MODUL P5 FASE D BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA TOPIK MENGATASI TREND BULLYING DIKALANGAN REMAJA

Modul P5 Fase D Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Topik Mengatasi Trend Bullying Dikalangan Remaja, untuk SMP MTs


Modul P5 Fase D Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Topik Mengatasi Trend Bullying Dikalangan Remaja, untuk SMP MTs ini diawali terkait topic yakni bahwa Masa usia SMP adalah usia yang sangat rentan bagi peserta didik. Terutama pada peserta didik di fase D, dengan tingkat pertumbuhan fisik dan psikis yang  berbeda-beda.  Pengaruh  teman  sejawat    dan  lingkungan  yang cenderung  membentuk  peserta  didik  berkelompok-kelompok  yang mempunyai pandangan yang sama atau dengan kata lain "gank."

 

Kelompok-kelompok inilah yang salah  satunya menjadi cikal bakal terjadinya bullying di sekolah, karena ada kelompok yang merasa kuat dan kelompok yang  lemah.  Selain  itu  seiring  dengan  pesatnya  Tekhnologi  Informasi  dan Komunikasi,  peserta  didik  kita  saat  ini  masuk  sebagai  Generasi  Z  yang menerima arus informasi secara cepat melalui media sosial yang juga marak dengan adanya cyber bullying.

 

Sebagai  pendidik  harus  tanggap  dengan  fenomena  terjadinya  bullying  di lingkungan sekolah dan memikirkan suatu kegiatan yang dapat mencegah terjadinya  bullying.  Kegiatan  yang  paling  sesuai  adalah  Projek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang mengambil topik "Trend Bullying di Kalangan Remaja."

 

Deskripsi Modul P5 Fase D Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Topik Mengatasi Trend Bullying Dikalangan Remaja adalah sebagai berikut Modul  projek  ini  mengambil  topik  “Trend Bullying di Kalangan Remaja”. Tujuan projek ini  adalah  menguatkan  peserta  didik  dalam menghadapi  perundungan  (bullying) terutama  di  lingkungan  sekitarnya.  Jika dikaitkan dengan tema “Bangunlah Jiwa dan raganya”  dalam  hal  ini  peserta  didik  akan diberikan  pengalaman  dalam  melakukan penelitian  dan  mendiskusikan  masalah-masalah  terkait  perundungan  (bullying), serta  berupaya  mencari  jalan  keluarnya dengan  menggunakan  modul  projek  ini dengan  menyesuaikan  atau  mengadaptasi tahapan aktivitas yang dilakukan.

 

Terdapat    4  tahapan  dengan  total  durasi waktu  kurang  lebih  82  JP.  Dalam beraktivitas, penguatan berfokus pada Profil Pelajar  Pancasila  pada  dimensi  Bernalar Kritis, Kreatif, dan gotong royong. Selain itu juga  membekali  peserta  didik  dengan pengetahuan,  keterampilan,  dan  etika. Pendidik  dan  sekolah  bebas  menyesuaikan konten, jumlah aktivitas, dan alokasi waktu sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah.

 

Dalam Modul P5 Fase D Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Topik Mengatasi Trend Bullying Dikalangan Remaja, untuk SMP MTs ini, dinyatakan bahwa Tujuan Projek adalah 1) Peserta  didik  diharapkan  mampu  mengidentifikasi  permasalahan  bullying, mencari solusi mengatasi bullying, dan menumbuhkan empati terhadap korban bullying yang terjadi di lingkungannya; 2) Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan bernalar kritis, kreatif, dangotong royong sesuai dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

 

Selengkapnya berikut ini Naskah Modul P5 Fase D (SMP MTs) Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Topik Mengatasi Trend Bullying Dikalangan Remaja

 



Link download

 

Baca Juga!!!

Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Tema Kearifan Lokal – Tradisi yang Ditinggalkan untuk jenjang SMP MTs atau Fase: D (DISINI)

Contoh Modul P5: Tema Berekayasa Dan Berteknologi Untuk Membangun Jenjang SMP MTS Fase D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Bhinneka Tunggal Ika Untuk Jenjang SMP MTS Fase D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Kewirausahaan Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Suara Demokrasi Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Contoh Modul P5: Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Demikian informasi tentang Modul P5 Fase D Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Topik Mengatasi Trend Bullying Dikalangan Remaja. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


= Baca Juga =


No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter