Latest

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

LATIHAN SOAL US USBN IPA SMP - MTS KURIKULUM 2006 (KTSP) TAHUN 2021


Latihan Online Soal US USBN IPA SMP - MTS Kurikulum 2006  (KTSP) Tahun 2021


Berikut Contoh Latihan Online Soal Ujian Sekolah (US/USBN) IPA SMP Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2021 tahun pelajaran 2020/2021. Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari soal USBN IPA SMP Kurikulum 2006 - KTSP ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1); Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan option pilihan jawaban.
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Perhatikan gambar di bawah ini!




Fauzan melakukan pengukuran sebuah benda menggunakan jangka sorong seperti pada gambar di atas. Hasil pengukurannya adalah ....
A. 1,165 cm
B. 1,65 cm
C. 2,40 cm
D. 2,65 cm


2. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Besaran
Satuan
Alat ukur
1
Panjang
centimeter
Mistar
2
Massa
gram
Neraca
3
Kuat arus listrik
ampere
Amperemeter
4
Suhu
kelvin
Termometer
Berdasarkan data di atas, besaran pokok menurut satuan SI dan alat ukur  yang benar adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4 


3. Perhatikan contoh perubahan pada zat!

Ketika es mencair, sifat fisika benda hasil perubahan dari es adalah ....
A. Bentuk dan volume tetap, karena gerak antar partikel sangat terbatas dan gaya tarik antar partikel sangat kuat
B.  Bentuk dan volume berubah, karena gerak antar partikel sangat bebas dan gaya tarik antar partikel sangat lemah
C. Bentuk berubah dan volume tetap, karena gerak antar partikel sangat bebas terbatas, tetapi gaya tarik antar partikel cukup kuat
D. Bentuk tetap dan volume berubah, karena gerak antar partikel sangat terbatas dan gaya tarik antar partikel sangat lemah


4. 1. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Kayu dipotong untuk dibuat almari
2) Susu diolah menjadi yoghurt
3) Ketan diberi ragi sehingga menjadi tape
4) Kertas dibakar menjadi abu
5) Beras digiling menjadi tepung
Perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)


5. Gambar di bawah ini menunjukan kondisi permukaan air di dalam gelas ukur pada kondisi sebelum dan sesudah batu dimasukan!
Berdasarkan gambar di atas. Berapakah volume batu ....
A. 1  dan  2
B. 1  dan  3
C. 2  dan  4
D. 3  dan  4

6. Perhatikan gambar berikut!



Metode pemisahan pada gambar dapat digunakan untuk ...
A. memisahkan sirup
B. memisahkan tinta
C. memurnikan cairan infus
D. memisahkan bahan obat 

7. Perhatikan tabel berikut!
Larutan
Perubahan Kertas lakmus
K
Biru menjadi merah
L
Biru tetap biru
M
Merah menjadi biru
N
Merah tetap merah
Apabila larutan tersebut merupakan jenis minuman, larutan manakah yang sebaiknya diminum oleh penderita sakit maag?
A. K dan L
B. K dan M
C. L dan M
D. M dan N

8. Seorang anak meluncur maju di jalan seperti pada gambar berikut tanpa mengayuh pedal sepedanya. 



 Jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang terjadi pada sepeda ketika  melalui lintasan ....

A – B
C – D
1
GLBB dipercepat
GLBB dipercepat
2
GLBB diperlambat
GLBB dipercepat
3
GLBB diperlambat
GLBB diperlambat
4
GLBB dipercepat
GLBB diperlambat


A. 1 
B. 2
C. 3 
D. 4 


9. Ketika pagi hari ayah membuat kopi terjadi peristiwa seperti gambar di bawah ini.


Peristiwa gelas pecah terjadi karena ....
A. kalor jenis gelas bagian dalam dan bagian luarnya menjadi tidak seimbang
B. daya serap kalor oleh dinding gelas bagian dalam lebih besar daripada bagian luarnya
C. dinding gelas bagian dalam sudah memuai sedangkan dinding gelas bagian luar belum memuai
D. tekanan air panas dan tekanan udara pada dinding gelas bagian luar tidak menjadi seimbang




Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal Ujian Sekolah (US/USBN) IPA SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2021. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

10. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar di atas, posisi bulan pada saat terjadi gerhana matahari ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

11. Seorang sopir menarik mobil yang mogok seperti pada gambar, sehingga mobil tersebut berpindah sejauh 1.000 cm. 

Besarnya usaha yang dilakukan sopir tersebut adalah ....
A. 250 joule  
B. 1.000 joule
C. 2.500 joule
D. 250.000 joule

12. Dua ekor ikan berada dalam air seperti gambar (masssa jenis air = 1.000 kg/ m3 dan g = 10 m/s2)
Tekanan hidrostatis yang dialami ikan 1 sebesar 1000 N/m2 dan tekanan hidrostatis pada ikan 2 sebesar 6000 N/m2. Selisih kedalaman ikan 1 dengan ikan 2 adalah .....
A. 10 cm
B. 20 cm
C. 50 cm
D. 70 cm

13. Perhatikan grafik berikut!

Berdasarkan grafik, banyaknya kalor yang dibutuhkan oleh 5 kg air dalam proses dari C ke D (kalor jenis air = 4.200 J/kgoC) adalah ...
A. 210.000 Joule
B. 420.000 Joule
C. 21.000.000 Joule
D. 42.000.000 Joule


14. Suatu batu diangkat dengan menggunakan tuas, dengan gaya F sehingga seimbang seperti gambar.

Jika titik tumpu digeser 10 cm mendekati  F, hal yang harus dilakukan agar tuas tetap dalam posisi seimbang adalah ....
A.gaya kuasa diperbesar menjadi 75 N 
B. beban ditambah sebesar 30 N  
C. menggeser kuasa (F) 50 cm menjauhi titik tumpu
D. menggeser kuasa (F) 60 cm menjauhi titik tumpu


15. Perhatikan gambar !
Jika koefisien  muai panjang logam tertera pada tabel

A. 2 dan 3
B. 1 dan 2
C. 1 dan 3
D. 2 dan 1


16. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Suara pantulan di dalam gua.
2) Bunyi bel terdengar oleh siswa.
3) Mendeteksi adanya bangkai kapal di dalam laut.
4) Bunyi pluit instruktur terdengar ikan lumba-lumba di dalam air.
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk contoh perambatan bunyi pada medium zat cair adalah ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)  
C. 3) dan 4)
D. 1) dan 4)

17. Perhatikan rangkaian berikut!


Jika hambatan dalam sumber tegangan diabaikan, kuat arus listrik yang melalui hambatan R1 adalah ....
A. 0,25 A 
B. 0,50 A
C. 1,0 A 
D. 1,5 A


Tips Sukses dalam menghadapi Ujian. Setidaknya ada dua hal yang perlu dilakukan sebelum menghadapi Ujian (baik Ujian Sekolah, Ujian Akhir Semester atau lainnya), yakni banyak belajar dan berlatih soal serta jangan lupa berdoa dan minta doa restu orang tua. Agar lulus ujian kamu harus banyak belajar dan berlatih. Ada pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati usaha memang benar adanya. Belajar dan berlatih soal akan memudahkan kalian dalam menjawab soal Ujian. Semakin banyak kalian belajar dan berlatih mengerjakan soal, semakin tahu dan paham kalian dengan banyaknya model soal.


Hal lain yang perlu dilakukan agar lulus ujian adalah berdoa kepada Yang Maha Kuasa dan minta doa restu orang tua. Salah satu doa yang paling mudah dikabulkan adalah doa orang tua. Ketika kalian sudah mengupayakan dan belajar dengan maksimal, jangan lupa untuk meminta doa dan restu orang tua. Hal ini bisa menjadi motivasi dan semangat bagi kalian dalam menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Akhir semester dan lainnya. Selain itu, kalian juga harus berdoa untuk keberhasilan kalian sendiri. Serahkan semua kepada-Nya, ingat kalian sudah melakukan yang terbaik dan belajar dengan sungguh-sungguh. Karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Maka dengan begitu kalian harus optimis bisa lulus Ujian Sekolah, Ujian Akhir semester dan lainnya. Semangat!

18. Perhatikan tabel besaran dari 2 buah transformator berikut.
No.
Transformator
Vp
Vs
Ip
Is
Np
Ns
a.
I
100 volt
150 volt
3 A
2 A
200 ℓ
300 ℓ
b.
II
250 volt
100 volt
2 A
5 A
750 ℓ
300 ℓ

Jenis transformator tersebut dengan alasannya yang benar adalah ....

Transformator
Jenis
Alasan
Transformator
Jenis
Alasan
1.
I
Step up
Vs > Vp
II
Step down
Np > Ns
2.
I
Step up
Ns < Np
II
Step down
Is > Ip
3.
II
Step up
Vp > Vs
I
Step down
Is < Ip
4.
II
Step up
Np > Ns
I
Step down
Vs > Vp

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

19. Batang besi CD didekatkan pada batang besi AB yang diberi lilitan kawat berarus listrik seperti gambar berikut.


Berdasarkan gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa ....
A. AB dan CD menjadi magnet permanen, A menjadi kutub U dan C menjadi kutub S
B. AB dan CD menjadi magnet sementara, A menjadi kutub U dan D menjadi kutub S
C. AB menjadi magnet permanen, CD menjadi magnet sementara, A menjadi kutub U, dan C menjadi kutub S
D. AB menjadi magnet sementara, CD menjadi magnet permanen, A menjadi kutub U dan D menjadi kutub S


20. Benda diletakkan di depan cermin seperti gambar.

Terbentuk bayangan nyata dengan perbesaran 2 kali. Jika benda digeser 8 cm mendekati cermin, maka bayangan yang terbentuk bersifat ....
A. nyata, berbalik, diperbesar
B. nyata, terbalik, sama besar
C. maya, tegak, diperbesar
D. maya, terbalik, sama besar


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal Ujian Sekolah (US/USBN) IPA SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2021Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

21. Perhatikan gambar berikut!
       Pada gambar di atas diperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
A. berkembangbiak (reproduksi)
B. mengeluarkan zat-zat sisa (ekskresi)
C. peka terhadap rangsangan (iritabilita)
D. menyesuaikan diri terhadap lingkungannya (adaptasi)

22. 17. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup harus mampu melakukan adaptasi. Berikut ini disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup:
1) ikan tawar menghasilkan urin yang encer,
2) ikan Paus memiliki alat gerak berupa sirip,
3) ikan memiliki gurat sisi untuk mengetahui perubahan tekanan air,
4) ikan memiliki tubuh yang stream line sehingga memudahkan dalam berenang.
Dari contoh-contoh adaptasi makhluk hidup di atas, contoh manakah yang termasuk adaptasi morfologi?
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)

23. Seorang peserta didik SMP Harapan Bangsa menemukan makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1) bersifat saprofit,
2) berkembangbiak dengan spora,
3) tidak mempunyai akar, batang, dan daun,
4) tubuh terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa.
Berdasarkan ciri-cirinya, makhluk hidup yang ditemukan peserta didik tersebut termasuk kelompok ....
A. alga
B. jamur
C. lumut
D. paku

24. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang menguji baku mutu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di 50-60 perusahaan secara acak setiap tahunnya. Hasilnya menunjukkan 20 persen perusahaan  dinilai tidak memenuhi standar baku mutu pengolahan limbah cairnya.  Hasil uji laboratorium air sungai di wilayah Singosari-Lawang serta Wagir–Pakis banyak yang tidak memenuhi chemical oxygen demand (COD) atau oksigen yang dibutuhkan dalam proses kimiawi.
Bagaimana kemungkinan kondisi organisme di wilayah tersebut?A. Sampah organik akan menumpuk karena jumlah bakteri pengurai menurun
B. Zooplankton akan meningkat karena jumlah ganggang meningkat.
C. Produsen tumbuh pesat karena cukup mendapatkan oksigen
D.Jumlah bakteri pengurai tidak berubah karena tidak memerlukan oksigen

25. Suatu tumbuhan memiliki ciri-ciri berikut ini :
1) serbuk sari lengket,
2) mahkota bunga besar dan berwarna mencolok,
3) memiliki kelenjar nektar.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa tumbuhan tersebut penyerbukkannya dibantu oleh ….
A. air
B. angin
C. serangga
D. manusia

26. Perhatikan skema jaring-jaring makanan pada ekosistem darat di bawah ini!

Apa yang terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut jika populasi tikus menurun akibat petani melakukan pembasmian?
A. Populasi tumbuhan dan rubah meningkat.
B. Populasi tumbuhan dan burung elang meningkat.
C. Populasi tumbuhan meningkat dan katak menurun.
D. Populasi burung pemakan biji-bijian meningkat dan laba-laba menurun.

27. Perhatikan grafik pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap tingkat polusi berikut!


Berdasarkan grafik di atas dapat disimpulkan bahwa ....
A. semakin banyak jumlah penduduk semakin rendah tingkat polusi
B. semakin banyak jumlah penduduk semakin tinggi tingkat polusi
C. semakin sedikit jumlah penduduk semakin tinggi tingkat polusi
D. jumlah penduduk tidak mempengaruhi tingkat polusi

28. Perhatikan gambar rangka manusia berikut!



Nama tulang yang ditandai dengan X adalah ....
A. tulang dada
B. tulang rusuk
C. tulang belikat
D. tulang selangka


29. Perhatikan gambar berikut  !

Dari gambar di samping, gerak yang ditunjukkan no 1 dan 2 secara berturut-turut ....
A. fototropisme dan seismonasti
B. kemotaksis dan geotropisme 
C. fototropisme dan geotropisme
D. kemotaksis dan seismonasti

30. Perhatikan gambar organ reproduksi pada wanita berikut!

Fungsi bagian X adalah ....
A. menangkap sel telur
B. menghasilkan sel telur
C. tempat terjadinya fertilisasi
D. tempat berkembangnya embrio


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal Ujian Sekolah (US/USBN) IPA SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2021Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

31. Perhatikan tabel berikut!
Nomor
Enzim

Kode
Fungsi Enzim
1
Ptialin

a
Mengubah maltosa menjadi glukosa
2
Pepsin

b
Mengubah lemak menjadi asam lemak & gliserol
3
Amilase

c
Mengubah amilum menjadi maltosa
4
Tripsin

d
Mengubah protein menjadi pepton
5
Lipase

e
Mengubah pepton menjadi asam amino
Pasangan yang benar antara Nomor Enzim dan Kode Fungsi Enzim adalah ....
A. 1 à c dan 2 à d
B. 2 à e dan 3 à d
C. 3 à a dan 4 à b
D. 4 à c dan 5 à b

32. Perhatikan daftar ciri-ciri pembuluh darah berikut!
1) Tidak memiliki katup.
2) Dindingnya terdiri dari 1 lapis sel.
3) Dindingnya kuat, tebal, dan elastis.
4) Darah hanya mengandung karbondioksida (CO2).
Pada daftar di atas, yang termasuk ciri-ciri pembuluh kapiler adalah ...
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 4)

33. Kacang kapri berbatang tinggi (TT)  disilangkan dengan kacang kapri berbatang pendek (tt). Jika F1 disilangkan dengan sesamanya, maka kemungkinan F2 hasil persilangannya adalah …. 
A. tinggi 100% 
B. tinggi  :  pendek  =  75%  :  25%
C. tinggi  :  pendek  =  50%  :  50%
D. tinggi  :  pendek  =  25%  :  75%

34. Perhatikan gambar penampang batang di bawah ini:
Pada gambar di atas, bagian yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan ditunjukkan oleh nomor ....
A. 
B. 2
C. 3
D. 4


35. Di kabupaten Wonosobo hasil pertanian singkong melimpah, sehingga perlu sentuhan bioteknologi yang tepat untuk menghindari ketidakbermanfaatan dari singkong tersebut. Produk dari penerapan bioteknologi untuk hasil pertanian tersebut adalah ....

A. tepung singkong
B. tape singkong
C. keripik singkong
D. kue singkong

36. Gerak bagian tumbuhan akibat pengaruh lingkungan yang benar adalah….
A. sulur tumbuhan markisa bergerak menuju cahaya matahari
B. ujung batang bergerak menjauhi cahaya matahari
C. ujung akar bergerak berlawanan dengan pusat bumi
D. daun pohon turi mengatup pada malam hari

37. Perhatikan gambar
Saat  berfotosintesis, daun diperlakukan seperti gambar I,setelah berfotosintesis plester dibuka dan  diuji dengan lugol hasilnya seperti pada gambar II (b) . . Warna putih membuktikan bahwa ....
A. fotosintesis membutuhkan O2
B. fotosintesis membutuhkan lugol
C. fotosintesis membutuhkan cahaya matahari
D. fotosintesis menghasilkan amilum


38. Ririn mempunyai 8 kupu-kupu bersayap orange, 8 kumbang kelapa, 8 belalang sembah, dan 8 kepik. Keempat jenis hewan tersebut di lepaskan ke padang rumput. Dari keempat jenis hewan tersebut yang lolos dari seleksi alam adalah….
A. kupu-kupu bersayap orange
B. belalang sembah
C. kumbang kelapa
D. kepik


39. Tanaman kacang berbiji bulat (BB) disilangkan dengan tanaman kacang bebiji keriput (bb). Kemungkinan persentase fenotipe keturunan yang kedua adalah….
A. 100% kacang berbiji keriput
B. 100% kacang berbiji licin 
C. 25% kacang berbiji keriput
D. 50% kacang berbiji licin


40. Berikut ini beberapa contoh makhluk hidup bersel satu
1. Spirulina
2. Escherial coli
3. Saccharomyces cereviceae        

Mikroorganisme yang sering dikembangkan sebagai protein sel tunggal adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3  
D. 1, 2 dan 3


PENASARAN MAU COBA LAGI (COBA DISINI)


Demikian contoh sederhana latihan online Soal Uian Sekolah (US/USBN) IPA SMP Tahun 2021 atau Tahun Pelajaran 2020/2021. Terima Kasih. Mudah-mudahan laman ini bisa digunakan sebagai sarana pelajaran tambahan, sebagai sarana pembelajaran pengayaan maupun pembelajaran remedial. Semoga bermanfaat. 
=====================================


= Berikut ini Kumpulan Soal USBN SMP Lainnya =



7 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem