Pendidikan Pancasila (DISINI)


Untuk CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 8 sesuai buku paket siswa Mata Pendidikan Pancasila (DISINI)


Untuk CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 sesuai buku paket siswa Mata Pelajaran Lainnya (DISINI


Untuk CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 8 sesuai buku paket siswa Mata Pelajaran Lainnya (DISINI


Demikian info link download CP ATP Modul Ajar Fase D Kelas 8 (VIII) Semua Mata Pelajaran Sesuai Buku Paket. Semoga ada manfaatnya, dan jangan lupa beli buku Kurikulum Merdeka ya.

 



= Baca Juga =


1 comment:

  1. kak atp matematika kelas 8nya kok hanya ada modul ajar saja ya? ATP & CPnya tidak ada kah?

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem