CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (Mapel) Sesuai Buku Paket Siswa. Modul Ajar sesunggahnya dapat didownload di Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM), namun ada sebagian guru yang mengalami kesulitan karena antara ATP dan Modul Ajar yang terkadang berbeda. Namun modul Ajar yang ada PMM pada umumnya modul ajar yang terbaik, karena umumnya mereka mengupload sebagai best parctise dari karyanya.
Sebagaimana diketahui pada
tahap awal menerapkan Kurikulum Merdeka (IKM), guru tidak diwajibkan untuk
membuat perangkat ajar seperti modul ajar, namun diperboleh menggunakan
perangkat ajar yang disediakan kemendikbud melalui Aplikasi Platform Merdeka
Mengajar (PMM). Namun, guru tentunya minimal danpat mengetahui Prinsip Dasar
Penyusunan Modul Ajar dan Cara Penyusunan Modul Ajar.
Bagiamana prinsip dasar
penyusunan modul ajar ? Sebelum membahas cara menyusun Modul Ajar, ada beberapa
prinsip dasar penyusunan Modul Ajar yang perlu Bapak/Ibu guru perhatikan.
Berikut prinsip-prinsip dasarnya yang dilansir dari laman PPG SIMPKB. 1) Karakteristik,
kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase; 2) Perbedaan tingkat
pemahaman, dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi
di setiap fase; 3) Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta
didik itu unik; 4) Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial,
dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan; 5) Tingkat
kematangan setiap peserta didik tergantung dari tahap perkembangan yang dilalui
oleh seorang peserta didik dan merupakan dampak dari pengalaman sebelumnya.
Bagaimana Cara Menyusun Modul
Ajar ? Setelah memahami setiap komponen, kriteria, dan prinsip penyusunan Modul
Ajar, sekarang Bapak/Ibu guru sudah bisa menyusun modul Ajar. Berikut
langkah-langkah penyusunannya.
·
Menganalisis kondisi dan kebutuhan guru dan
siswa berdasarkan latar belakang, serta sarana dan prasarana yang tersedia di
sekolah, sekaligus kemampuan dan kreativitas yang dimiliki oleh guru.
·
Mengidentifikasi dan menentukan dimensi
Profil Pelajar Pancasila. Pada langkah ini, guru dapat memilih beberapa dimensi
Profil Pelajar Pancasila yang paling memungkinkan untuk dikembangkan dalam
pembelajaran. Misalnya, untuk materi Pancasila pada mapel PPKn, dimensi Profil
Pelajar Pancasila yang dipilih adalah berkebinekaan global dan bernalar kritis.
·
Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
yang akan dikembangkan menjadi Modul Ajar.
·
Menyusun Modul Ajar berdasarkan komponen yang
tersedia. Pada langkah ini, guru juga bisa menambahkan komponen lain yang
sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
·
Setelah Modul Ajar selesai disusun, guru
dapat langsung menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran.
·
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, guru
dapat melakukan evaluasi mengenai efektivitas Modul Ajar dalam kegiatan
pembelajaran sekaligus menentukan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya.
Bagi Bapak/Ibu guru SMP MTs mengalami
kesulitan menemukan Modul Ajar yang sesuai dengan Buku Paket SMP MTS Kelas 7. Berikut
ini contoh CP ATP Modul Ajar Fase D SMP
MTS Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (Mapel) Sesuai Buku Paket Siswa (sudah
terintegrasi dan menyesuiakan dengan Buku Paket Pendidikan Pancasila (PPKn) SMP
MTS Kelas 7).
Demikian informasi tentang CP ATP Modul Ajar Fase D SMP MTS Kelas 7 Semua
Mata Pelajaran (Mapel) Sesuai Buku Paket Siswa. Semoga ada manfaatnya.