LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US) BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2024


Latihan Ujian Sekolah (US ASSP ASAJ) SMP Tahun 2024
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Berikut Contoh Soal Latihan Ujian Sekolah (US ASSP ASAJ) Bahasa Indonesia SMP tahun Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2022/2024. Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari soal Ujian Sekolah (US ASSP ASAJ) Bahasa Indonesia SMP ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Perhatikan paragraf berikut!
Kerusakan alam di muka bumi semakin sulit ditahan. Lapisan ozon di Kutub Utara dan Selatan semakin menganga akibat produksi emisi dari kegiatan industri. Disadari atau tidak, kita sudah merasakan akibat dari kerusakan alam tersebut. Kita mengalami hujan hampir sepanjang tahun. Banjir, tanah longsor, dan gagal panen pun terjadi di seluruh pelosok negeri secara silih berganti. Kerusakan lapisan ozon juga berpengaruh terhadap perubahan iklim dan siklus cuaca yang sangat ekstrem

Gagasan utama paragraf  tersebut adalah ….
A. masalah kerusakan lapisan ozon di Kutub Utara
B. akibat yang ditimbulkan dari kerusakan lapisan ozon
C. bencana banjir merupakan akibat dari rusaknya lapisan ozon
D. gagal panen terjadi karena pengaruh cuaca ekstrem


2. Perhatikan paragraf berikut
(1) Semua orangtua tentu berharap agar kelak anaknya menjadi orang sukses. (2) Indikator dari kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. (3) Oleh sebab itu, banyak orangtua memilih pendidikan yang tepat agar anaknya dapat bersaing di dunia kerja. (4) Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja pada masa depan semakin terbuka luas. 
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan  nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


3. Perhatikan kedua teks berikut! 

Teks 1
Ada seekor harimau tinggal  di  hutan.  Di hutan  itu,  tidak  ada hewan  lain  selain harimau  dan  seekor serigala.  Di  sebelah hutan  ini  terdapat satu  perkampungan kecil.  Suatu waktu,  ia pergi  ke  dekat kampung  untuk mencari makan.

Harimau  itu  terus menerus  melakukan itu  hari  demi  hari. Tiap  hari  ia memangsa  hewan-hewan  ternak  milik penduduk  desa.Penduduk  desa berusaha  memburu harimau  ini,  namun mereka selalu gagal.

Teks 2
Burung-burung  hering mendongakkan kepala dan  tepat  di  depan mata  telah  berdiri seekor  badak.  Ia memasang  wajah  yang seram  dan menakutkan. Cula  tajam  di  atas kepalanya  sangat menyeramkan. Burung-burung  itupun ketakutan  sehingga mereka  menjauhi badak.

Burung-burung hering  terkejut  saat melihat  beberapa burung  kecil   hinggap  di punggung  badak.  Salah satu  burung  hering memberanikan  diri bertanya.


Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah …
A. Teks 1 : terdapat kata tidak baku
        Teks 2 : tidak terdapat kata tidak baku 
B.  Teks 1 : terdapat kalimat pertentangan
        Teks 2 : terdapat kalimat sebab-akibat
C. Teks 1 : menggunakan ungkapan klasik
        Teks 2 : menggunakan ungkapan sahari-hari
D. Teks 1 : menggunakan kata bermakna kias
        Teks 2 : menggunakan kata bermakna lugas


4. Bacalah kalimat berikut!
Pakar transportasi [...] bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.


Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah
A. menunjukkan
B. menanyakan
C. menyarankan 
D. meningkatkan 


Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 5 dan 6!


Gesang dan Bengawan Solo, itulah legenda. Tetapi, Gesang yang usianya 87 tahun, juga tak kalah mengesankan. Komponis kelahiran 1 Oktober 1917 ini semula bernama Sutadi, karena sakit-sakitan diubah namanya menjadi Gesang Martohartono dengan maksud terus hidup (gesang dalam bahasa Jawa). Ternyata tidak hanya terus hidup, tetapi terus berprestasi. Pada usia yang masih belia, yaitu 17 tahun, ia sudah mampu mencipta lagu. Di sisi lain, meskipun nama dan kariernya melejit, ia tetap mimilih pola hidup sederhana.

5. Keistimewaan tokoh Gesang sesuai kutipan paragraf di atas adalah ...
A. Usia Gesang melebihi 87 tahun.
B. Gesang dan Bengawan Solo merupakan legenda.
C. Prestasi Gesang berubah setelah berganti nama.
D. Pada usia 17 tahun, Gesang sudah mampu mencipta lagu.

6. Hal positif yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh berdasarkan teks di atas adalah …
A. Umur 87 tahun, Gesang justru mengesankan.
B. Karena sakit-sakitan, ia berganti nama.
C. Ia memilih pola hidup sederhana.
D. Lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang sangat melegenda.


Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 7 dan 8!

(1) Fenomena  bus tololet tengah  menjadi  isu hangat  yang  mendunia. (2) Rupanya,  hal  itu menarik  perhatian  semua  kalangan. (3)Bahkan Menteri  Perhubungan,  Karya  Sumadi  berencana menggelar  kompetensi  bunyi  klakson  tololet. (4) Lomba  ini  akan  dikreasikan  dengan  musik lainnya  bagi  bus-bus  atau  truk-truk  pengangkut barang.

(1) Fenomena  ini  merupakan  bagian  dari kreativitas  masyarakat. (2) Ini  bisa  menjadi  daya tarik  agar  masyarakat  menyenangi  kembali  bus angkutan  umum. (3) Pemerintah  tidak  melarang terkait  dengan  tololet. (4) Namun,  pemerintah mengimbau  agar hal  itu  dilakukan  secara aman.


7. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah … 
A. tidak ada pelarangan tololet 
B. tololet proses kreatif masyarakat 
C. imbauan pemerintah atas tololet 
D. bus angkutan umum digemari masyarakat 

8. Kalimat utama paragraf pertama ditandai nomor …
A. (1)  
B. (2) 
C. (3) 
D. (4)


9. Bacalah teks berikut!
[...] digital di depan ruang dingin vaksin menunjukkan angka 3 derajat celcius. Angka tersebut tergolong normal bagi ratusan ribu vaksin di dalamnya. Vaksin-vaksin tergolong sensitive beku sehingga suhu di dalam cold room harus stabil antara 3—8 derajat celcius.

Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah
A. inkubator
B. proyektor
C. stetoskop
D. termometer


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal Ujian Sekolah (US ASSP ASAJ) Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2022/2024. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

10. Perhatikan kutipan teks berikut!
Demam berdarah dengu banyak berjangkit di daerah tropis dan subtropis di seluruh belahan dunia. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan di Asia yang sangat tinggi terutama di Asia Timur dan Selatan. Jumlah penderitanya tiap tahun meningkat, hampir 95% menyerang anak di bawah usia 15 tahun.

Simpulan bacaan tersebut adalah …
A. Demam berdarah dengu banyak menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun.
B. Demam berdarah dengu banyak menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun di Asia Timur dan Selatan saja.
C. Demam berdarah dengu banyak menyerang anak-anak rata-rata berusia 15 tahun di daerah tropis dan subtropics.  
D. Demam berdarah dengu banyak menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun di  daerah tropis dan subtropis.



Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 11 dan 12!


11. Pernyataan yang berupa keunggulan pada teks tersebut ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12. Rumusan simpulan pada teks tersebut adalah…
A. Satu-satunya kritik terhadap buku adalah pada label.
B.  Buku ini cocok untuk memotivasi orang yang ingin menjadi penulis.
C.  Berkat ketekunannya jejak perjuangan penulis ini menjadi sukses.
D. Semua pengalaman N. Mursidi ditulis dalam buku Tidur Berbantal Koran.

13. Bacalah teks berikut dengan saksama !

Bu Ratna pun menghukum kami. Jami disuruh membuat karangan dengan tema "Dampak Buruk Menyontek". Kami juga mengerjakan soal ulangan yang lain lagi untuk mengganti yang Sebelumnya. Selesai ulangan penggantian Aku merenung, Aku menyadari kesalahanku. Ternyata, membantu seseorang haruslah dengan Cara yang benar. Tidak asal membantu. Alih alih membantu,yang Ada Malah kena hukuman. 

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian … .

A. Peleraian.  
B. Perumitan.
C. Pengenalan.
D. Penyelesaian.


14. Bacalah teks berikut dengan saksama!
“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung.

Makna simbol petir di siang bolong pada kutipan cerpen tersebut adalah.... 
A. merasa sedih 
B. merasa bingung  
C. sangat terkejut
D. merasa heran


Tips Sukses dalam menghadapi Ujian. Setidaknya ada dua hal yang perlu dilakukan sebelum menghadapi Ujian (baik Ujian Sekolah, Ujian Akhir Semester atau lainnya), yakni banyak belajar dan berlatih soal serta jangan lupa berdoa dan minta doa restu orang tua. Agar lulus ujian kamu harus banyak belajar dan berlatih. Ada pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati usaha memang benar adanya. Belajar dan berlatih soal akan memudahkan kalian dalam menjawab soal Ujian. Semakin banyak kalian belajar dan berlatih mengerjakan soal, semakin tahu dan paham kalian dengan banyaknya model soal.



Hal lain yang perlu dilakukan agar lulus ujian adalah berdoa kepada Yang Maha Kuasa dan minta doa restu orang tua. Salah satu doa yang paling mudah dikabulkan adalah doa orang tua. Ketika kalian sudah mengupayakan dan belajar dengan maksimal, jangan lupa untuk meminta doa dan restu orang tua. Hal ini bisa menjadi motivasi dan semangat bagi kalian dalam menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Akhir semester dan lainnya. Selain itu, kalian juga harus berdoa untuk keberhasilan kalian sendiri. Serahkan semua kepada-Nya, ingat kalian sudah melakukan yang terbaik dan belajar dengan sungguh-sungguh. Karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Maka dengan begitu kalian harus optimis bisa lulus Ujian Sekolah, Ujian Akhir semester dan lainnya. Semangat!


15. Petunjuk Membuat Roti Manis 

(1) Larutkan gula dan garam dalam air!
(2) Masukkan susu bubuk dalam tepung yang sudah disediakan!
(3) Campurkan semuanya beserta ragi pengembang dalam air!
(4) [....]
(5) Masukkan margarine dan kocoklah sampai adonan mengembang!

 Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A. Oleskan margarine pada tempat secara keseluruhan!
B. Tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata!
C. Cairkan sedikit margarine dan masukkan dalam adonan!
D. Satukan adonan pertama sampai ketiga!


16. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Petunjuk Menanam Pohon Pisang
(1)  Lubang diamkan selama 2 hari.
(2)  Siapkan lubang ukuran 1x1x1/2 meter.
(3)  Timbunlah pohon pisang dengan tanah lalu disiram.
(4)  Setelah itu masukkan bibit pohon pisang ke dalam lubang.
(5) Lubang yang sudah siap, isilah dengan pupuk kompos

Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ....
A. (2), (4), (5), (1), (3)
B. (2), (5), (1), (4), (3)  
C. (5), (1), (4), (3), (2)
D. (5), (3), (4), (1), (2)

17. Bacalah pantun berikut!


Pohon salak banyak berduri
Anjing berkais di tepi gua
Kawan gelak mudah dicari
[....]

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Teman menangis jarang bersua
B. Dari mana puisi melayang
C. Dagang berurai air mata 
D. Mandi berurai bunga melati 

Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 20!



18.Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf pertama adalah
A. Ada berapa jenis komponen lingkungan?
B. Apa saja manfaat lingkungan bagi manusia?
C. Bagaimana lingkungan mempengaruhi manusia?
D. Mengapa lingkungan terus mengalami kerusakan?

19. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua tersebut adalah
A. Lingkungan abiotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tidak hidup.
B. Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempunyai kehidupan manusia baik langsung atau tidak Iangsung.
C. Dampak terhadap lingkungan muncul karena manusia cenderung mengambil sumber daya alam dan lingkungan secara berlebihan.
D. Lingkungan sosial adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk hidup


20. Makna dampak dalam teks tersebut adalah
A. persoalan
B. pengaruh
C.  penyebab
D. permasalahan


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal Ujian Sekolah (US ASSP ASAJ) Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2022/2024Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

21. Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak lama menumpuk kembali.
[....]

[....]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah …
A. Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada jalinan kerja sama yang jelas.
B. Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu. Terima kasih. 
C. Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih. 
D. Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait agar peduli pada keluhan kami. Terima kasih

22. Bacalah bacaan berikut dengan saksama!


   Penangkapan ikan secara ilegal mengancam stok perikanan nasional. Jika hal itu dibiarkan, akan merugikan nelayan tradisional. Akibatnya, berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan.

     Pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan. Jika hal itu dapat dilaksanakan, kerugian negara 30 triliun dapat ditekan. Dengan demikian, pendapatan negara dapat dioptimalkan dan harga BBM bagi nelayan tidak perlu naik.

Rangkuman bacaan tersebut adalah …
A. Kerugian nelayan tradisional terjadi akibat penangkapan ilegal. Akibatnya berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan.
B. BBM tidak perlu dinaikkan. Itu sebabnya pemerintah mengoptimalkan sumber daya perikanan dan sarana prasarananya.
C. Penangkapan ikan ilegal dapat mengancam stok perikanan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan.
D. Kerugian nelayan tradisional berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan. Oleh karena itu, harga BBM tidak perlu naik.

23. Bacalah teks berikut!

(1) Gas bumi menjadi hal yang diidam-idamkan sebagian masyarakat. (2) Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga. (3) Tapi juga untuk kebutuhan angkutan atau transportasi umum. (4) Harga gas setiap bulan naik. (5) Untuk kebutuhan rumah tangga misalnya di restoran dan pusat perbelanjaan.


Teks tersebut akan padu dengan menghilangkan kalimat.
A. (2) 
B. (3)  
C. (4) 
D. (5)  

24.  Bacalah ilustrasi berikut!

Dalam rangka hari lingkungan hidup, Pramuka Gugus Depan SMP Madani mengadakan Persami. Pada saat pembukaan Persami, pembina upacara berpidato

Isi teks pidato yang tepat sesuai kegiatan tersebut adalah ...
A. Harapan kami, untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor kita bersama-sama dapat menjaga kelestarian hutan. Hutan menjadi tanggung jawab kita.
B. Di hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama dalam rangka Persami yang terselenggara berkat kerja sama Pramuka dengan kementrian lingkungan hidup.
C. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama mencegah penebangan hutan secara liar. Kita jaga lingkungan kita jangan sampai rusak. Kerusakan hutan akan merugikan bagi diri kita.
D. Tidak disangkal bahwa hutan melindungi hidup kita. Salah satu fungsi hutan adalah melindungi tanah dari bahaya longsor. Dengan pelestarian hutan, penyerapan oleh air berlangsung dengan sempurna, bencana banjir dapat dicegah.

25. Bacalah teks berikut!


Berangkat  dari hobi  melukis  sejak  kecil,  Madame Yulie  Nasution  Grillion  tak  hanya  menjadi  seorang pelukis,  juga  terjun  dalam  bisnis  seni.  Dia  bahkan mengajak  anaknya  untuk  berkolaborasi  seni  dan bisnis sekaligus. Yulie mengaku belajar melukis secara autodidak,  hanya  berkonsultasi  kepada  pelakukis-pelukis  terkenal.  Kecintaannya  pada  seni  lukis  lantas membuatnya  semakin  jeli  melihat  peluang  bisnis.
Termasuk mengajak anaknya berkolaborasi membuat lukisan di atas dinner set. Dia mengaku sampai tahun ini sudah menghasilkan empat macam karya bersama anaknya, Dara Setyohadi. (Koran Sindo, 12 Oktober 2015)

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah …
A. Belajar melukis sejak kecil.
B.  Sudah menghasilkan empat macam karya.
C. Mengajak anaknya untuk berseni dan berbisnis
D. Cermat dalam membaca peluang bisnis dari hobinya            

26. Perhatikan kalimat  berikut!


Ayahnya:  Mandor  Sarpan,  seorang  kusir  delman keluarga Residen Pekalongan, tetapi dia menjadi menantu Residen Pekalongan saat itu.

Penggunaan  tanda  baca  yang  tidak  tepat  pada kalimat tersebut adalah …
A. titik dua (:)
B. koma ( , ) setelah kata Sarpan
C. koma ( , ) setelah kata Pekalongan 
D. titik (.)

27. Perhatikan kalimat berikut!


Dia sudah memasukkan nama saudaranya sebagai peserta lomba baca puisi.

Makna kata memasukkan pada kalimat tersebut adalah
A. membicarakan
B. mengusulkan
C. membawakan
D. mendaftarkan

28. Perhatikan kalimat rumpang berikut!


Para pemain dan pelatih jangan […] keputusan wasit.

Kata  yang  tepat  untuk  melengkapi   teks  tersebut adalah …
A. mengolaborasi
B. mengintervensi
C. mengeksploitasi
D. mensinkronisasi


Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 29 dan 32!


Anjar  termenung  dekat  tungku. Lidah  api menjilati kakinya. Gairah  hidupnya  yang  gagah tegap,  kini  luruh  lunglai  seperti  klaras  daun pisang basah, susah payah tegak. 
“Sudah lah, An. Masih banyak jalan ke Roma. Coba nanti saya tanya Om Yansen. Beliau  dosen di sana,” kata Ricko.
Sore  itu  masuk  sebuah  sms  ke  ponsel Anjar. Isinya  memberitakan,  jika  Robert,  anaknya  yang kuliah  di  Surabaya  sudah  tidak   kuliah   lagi. Harapan  tergantung  kepada  Robert  musnah sudah.  Harapannya  Robert  meneruskan memimpin  perusahaannya.  Namun  dia  lebih tertarik  kepada  musik  yang  menurutnya  urakan dan berdekatan dengan obat-obatan terlarang.
“Kamu tenang saja, nanti biar Om Yansen yang  akan tak  suruh membujuk Robert,” lanjut Ricko



29. Makna simbol masih banyak jalan ke Roma pada teks tersebut adalah … 
A. untuk menyelesaikan dengan segala cara 
B. banyak cara untuk menyelesaikan persoalan 
C. banyak alat yang digunakan untuk mengerjakan masalah  
D. menuju ke tempat tertentu banyak jalan yang digunakan

30. Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
A. selalau mengikuti nasihat orang tua 
B. membantu mencari anak temannya yang hilang 
C. memberi  bantuan  kepada  orang  yang  sedang bermasalah
D. mengarahkan anak untuk kuliah dengan jurusan yang jelas masa depannya 

31. Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah ..
A. Robert berhenti kuliah.  
B. Robert lebih menyukai musik. 
C. Ricko menghubungi Om Yansen. 
D. Anjar menyekolahkan Robert di Surabaya. 

32. Tokoh utama  pada teks cerita tersebut adalah … 
A. Anjar
B. Ricko
C. Robert
D. Om Yansen


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal Ujian Sekolah (US ASSP ASAJ) Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2022/2024Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

33. Perhatikan kalimat berikut! 


Aktivitas perekonomian, pendidikan, dan pemerintahan di Kabupaten  Brebes tetap lumpuh meskipun banjir mulai berangsur hilang.


Kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah  
A. aktivitas  
B. lumpuh 
C. berangsur 
D. hilang

34. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!  
(1) Pasar automotif nasional tahun ini diprediksi masih stagnan.
(2) Pelatih Tim Nasional  U-19 Indonesia, Indra Sjafri,  fokus  mencari  pemain-pemain  muda potensial. 
(3) Melangsingkan tubuh dapat dilakukan  dengan berbagai  cara,  salah  satunya dengan latihan barre.
(4) Jerawat seringkali menjadi masalah wajah yang paling sangat menjengelkan sekali.


Kalimat yang tidak efektif adalah … 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 

35. Perhatikan paragraf berikut!
 (1) Fungsi hutan yang pertama sebagai  penghasil oksigen.
(2) Hutan banyak yang terbakar pada musim kemarau.
(3) Tumbuhan memerlukan karbondioksida untuk proses  fotosintesis.
(4) Sedangkan bagi manusia karbondioksida berbahaya jika terhirup terlalu banyak.
(5) Dengan adanya hutan maka karbondioksida akan terserap, sehingga udara menjadi bersih.

Paragraf tersebut akan padu dengan menghilangkan kalimat  … 
A. (2) 
B. (3) 
C. (4) 
D. (5) 

36. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Asap  kendaraan  bermotor, asap pabrik, dan asap kebakaran hutan […] terbesar penyebab polusi udara.

Istilah  yang  tepat  untuk  melengkapi  kalimat tersebut adalah 
A. residu
B. limbah 
C. polutan
D. karbondioksid

37. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Kanker pada anak sebagian besar terjadi karena mutasi DNA.
(2) Kepala PMI Cabang Jakarta Timur diberikan arahan dari atas podium.
(3) Tarif listrik pelanggan rumah tangga berdaya 1.300 dan 2.200 naik sebesar 11,6%.
(4) Gula jawa dijual dengan harga Rp.10.000,00 per kg.


Kalimat yang tidak efektif adalah...
A. (1) 
B. (2)
C. (3)
D.(4)


38. Film  laskar pelangi diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Novel ini menjadi novel best seller yang tidak kalah menariknya dengan novel terjemahan.

Perbaikan penggunaan huruf kapital yang terdapat dalam paragraf di atas adalah .... 
A. laskar pelangi menjadi Laskar Pelangi
B. Andrea Hirata menjadi andrea hirata
C.  best seller menjadi Best Seller
D. novel terjemahan menjadi Novel Terjemahan


39. Menurut berita di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah sangat banyak sekali.


Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif dengan tepat adalah ....
A. meletakan kata mewabah setelah kata penyakit
B. memindakan kata sudah sebelum kata sangat
C. menghilangkan kata mewabah dan sekali
D. menempelkan kata sudah dan banyak sebelum kata korban


40. Bacalah paragraf berikut! 

Group mahasiswa kedokteran akan melakukan ujicoba di posko-posko bencana banjir yang tersebar di beberapa RW. Mereka juga membawa obat-obatan yang disumbangkan oleh pemilik apotek yang peduli terhadap menderitanya rakyat yang terkena musibah.

Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat adalah ....
A. tim, tugas, penderitaan
B. tim, praktik, penderita
C. kelompok, praktik, penderitaan  
D. kelompok, tugas, menderita

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 41 s.d. 43!


(1) Rasanya berat untuk berpikir bahwa orang seperti dia bisa melakukan tindakan tak terpuji. (2) Tapi apa boleh buat, ada dugaan kuat bahwa paling tidak ia telah berbuat salah yang membuatnya begitu resah. (3) Dan inilah peristiwa yang mengawali  dugaan itu, seperti yang berulang kali diceritakan ibu. (4)”Waktu itu, kelihatan sekelebat orang keluar.” (5) “Waktu mau balik, tiba-tiba perasaanku tidak enak.(6) “Lalu saya ke tempat menyimpan kendaraan ayah,” (7) “Ternyata bukan Darmin.”

41.Bukti latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut  terdapat pada kalimat nomor ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)  
D. (6)


42. Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Sekelebat bayangan mencurigakan.
B. Kecurigaan kepada seseorang.
C. Tindakan yang tidak terpuji.  
D. Kewaspadaan yang berlebihan.


43. Amanat pada kutipan cerpen tersebut adalah  ....
A. Membantu orang yang ditimpa masalah
B. Memaafkan kesalahan orang lain  dengan ikhlas.
C. Jangan menyimpan barang tidak pada tempatnya  
D. Jangan menuduh kalau tidak ada bukti, tapi boleh saja waspada.


44. Bacalah kalimat benkut!


Para siswa sangat senang sekali di ruangan perpustakaan yang ber-AC.


Alasan penggunaan kata yang tidak tepat dalam kalimat tersebut adalah.
A. kata tidak baku
B. pemborosan kata
C. penggunaan kata khusus  
D. penggunaan bahasa sehari-hari




Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal UN (UNBK) dan US Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2022/2024Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 45 dan 46!


(1)      Dodi    : Alat bantu pernafasan itu harus segera dipasang jika nafas ayah berhenti  (berbisik di telinga Danar)                             
(2)      Danar  : Jangan, jangan dulu! Kita harus tunggu ibu! (setengah berteriak). Mengapa?
(3)      Dodi    : Keadaan ayah kritis, Danar. Ibu masih di bandara. Tadi ibu sudah kutelepon. Ibu setuju dengan tindakan medis yang terbaik.
(4)      Danar   : Aku tidak bertanggung  jawab jika terjadi sesuatu dengan ayah. (berlari ke luar ruangan)

(5)      Dodi    : Kita semua harus bertanggung jawab, Danar! (mengejar Danar  yang keluar ruangan)

45. Bukti watak Dodi tegas ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (5)
C. (2) dan (4)  
D. (2) dan (5)


46. Suasana yang tergambar pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. menyedihkan
B. menyenangkan
C. mengharukan  
D. menegangkan


47. Cermati kalimat berikut ini!
Bawalah: beras, kacang tanah, ikan asin dan, sayur-mayur, besok pagi.


Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat tersebut adalah....
A. Bawaiah; beras, kacang, tanah ikan asin, dan, sayur-mayur besok pagi.
B. Bawalah beras, kacang tanah, ikan asin, dan sayur-mayur besok pagi.
C. Bawa]ah beras: kacang tanah, ikan asin dan, sayur mayur besok pagi.  
D. Bawaiah: betas, kacang tanah, ikan asin, dan, sayur..mayur besok pagi.


48. Bacalah kalima berikut!
“Apakah ada perbedaan jika kita menggunakan pupuk jenis lain!” tanya Budi.


Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah...
A. tanda seru (!) tersebut digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya
B. tanda titik (.) untuk mengakhiri kalimat berita
C. tanda petik dua (“...“) untuk kalimat Iangsung  
D. tanda petik dua (“...“) bukan untuk kalimat langsung


49. Bacalah teks berikut!


Menjadi Bupati merupakan pilihan pekerjaan yang baik. Apalagi niatnya ingin menyejahterakan rakyat.


Alasan kesalahan penggunaan huruf kapital peda kalimat pertama adalah
A. nama jabatan yang tidak diikuti nama orang
B. nama khas geografi yang mengiringi jabatan
C. nama pejabat yang ditulis sebagai kata kedua  
D. nama jabatan yang dapat menaikkan status sosial


50. Bacalah kutipan cerpen berikut! 
(1) Pada beberapa tempat, ilalang berbunga beralun-alun sama berayun dengan rumput dihembus udara. (2) Sebuah lengkungan perbatasan bumi dengan langit. (3) Garis yang mengantar matahari menuju peristirahatan. (4) Langit yang kuning muda, bersisik putih di antaranya terjalin warna keemasan.


Bukti latar waktu sore hari pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….       
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


PENASARAN MAU COBA LAGI (COBA DISINI)


MAU MENCOBA MATA PELAJARAN LAINNYA
     UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) IPA SMP TAHUN 2024 VERSI 1 (BACA DISINI)
     UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) IPA SMP TAHUN 2024 VERSI 2 (BACA DISINI)
            UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) MATEMATIKA SMP TAHUN 2024 VERSI 1 (BACA DISINI)
            UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) MATEMATIKA SMP TAHUN 2024 VERSI 2 (BACA DISINI)
      UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) BAHASA INGGRIS SMP TAHUN 2024 VERSI 1 (BACA DISINI)
      UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) BAHASA INGGRIS SMP TAHUN 2024 VERSI 2 (BACA DISINI)
           UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2024 VERSI 2 (BACA DISINI)


BACA SOAL DAN KUNCI JAWABAN US BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2022/2024 ---DISINI--
BACA SOAL DAN KUNCI JAWABAN US BAHASA INGGRIS SMP TAHUN 2022/2024 ---DISINI--
BACA SOAL DAN KUNCI JAWABAN US MATEMATIKA SMP TAHUN 2022/2024  ---DISINI--
BACA SOAL DAN KUNCI JAWABAN US IPA SMP TAHUN 2022/2024 ---DISINI--


          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) PAI SMP TAHUN 2024 (DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) IPS KURIKULUM 2006 (KTSP) SMP TAHUN 2024 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) PPKN (PKn) KURIKULUM 2006 (KTSP) SMP TAHUN 2024 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) IPS KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013 SMP TAHUN 2024 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UJIAN SEKOLAH (US ASSP ASAJ) PPKN (PKn) KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013 SMP TAHUN 2024 (BACA DISINI)


Demikian informasi tentang  Contoh Soal Latihan Ujian Sekolah (US ASSP ASAJ) Bahasa Indonesia SMP tahun Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2022/2024. Semoga ada manfaatnya


=================================


435 comments:

  1. Replies
    1. krna soalnya ada 50, jdi hasil dikali 2

      Delete
    2. ka maaf yh hanya kurang pembahsannya,jadi kalo menurut kita salah kita tau jawaban yang bener.kalo gda pembahsannya bingung ka jawaban yang bner yang mana

      Delete
  2. Replies
    1. Agar ketahuan hasilnya, saat mengerjakan jangan tutup notifikasi salah atau benar. Setiap mengerjakan soal selalu ada notifikasi dan hasilnya

      Delete
    2. ya pak,,, kasihlah di akhir pengerjaan skornya bisa di liatin lagi untuk terakhirnya seperti latihan CBT itu lho...

      Delete
    3. ya pak kasihlah hasil skor untuk terakhirnya, seperti latihan CBT...

      Delete
    4. Alhamdulillah salah 5 bener 45

      Delete
    5. Kunci jawabannya gaada? Aku masih bingung sama no. 18

      Delete
    6. Saya menyarankan setelah memjawme entah itu benar atau salah harus dikasih kunci dan penjelasan agar kita paham maksudnya.

      Delete
  3. Replies
    1. malah nanya kuci jwbnya,fikir dong pke otak
      kalau nanya isinya lo gk pinter-pinter,,maaf gue bukan so so an
      gue nyaranin doang

      Delete
    2. mohon maaf bukannya nyeletuk tapi fungsi kunci jawaban di sini bukan sebagai hal yang bersifat kecurangan tapi berguna supaya kita mengetahui jawaban serta pembahasan yang benar bukan kita ini mau curang. Semua tergantung dari pribadi kita masing-masing. Kalau kita mau pinter dan mungkin tahu cara menyelesaikan permasalahan ya mau dari mana lagi selain Kunci Jawaban

      Delete
    3. maksudnya kunci buat nyocokin.. kalo misalnya salah.. tau yang mana jawaban yang bner

      Delete
    4. madsudnya kunci jb yg di jwb

      Delete
    5. Mintak kunci jawaban nya jok

      Delete
  4. Bagus bangat, tapi ngerjainnya ngantuk maap ya

    ReplyDelete
  5. Soal nya sangat bagus... tapi saya salah banyak. semoga saya latihan lebih banyak lagi... AMIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. oe mas broow nanti anda pasti amsuk surga yang berkah ya

      Delete
    2. Soalnya sangat bagus lah melatih otak bangetšŸ˜

      Delete
  6. Replies
    1. sama udah di usahain tapi mentok

      Delete
    2. Sama gue juga gegara ngantuk baca soalnya nih šŸ˜‚

      Delete
  7. Replies
    1. Hasilnya dapat dilihat langsung, asalkan notifikasi benar atau salah tidak disilang. Terima kasih....

      Delete
  8. ngerjain sambil ngantuk,,jadi banyak yang salah.hehe,,,maap

    ReplyDelete
  9. lumayan benar 40.Cuma kunci jawabannya mana????

    ReplyDelete
  10. hahah mantap bermanfaat blognya... alhamdullilah bener 40 dpt 8 XD semoga selalu naik XD

    ReplyDelete
  11. Kayanya lebih bagus kalo disertakan kunci jawabannya, tapi over all bagus sangat membantu thx gan

    ReplyDelete
  12. masih kurang memuaskam dgn benar 34 , dan ini sngat membantu .
    boleh saran disertakan kunci jawban dan pembahasnnya supaya dpt lebih dimengerti , trimakasih

    ReplyDelete
  13. membantu banget buat latihan unbk .. terimakasih

    ReplyDelete
  14. Sangat Membantu Thx banget....

    ReplyDelete
  15. bagus banget, tapi kurang KJ. Kurang puas sama diri sendiri juga karena cuma benar 38

    ReplyDelete
  16. cuman bnr 35 . . dpt 70 . . :D

    ReplyDelete
  17. Akhirnya benar semua setelah berkali-kali mencoba :). Sangat membantu, terimakasih.

    ReplyDelete
  18. Akhirnya benar semua setelah berkali-kali mencoba :). Sangat membantu, terimakasih.

    ReplyDelete
  19. makasih target ny sih 90an tpi malah dapet 82 gua harus lebih giat lagi

    ReplyDelete
  20. yaah terget nya sih 90an tpi malah dapet 82 gpp lah aku bakal giat belajar lgi

    ReplyDelete
  21. Akhirnya saya bisa siap USBN setelah ketemu web ini

    ReplyDelete
  22. Yah udah ngerjakan soal tpi blom muncul nilainya

    ReplyDelete
  23. Kok hasilnya kga muncul sama kunci jawabannya jadi kan kalau ada kunci jawabannya bisa mempertimbangkan jawaban lalu membenahinya tapi ini udah bagus

    Sangat membantu ¥¥¥¥¥

    ReplyDelete
  24. Terima kasih soal nya sangat membantu

    ReplyDelete
  25. Terima kasih soal-soalnya dapat menambah ilmu saya dan untuk latihan usbn yang digelar besok pagi semoga saya mendapat nilai yang sempurna amin.

    ReplyDelete
  26. sangat membantu...makasih yah.

    ReplyDelete
  27. sangat membantu walaupun banyak salah :D saya akan coba lagi lain kali terima kasih

    ReplyDelete
  28. mantap saya dapat nilai 29 ,saya tau kalau saya itu pintar :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dapet nilaimenjawab semuanya itu baru pintarrrršŸ˜

      Delete
  29. Salah Satu doang -_- padahal maunya bener semua

    ReplyDelete
  30. Ini kisi-kisi bakal keluar gak di UNBK
    mudah-mudahan keluar amin.. soalnya senin besok saya UN :)

    ReplyDelete
  31. Wehehe 45 njirr,yang penting teliti ma belajar PUEBI. Wokwok gk sadar kalo ngetiknya dikasih koma sama tanda-tanda yang lain.
    Itu katanya tanda-tanda kalo dah ngeresapi PUEBI :v kata guru B.IND sayašŸ˜‚

    ReplyDelete
  32. tidak ada soal pembahasannya dan kuncinya :(

    ReplyDelete
  33. ada yg bisa menjelaskan tidak kenapa soal no 50 jawaban nya "D" saya kurang paham.Juga yg nomer 24 kan jawabannya "C" menurut saya jawaban "C" lebih mengarah ke bagian simpulan dari pidato,sementara yang ditanyakan adalah "Isi Pidato"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya no 50 bener C, kalau 24 kan disoal nya tentang lingkungan hidup, cari aja yg tepat

      Delete
    2. No. 50 : "Langit yang kuning muda," itu jelas menunjukkan suasana sore hari.
      No. 24 : kalo nomor 24 aku setuju. Soalnya "isi", kalo isi lebih menjurus ke "D".

      Delete
    3. sama bro ane juga gk paham kenapa jawabannya C pdhl mnrt ane D jawabannya

      Delete
  34. Tadi bener berapa yak? Ko lupašŸ˜…

    ReplyDelete
  35. Tadi bener berapa yašŸ˜… ko tiba tiba lupa:v

    ReplyDelete
  36. Kok saya bener dapet point 35 gk ada nilainya?

    ReplyDelete
  37. gw berhasil dpt nilai 96......

    ReplyDelete
  38. seharusnya nomor 24 itu B. karena C merupakan kesimpulan. dalam pembukaan tidak ada kata OLEH KARENA ITU. Mohon dikoreksi

    ReplyDelete
  39. Seharusnyaa jika jawaban seseorang salah hrs disertai dengan pembetulanya. Trimakasihh

    ReplyDelete
  40. Benar 45, Alhamdulillah. cuuma saran saya, dikasih tau juga kunci jawabannya, agar bisa tau jawaban yang benar itu apa, hehe. terimakasih

    ReplyDelete
  41. Seharusnya diserai debgan pembetulan jika salah menjawab. Trimakasihh

    ReplyDelete
  42. hasil atau nilainya mana ? minimal di kasih kucinya lah biar bisa tau yang bener yang mana !!!

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah benar 45. Tapi cuma kasih saran, dikasih kunci jawaban dan pembahasan agar tau jawaban yang benar itu apa, hehe. Terimakasih.

    ReplyDelete
  44. ngerjain pertama kli 88, karena ga puas trs ingin dapat 90 an akhirnya dicoba sekali lagi dpt 96. Semoga kisi2 disini keluar di un besok senin. amiin

    ReplyDelete
  45. mudah"an keluar amin dan semoga yg bsk unbk di mudahkan dalam mengerjakannya amin

    ReplyDelete
  46. Lumayan pak buat latihan, kebetulan besok saya UN, doakan saya supaya lulus dengan nilai yg memuaskan

    ReplyDelete
  47. 50, maknanya matahari mau tenggelam

    ReplyDelete
  48. Saya betul 44. Tapi no 35 jawabannya A tapi kok salah malahan yg bener C. Itu doang sih yg bikin bingung

    ReplyDelete
  49. ini sesuai dengan BSNP 2018 kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hanya Soal Latihan, Soalnya memang telah diusahakan sesuai kisi-kisi BNSP. Namun sekali lagi INI CUMA SOAL LATIHAN

      Delete
  50. kenapa gak ada hasil nya? saya mau liat nilai saya

    ReplyDelete
  51. Menemani latihan pagi ini semoga nanti diberi kelancaran dan kemudahanšŸ’Ŗ

    ReplyDelete
  52. Pak Aina, bagaimana cara membuat salah dan benar untuk soal online seperti di blog bapak ini. terima kasih.

    ReplyDelete
  53. hasil yg bener 32 dari 50 nilaina 64, gpp masi tahap belajar:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap,dah ngerjain soal UN ini bisa mengetahui semua mata pelajaran

      Delete
  54. dari 50 soal yang bener 41 jadi nilainya 82 mantap dah....makasih soalnya...

    ReplyDelete
  55. keren banget ni blok, sangat mebantu

    ReplyDelete
  56. Puji Tuhan,benar 43 hasil karena bacanya teliti

    ReplyDelete
  57. mna jwabannya? kok klik a gk ada notifikasi?

    ReplyDelete
  58. syangnya soalnya gak bisa untuk di pelajari secara offline

    ReplyDelete
  59. trimkasih contoh soalnya, pak Aina.

    silahkan apabila bapak ibu pembaca, ingin mendapatkan latihan soal - soal bahasa Ingris serta cara menyusun latar belakang makalah, bisa bia mengunjungi: https://tolongtantugas.blogspot.com

    ReplyDelete
  60. ini mah masih menggunakan kurikulum 2006 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materi Soal UN merupakan Irisan dari K2006 dan K2013. Soal ini sudah diusahakan sesuai Kisi-kisi UN yang berlaku.

      Delete
  61. bodo amat sama yg lain yg penting saya bener 41 :D

    ReplyDelete
  62. alhamdulillah sangat membantu untuk peserta didik latihan soal

    ReplyDelete
  63. yeay 41 benar setidaknya ada perjuangan...kalo gitu nilai saya 82

    ReplyDelete
  64. Ahkir ny saya paham Brp bgus saya menjawab soal...

    ReplyDelete
  65. kalo bener 47 berarti dapet 94 ya? Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  66. Bner 42 nih kesel bgt ada yg salah pencet  ̄ćø ̄

    ReplyDelete
  67. wah bener 25��harus banyak blajar nih

    ReplyDelete
  68. Terima kasih sangat membantu sekališŸ™

    ReplyDelete
  69. Ku butuh kunci jawaban, btw cuma betul 41

    ReplyDelete
  70. ALHAMDULILLAH MEMBABNTU,SEMOGA DITAMBAH PEMBAHASAN

    ReplyDelete
  71. Benar 43, bagus buat jadi evaluasi sebelum UN

    ReplyDelete
  72. Hasil seluruh jawabannya bikin biar tambah bagus

    ReplyDelete
  73. Alhamdulillahirabbil 'Alamiiin betul 45 nomor

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter