Contoh Modul P5 Fase D Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan Topik: Penghijauan Lingkungan Sekolah untuk SMP MTs. Relevansi modul ini adalah bahwa Gaya Hidup Berkelanjutan berkaitan dengan aktivitas manusia dan pengaruh gaya kita hidup terhadap masa depan bumi. Setelah peserta didik melihat isu/permasalahan dalam Gaya Hidup Berkelanjutan global, mereka bisa mulai mengambil aksi yang membantu keberlanjutan (sustainability) hidup di bumi. Sekolah sebagai komunitas dapat membangun kesadaran dari seluruh anggota komunitasnya mengenai kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan bagaimana aksi nyata untuk menjaga serta melestarikan lingkungan. Aksi nyata yang dilakukan dalam komunitas sehari-harinya tersebut, diharapkan peserta didik dapat berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan pada kehidupan berkelanjutan di bumi.
Disebutkan dalam Modul P5 Fase D Tema: Gaya Hidup
Berkelanjutan Topik: Penghijauan Lingkungan Sekolah untuk SMP MTs. Bahwa Tujuan,
Alur dan Target Pencapaian Projek ini adalah: a) Gaya Hidup Berkelanjutan adalah
sebuah tantangan global yang mempengaruhi semua orang, dan di seluruh bagian
dunia. Dengan mengacu kepada salah satu tujuan dalam rencana aksi global
mengenai Gaya Hidup Berkelanjutan, dan kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila,
projek “Penghijauan Lingkungan Sekolah” bertujuan untuk membentuk murid memiliki
kesadaran bahwa mereka adalah bagian dari warga dunia (global citizen) yang
dapat berkontribusi untuk menjaga kelestarian tanaman dan melakukan aksi
menjalani gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan; b) Projek ini dimulai
dengan tahap pengenalan, murid mengenali dan memahami konsepdari jenis-jenis
tanaman, fungsi tanaman dan keadaan lingkungan dunia saat ini. Setelah tahap pengenalan,
murid masuk dalam tahap kontekstualisasi dengan
melakukan riset terpadu dan
mandiri, serta melihat konteks lingkungan sekitar yang berkaitan dengan tanaman
di lingkungan sekitar. Selama proses projek ini berjalan, murid tidak hanya
membentuk pengetahuan, namun juga membangun kesadaran dan melakukan penyelidikan
secara kritis sehingga pada akhirnya dapat merencanakan solusi aksi dari
situasi yang telah mereka ketahui dan pahami. Di tahap ini, murid menuangkan aksi
nyata mereka dengan melakukan penanaman berbagai jenistanaman di lingkungan
sekolah dan membuat penamaan ilmiah pada tanaman; c) Melalui projek ini, siswa
diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tigadimensi Profil Pelajar
Pancasila, yakni Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, danBerakhlak Mulia dan
Bernalar Kritis beserta sub-elemen terkait yang dijabarkansecara detail di
halaman
Hal Yang Perlu Diperhatikan
Sebelum Memulai Projek Tema: Gaya Hidup
Berkelanjutan Topik: Penghijauan Lingkungan Sekolah untuk SMP MTs Fase D adalah
1) Dukungan serta komitmen dari seluruh komunitas sekolah untuk menjalankan
solusi aksi yang disepakati. Hal ini agar memastikan bahwa nilai pembelajaran
akan secara konsisten didapatkan tidak hanya bagi murid namun bagi seluruh
warga sekolah.; 2) Kesiapan dari divisi sarpras, apabila diperlukan untuk
pengadaan hal-hal terkait dengan solusi aksi yang disepakati bersama. Misalnya;
apakah ada lahan, sarana dan sumber dari sekolah untuk pengadaan menanam
berbagai jenis tanaman yang dapat dikonsumsi oleh komunitas sekolah? 3) Apakah
program ini dapat dilakukan secara berkelanjutan bahkan sesudah program ini terlaksana?
Misalnya, apakah sekolah akan menyediakan waktu secara rutin untuk mengontrol
siswa memelihara tanaman yang telah ditanam?
Berikut ini salinan Contoh Modul P5 Fase D Tema: Gaya Hidup
Berkelanjutan Topik: Penghijauan Lingkungan Sekolah untuk SMP MTs, yang
dapat didownload melalui link yang tersedia.
Link download Contoh Modul P5 Fase D Tema: Gaya Hidup
Berkelanjutan DISINI
Baca Juga!!!
Demikian informasi tentang
Link download Contoh Modul P5 Fase D
Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan Topik: Penghijauan Lingkungan Sekolah untuk SMP
MTs. Semoga ada manfaatnya