Jadwal Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Tahun Akademik 2022/2023. Pendaftaran sekolah kedinasan telah dimulai. Pelamar sudah dapat mendaftarkan diri dan bersaing untuk memperebutkan 7.080 formasi yang tersedia di 30 sekolah kedinasan. Proses pendaftaran dapat dilakukan sejak Sabtu, 9 April 2022 mulai pukul 09.22 WIB melalui portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan pada tautan https://dikdin.bkn.go.id/. Sama seperti di tahun sebelumnya, kebijakan pelamar hanya dapat mendaftar pada satu dari 30 sekolah yang tersedia masih berlaku.
Deputi bidang SDM Aparatur
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex
Denni mengingatkan kepada setiap pelamar untuk dapat menyiapkan diri dengan
semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan memahami alur seleksi sekolah
kedinasan serta syarat dan ketentuan. “Sebelum mendaftar, pastikan pelamar
mencermati dan memahami setiap syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh
masing-masing sekolah. Jangan sampai gagal di tahap pendaftaran hanya karena
kurang teliti,” ujar Deputi Alex di Jakarta, Sabtu (09/04).
Alex menyampaikan bahwa
bahwa peserta dapat mempelajari ketentuan mengenai seleksi sekolah kedinasan
yang tertera pada PermenPANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan
Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Sedangkan,
informasi mengenai syarat dan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan
dapat dilihat pada https://dikdin.bkn.go.id/daftarInstansi.
Terkait dengan tata cara
serta prosedur pendaftaran, pelamar dapat membaca Buku Petunjuk Sekolah
Kedinasan Tahun 2022 yang tersedia di portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan.
Pelamar juga dapat mencermati pertanyaan yang sering diajukan pada menu FAQ.
Pelamar memiliki waktu
selama 22 hari untuk melakukan proses pendaftaran. Pelamar dapat mengirimkan
pendaftaran terakhir pada Sabtu, 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.
Adapun 30 sekolah kedinasan
yang membuka pendaftaran pada tahun ini berada dibawah naungan delapan
instansi. Sama seperti tahun lalu, instansi tersebut adalah Kementerian Dalam
Negeri; Kementerian Hukum dan HAM; Kementerian Keuangan; Badan Pusat Statistik;
Badan Intelijen Negara; Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika; Badan
Siber dan Sandi Negara; dan Kementerian Perhubungan.
Alex mengatakan bahwa
nantinya tidak semua lulusan sekolah kedinasan akan mengabdi sebagai PNS di
instansi yang menaungi sekolah kedinasannya. Bagi lulusan sekolah kedinasan
yang berasal dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta
Kementerian Perhubungan akan disebar ke kementerian dan lembaga lainnya serta
pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan.
“Sebagai ASN, tentunya diharapkan
bagi PNS lulusan sekolah kedinasan untuk siap mengabdi untuk melayani dan
ditempatkan di seluruh Indonesia sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Alex.
Ditegaskan kembali oleh Alex
bahwa seluruh rangkaian seleksi sekolah kedinasan dilaksanakan secara transparan,
objektif, kompetitif, tidak diskriminatif, serta bebas dari unsur KKN. Oleh
karenanya, Alex juga mengingatkan kepada setiap pelamar untuk selalu
berhati-hati terhadap tindak penipuan yang mungkin terjadi dalam seleksi
sekolah kedinasan ini.
“Harap berhati-hati terhadap
oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena sudah dapat
dipastikan penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk dapat mengikuti
rangkaian seleksi sekolah kedinasan,” pungkas Alex. (ald/HUMAS MENPANRB)
Alokasi
Formasi Sekolah Kedinasan Tahun 2022
·
Kementerian Dalam Negeri
Institut
Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN): 1.230 formasi
·
Kementerian Keuangan
Politeknik
Keuangan Negara STAN (PKN-STAN): 750 formasi
·
Kementerian Hukum dan HAM
Politeknik
Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip): 300 formasi
Politeknik
Imigrasi (Poltekim): 300 formasi
·
Badan Pusat Statistik
Politeknik
Statistika STIS: 500 formasi
·
Badan Intelijen Negara
Sekolah
Tinggi Intelijen Negara (STIN): 300 formasi
·
Badan Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan
Geofisika
Sekolah
Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG): 250 formasi
·
Badan Siber dan Sandi Negara
Politeknik
Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN): 100 formasi
·
Kementerian Perhubungan: 3.350 formasi
Politeknik
Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
Politeknik
Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
Politeknik
Keselamatan Transportasi Jalan (PTKJ) Tegal
Politeknik
Transportasi Sungai Danau Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang
Politeknik
Transportasi Darat (Poltrada) Bali
Sekolah
Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
Politeknik
Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
Politeknik
Pelayaran Surabaya
Politeknik
Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang
Politeknik
Pelayaran Sumatra Barat
Politeknik
Pelayaran Banten
Politeknik
Pelayaran Malahayati Aceh
Politeknik
Pelayaran Barombong
Politeknik
Pelayaran Sorong
Politeknik
Pelayaran Sulawesi Utara
Politeknik
Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
Politeknik
Penerbangan Makassar
Politeknik
Penerbangan Medan
Politeknik
Penerbangan Surabaya
Politeknik
Penerbangan Jayapura
Politeknik
Penerbangan Palembang
Akademi
Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi
Berikut Tanya jawab
seputar Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran
Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Tahun Akademik 2022/2023. Kapan Jadwal pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 ? Pengumuman
Pendaftaran Sekolah Kedinasan direncanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 8
April 2022, sedangkan jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 9 sampai
dengan 30 April 2022. Apakah yang harus
dipersiapkan dalam melakukan pendaftaran? Identitas diri, alamat email
aktif, data orang tua dan nilai rapor dan persyaratan lain yang di perlukan
dari masing-masing sekolah kedinasan. Bagaimana
tata cara pendaftaran untuk peserta yang tidak mempunyai nilai UN di masa
pandemi ini? Untuk tata cara pendaftaran silahkan untuk mengunjungi website
sekolah kedinasan ataupun website instansi yang ingin dilamar untuk mengetahui
persyaratan yang harus dipenuhi. Dapatkan
Saya Melamar Pada Lebih Dari Satu Sekolah Kedinasan? Pendaftar hanya boleh
mendaftar pada 1 (satu) Sekolah dan 1 Jurusan di Sekolah Kedinasan yang dilamar.
Bagaimana Jika Ada Kesalahan Dalam
Pengisian Data? Data bisa diubah selama pendaftar belum klik 'Akhiri
Pendaftaran' pada Resume Pendaftaran.
Apa Saja Persyaratan Khusus Untuk Mendaftar Sekolah
Kedinasan?
Untuk persyaratan khusus berbeda untuk masing-masing sekolah, untuk itu
pendaftar bisa mengacu pada website sekolah terkait. Bagaimana Jika NIK Dan NO KK Tidak Ditemukan ? Apabila terdapat
ketidaksesuaian data antara NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala
Keluarga, silahkan mengajukan permohonan perbaikan data ke Kantor DUKCAPIL
setempat sesuai alamat KTP dan DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data
sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki. Kontak DITJEN DUKCAPIL PUSAT
dapat dilihat pada tautan berikut http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact
Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil (Call Center : 1500537). Bagaimana jika saya belum 17 tahun sehingga belum memiliki KTP atau
Surat Keterangan? Untuk pelamar yang berusia dibawah 17 tahun bisa
mengupload Kartu Keluarga (untuk swafoto juga menggunakan Kartu Keluarga)
Saat info ini dimuat Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan
2022 belum terbit. Namun mengacu pada buku petunjuk tahun sebelumnya, pelamar
wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah
kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki
persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah
mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
1.
Kartu Keluarga
2.
Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3.
Ijazah
4.
Rapor SMA/Sederajat
5.
Pas foto
6.
Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Bagaimana Tata Cara
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. langkah-langkah Pendaftaran Sekolah
Kedinasan 2022 adalah sebagai berikut.
1.
Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id atau langsung https://dikdin.bkn.go.id
2.
Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan,
membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
3.
Pelamar melakukan LOG IN dengan menggunakan NIK dan password yang telah
didaftarkan
4.
Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan
melengkapi form isian Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah
Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda
pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
5.
Pelamar memasukkan Nilai
6.
Pelamar melengkapi Biodata
7.
Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
8.
Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
9.
Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
10.
Pelamar mengecek hasil verifikasi
11.
Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai
kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di
web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
12.
Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya
akan mendapatkan Kartu Ujian
13.
Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14.
Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
15.
Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan,
harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses
selanjutnya
Berikut ini Tata Cara
Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.
1.
Klik Registrasi atau Daftar
2.
Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3.
Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu
Keluarga
Apabila
pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga,
silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar
bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi
Nasional (Panselnas)
4.
Nama lengkap sesuai KTP
5.
Tanggal lahir sesuai KTP
6.
Kabupaten/Kota sesuai KTP
7.
Masukan kode captcha yang terlampir
8.
Setelah data di atas dimasukan, klik lanjutkan. Bila data sesuai maka akan tampil form
Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.
9.
Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang
perlu diisi terdiri dari data :
a)
Alamat
Isi
alamat sesuai dengan KTP
b)
Tempat Lahir
Isi
tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
c)
Tanggal Lahir
Isi
tanggal lahir sesuai dengan ijazah
d)
Jenis kelamin
Pilih
jenis kelamin yang sesuai
e)
E-mail
Masukan
e-mail aktif dan valid
f)
Password
Masukan
password yang mudah diingat.
Harap
catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
g)
Konfirmasi Password
Masukkan
kembali password telah Anda masukan
h)
Pertanyaan Pengaman 1
Pilih
pertanyaan pengaman Anda
i)
Jawaban Pengaman
Masukan
jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
j)
Pertanyaan Pengaman 2
Pilih
pertanyaan pengaman Anda
k)
Jawaban Pengaman
Masukan
jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
l)
Captcha
Masukan
kode captcha yang tampil di layar
10.
Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb
maksimal 200 kb
11.
Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap
12.
Selanjutnya klik Lanjutkan
13.
Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika
ada yang perlu diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses
Pendaftaran Akun
Akan tampil halaman
pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2022 berhasil, klik
Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti
bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik
Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke form berikutnya.
Berikut ini tata cara
Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata, adalah sebagai
berikut.
1.
Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id
dengan klik tombol yang tertera di sudut kanan atas.
2.
Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman
Form Biodata Peserta
a.
Upload Swafoto
Upload
foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan
ke tahap selanjutnya.:
Klik
tombol Choose File cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG
ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb.
b.
Mendaftar Formasi
1)
Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
2)
Klik tombol Pilih
3)
Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada
4)
Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
5)
Isi Tahun Lulus
6)
Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda
7)
Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
8)
Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
9)
Isi kode captcha yang tampil
10)
Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol Selanjutnya, Bila
ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi.
c. Pengisian Nilai
Pelamar
memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap
diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap
Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
Tata Cara Pengisian
Biodata Peserta, Unggah Dokumen dan Periksa resume pendaftaran
a. Pengisian Biodata
Pada
form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar.
Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah,
Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
Data
Diri Pelamar:
Alamat
Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi,
Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam
centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan,
Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Data
Diri Orang Tua:
NIK
Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji
Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir
Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status
Hidup Ibu.
Isi
kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke
halaman selanjutnya.
b. Unggah Dokumen
Pelamar
mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan
ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk
mengunggah dokumen, klik tombol Unggah, cari dokumen yang diupload sesuai
dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan
klik tombol lihat. Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol Unggah
untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen
telah diunggah atau belum. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.
c. Resume
Setelah
pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran
yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang
setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.
Centang
(v) pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses
Pendaftaran. Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data
yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Selanjutnya
klik tombol Iya , dan tombol Cetak Kartu Informasi Akun dan Cetak Kartu
Pendaftaan Dikdin akan tampil. Bila pelamar klik tombol Pendaftaan Dikdin akan
tampil Kartu Pendaftaran.
Kartu
Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan
disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Link Download Buku
Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 (DISINI)
Baca
Juga !!!
Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru STIS Tahun Akademik 2022/2023
Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Calon Praja IPDN Tahun Akademik 2022/2023
Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Taruna Baru Ikatan Dinas STMKG Tahun Akademik 2022/2023
Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Taruna Baru STIN Tahun Akademik 2022/2023
Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru Poltek SSN (STSN) Tahun Akademik 2022/2023
Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023
Demikian informasi
tentang Jadwal Persyaratan dan Tata Cara
Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Tahun Akademik 2022/2023. Semoga
ada manfaatnya, terima kasih.