MODUL P5 FASE D SUARA DEMOKRASI TOPIK: MARI BERDEMOKRASI DENGAN SANTUN DAN BERKUALITAS UNTUK SMP MTS

Contoh Modul P5 Fase D Tema Suara Demokrasi Topik: Mari Berdemokrasi Dengan Santun Dan  Berkualitas untuk SMP MTs


Contoh Modul P5 Fase D Tema Suara Demokrasi Topik: Mari Berdemokrasi Dengan Santun Dan  Berkualitas untuk SMP MTs  ini diawali terkait topic yakni bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan kita dapat menyuarakan pendapat dengan menggunakan ragam platform yang berbeda.Teknologi internet memudahkan kita untuk berkomunikasi atau bersuara melalui jejaring sosial atau media sosial. Penggunaan media jejaring ini dapat menghemat waktu dan biaya dalam banyak hal. Kita diberi kebebasan dalam penggunaannya, namun kebebasan ini bukan berarti tidak memiliki etika atau batasan-batasan penggunaannya, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Sebaiknya kita dapat mengenali bagaimana etika yang perlu diperhatikan dalam penggunaan jejaring sosial. Agar setiap pengguna jejaring sosial merasakan kenyamanan dalam penggunaannya dan terhindar dari kejahatan. Banyak permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat kita karena kurangnya kesadaran beretika dalam menggunakan jejaring sosial.


RelevansiTopik Modul P5 Fase D Tema Suara Demokrasi Topik: Mari Berdemokrasi Dengan Santun Dan  Berkualitas untuk SMP MTs dengan sekolah atau madarsah adalah sebagai berikut  bahwa berdasakan survei Digital Civility Index (DCI) untuk mengukur tingkat kesopanan digital global, Indonesia menduduki peringkat paling bawah di kawasan Asia Tenggara. Dari total 32 negara yang disurvei pun Indonesia menduduki peringkat bawah yakni urutan ke-29. Ada 32 negara dan 16.000 responden yang terlibat di penelitian ini. Di Indonesia sendiri, ada 503 responden yang diberikan beberapa pertanyaan tentang adab berkomunikasi secara digital. Artinya tingkat kesopanan warganet di Indonesia tergolong rendah.


Rendahnya peringkat Indonesia ini menunjukkan masih rendahnya pemahaman masyarakat akan keberadaan dunia maya dan nyata sebagai  dua hal yang berbeda. Kebanyakan orang Indonesia merasa sungkan jika bertatap muka secara langsung. Termasuk sungkan ketika ingin menyampaikan perbedaan pendapat, ketidaksukaan, dan takut menyinggung lawan bicara. Itu sebabnya ketika bertatap muka, orang cenderung memilih diam. 

 

Namun, di media sosial, jika ada sesuatu yang memunculkan rasa ketidaksetujuan atau ketidaksukaan, mereka lebih bebas menyampaikan perasaaan yang mungkin saja tidak bisa tersampaikan ketika tatap muka. Sebab, mereka hanya berhadapan dengan ponsel dan akun yang tidak memiliki ekspresi. Belum ada kesadaran, bahwa ada manusia di balik akun tersebut, yang bisa saja tersinggung atau tersakiti ketika membaca atau melihat kiriman berisi ujaran kebencian. 

 

Hal ini bisa dihindari jika pengguna media sosial bisa menyampaikan argument dengan menggunakan logika, bukan menyerang dengan banyak kata makian. Sekolah adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan dengan tujuan mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar dan pemahaman. Salah satunya adalah mengajarkan cara yang santun dan beretika dalam mengeluarkan pendapat, terutama bagi remaja yang masih berusia 13-15 tahun.

 

Dalam Modul P5 Fase D Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Topik Mengatasi Trend Bullying Dikalangan Remaja, untuk SMP MTs ini, dinyatakan bahwa Tujuan Projek adalah mencari solusi efektif  mengkampanyekan penggunaan media sosial yang sehat,berorientasi pada membangun semangat demokrasi yang bermartabat,santun dan berkualitas dengan mengindahkan norma sosial dan norma hukum yang berlaku.

 

Selengkapnya berikut ini Salinan Naskah Modul P5 Fase D Tema Suara Demokrasi Topik: Mari Berdemokrasi Dengan Santun Dan  Berkualitas untuk SMP MTs

 



Link download

 

Baca Juga!!!

Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Tema Kearifan Lokal – Tradisi yang Ditinggalkan untuk jenjang SMP MTs atau Fase: D (DISINI)

Contoh Modul P5: Tema Berekayasa Dan Berteknologi Untuk Membangun Jenjang SMP MTS Fase D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Bhinneka Tunggal Ika Untuk Jenjang SMP MTS Fase D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Kewirausahaan Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Bangunlah Jiwa dan Raga Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Demikian informasi tentang Modul P5 Fase D Tema Suara Demokrasi Topik: Mari Berdemokrasi Dengan Santun Dan  Berkualitas untuk SMP MTs. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter