Buku Panduan P5 Edisi Revisi 2024 |
Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024 ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Projek penguatan profil
pelajar Pancasila merupakan pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu dalam
mengamati, mengeksplorasi, dan/atau merumuskan solusi terhadap isu atau
permasalahan nyata yang relevan bagi Peserta Didik. Pelaksanaan projek
penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi
muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya.
Projek penguatan profil
pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan
kegiatan pembelajaran projek tidak dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran
intrakurikuler.
Satuan pendidikan dapat
melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan
projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Buku
Panduan P5 Edisi Revisi 2024 ini memuat penyiapan
ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan
projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan
hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut
projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Buku
Panduan P5 Edisi Revisi 2024 ini memuat prinsip-prinsip
pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk
mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. Untuk
mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan
dengan dokumen profil pelajar Pancasila dan contoh modul projek penguatan
profil pelajar Pancasila.
Dokumen profil pelajar
Pancasila berisi matriks perkembangan untuk setiap sub elemen seluruh jenjang.
Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh
perencanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun
sesuai dengan tema dan fase tertentu.
Panduan Pengembangan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini akan terus disempurnakan berdasarkan
evaluasi secara menyeluruh. Oleh karenanya, edisi revisi tahun 2024 ini
diterbitkan dalam rangka mendukung perumusan kebijakan kurikulum untuk
pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah mulai tahun
ajaran 2024/2025 dan berdasarkan hasil umpan balik dari beragam pemangku kepentingan,
terutama dari para guru yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka.
Disampiakan dalam buku
panduan ini, bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki
kompetensi yang melengkapi pencapaian Standar Kompetensi Lulusan dalam hal
penanaman karakter nilai-nilai Pancasila. Tujuan ini juga selaras dengan nilai
yang dibangun dalam pendidikan Kepramukaan.
Kompetensi profil pelajar
Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri,
ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan
dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang
sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.
Diharapkan Pelajar Indonesia
memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis serta menjadi
manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh karena itu, pelajar Indonesia
diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta
tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.
Profil pelajar Pancasila
memiliki beragam kompetensi yang dirumuskan menjadi enam dimensi. Keenamnya
saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan profil pelajar
Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya seluruh dimensi tersebut secara
bersamaan.
Keenam dimensi tersebut
adalah: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan
global; Bergotong-royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif. Dimensi-dimensi
tersebut menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada
kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai
bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.
Berdasarkan Buku Panduan P5 Edisi Revisi 2024, Alur
Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah 1) Membentuk tim
pelaksana projek penguatan profil pelajar Pancasila; 2) Mengidentifikasi
tahapan kesiapan satuan pendidikan; 3) Menentukan dimensi, tema, dan alokasi
waktu; 4) Menyusun Modul; dan 5) Merancang strategi pelaporan.
Hal baru yang banyak dibahas
dalam buku panduan ini adalah terkait dengan teknis asesmen dalam pelaksanaan
P5. Asesmen sumatif bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik
menunjukkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Asesmen sumatif
dilakukan secara formal. Kekhasan utama asesmen sumatif projek penguatan profil
pelajar Pancasila adalah dilakukan melalui asesmen autentik atau asesmen
kinerja.
Untuk menyelesaikan asesmen kinerja,
peserta didik perlu memiliki waktu yang cukup sehingga memerlukan beberapa kali
pertemuan menjelang akhir pembelajaran. Satuan pendidikan dapat memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk menunjukkan kemampuannya dalam berbagai cara,
misalnya dalam bentuk melakukan aksi atau mengekspresikan/menuangkan pemikiran dalam
bentuk karya
Selengkapnya silahkan
download dan baca Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi
Revisi 2024
Link download Buku Panduan P5 Edisi Revisi 2024
Demikian informasi tentang Buku Panduan Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024. Semoga ada manfaatnya