CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 Semua Mata Pelajaran

CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (Mapel) Sesuai Buku Paket Siswa


CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (Mapel) Sesuai Buku Paket Siswa. Modul Ajar sesunggahnya dapat didownload di Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM), namun ada sebagian guru yang mengalami kesulitan karena antara ATP dan Modul Ajar yang terkadang berbeda. Namun modul Ajar yang ada PMM pada umumnya modul ajar yang terbaik, karena umumnya mereka mengupload sebagai best parctise dari karyanya.

 

Sebagaimana diketahui pada tahap awal menerapkan Kurikulum Merdeka (IKM), guru tidak diwajibkan untuk membuat perangkat ajar seperti modul ajar, namun diperboleh menggunakan perangkat ajar yang disediakan kemendikbud melalui Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Namun, guru tentunya minimal danpat mengetahui Prinsip Dasar Penyusunan Modul Ajar dan Cara Penyusunan Modul Ajar.

 

Bagiamana prinsip dasar penyusunan modul ajar ? Sebelum membahas cara menyusun Modul Ajar, ada beberapa prinsip dasar penyusunan Modul Ajar yang perlu Bapak/Ibu guru perhatikan. Berikut prinsip-prinsip dasarnya yang dilansir dari laman PPG SIMPKB. 1) Karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase; 2) Perbedaan tingkat pemahaman, dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase; 3) Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta didik itu unik; 4) Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial, dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan; 5) Tingkat kematangan setiap peserta didik tergantung dari tahap perkembangan yang dilalui oleh seorang peserta didik dan merupakan dampak dari pengalaman sebelumnya.

 

Bagaimana Cara Menyusun Modul Ajar ? Setelah memahami setiap komponen, kriteria, dan prinsip penyusunan Modul Ajar, sekarang Bapak/Ibu guru sudah bisa menyusun modul Ajar. Berikut langkah-langkah penyusunannya.

·          Menganalisis kondisi dan kebutuhan guru dan siswa berdasarkan latar belakang, serta sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, sekaligus kemampuan dan kreativitas yang dimiliki oleh guru.

·          Mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pada langkah ini, guru dapat memilih beberapa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang paling memungkinkan untuk dikembangkan dalam pembelajaran. Misalnya, untuk materi Pancasila pada mapel PPKn, dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dipilih adalah berkebinekaan global dan bernalar kritis.

·          Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang akan dikembangkan menjadi Modul Ajar.

·          Menyusun Modul Ajar berdasarkan komponen yang tersedia. Pada langkah ini, guru juga bisa menambahkan komponen lain yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

·          Setelah Modul Ajar selesai disusun, guru dapat langsung menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran.

·          Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, guru dapat melakukan evaluasi mengenai efektivitas Modul Ajar dalam kegiatan pembelajaran sekaligus menentukan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya.

 

Bagi Bapak/Ibu guru SMP MTs mengalami kesulitan menemukan Modul Ajar yang sesuai dengan Buku Paket SMP MTS Kelas 7. Berikut ini contoh CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (Mapel) Sesuai Buku Paket Siswa (sudah terintegrasi dan menyesuiakan dengan Buku Paket Pendidikan Pancasila (PPKn) SMP MTS Kelas 7).

 

 

Demikian informasi tentang CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (Mapel) Sesuai Buku Paket Siswa. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem