Post Popular

BUKU GURU PENDIDIKAN PANCASILA PPKn KELAS 5 KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK (KURIKULUM MERDEKA)

Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 (V) SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka)


Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 (V) SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka). Buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)  ini, secara umum dimaksudkan untuk memfasilitasi para guru khususnya di kelas 5 SD dalam memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu memahami materi yang dipelajari di sekolah, dapat diterapkan ke masyarakat dan lingkungan sekitarnya serta dapat djadikan sebagai sumber belajar.

 

Penyusunan Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ini juga ditujukan untuk mendorong dan memastikan guru dan peserta didik agar mampu: 1)  Memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang  Maha  Esa.  Hal  ini  ditunjukkan  melalui  sikap  mencintai  sesama  manusia  dan lingkungannya serta menghargai kebinekaan untuk mewujudkan keadilan sosial. 2)  Memahami  makna  dan  nilai-nilai  Pancasila,  serta  proses  perumusannya  sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi negara melalui kajian secara kritis terhadap nilai dan kearifan luhur bangsa Indonesia sebagai pedoman dan perspektif dalam berinteraksi dengan masyarakat global, serta mempraktikkan nilai-nilai  Pancasila  dalam  kehidupan  sehari-hari,  baik  di  sekolah,  rumah, masyarakat sekitar, dan dalam konteks yang lebih luas. 3)  Menganalisis secara kritis konstitusi dan norma yang berlaku, serta menyelaraskan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di tengah-tengah masyarakat global. 4)  Memahami jati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berbineka, serta mampu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin dan SARA, serta memiliki sikap toleransi, penghargaan dan cinta damai sebagai bagian dari jati diri bangsa yang perlu dilestarikan. 5)  Menganalisis secara cerdas karakteristik bangsa Indonesia, sejarah kemerdekaan Indonesia, dan kearifan lokal masyarakat sekitar, dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitarnya dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta berperan aktif dalam kancah global. 6)  Membentuk persepsi, asumsi dan membangun sikap positif terhadap mata pelajaran PPKn khususnya di kelas 5 SD sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik sosio-psiko-pedagogis  (sosiologis,  psokologis  dan  pedagogis),  kedudukan  dan fungsinya dalam konteks sistem pendidikan nasional. 7)  Memberikan pemahaman yang utuh dan menyeluruh tentang karakteristik PPKn sebagai landasan membangun pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku profesional guru PPKn khususnya pada jenjang kelas 5 SD. 8) Memfasilitasi tumbuhnya kesadaran kolektif dan komunitas (semangat de corps) para guru PPKn SD untuk menciptakan pembelajaran PPKn khususnya di jenjang kelas 5 SD dan pengembangan budaya kewarganegaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial-kultural siswa. 9) Mengembangkan diri sebagai guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam  menyikapi  dan  memecahkan  masalah-masalah  praktis,  kekinian,  terkait  visi  dan misi PPKn di lingkungan satuan pendidikan.

 

Tujuan secara khusus Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 (V) SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ini sebagai berikut:

1.  Memberikan pemahaman guru PPKn tentang karakteristik PPKn, capaian alur pembelajaran PPKn tiap tahun, strategi pembelajaran PPKn dan deskripsi PPKn;

2.  Meningkatkan kemampuan guru PPKn dalam: a)  beradaptasi dengan tuntutan PPKn; b)  melaksanakan sistem pembelajaran dan penilaian PPKn secara tepat; c)  mengoptimalkan pemanfaatan media dan sumber belajar PPKn; d)  memelihara dan meningkatkan profesionalitas sebagai guru PPKn; e)  membangun manajemen yang mendukung sistem pembelajaran dan penilaian PPKn secara tepat.

3.  Menjadi acuan guru PPKn dalam: a)  merancang pembelajaran dari capaian pembelajaran, bahan ajar, media, pendekatan, strategi, metode, model pembelajaran, kegiatan pembelajaran  yang digunakan secara lebih inovatif, kreatif, efektif, eisien dan menyenangkan  sesuai situasi, kondisi, kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya  daerah, sekolah atau satuan pendidikan dan peserta didik; b)  mengembangkan dan memanfaatkan sumber belajar yang lebih kreatif, inovatif,  efektif,  eisien,  dan  kontekstual  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  karakteristik  peserta didik serta kondisi sosial budaya daerah; c)  merancang dan melaksanakan penilaian kompetensi peserta didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh, sistematis dan berkesinambungan sesuai dengan prinsip penilaian yang sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka dan menyeluruh.

 

Arah pembelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) adalah pembentuk Proil Pelajar Pancasila. Proil  Pelajar  Pancasila  merupakan  visi  mengenai  karakter  dan  kemampuan  pelajar Indonesia. Proil Pelajar Pancasila dirancang dalam kurikulum berdasarkan konstitusi terkait tujuan, peran, dan fungsi pendidikan nasional. Undang-Undang Dasar NKRI 1945, Pancasila, standar lulusan, serta amanat para tokoh pendidikan Indonesia menjadi rujukan utama dalam merumuskan Proil Pelajar Pancasila.

 

Proil Pelajar Pancasila memiliki enam elemen atau karakter utama, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri,  bergotong  royong,  bernalar  kritis,  dan  kreatif. 

Selengkapnya silahkan baca Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 (V) SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini

 



Link download Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ---DISINI---

 

Demikian informasi tentang Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 5 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



Tidak ada komentar

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Diberdayakan oleh Blogger.