Instrumen Soal Tes Diagnostik Awal Non Kognitif Untuk SMP SMA SMK. Tes Diagnostik Non Kognitif adalah alat yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek kepribadian, motivasi, sikap, dan minat seseorang, yang tidak berkaitan langsung dengan kemampuan kognitif atau akademis.
Tes Diagnostik Non Kognitif ini
sering digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang: gaya belajar, kepribadian,
motivasi, sikap, minat. Gaya belajar: yakni bagimana guru mengidentifikasi cara yang konsisten yang dilakukan oleh
seorang murid dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat,
berpikir, dan memecahkan soal pada proses pembelajaran.
Kepribadian yakni bagaimana
guru mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian seseorang, seperti ekstroversi, stabilitas
emosional, atau keterbukaan terhadap pengalaman baru. Motivasi terkait denga
bagaimana guru menilai faktor-faktor yang memotivasi individu dalam konteks
tertentu, seperti pendidikan atau pekerjaan.
Sikap terkait dengan
bagaimana guru mengukur pandangan atau kecenderungan seseorang terhadap isu-isu
atau situasi tertentu. Sedangkan Minat terkiat bagaimana guru menilai
ketertarikan atau preferensi individu terhadap aktivitas atau bidang tertentu.
Penggunaan Tes Diagnostik Non Kognitif ini dapat membantu dalam proses seleksi,
pengembangan pribadi, dan pemahaman lebih dalam mengenai individu di lingkungan
pendidikan atau pekerjaan.
Berikut adalah beberapa
contoh tes diagnostik non kognitif yang umum digunakan:
1. Big Five Personality Test
2. Myers-Briggs Type
Indicator (MBTI)
3. Minnesota Multiphasic
Personality Inventory (MMPI)
4. Hogan Personality
Inventory (HPI)
5. Sixteen Personality
Factor Questionnaire (16PF)
6. Tes Gaya Belajar
Mari kita lihat contoh soal
dari jenis tes di atas:
1. Big Five Personality Test
Big Five Personality Test digunakan untuk mengetahui respon murid terhadap
pernyataan ini membantu mengukur sejauh mana seseorang memiliki ciri
kepribadian tertentu sesuai dengan lima dimensi utama.
Berikut adalah contoh soal
yang mungkin muncul dalam Big Five Personality Test:
1) Berkaitan dengan Ekstraversi
(Extraversion)
Saya
menikmati berada di keramaian dan bertemu orang baru (SS S N TS STS)
2) Berkaitan Keterbukaan
terhadap Pengalaman (Openness to Experience)
Saya
senang mencoba aktivitas baru dan berbeda (SS S N TS STS)
3) Berkaiatan dengan Ketekunan
(Conscientiousness)
Saya
selalu merencanakan sesuatu dengan hati-hati sebelum melakukannya (SS S N TS
STS)
4) Berkaiatan Keramahan
(Agreeableness)
Saya
berusaha bersikap baik dan membantu kepada orang lain (SS S N TS STS)
5) Berkaitan dengan Neurotisisme
(Neuroticism)
Saya
sering merasa cemas atau khawatir (SS S N TS STS)
2. Myers-Briggs Type
Indicator (MBTI)
Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) digunakan membantu guru menentukan preferensi dalam empat dimensi utama, yang kemudian mengarahkan pada salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI.
1) Berkaitan dengan Ekstrovert
(E) vs. Introvert (I)
Pilih
salah satu jawaban di bawah ini
a)
Saya merasa lebih berenergi setelah menghabiskan waktu dengan orang banyak.
b)
Saya merasa lebih berenergi setelah menghabiskan waktu sendirian.
2) Berkaitan dengan Sensing
(S) vs. Intuition (N)
Pilih
salah satu jawaban di bawah ini
a)
Saya lebih suka informasi yang konkret dan detail.
b)
Saya lebih suka melihat gambaran besar dan kemungkinan masa depan.
3) Berkaitan dengan Thinking
(T) vs. Feeling (F)
Pilih
salah satu jawaban di bawah ini
a) Saya
membuat keputusan berdasarkan logika dan fakta.
b)
Saya membuat keputusan berdasarkan perasaan dan dampaknya pada orang lain.
4) Judging (J) vs.
Perceiving (P)
Pilih
salah satu jawaban di bawah ini
a)
Saya lebih suka hidup yang terencana dan terstruktur.
b)
Saya lebih suka bersikap fleksibel dan spontan.
3. Minnesota Multiphasic Personality
Inventory (MMPI)
Soal-soal pada jenis tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). dirancang untuk mengevaluasi berbagai aspek kesehatan mental dan kepribadian. Contoh soal Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)
1)
Saya merasa tertekan tanpa alasan yang jelas (Benar / Salah)
2)
Saya suka mengikuti aturan dan prosedur (Benar / Salah)
3)
Saya sering merasa cemas dalam situasi social (Benar / Salah)
4)
Saya merasa memiliki banyak energi dan selalu bersemangat. (Benar / Salah)
5)
Saya merasa orang lain berusaha mengendalikan pikiran saya. (Benar / Salah)
4.
Hogan Personality Inventory (HPI)
Hogan Personality Inventory atau HPI
digunakan untuk mengukur ciri-ciri kepribadian yang relevan dengan kinerja di
tempat kerja. Contoh soal Hogan Personality Inventory (HPI)
1) Saya menikmati bekerja
dalam tim (SS S N TS STS)
2) Saya sering mencari
tantangan baru (SS S N TS STS)
4) Saya cenderung menyelesaikan
tugas tepat waktu (SS S N TS STS)
5) Saya mudah merasa stress (SS
S N TS STS)
6) Saya suka memimpin proyek
atau kelompok (SS S N TS STS)
5. Sixteen Personality
Factor Questionnaire (16PF)
Soal Tes Sixteen Personality
Factor Questionnaire (16PF) digunakan untuk mengevaluasi berbagai dimensi
kepribadian untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang individu. Contoh
pertanyaan yang mungkin ada dalam Sixteen Personality Factor Questionnaire
(16PF):
1)
Saya merasa nyaman berbicara di depan banyak orang (SS S N TS STS)
2)
Saya cenderung mengikuti aturan dengan ketat(SS S N TS STS)
3)
Saya mudah merasa cemas dalam situasi baru (SS S N TS STS)
4)
Saya lebih suka bekerja secara mandiri daripada dalam tim (SS S N TS STS)
5)
Saya merasa nyaman dalam situasi social (SS S N TS STS)
6. Tes Gaya Belajar Murid
Jawablah dengan cepat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda silang pada a, b, atau c.
Pada waktu belajar untuk tes, apakah anda
memilih
a) membaca catatan, membaca judul dan sub-judul
dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi
b) meminta seseorang memberi anda pertanyaan,
atau menghafal dalam hati sendirian
c)
membuat catatan pada kartu dan membuat model atau diagram
Apa yang anda lakukan pada waktu
mendengarkan musik?
a)
berkhayal (melihat benda-benda yang sesuai dengan musik yang sedang
didengarkan)
b) berdendang mengikuti alunan musik tersebut
c) bergerak mengikuti musik tersebut,
mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb.
Pada waktu anda memecahkan masalah, apakah
anda
a) membuat
daftar, mengatur langkah, dan mengeceknya setelah langkah itu dikerjakan
b)
menelpon teman atau ahli untuk membicarakan masalah tersebut
c) menguraikan
(menganalisa) masalah itu atau melakukan semua langkah yang anda pikirkan
Jika anda ingin membaca untuk hiburan,
apakah anda memilih
a) buku perjalanan dengan banyak gambar di
dalamnya
b)
cerita misteri yang penuh dengan percakapan di dalamnya
c)
buku yang dapat menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah anda
Untuk mempelajari bagaimana cara kerja
komputer, apakah anda memilih
a)
menonton film tentang cara kerja computer
b)
mendengarkan seseorang menjelaskan cara keja computer
c)
membongkar komputer dan mencoba menemukan sendiri cara kerjanya
Anda baru saja memasuki museum ilmu pengetahuan,
apa yang anda lakukan pertama kali?
a)
melihat sekeliling dan menemukan peta yang menunjukkan lokasi berbagai benda
yang dipamerkan
b)
berbicara dengan penjaga museum dan bertanya kepadanya tentang benda-benda
yang dipamerkan
c)
melihat pada benda pertama yang kelihatan menarik, dan baru kemudian membaca
petunjuk lokasi benda-benda lainnya
Jenis restoran apa yang tidak anda sukai?
a)
restoran yang lampunya terlalu terang
b)
restoran yang musiknya terlalu keras
c)
restoran yang kursinya tidak nyaman
Apakah anda lebih suka mengikuti
a)
kelas melukis
b)
kelas music
c)
kelas olah raga
Apa yang kira-kira anda lakukan pada waktu
anda merasa senang?
a)
meringis (tersenyum)
b)
berteriak dengan senang
c)
melompat dengan senang
Seandainya anda berada pada suatu pesta,
apa yang kira-kira akan paling anda ingat pada keesokan harinya?
a)
muka orang-orang dalam pesta, tetapi bukan namanya
b)
nama orang-orang dalam pesta, tetapi bukan mukanya
c)
sesuatu yang anda lakukan dan katakan selama dalam pesta
Pada waktu anda bercerita, apakah anda
memilih untuk
a)
menulisnya
b)
menceritakannya dengan suara keras
c)
memerankannya
Apa yang paling mengganggu bagi anda pada
waktu anda mencoba untuk berkonsentrasi?
a)
gangguan visual
b)
suara gaduh
c)
gangguan lainnya seperti rasa lapar, sepatu yang sempit, atau rasa khawatir
Apa yang kira-kira anda lakukan pada waktu
anda marah?
a)
cemberut atau memperlihatkan muka marah
b)
berteriak atau “mengamuk”
c)
menghentakkan kaki dengan keras dan membanting pintu
Apa yang kira-kira akan anda lakukan pada
waktu berdiri menunggu antrian di gedung bioskop?
a)
melihat-lihat pada poster iklan film lainnya
b)
berbicara dengan orang di sebelah anda
c)
mengetukkan kaki atau berjalan ke arah lain
|
Apabila skor (b) yang menonjol ini berarti gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar ‘auditory’. Hal ini berarti siswa cenderung belajar dengan cara mendengar sesuatu. siswa menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat atau berdiskusi. Untuk mempermudah siswa memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:membaca pelajaran dengan cara baca yang dramatis, seperti pujangga membaca puisi misalnya, atau seperti skenario, bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap. Merangkum pelajaran untuk diucapkan dengan lantang, atau bahkan merekamnya dalam kaset, diselingi plesetan atau hal lain,dan memutarnya dengan walkman sepanjang perjalanan kita ke sekolah.