Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 (V) SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka). Buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini, secara umum dimaksudkan untuk memfasilitasi para guru khususnya di kelas 5 SD dalam memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu memahami materi yang dipelajari di sekolah, dapat diterapkan ke masyarakat dan lingkungan sekitarnya serta dapat djadikan sebagai sumber belajar.
Penyusunan Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5
SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak
(Kurikulum Merdeka) ini juga ditujukan untuk mendorong dan memastikan guru
dan peserta didik agar mampu: 1)
Memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
Hal ini ditunjukkan
melalui sikap mencintai
sesama manusia dan lingkungannya serta menghargai kebinekaan
untuk mewujudkan keadilan sosial. 2)
Memahami makna dan nilai-nilai Pancasila,
serta proses perumusannya
sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi negara melalui
kajian secara kritis terhadap nilai dan kearifan luhur bangsa Indonesia sebagai
pedoman dan perspektif dalam berinteraksi dengan masyarakat global, serta
mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari, baik
di sekolah, rumah, masyarakat sekitar, dan dalam konteks
yang lebih luas. 3) Menganalisis secara
kritis konstitusi dan norma yang berlaku, serta menyelaraskan hak dan
kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di
tengah-tengah masyarakat global. 4)
Memahami jati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang
berbineka, serta mampu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin
dan SARA, serta memiliki sikap toleransi, penghargaan dan cinta damai sebagai
bagian dari jati diri bangsa yang perlu dilestarikan. 5) Menganalisis secara cerdas karakteristik
bangsa Indonesia, sejarah kemerdekaan Indonesia, dan kearifan lokal masyarakat
sekitar, dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitarnya dan
mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta berperan aktif dalam kancah global. 6) Membentuk persepsi, asumsi dan membangun
sikap positif terhadap mata pelajaran PPKn khususnya di kelas 5 SD sesuai
dengan ide, regulasi, karakteristik sosio-psiko-pedagogis (sosiologis,
psokologis dan pedagogis),
kedudukan dan fungsinya dalam
konteks sistem pendidikan nasional. 7)
Memberikan pemahaman yang utuh dan menyeluruh tentang karakteristik PPKn
sebagai landasan membangun pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku
profesional guru PPKn khususnya pada jenjang kelas 5 SD. 8) Memfasilitasi tumbuhnya
kesadaran kolektif dan komunitas (semangat de corps) para guru PPKn SD untuk
menciptakan pembelajaran PPKn khususnya di jenjang kelas 5 SD dan pengembangan
budaya kewarganegaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan
sosial-kultural siswa. 9) Mengembangkan diri sebagai guru PPKn yang profesional
dan dinamis dalam menyikapi dan
memecahkan masalah-masalah praktis,
kekinian, terkait visi
dan misi PPKn di lingkungan satuan pendidikan.
Tujuan secara khusus Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5
(V) SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak
(Kurikulum Merdeka) ini sebagai berikut:
1. Memberikan pemahaman guru PPKn tentang
karakteristik PPKn, capaian alur pembelajaran PPKn tiap tahun, strategi
pembelajaran PPKn dan deskripsi PPKn;
2. Meningkatkan kemampuan guru PPKn dalam: a) beradaptasi dengan tuntutan PPKn; b) melaksanakan sistem pembelajaran dan
penilaian PPKn secara tepat; c)
mengoptimalkan pemanfaatan media dan sumber belajar PPKn; d) memelihara dan meningkatkan profesionalitas
sebagai guru PPKn; e) membangun
manajemen yang mendukung sistem pembelajaran dan penilaian PPKn secara tepat.
3. Menjadi acuan guru PPKn dalam: a) merancang pembelajaran dari capaian
pembelajaran, bahan ajar, media, pendekatan, strategi, metode, model
pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang
digunakan secara lebih inovatif, kreatif, efektif, eisien dan menyenangkan sesuai situasi, kondisi, kebutuhan, kapasitas,
karakteristik dan sosial budaya daerah,
sekolah atau satuan pendidikan dan peserta didik; b) mengembangkan dan memanfaatkan sumber belajar
yang lebih kreatif, inovatif, efektif, eisien,
dan kontekstual sesuai
dengan kebutuhan dan
karakteristik peserta didik serta
kondisi sosial budaya daerah; c)
merancang dan melaksanakan penilaian kompetensi peserta didik (aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh, sistematis dan berkesinambungan
sesuai dengan prinsip penilaian yang sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka
dan menyeluruh.
Arah pembelajaran Kurikulum
Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) adalah pembentuk Proil Pelajar Pancasila.
Proil Pelajar Pancasila
merupakan visi mengenai
karakter dan kemampuan
pelajar Indonesia. Proil Pelajar Pancasila dirancang dalam kurikulum
berdasarkan konstitusi terkait tujuan, peran, dan fungsi pendidikan nasional.
Undang-Undang Dasar NKRI 1945, Pancasila, standar lulusan, serta amanat para
tokoh pendidikan Indonesia menjadi rujukan utama dalam merumuskan Proil Pelajar
Pancasila.
Proil Pelajar Pancasila
memiliki enam elemen atau karakter utama, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong
royong, bernalar kritis,
dan kreatif.
Selengkapnya silahkan baca Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5
(V) SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak
(Kurikulum Merdeka) melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini
Link download Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5
SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak
(Kurikulum Merdeka) ---DISINI---
Demikian informasi tentang Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5
SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak
(Kurikulum Merdeka). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.