LATIHAN SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMP MTS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

Posted by PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN on Monday, September 10, 2018

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019


 SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMP MTS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019 2020 2021

Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019 (Tahun Pejaran 2018/2019)Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019 ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.  Perhatikan paragraf berikut!

Berdasarkan hasil penelitian, satu pohon jika dikonversi ke rupiah bisa menghasilkan oksigen senilai Rp 1.174.000,00 per hari. Tentu pohon-pohon yang ditebang secara asal-asalan akan mempengaruhi ekosistem yang ada. Jika keseimbangan alam terganggu, dampaknya akan sangat dirasakan oleh manusia. Padahal fungsi pohon itu sendiri untuk menyerap air dan menyediakan oksigen secara gratis. Bayangkan saja apabila kita harus membeli oksigen untuk bernafas, berapa biaya yang kita keluarkan?

    Arti istilah dikonversi dalam paragraf tersebut adalah ….
A. dibentuk
B. ditukar
C. digunakan 
D. dihasilkan  

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Hukum bersifat memaksa, adil dan tidak memandang latar belakang kasta, agama, harta, dan status sosial. Kini hukum dipertanyakan keberadaannya karena pada kenyataannya hukum tidak bisa tegak sebagai pedoman dalam masyarakat. Bahwa, kini hukum hanya menjadi pajangan formalitas dunia politik. Bukan hanya itu, hukum kini hanya berlaku untuk masyarakat kalangan bawah tanpa status sosial.

Kalimat yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. hukum memandang latar belakang status sosial
B. hukum jarang dibicarakan keberadaannya  
C. hukum bukan merupakan panjangan formalitas dunia politik   
D. hukum berlaku untuk masyarakat kalangan bawah tanpa status sosial  


3. Bacalah teks berikut!

Hampir setiap orang Indonesia khususnya yang tinggal Jogja mengenal Malioboro. Malioboro sering disebut sebagai pusat wisata kota Jogja. Malioboro merupakan sebuah jalan yang ada di pusat kota   Jogja. Meskipun hanya nama sebuah jalan, Malioboro mempunyai banyak makna dan daya tarik yang tinggi sehingga membuat sepanjang pinggir jalan Malioboro menjadi destinasi wisata pilihan para turis lokal ataupun mancanegara serta memiliki sangat banyak arti kehidupan.

  Kutipan teks deskripsi tersebut merupakan bagian ....
A. deskripsi identifikasi 
B. deskripsi bagian
C. deskripsi penutup 
D. deskripsi penegasan 


4. Di bawah ini merupakan ciri kebahasaan teks ulasan yang menggunakan konjungsi penerang, ....
A. Novel ini banyak memberikan pelajaran pada pembacanya, antara lain, bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain. 
B. Lama-kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat. 
C. Setelah pulang dari pasar, kemudian ia mencari Anwar.  
D. Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaafkan kesalaham orang lain yang sudah bertaubat.                       

5.  Bacalah kutipan teks eksposisi berkut!

Tahukah Anda apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan bagaimana cara mengatasinya? Pengeroposan tulang hingga kini masih menjadi masalah tulang yang sering terjadi khususnya pada para manula.

Paragraf di atas merupakan struktur eksposisi yaitu ….
A. pembahasan    
B.  keterangan
C.  kesimpulan
D.  pernyataan umum

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


6. Bacalah paragraf berikut!

Udara mengandung uap air. Pada suatu saat, air turun menjadi hujan. Hujan sangat diperlukan oleh manusia dan makhluk lainnya. Manusia dan makhluk lainnya harus menghemat air.

Ide pokok paragraf tersebut adalah
....
A. pada suatu saat uap air akan turun menjadi hujan
B. manusia dan makhluk hidup lainnya saling membutuhkan
C. manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan air
D. manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan uap air


7.  Bacalah teks berikut!


Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara langsung saat gerhana matahari dapat menyebabkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud gerhana matahari adalah sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada saat itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari karena matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak membuat mata menjadi buta. Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara langsung menyebabkan kebutaan merupakan mitos modern.

Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Melihat matahari saat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan  
B. Gerhana matahari merupakan fenomena alam tentang sejajarnya bumi, matahari, dan bulan  
C. Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada bagian tertentu   
D. Melihat langsung matahari saat gerhana matahari tidak menyebabkan kebutaan 


8.  Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis berikut!


Saat ini banyak remaja dan anak-anak yang suka menonton anime. Anime itu sendiri adalah animasi khas Jepang yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita.
Sesuatu yang berlebihan pasti juga menghasilkan dampak yang buruk, seperti halnya anime. Apabila seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu mengurung diri di kamar untuk menonton anime, hal itu akan mengganggu cara komunikasi kita dengan orang lain dan membuat kita antisosial.

Selain itu, orang-orang yang suka menonton anime akan melupakan bahwa tidur malam lebih penting daripada menonton anime. Para pelajar yang suka menonton anime biasanya juga akan lebih mementingkan anime daripada PR yang harus dikerjakan.


Simpulan pendapat penulis tentang pro dan kontra menonton anime adalah …
A. Saat ini banyak anak muda yang menonton anime. 
B.  Menonton anime membuat seseorang lupa makan dan tidur. 
C.  Pelajar menganggap anime lebih penting daripada PR. 
D.  Menonton anime secara berlebihan akan berdampak buruk bagi seseorang 


9. Cermatilah kutipan teks berikut!

Pengembangbiakan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. Pencangkokan dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan sehingga pemanfaatannya terhadap tumbuhan tersebut lebih maksimal. Misalnya, pencangkokan tumbuhan   mangga dapat menghasilkan kualitas buah mangga yang lebih baik daripada mangga yang tidak dicangkok. Selain itu, hasil pencangkokan memiliki masa tumbuh yang relatif lebih singkat.

Ringkasan isi teks tersebut adalah …
A. Pengembangbiakan tanaman dapat dilakukan dengan mencangkok.
B. Pemanfaatan tanaman lebih maksimal dengan cara mencangkok. 
C. Pengembangbiakan tanaman dengan mencangkok memiliki banyak kelebihan.
D. Pengembangbiakan tanaman mangga lebih baik dengan mencangkok. 


10. Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga perumahan melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

Teks 2

Perjalan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng saja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat. Itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke kafe di sekitar Kota Medan, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa galau di kafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba. Tempat indah di Sumatra Utara.


  Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut ditunjukkan nomor  ….

Teks 1
Teks 2
1
efektif
tidak efektif
2
baku
tidak baku
3
mudah dipahami
berbelit belit
4
santai
resmi
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)



Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019  Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

11. Perhatikan kalimat berikut!

Para murid-murid SMP Harapan antusias mengikuti sosialisasi UNBK

Penggunaan kata para dan menuju pada kalimat tersebut di atas salah karena ...
A. dianggap mubazir
B. bukan pada tempatnya  
C. tidak memiliki makna
D. salah penempatan. 


12.  Bacalah teks berikut!

Teks 1
Kepulauan ini terletak di sebelah timur Pulau Biak, Papua.  Peta Nusantara hanya menggambarkan seperti kumpulan noktah-noktah hitam di bibir Samudra Pasifik. Meskipun demikian, kekayaan dan keindahan alam di sini masih tersembunyi, belum tergarap dengan maksimal. Masyarakatnya pun masih hidup dengan sederhana dari hasil alam yang mereka garap secara tradisional.

Teks 2

Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bersama Kanca dan Manggut. Kedua kancil itu besaudara. Manggut adalah kakak dari Kanca. Sebaliknya, kanca adalah adik dari Manggut. Walaupun bersaudara, sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati, sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman. Suatu hari, Manggut kelaparan. Namun, Manggut malas mencari makan. Akhirnya, Manggut mencuri makanan Kanca. Waktu Kanca bertanya kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus.


              Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut ditunjukkan nomor ....

Teks 1
Teks 2
1
dengan dekskripsi alam
orientasi
2
deskripsi manfaat alam
deskripsi manfaat tanaman
3
definisi umum
deskripsi paparan
4
eksposisi argumentatif
eksposisi deskriptif
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

13. Bacalah teks berikut!

(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di SMA dengan nuansa kenakalah khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi Ikal, Arai, dan Jimbrom hingga mengantarkan mereka menuju Sorbonne. (5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan keindahan Bahasa yang dengannya  setiap alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dengan memesona mengeksplorasi karakter para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, seperti kesetiakawanan antara Ikal, Arai, dan Jimbrom. Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yang kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

Pernyataan yang merupakan keunggulan novel terdapat pada bagian nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5) 
D. (5) dan (6) 


14. Bacalah teks berikut!

Meskipun kedua burung itu bersahabat, mereka memilliki tabiat  yang sangat berbeda. Merak selalu kelihatan rapi, sedangkan gagak tampak begitu jorok. Gagak jarang membersihkan tubuh dan makan apa saja. Merak rajin sekali membersihkan tubuh dan hanya makan buah dan sayur segar. Merak selalu menjaga kebersihan sarangnya. Berbeda dengan merak, gagak tak peduli dengan sarangnya yang penuh dengan sampah.

Makna kata yang bergaris bawah pada teks di atas adalah ...
.
A. tingkah laku   
B. cara makan 
C. cara berjalan
D. cara menjaga kebersihan


15. Bacalah kutipan cerpen berikut!

“Mamaaaaa!!!!” teriak Sasa.
“Ada apa, Sasa? Kok teriak-teriak begitu kayak di hutan saja,” tanya mama.
“Ini nih, Ma. Lihat!! Masak bajunya gak muat, mana besok harus datang ke pesta ulang tahun Reno.”
“Ya sudah, pakai yang lain saja atau mau pakai punya mama?” kata mama sambil tersenyum.
Sasa hanya bisa mengernyitkan dahinya dan mendengus kesal.

Makna tersurat dari kutipan cerpen di atas adalah ….
A. Sasa kesal karena diejek oleh mamanya.
B. Sasa tidak memiliki baju untuk ke pesta ulang tahun Reno.
C. Mama memilihkan baju untuk Sasa
D. Sasa sedang mempersiapkan baju yang akan dipakai saat pesta ulang tahun Reno

16. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Si Rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban Si Kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!”

Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun Si Rusa tetap marah. Bahkan, Si Rusa mengancam akan menginjak tubuh Si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.

Penggalan cerpen tersebut termasuk pada bagian...
A. orientasi
B. resolusi
C. komplikasi
D. koda

17. Perhatikan kutipan cerpen di bawah ini!

Namanya Dion Ramadion. Ia tetanggaku sejak aku lahir. Rumah kami hanya dibatasi sebuah tembok. Aku dan Dion bersekolah di tempat yang sama, bahkan di kelas yang sama.  Dion tidak punya saudara. Ayah ibunya bekerja di luar kota. Dion tinggal bersama kakak sepupunya yang masih kuliah. Ia sering sendirian di rumah. Kalau mau bermain, Dion pasti ke rumahku.

Penggalan teks cerpen di atas termasuk ke dalam struktur ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi 
D. A.  simpulan


18. Cermatilah kutipan cerpen berikut!

Masjid Almakmur sepertinya ditakdirkan untuk orang-orang pensiunan. Tidak banyak memang, lebih kurang dua puluhan untuk jamaah harian laki-laki. Jamaah perempuan lebih kurang sama karena sebagian besar ikut suami ke masjid. Oleh karena itu, Wen hafal betul wajah-wajah harian jamaah Masjid Almakmur

Gambaran dalam teks tersebut memiliki makna simbol ….
A. masyarakat modern
B. masyarakat sosial 
C. masyarakat religius
D. keakraban antarsesama 

19. Bacalah teks berikut!

“Nis, maafin aku kalau ada salah” ucap Yola kepada Nisa di hadapan teman-temannya. Ia menguatkan diri menemui Nisa dan kawan-kawannya seorang diri.
“Hah? Sejak kapan Yola?” Nisa menatap Yola tidak percaya, begitu juga teman-teman lainnya.
“Yola baru belajar, Nisa. Maafin Yola kalau selama ini telah membuat Nisa sama teman-teman benci Yola,” suara parau Yola mengiang di telinga Nisa, jelas sekali ia menahan air matanya yang sudah menunggu untuk meluncur di pipinya.
Dalam hitungan sepersekian detik, Nisa memeluk Yola. Pelukan sahabat yang sudah lama ia tidak rasakan. Ia peluk sekuat-kuatnya sambil menangis. Mutia, Zsazsa, Tasya, dan Aisyah juga ikut memeluk tubuh Yola. Siapa yang tidak rindu dengan pelukan sahabat yang hangat?
Lia dan Fajar yang memperhatikan mereka dari balik dinding tersenyum bangga. Apalagi Fajar bisa membuat Yola tersenyum lagi. “Misi kita selesai Lia,” desisnya, Lia membalasnya dengan senyum. Hari itu juga, mereka bersahabat dengan baik kembali.


(Fitrah karya Zhilan Zhalila)

Simpulan isi kutipan cerpen tersebut adalah .. 
A. Memberi maaf merupakan perbuatan mulia 
B. Fitrah dapat memecah belah persahabatan
C. Setiap orang merindukan persahabatan sejati  
D. Hubungan persahabatan dapat dipulihkan kembali 

20. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

“Saya pas masuk dapur waktu itu, kelihatan sekelebatan orang keluar dari pintu samping. Saya tidak terlalu memperhatikan karena banyak tanaman yang ada disekitar itu. Waktu mau balik ke depan, tiba-tiba ada perasaan tidak enak. Lalu saya ke garasi. Ada Parmin di situ yang kelihatan keluar. Saya tanya, “mau kemana Min?” saya kaget karena Parmin tiba-tiba gugup melihat saya “mau pulang” katanya. Saya bilang “nanti saja, bantuin beres-beres” dia memang batal pulang dan dia sangat kecewa. Tidak gomong apa-apa selain nunduk dan naroh sepedanya lagi.   

Sebab terjadi konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Tokoh saya berpura-pura sambil mengintip gerak-gerik Parmin
B. Tokoh saya  mencegah agar pulangnya nanti saja 
C. Parmin batal pulang dan tampaknya sangat kecewa.
D. Parmin tidak ngomong apa-apa selalu menunduk dan menaruh sepeda


Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

21. Bacalah kutipan teks berikut!

Teks 1
Kali ini Karyamin tidak hanya tersenyum, melainkan tertawa keras-keras. Demikian keras sehingga mengundang seribu lebah masuk ke telinganya. Seribu lunang masuk ke matanya. Lambungnya yang kampong berguncang-guncang dan merapuhkan keseimbangan seluruh tubuhnya. Ketika melihat tubuh Karyamin jatuh terguling ke lembah, Pak Pamong berusaha menahannya. Sayang, gagal.

Teks 2
Suatu pagi yang indah dengan matahari yang cerah,  Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa. “Pagi,   Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip.  Kemarin, keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan oleh-oleh yang cukup banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari spesial untuk keluargamu.”
     
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks di atas ditunjukkan nomor
     

Teks 1
Teks 2
1.
terdapat kata sandang
tidak terdapat kata sandang
2.
tidak terdapat kalimat langsung
terdapat kalimat langsung
3.
kata-kata tidak baku
kata-kata baku
4.
dipengaruhi bahasa asing
dipengaruhi bahasa daerah

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

22. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!

Cerpen 1
“Wah, tinggi sekali ya, Kak?” Dayat tercengang. Tiba-tiba Dayat melihat burung besar berwarna kuning kecoklatan sedang terbang melayang di atas mereka.
“Kak lihat! Burung itu besar dan gagah ya?” Dayat yang suka dengan burung langsung bersemangat.
“Bentuknya seperti burung garuda, lambang negara kita.”
“Itu burung elang jawa yang langka. Burung itu senang bersarang di pohon puspa karena tingginya,” Kak Wira lalu menjelaskan.
Dayat pun terkagum-kagum menyaksikan burung elang jawa itu. Ia kini paham, mungkin inilah yang dimaksud kegiatan mengasyikkan oleh kakaknya.


(Menanam Pohon Puspa karya Tyas K.W.)

Cerpen 2
“Kamu nanti berangkat jam berapa, Ami?” tanya nenek.
“Jam delapan, Nek. Setelah beres semuanya, aku mau bersiap-siap,” jawabku yang tengah menyiapkan obat pagi untuk nenek.
“Kalau libur hati-hati ya. Apalagi di tengah kerumunan orang banyak, harus selalu jeli dan teliti. Jangan hanya bermain ponsel, hingga tidak tahu apa yang terjadi.”
“Iya, Nek. Aku pasti berhati-hati. Terima kasih atas peringatannya.”
Akhir-akhir ini memang marak terjadi tindak kriminalitas justru di tempat-tempat umum. Mulai dari pembunuhan terhadap anak balita, penyerangan membabi buta terhadap petugas stasiun, hingga banyak tertangkapnya orang yang membawa senjata tajam saat bepergian.


(Impianku karya Etih Nurhalimah)


Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen tersebut ditunjukkan nomor....

Cerpen I
Cerpen II
1.
terdapat kata ganti orang ketiga
terdapat kata ganti orang pertama
2.
kata-kata yang digunakan lugas
banyak menggunakan kata kias
3.
menggunakan majas hiperbola
menggunakan majas metafora
4.
banyak menggunakan kalimat langsung
tidak menggunakan kalimat langsung

A. 1  
B. 2
C. 3
D. 4

23. .    Bacalah teks berikut!

(1) Rindu adalah persembahan novel Tere Liye di tahun 2014 yang betul-betul dirindukan. Rindu merupakan buku ke-20 karya pengarang produktif tersebut. (2) Novel ini tentang perjalanan panjang jamaah haji Indonesia tahun 1938. Tentang kapal uap Blitar Holland. Tentang sejarah nusantara. Dan tentang pertanyaan-pertanyaan seputar masa masa lalu, kebencian, takdir, cinta, dan kemunafikan. (3) Novel ini memiliki alur alur cerita sangat menarik dan mengalir untuk dibaca. Selain itu, menyajikan nuansa latar yang berbeda. Peristiwa yang terjadi di atas kapal ibarat kapal uap yakni sebuah kampong. (4) Namun, dilihat dari sampulnya, Novel ini kurang menarik untuk dilihat. Sampul tersebut tidak sebanding dengan isinya yang menarik untuk dibaca.

Keunggulan novel tersebut ditandai nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

24.  Perhatikan kalimat di bawah ini!

Seorang guru bukan hanya sekadar seorang pengajar yang hanya mentransfer ilmu pada siswanya, melainkan ia harus pula menjadi tauladan berbagai hal-hal yang positif baik dalam berpakaian, bersikap, dan berprilaku.

Ejaan yang perlu diperbaiki pada kata-kata yang bergaris bawah yang terdapat pada paragraf  tersebut  adalah ....
A. sekadar seharusnya sekedar
B. mentransfer seharusnya menransfer
C. tauladan seharusnya teladan 
D. positif seharusnya positip 

25. Cermati kalimat berikut!

Tubuhnya [...] terhadap penyakit cacar karena telah disuntik anticacar.

Istilah kesehatan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. erupsi
B.  infeksi
C. imun
D. steril
      
Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

26. Perhatikan kalimat berikut!

Barmin memperdalam ajaran agamanya [...] imannya meningkat.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. dan   
B. untuk
C. agar
D. kemudian

27.  Cermatilah kutipan teks prosedur berikut!

Paspor adalah […] resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya. Paspor berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara.


Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….\
A. surat
B. dokumen
C. keterangan 
D. buku.
                                                                        
28. Cermatilah paragraf berikut!

Ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama antara pihak kepolisian dan pengguna jalan. Pengguna jalan memiliki kewajiban mentaati peraturan lalu lintas. Pengguna jalan tidak boleh menerobos lampu merah dan rambu lalu lintas. [...] Terhadap hal ini polisi berkewajiban memberi teguran atau sanksi kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Hal ini dapat mencelakakan pengguna jalan yang lain.  
B. Bisa jadi pengguna jalan akan celaka
C. Pengguna jalan telah melanggar tata tertib berlalu lintas. 
D. Polisi mengawasi pelaku yang melanggar peraturan lalu lintas.  


29. Perhatikan kalimat berikut!

Para pemusik-pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan untuk mengadakan pentas musik.

Perbaikan kesalahan penulisan kalimat tersebut di atas adalah ... 
A. Pemusik-pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan untuk mengadakan pentas musik.  
B. Para pemusik-pemusik itu sudah berangkat ke Senayan untuk mengadakan pentas musik. 
C. Para pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan untuk mengadakan pentas musik. 
D. Para pemusik itu sudah berangkat ke Senayan untuk mengadakan pentas musik. 

30. Cermatilah cerpen berikut!

Setelah mendengar pengumuman, keesokan pagi kemudian Ayah menemui Prajurit Gidal yang tingggal di rumah penduduk di tepi sungai.
“Kenapa kedatangan Ki Sanak tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan alias tidak melapor kepada kami?’

Ha, ha, ha, ha! Yang berhak memerintah dan bertanya mestinya saya. Sayalah petugas yang sah. “ Jawab Prajurit Gidal.

Berikut ini yang merupakan perubahan teks dialog cerpen menjadi teks narasi adalah …
A. Keesokan harinya, Ayah menemui Prajurit Gidal di rumah penduduk di tepian sungai. Ayah mempertanyakan mengapa Prajurit Gidal datang tiba-tiba dan tidak melapor.
B. Keesokan harinya Ayah membentak dan memarahi Prajurit Gidal. Ayah mempertanyakan mengapa dia tidak tidur di tengah desa. 
C. Ayah segera menemui Prajurit Gidal dan menawarinya untuk tidur di rumah di dalam desa. 
D. Tanpa memedulikan siapa pun, Ayah menemui sendiri Prajurit Gidal di tepi sungai. Ayah memarahinya dan menanyakan kenapa dia tidak tidur di pos ronda kampung saja.

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

31. Bacalah teks berikut!

(1) Proses perkembangan gawai di kalangan remaja meningkat pesat. (2) Proses itu berkembang secara perlahan dan tidak disadari oleh mereka. (3) Bagi mereka gawai bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi, tetapi dijadikan sebagai ajang bergengsi untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya gawai yang menjadikan sebagai gaya hidup. (4) Kesenjangan sosial terjadi di kalangan bawah, menengah, dan atas. (5) Dampak negatif kesenjangan sosial tersebut ialah menumbuhkan sifat malas, ketidakpuasan terhadap sesuatu, mudah putus asa, kecemburuan sosial, dan kriminalitas. (6) Untuk itu perlu adanya kontrol mengenai fungsi utama menggunakan gawai. (7) Gawai merupakan sebuah inovasi dari teknologi terbaru dengan fitur terbaru yang memiliki fungsi praktis dan lebih berguna.

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ...
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5) 
D. (6) dan (7) 


32. Perhatikan kalimat berikut!

Kami selalu sarapan pagi agar supaya tidak sakit perut ketika berolahraga.

Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut yang tepat adalah ...
A. Kami selalu sarapan pagi agar tidak sakit perut ketika berolahraga.
B. Kami selalu sarapan pagi supaya tidak sakit perut ketika berolahraga. 
C. Ketika berolahraga kami selalu sarapan agar tidak sakit perut.
D. Kami selalu sarapan agar tidak sakit perut ketika berolahraga. 

33.  Bacalah teks berikut!


Musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis […], musim hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan musim (pancaroba).

Kata/istilah yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut adalah ….
A. astronomi
B. metereologi
C. geografi 
D. sosiologi
  
34. Cermati kalimat di bawah ini!


Akhir-akhir ini makin marak aksi bagi kaos caleg mendekati pemilu yang tinggal sebentar lagi. 

Bentuk kata yang bergaris bawah tersebut kurang tepat dan perlu diubah menjadi ….
A. bagi-bagi 
B. pembagian 
C. bagian
D. bagian-bagian

35.  Perhatikan teks di bawah ini!

Dalam materi ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional SMP/MTs terdapat beberapa level kognitip, ada pengetahuan, pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Setiap ranah ada beberapa keterampilan yang harus siswa kuasai, yaitu mengidentivikasi, mengevaluasi, dan merepleksi.

Penulisan kata yang bergaris bawah tersebut salah ejaan karena ....
A. menggunakan ejaan lama
B. pilihan kata tidak tepat
C. menggunakan bahasa sehari-hari
D. tidak menggunakan bahasa baku


Latihan Online Soal UN USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

36. Cermati paragraf berikut!

Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada paragraf tersebut adalah .…
A. mengikuti kata yang merupakan pernyataan diikuti pemerincian
B. digunakan untuk memisahkan perincian yang satu dengan yang lain
C. dipakai untuk menggantikan kata penghubung dan
D. memisahkan bagian pada kalimat majemuk setara

37. Cermati teks prosedur berikut!

Anda dapat menyaksikan gerhana matahari dengan kacamata gerhana. Jika tidak memiliki kacamata gerhana, Anda bisa membuatnya. Berikut cara membuat kacamata gerhana.
(1)     Sediakan bahan dan alat berupa kertas karton yang kuat, negatif film hitam-putih, cutter atau gunting, serta lem.
(2)     Buatlah pola kacamata dengan karton sesuai ukuran mata Anda lalu potonglah.
(3)     Warnai pola dengan cat air tepat di tengah yang ditandai dengan garis putus-putus.
(4)     Lubangi karton yang sudah dibuat pola pada bagian mata kiri dan kanan.
(5)     Potong negatif film sesuai ukuran lubang pada karton, kemudian rekatkan dengan lem pada lubang karton tersebut.

Selamat mencoba!

Alasan ketidakpaduan teks prosedur tersebut adalah ....
A. pernyataan umum tidak berhubungan dengan langkah-langkah 
B. penutup tidak menggambarkan topik tentang kacamata gerhana
C. kalimat ketiga pada teks tidak koheren dengan kalimat sebelum dan sesudahnya
D. langkah kegiatan dan penutup tidak berhubungan langsung 


38. Cermati kalimat berikut!

Kesalahan penulisan terdapat pada kata bernomor....
A. (3) dan (4)
B. (1) dan (6)
C.  (2) dan (5)
D.(1) dan (4)


39. Bacalah kalimat berikut!

Ibu Nayla  Artini Direktur Utama PT Pradiptha meminta sekretarisnya untuk membeli 100 paket alat tulis.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. mencantumkan tanda hubung (-) setelah kata Artini dan alat 
B. mencantumkan tanda titik dua (:) setelah kata Pradiptha dan membeli
C. mencantumkan tanda koma (,) setelah kata Artini dan Pradiptha
D.mencantumkan tanda titik koma (;) setelah kata utama dan sekretarisnya.


40.    Cermati kalimat berikut!

Kemampuan negara dalam menguasai [...] informasi merupakan hal esensial.

Kata dengan ejaan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. tehnologi
B.  technologi  
C. tekhnologi
D. teknologi

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

41. Perhatikan !

Kartini Award adalah kegiatan tahunan organisasi yang dibentuk sejak saat pada tahun1995, bagi para wanita yang telah melakukan hal-hal inspiratif dalam kehidupannya.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah . ... 
A. tidak sesuai kaidah, gunakan pilihan kata dengan kaidah bahasa lndonesia
B. pemborosan kata, kata sejak dan saat maknanya sama 
C. kata hal-hal tidak diperlukan karena membuat rancu kalimat tersebut
D. kata dalam tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan  

42.  Cermati teks berikut!
(1) Dua langkah penting untuk memastikan daya baca siswa jadi lebih baik.
(2) Pertaffia, merancang gerakan satu semester satu novel sebagai langkah awal pentradisian membaca.
(3) Menulis merupakan keterampilan berbahasa.

(4) Kedua, penciptaan model membaca produktif melalui peragaman teks bacaan untuk beragam jenis teks dan pengenalan teks-teks bacaan yang multimedia.

Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah karena kalimat nomor ....


A.  (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4). 
B.  (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4). 
C.  (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4).
D.  (4) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (3). 

43. Cermati kalimat berikut! 

Kebun Raya Indrokilo  terletak di kampung Gunungsari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. kata kampung seharusnya Kampung 
B. kata Kelurahan seharusnya kelurahan 
C. kata Mojosongo seharusnya Mojo Songo
D. kata Kecamatan seharusnya kecamatan 


44. Cermati kalimat berikut!

"Sudahlah Cici, kami memaafkanmu?" kata Pusi dengan bijak.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. tanda koma (,)
B. tanda titik (.)
C. tanda tanya (?)
D. tanda petik (“...”)

45. Cermatilah kalimat berikut!

Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat  tersebut adalah ….
A. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
B. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  
C. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.  
D. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran; Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.



Latihan Online Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!



46. Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Ayah membeli obat di Apotik Berkah.
(2) Kakak membaca Majalah Kartini.
(3) Adik sangat menyukai kue bika Ambon.

(4) Olahraga jalan kaki sangat bermanfaat.

Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1) 
B. (2)  
C. (3)
D. (4)

47. Cermati kalimat berikut!

Biar Ayah yang menjelaskan Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu,” ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
B. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu?" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
C. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.”
D. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu!"


48. Cermati kalimat berikut!

Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar kata AKP Sargiyata

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata.”
B. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata."
C. "Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar", kata AKP Sargiyata.
D. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur lumpur itu keluar,” kata AKP Sargiyata.


49. …. Uang itu tidak dijajankan semua. Ia menyisihkan sebagian untuk ditabung. Kadang-kadang  uang  jajan  itu  ia  tabung  semuanya.  Meskipun  sedikit,  lama-lama tabungannya menjadi banyak.

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi awal paragraf di atas adalah ... 

A. Kita harus membiasakan diri menabung. 
B. Di sekolah Nadia hanya jajan Rp 500,00 saja. 
C. Menabung banyak manfaat untuk kita. 
D. Setiap hari Nadia diberi uang jajan Rp 1.000,00 oleh Ibunya.



50. …. Cocok digunakan untuk berekreasi. Udara di sana terasa sejuk. Jalan di pegunungan berliku-liku, agar kendaraan lebih mudah berjalan. Banyak pohon cemara di kanan dan kiri jalan, menambah indahnya daerah pegunungan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. Kemarin aku ke gunung.
B. Di pegunungan banyak pohon-pohon.
C. Daerah pegunungan memang sangat indah. 
D. Keluargaku senang bertamasya ke daerah pegunungan.


PENASARAN MAU COBA LAGI (DISINI)


Demikian contoh sederhana latihan online Soal USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
====================================




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 6:03:00 AM

24 komentar:

  1. Alhamdulillah,terima kasih ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  2. thank you
    this is very helpful

    ReplyDelete
  3. terimakasihh sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. cara melihat kunci jawawabannya gimana?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Sayang gak ada kunci jawabannya jadi kita gak tau mana jawaban yg benar jika kita salah

      Delete
  6. Thanks,y min sangat membantu๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  7. Terimakasih, ini sangat membantu ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
  8. Besok unbk minta doanya๐Ÿ™

    ReplyDelete

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

------------------------------------------

Popular Posts

------------------------------------------

CB